Daftar Tempat Wisata di Lombok Paling Indah dan Populer

Wisata Lombok | Pulau Lombok merupakan salah satu pulau yang menawarkan beragam keindahan. Pulau Lombok memiliki beragam tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Daftar tempat wisata di Lombok juga sangat beragam, mulai dari wisata pantai, sejarah, budaya, hingga kuliner.

Karena memiliki daftar tempat wisata yang lengkap, maka tidak heran jika Pulau Lombok menjadi tujuan utama para wisatawan. Bukan hanya wisatawan dari dalam negeri saja, melainkan banyak juga turis asing yang berdatangan ke Lombok.

Penasaran, dengan apa saja tempat wisata di Lombok yang paling indah dan terkenal? Berikut kami berikan beberapa ulasan tempat wisata di Lombok yang bisa Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Lombok

1. Pantai Kuta

pantai kuta lombok

sumber: krasnodar.com

Siapa bilang Pantai Kuta hanya terdapat di Bali saja? Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Akan tetapi, Suasana di Pantai Kuta Lombok ini sangat bertolak belakang jika dibandingkan dengan Pantai Kuta di Bali.

Kenapa demikian? Pantai Kuta Lombok ini masih sangat sepi. Adapun mengenai lokasinya, Pantai Kuta Lombok ini berada tepat di Desa Kuta di Lombok Tengah. Pantai satu ini merupakan salah satu pantai yang menjadi tujuan para wisatawan ketika berlibur ke Lombok.

Pantai Kuta Lombok menghadirkan pasir lembut, pemandangan bawah laut yang menawan, serta ombak yang sangat pas untuk Anda yang baru saja belajar berselancar.

Jika Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Pantai Kuta Lombok, kami sarankan untuk datang diantara pukul 09.00 serta 15.00, mengingat di waktu tersebut, Anda bisa menikmati indahnya ombak dengan lebih optimal.

Akan tetapi, jika Anda merupakan pecinta senja, maka kami sarankan untuk datang ke Pantai Kuta Lombok diantara pukul 16.00 atau 17.000. Anda akan menjumpai indahnya pemandangan sore hari yang menawan.

2. Pantai Segigi

Daftar tempat wisata di Lombok yang wajib Anda kunjungi selanjutnya yaitu Pantai Segigi. Pantai Segigi ini mengahdirkan gradasi berupa warna pasir pantai dari warna hitam ke warna putih.

Pantai Segigi Lommbok

sumber: whereinthewordisnina.com

Pantai Segigi hadir dengan ombak yang tidka begitu besar, bersih, serta sangat jernih. Dengan adanya hal tersebut, maka tidak heran jika Pantai Segigi menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang datang ke Lombok.

Terkait dengan lokasinya, Pantai Segigi berada di sebelah barat Pulau Lombok. Bisa dikatakan jika Pantai Segigi merupakan saingan berat Pantai Kuta yang ada di Bali, mengingat pemandangan yang dihadirkan memang sangat indah dan menawan.

Anda bisa melakukan beragam aktivitas, seperti snorkling, hingga menikmati senja yang menawan.

3. Pantai Selong Belanak

Pantai-Selong-Belanak-Lombok

sumber: xplorea.com

Pantai Selong Belanak ini merupakan daftar Pantai di Lombok yang masih satu jalur dengan Pantai Kuta. Pantai Selong Belanak hadir dengan pasir putih yang lembut dan air yang berwarna biru.

Pantai Selong Belanak masih terbilang sepi. Meskipun demikian, tempat wisata di Lombok satu ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang akan membuat liburan Anda semakin nyaman.

  Tempat Wisata di Jogja

Pantai Selong Belanak hadir dengan ombok yang sangat pas digunakan untuk berselancar. Ombaknya tidak terlalu besar, sehingga sangat pas untuk Anda yang masih pemula.

Di Pantai Selong Belanak, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berselancar, berjemu, berenang, snorkling, hingga menikmati senja. Terkait dengan biaya masuknya, gratis. Akan tetapi, jika Anda datang dengan menggunakan kendaraan bermotor, maka Anda akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3.000.

4. Pantai Tanjung Bloam 

pantai-tanjung-bloam-lombok

sumber: seva.id

Pantai Tanjung Bloam merupakan salah satu tempat wisata di Lombok, tepatnya di Lombok barat yang menawarkan keindahan memukau. Mungkin tempat wisata Tanjung Bloam ini masih belum begitu dikenal, menginat akses lokasinya lumayan jauh.

Untuk bisa sampai ke Pantai Tanjung Bloam, maka Anda harus menempuh perjalanan terlebih dahulu dari Kota Mataram dengan durasi perjalanan kurang lebih 2.5 jam.

5. Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan

Gili-Trawangan-Lombok

sumber: balisee.com

Berbicara mengenai Gili, Gili Trawangan merupakan salah satu gili yang sangat terkenal di Lombok. Gili Trawangan menjadi salah satu tempat wisata favorit para turis domestik dan mancanegara.

Di gili, Anda bisa menikmati keindahan pantai serta melakukan beragam aktivitas yang menyenangkan seperti berjemur, berenang, dan snorkling. Selain itu, di sekitar gili sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas publik yang cukup lenkap.

6. Bukit Pergasingan

Jika Anda ingin menikmati indahnya Rinjani, tanpa perlu sampai ke puncaknya, maka Bukit Pergangsingan ini merupakan tempat yang pas. Bukit Pergangsingan berada di sebelah Timur Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan Lombok

sumber: ayokelombok.com

Adapun mengenai tempatnya, Bukit Pergangsingan ini berada di Sembalun, Lombok Timur. Jika kamu berada di Kota Mataram, maka dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk bisa sampai di Bukit Pergasingan ini.

Terkait dengan jalur perdakiannya juga tidak terbilang sulit. Untuk bisa sampai ke atas bukit, sudah disediakan anak tangga, sehingga menjadikan perjalanan Anda semakin mudah.

Selain mengabadikan momen dengan lanscape Gunung Rinjani, Anda juga bisa menikmati indahnya sunrise dari tempat indah satu ini.

7. Narmada

narmada-Lombok

sumber: thepinsta.com

Mungkin nama tempat wisata di Lombok satu ini masih terdengar cukup asing. Narmada merupakan sebuah kecamatan yang berada di Lombok Barat. Narmada tepat berada di bawah kaki Gunung Rinjani.

Kawasan ini mulai dikenal oleh para wisatawan karena memiliki taman raja yang cukup luas, dimana luasnya maencapai 3 hektar. Di Dalam lokasi, Anda akan menjumpai kolam tirta, sebuah pemandian air pada zaman dahulu.

Jika Anda ingin mengetahui kehidupan raja-raja Lombok di masa lampau, maka mengunjungi Narmada merupakan pilihan yang tepat. Di Narmada, Anda akan menjumpai sebuah pura dengan pemandian air suci. Menariknya, Anda bisa membasuh wajah, serta beberapa bagian tubuh.

8. Danau Segara Anak

Jika Anda merupakan orang yang senang dengan wisata alam, maka tempat wisata di Lombok satu ini wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Danau Segara Anak berada tepat di kawah Gunung Rinjani.

Hingga sekarang, masih dipercaya jika Danau Segara Anak ini merupakan bagian laut yang terpecah hinhha ke atas pulau. Hal tersebut dikarenakan warna air dari Segara Anak yang berwarna biru, sama dengan warna air laut.

Memancing merupakan kegiatan utama yang bisa Anda lakukan ketika berada di Danau Segara Anak, untuk itu jangan lupa membawa pancing ya.

9. Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk Lombok

sumber: packlist.com

Masih satu kawasan dengan Gunung Rinjang, Anda bisa berkunjung ke Hutan Monyet Pusuk. Sama dengan namanya dimana Hutan Monyet ini menyimpan ratusan habitat spesies monyet.

Jika Anda memutuskan untuk berkunjung ke HUtan Monyet Pusuk ini, maka selalu berhati-hatilah. Pasalnya, monyet-monyet yang ada di dalam hutan terkadang juga bermain di tengah jalan.

  Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

10. Rumah Adat Suku Sasak Sade 

Dusun-Sade-Lombok

sumber: forum.idws.id

Jika Anda ingin belajar sejarah, maka bekunjung ke Dusun Sade ini merupakan pilihan yang tepat. Dusun Sade merupakan hunian susu Sasak yang terletak di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Dusun Sade ini terkenal dengan penduduknya yang sampai sekarang masih mempertahankan budaya tradisional. Penduduk yang ada di Dusun Sade ini sebagain besar tinggal di rumah dengan atap berupa alang-alang, seta dinding yang terbuat dari kayu.

Di Dusun Sade ini, Anda akan menjumpai proses pembuatan kain ikat khas Lombok, membeli kain ikat, serta bisa juga belajar langsung dengan penduduk yang mendiami Dusun Sade. Cukup menarik bukan?

11. Air Terjun Sendang Gile Lombok

Lombok bukan hanya menyimpan pantai saja. Selain pantai, Lombok juga menghadirkan berbagai macam air terjun yang sangat indah. Adapun air terjun tersebut yaitu Sendang Gile.

Sendang-Gile-Lombok

sumber: bangjotours.com

Cukup indah bukan? Selain indah, Air Terjun Sendang Gile berada dekat dengan pintu masuk Taman Nasional Gunung Rinjani. Untuk sampai di lokasi, Anda cukup jalan kaki kurang lebih 15 menit saja. Sendang gile cukup ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Medan perjalanannya juga tidak terlalu berat, sehingga sangat pas untuk Anda yang belum terbiasa dengan medan berat. Terdapat danpemandu lokal yang siap menemani perjalanan Anda menuju Sendang Gile.

12. Air Terjun Mangkusakti

Berada di tengah hutan kaki Gunung Rinjani, Anda akan menjumpai air terjun dengan tinggi mencapai 30 meter di atas tebing menawan, yaitu Air Terjun Mangkusakti.

Air Terjun Mangkusakti Lombok

sumber: lombokmandalika.co.id

Air Terjun Mangkusakti merupakan bagian dari Sungai Kokoq Puteq dimana aliran airnya bersumber dari Segara Anak. Terdapat beberapa kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Mangkusakti ini.

Anda bisa berenang di kolam alami yang memiliki warna air biru toska. Selain itu, Anda juga mengabadikan berbagai momen indah di bawah air terjun.

13. Air Terjun Benang Kelambu 

Air Terjun Benang Kelambu Lombok

sumber: tripdomestik.com

Daftar air terjun selanjutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Air Terjun Benang Kelambu. Air Terjun Benang Kelambu berada di Aik Berik, Lombok Tengah. Dibutuhkan waktu perjalanan sekitae 1 jam dari kota Mataram untuk bisa sampai ke Air Terjun Benang Kelambu.

Untuk aliran airnya, Air Terjun Benang Kelambu memiliki beberapa aliran air yang saling bersebelahan dan jatuh di hutan belantara. Asal muasal nama “Benang Kelambu” ini dikarenakan aliran air yang mengalir mirip seperti benang yang memiliki ukuran sangat tipis.

Aliran air yang tipis ini akan menghadirkan suara gemericik air yang halus, sehingga akan menenangkan jiwa serta raga Anda. Air Terjun Benang Kelambu merupakan tempat yang sangat cocok digunakan untuk menyendiri.

14. Pantai Semeti

pantai-semeti-lombok-tengah

sumber: gotravelly.com

Kembali ke Pantai lagi, Jika Anda sedang mencari pantai yang belum banyak dijamah oleh wisatawan, maka Pantai Semeti ini merupakan pilihan yang tepat. Terkait dengan lokasinya, Pantai Semeti berada di Lombok Tengah, besebelahan dengan Pantai Mawi.

Pantai Semeti dikenal memiliki karakter yang cukup unik. Pantai Semeti memiliki hamparan berupa pasir putih, lengkap dengan bebatauan, serta tebing dalam beragam jenis ukuran.

Ketika airnya surut, maka Anda langsung bisa melihat aneka ragam biota laut yang memang bersembunyi di dalam bebatuan. Jika Anda memiliki keinginan untuk foto di atas batu karang, jangan lupa untuk menggunakan sepatu anti licin.

15. Pantai Tangsi

Selain menghadirkan pantai dengan pasir putih yang menawan, Lombok juga menghadirkan pasisir pantai nan istimewa. Di Lombok terdapat sebuah pantai dengan warna pasir merah muda.

Pantai Tangsi Lombok

sumber: travelismeindonesia.com

Pantai dengan warna pasir merah muda ini berada di Lombok Timur. Nama aslinya Pantai Tangsi, akan tetapi para wisatawan kerap menyebutnya “Pink Beach”. 

Warna merah muda yang dihasilkan berasal dari potongan karang yang sudah dicampur dengan pasir pantai. Pantai yang memiliki warna “Pink” terbilang jarang. Untuk itu, jika Anda berkesempatan datang ke Lombok, jangan lupa mengunjungi Pantai Tangsi ini.

  Tempat Wisata di Jember

16. Pantai Penyisok

pantai-penyisok-lombok

sumber: edelweiss-travel.com

Jika pada poin sebelumnya dijelaskan mengenai Pantai dengan warna pasir yang sangat unik, maka pada poin selanjutnya ini kami akan memberikan informasi terkait dengan pantai yang cukup unik.

Adapun nama pantai tersebut yaitu Pantai Penyisok. Pantai Penyisok berada di lokasi yang cukup sulit dijangkau. Anda harus melewati medan yang cukup sulit.

Akan tetapi, rasa lelah Anda akan terbayarkan ketika Anda melihat hamparan pemandangan Samudra Hindia yang luas dari atas ketinggian. Selain melihat hamparan samudra yang luas, di Pantai Penyisok, Anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan laut, serta padang savan, sangat menarik bukan?

17. Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong Lombok

sumber: thewallpaper.co

Pantai Batu Bolong merupakan salah satu tempat wisata di Lombok yang disebut-sebut mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Keindahan dari Pura Batu Bolong ini kerap disamakan dengan Pura yang ada di Tanah Lot, Bali.

Selain itu, suasana spiritual ditambah dengan letaknya yang dekat dengan Selat Lombok dan Gunung Agung, yang merupakan gunung yang disucikan oleh umat Hindu.

18. Bukit Malimbu Lombok

Bukit Malimbu termasuk dalam daftar destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Terkait dengan tempatnya, bukit Malimbu berada dekat dengan Pantai Segigi.

Ketika berkunjung ke Bukit Malimbu, maka Anda bisa melihat indahnya Pantai Segigi dari atas ketinggian. Anda akan melihat warna pantai biru kehijauan. Saat Anda memandang ke arah laut, maka Anda akan dihadapkan pada pemandangan berwarna hijau yang siap memanjakan mata.

19. Gili Kedis

Gili Kedis merupakan salah satu pulau  kecil dengan pemandangan mempesona yang ada di Lombok. Pulau yang tidak ada penghuninya ini berada di sebelah barat Pulau Lombok.

Gili Kedis merupakan sebuah pulau yang belum ada penghuninya, sehingga sangat pas Anda gunakan sebagai tujuan wisata bersama dengan orang tersayang. Anda akan merasa seperti memiliki pulau pribadi.

Gili-Kedis-Lombok

sumber: bintangrinjani.com

Gili Kendis memiliki ukuran yang cukup kecil, hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk bisa mengunjungi pulau ini. Meskipun memiliki ukuran kecil, pemandangan yang ada di sekitar pulau tidak perlu Anda ragukan.

Keberadaan pasir berwarna putih bersih dengan batu karang yang unik semakin membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Di Gili Kedis ini, Anda akan menjumpai beragam ikan kecil yang berenang di sekitar.

20. Pantai Tanjung Aan

Pantai-Tanjung-Aan-Lombok

sumber: commons.wikimedia.ord

Daftar tempat wisata di Pulau Lombok terakhir yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Tanjung Aan. Terkait dengan letaknya, Pantai Tanjung Aan berada dekat dengan Pantai Kuta, serta Pantai Selong Belanak.

Mengingat tempatnya yang berdekatan, maka langsung bisa dikunjungi dalam waktu satu hari saja. Pantai Tanjung Aan menghadirkan hamparan ombak yang lembut lengkap dengan hamparan pasir putih yang luas.

Jika Anda hobi snorkling, maka Pantai Tanjung Aan merupakan tempat yang pas Anda gunakan untuk snorkling. Anda tidak perlu membawa peralatan snorkling, karena sudah disediakan oleh penduduk sekitar pantai.

Suasana liburan Anda akan semakin menyenangkan karena Anda juga bisa menikmati segarnya air kelapa muda, dan juga duduk di dekat warung makan sederhana.

Tempat wisata di Lombok memang sangat beragam, untuk itu, langsung saja, siapkan waktu untuk menjelajah indahnya Pulau Lombok.

Leave a Reply