Tempat wisata di Tangerang

Tempat wisata di Tangerang | Tangerang , Julukan kota 1000 industri sepertinya memang layak diberikan kepada kota ini. Pasalnya, memang hampir di setiap sudut kota ini dapat dengan mudah ditemukan perusahaan dengan skala lokal bahkan multinasional. Barisan para karyawan pabrik berseragam pun sudah sangat umum menjadi pemandangan di stiap harinya.

Namun Anda jangan salah, kota yang lokasinya sungguh strategis ini kini sudah banyak berbenah. Tidak hanya puas dengan julukan kota industri, Tangerang pun kini gencar berusaha mewujudkan impiannya menjadi kota yang layak dikunjungi dan layak investasi.

Puluhan destinasi wisata, dimulai dari wisata alam, rohani, modern,  sejarah, bahkan wahana menarik banyak tersedia untuk warga sekitar maupun para wisatawan dari berbagai kota lain untuk berlibur.

Berikut kami rangkum daftar wisata Tangerang bisa Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Tangerang

1. Tebing Koja (Kandang Godzila)

Tebing Koja (Kandang Godzila) Tangerang

sumber: heriand.com

Anda tengah mencari spot menarik untuk menambah koleksi foto keren di Instagram? Mungkin tebing Koja bisa menjadi salah satu jawabannya. Tempat yang dahulunya menjadi bekas tambang pasir ini pun kini sudah berubah menjadi objek wisata ciamik yang diminati di Tangerang.

Tebing-tebing kapur yang tegap menjulang dilatari genangan air yang berwarna kehijauan menjadi daya tarik tersendiri. Hijau tanaman padi di area persawahan di bagian sisi tebing memberikan nilai tambah untuk tempat yang juga di juluki Kandang Godzila ini. Tempat berswafoto yang paling digemari ialah di bagian atas salah satu tebing .

Lokasi tempat wisata ini terletak di Cireundeu, Solear, Tangerang, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 3.000. Untuk jam Buka atau jam Operasional ditempat ini yaitu 24 Jam. Anda dapat menuju tempat ini dengan menggunakan bus E06 dari Jalan Raya Cisoka dengan tarif Rp 3.000.

2. Tempat wisata di Tangerang Hutan Kota BSD

Hutan Kota BSD Tangerang

sumber: cta.idheckinjakar

Saat Anda singgah di BSD, jangan lewatkan untuk mampir ke Hutan Kota Tangerang Selatan atau yang biasa disebut Taman Kota 2 BSD. Di lahan seluas 9 hektare ini Anda dapat sejenak melepas penat dari hiruk pikuk Kota Jakarta dan Tangerang. Ada kurang lebihnya 7.000 macam jenis pepohonan dan 60 macam jenis tanaman yang dapat Anda temui.

Selain itu, ada juga danau dan air terjun buatan yang semakin membuat nuansa alami kian terasa. Beberapa aktivitas asyik yang dapat Anda dilakukan disini yaitu bersepeda di pagi hari, jogging, ataupun sekedar bersantai sambil berfoto ria bersama keluarga di gazebo yang tersedia mauun di rumah-rumah pohon.

Destinasi ini berlokasi di Jalan Letnan Sutopo, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan, tanpa dikenai biaya tiket masuk. Untuk jam Buka atau jam Operasionalnya yaitu pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00. Anda dapat pergi ketempat ini menggunakan bus D16 dari Jalan Raya Serpong dengan tariff Rp 3.000 saja.

3. Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk

Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk Tangerang

sumber: sarahbeekmens.com

Berpindah ke sebelah utara Ibu Kota, Anda bisa menemukan tempat wisata alam yang ramai dikunjungi tidak hanya oleh wisatawan lokal, namun juga mancanegara. Menyadari hiruk pikuk di Jakarta dan Tangerang, tentu saja menjadikan kehadiran objek wisata ini seperti mata air di tengah – tengah padang pasir.

  17 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

Di tanah seluas 99 hektare ini pandangan Anda akan dimanjakan dengan luas hamparan hijau pohon mangrove yang tumbuh menutupi perairan. Jika Anda lelah menyusuri wisata ini dengan berjalan kaki, Anda dapat berkeliling menggunakan perahu motor, perahu dayung, ataupun kano. Dengan membayar berkisar dari 100 ribu sampai 350 ribu untuk maksimal 8 penumpang.

Wisata ini berlokasi di Jalan Garden House, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, dengan tiket masuk yang di hargai Rp 25.000 untuk Wisatawan Lokal, dan Rp 250.000 untuk Wisatawan Asing. Destinasi wisata ini memiliki waktu operasional pada pukul 07.00 hingga pukul 17.000 di setiap harinya. Anda dapat menuju tempat ini dengan menggunakan busway jurusan halte PIK dengan tiket seharga Rp 3.000.

4. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Tempat wisata di Tangerang – Pantai Tanjung Pasir – sumber: thepinsta.com

Bagi para pencinta pantai, belum sah rasanya jika datang ke Kota Tangerang tanpa mampir ke Pantai Tanjung Pasir. Memegang predikat salah satu pantai terfavorit di provinsi Banten, pantai yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Tangerang ini menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih indah yang membentang luas berpadu dengan teduh pepohonan hijau di bibir pantainya.

Selain menikmati kecantikan pantai, Anda juga bisa berenang dan bermain air bersama keluarga di pinggiran pantai. Anda tidak perlu khawatir terhadap ombak karena air laut di sini cenderung tenang. Salah satu aktivitas berwisata yang menarik dan tak boleh dilewatkan agar kunjungan Anda meninggalkan kesan yang sulit terlupakan yaitu dengan menyeberangi laut menuju ke pulau seribu menggunakan perahu motor.

Tempat wisata ini bertempat di Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten yang buka 24 Jam di setiap harinya.Anda hanya perlu membayar Rp 5.000,00/orang untuk tiket masuknya, dan jika Anda ingin pergi kesini menggunakan angkutan umun, Anda dapat menggunakan bus F03 dari Jalan Kosambi Barat dengan biaya Rp 3.000 hingga Rp 6.000 saja

5. Pantai Tanjung Kait

Pantai Tanjung Kait Tangerang

wisata Tangerang – Pantai Tanjung Kait – sumber: inovasee.com

Berenang di pantai bukanlah aktivitas yang disarankan untuk dilakukan di pantai ini. Namun tenang, warga sekitar Pantai Tanjung Kait punya cara lain untuk bisa memanjakan para pengunjung, yaitu dengan pengalaman menyantap berbagai olahan seafood segar hasil tangkapan langsung dari para nelayan.

Menikmati hidangan seafood yang lezat sembari memandangi lautan lepas di gubuk-gubuk batang bambu yang sediakan tentu akan menjadi pengalaman istimewa bagi Anda dan keluarga. Lokasi pantai ini bertepat di Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang dengan tariff masuk sebesar Rp 5.000,00/orang yang buka 24 Jam di setiap harinya.

Untuk menuju tempat wisata ini Anda dapat menggunakan bus 07 dari Bojong Gede dengan membayar sekitar Rp 3.000 – Rp 6.000 saja.

6. Wisata Tangerang Taman Bambu

Taman Bambu Tangerang

sumber: aboutttng.com

Taman Bambu merupak salah satu objek wisata yang cukup instagramable yang berada di Kota Tangerang. Seperti namanya, taman yang letaknya di sebrang Taman Potret ini banyak ditumbuhi pepohonan bambu hijau yang indah dengan berbagai ornamen menarik dari bamboo lainnya yang merupakan hasil karya para seniman Kota Tangerang.

Pada saat malam datang, taman ini akan semakin terlihat lebih cantik dengan hiasan lampion yang terbuat dari bambu. Taman Bambu ini terletak di Babakan, Kota Tangerang, Banten dengan waktu buka setiap hari pada jam 07.00 hingga jam 22.00. Anda dapat pergi ke Taman Bambu dengan menggunakan angkot dari Tang City Mall dengan tariff angkutanya hanya  Rp 3.000 saja.

  Tempat Wisata di Subang

7. Amsterdam Water Park

Amsterdam Water Park Tangerang

Tempat Wisata di Tangerang – Amsterdam Water Park – sumber: tesyakinderen.com

Pilihan rekreasi lainya yang tepat untuk Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pecan yaitu Amsterdam Water Park. Destinasi wisata ini menawarkan keasyikan dengan berbagai wahana air menyenangkan salah satunya wahana seluncur, gelas tumpah hingga flying fox melewati kolam renang.

Menariknya, Anda akan merasakan suasana Water Park yang sangat berbeda karena tempat ini didesain khusus dengan konsep pemandangan khas Belanda.  Atmosfer  Negeri Tulip yang kenal akan Anda rasakan mulai dari pintu masuk sampai di kolam renang dengan miniatur-miniatur ikon khas Amsterdam yang benghiasi.

Amsterdam Water Park  berlokasi di Villa Tomang Baru Square No. 1, Jalan Raya Boulevard, Gelamjaya, Kuta Jaya, PasarKemis, Tangerang dengan jam operasional di setiap harinya pada pukul 08.00 hingga pukul 18.00. untuk harga tiket masuk beragam, tergantung gari. Jika di hari biasa akan dikenakan tarif sebesar Rp 35.000/orang sedangkan di hari libur sebesar Rp 45.000 /orang

8. Kandank Jurank Doank

 Kandank Jurank Doank Tangerang

sumber: megajalanmegajualan.blogspot.com

Siapa yang tidak mengenal Dik Doank? Pelantun lagu Pulang ini tidak hanya pandai bernyanyi dan bermusik saja, tetapi juga memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Terbukti dirinya kini telah mendirikan sekolah inovatif yang bernama Kandank Jurank Doank yang dikhususkan bagi anak-anak kurang mampu di sekitar wadah belajar buatannya itu.

Dan kabar baiknya, kini sekolah tersebut sudah dibuka untuk para wisatawan. Beragam aktivitas olah raga mengasyikan seperti kegiatan outbond, hingga kegiatan edukatif seperti menanam padi, memandikan kerbau, membajak sawah, dan menggambar dapat dilakukan buah hati Anda di tempat yang bertema kreatif ini.

Lokasinya berada di Jalan Kompleks Alvita blok Q 14, Kelurahan Sawah Baru, Tangerang selatan, Banten dengan tiket masuk yang tidak dipungut biaya, namun beberapa wahana permainan edukasi diberikan tarif sebesar Rp 15.000 – Rp 20.000 /orang. Buka setiap hari pada pukul 08.00-16.00 dengan akses yang cukup mudah, dari Stasiun Jurang Mangu bisa berjalan kaki atau naik ojek dengan tariff Rp 10.000

9. Citra Raya Water World & World of Wonders

Citra Raya Water World & World of Wonders Tangerang

sumber: batikbesurek.com

Tidak hanya menyuguhkan permainan air. Pada objek wisata ini, Anda dan keluarga dapat menikmati lebih dari 30 wahana edukasi dan wahana permainan yang sangat seru seperti: Arena Outbond, Tekno Fly, Rumah Angker, Taman Satwa, dan lainnya. Tak hanya itu, terdapat pula 7 ikon miniatur keajaiban dunia yang bisa Anda perkenalkan kepada anak-anak.

Tempat rekreasi ini berlokasi di MardiGras, Jalan Citra Raya Utama Timur, Mekar Bakti, Panongan, Cikupa, Tangerang. Untuk harga tiket masuk bervariatif tergantung hari, jika paa hari kerja seharga Rp 45.000 /orang dan pada hari libur seharga Rp 50.000 /orang. Waktu operasional setiap hari dari jam 09.00-18.00.

Untuk tiba ditempat ini Anda dapat menggunakan angkot Dari Tang City Mall dengan tarif Rp 3.000

10. Floating Castle Froggy Edutography

Floating Castle Froggy Edutography Tangerang

sumber: beritahariini.web.id

Dibangun menggunakan 66 lembar kaca dengan tinggi 10 meter,  destinasi wisata di Kota Tangerang Selatan ini telah mendapatkan penghargaan “Floating Castle With the Highest Suspended Glass in the World” oleh Record Holders Republic, Inggris. Istana megah ini yang terinspirasi dari dongeng yang berkisahkan tentang Jack dan Pohon Kacang Raksasa ini memberikan konsep tempat berlibur yang edukatif untuk anak-anak.

Tempat rekreasi ini berlokasi di Jl. BSD Grand Boulevard, Cluster Commercial Park Barat No. 1, BSD City, Tangerang dengan tariff masuk sebesar Rp 7.500 /orang saja yang buka setiap hari pada jam 08.00-18.00. untuk mengakses tempat ini Anda dapat menggunakan bus R03A dari Teras Kota seharga  Rp 3.000 saja.

  Tempat Wisata di Surabaya

12. Phi Phi Club Greenwich Park

Phi Phi Club yang berlokasi di kawasan Cluster Sheffield Greenwich Park BSD City, Tangerang, ini merupakan arena bermain anak yang cukup lengkap dengan perpustakaan, kolam bermain, dan ruang permainan lainnya. Sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari destinasi berlibur akhir pekan yang mendidik sekaligus menyenangkan anak-anak Anda.

Pada kawasan yang sama, Anda juga dapat menemukan Bora Bora Club yang memang didesain khusus bagi anak remaja, lalu Barbuda Club yang berisi mendidik kolam renang,  dan longue yang dikususkan untuk orang dewasa. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 08.00-18.00

13. Pantai Bodur

Pantai Bodur Tangerang

sumber: iklantravel.com

Dengan lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, Pantai Bodur menjadi alternative yang sangat tepat bagi Anda untuk sejenak melepaskan diri dari keramaian Jakarta maupun Tangerang. Pada pantai yang telah dikelola dengan ciamik oleh Tanjung Lesung Resort ini, Anda akan sangat dimanjakan dengan panorama indah pantai yang tak kalah saing jika dibandingkan dengan pantai-pantai di Pulau Dewata, Bali.

Laut biru, air yang jernih dan bersih, pasir putih, serta ombak yang tenang tentu akan membuat Anda betah bersantai berada di sana. Selain itu, Anda juga bisa menjajal beberapa aktivitas olah raga pantai yang seru dan menantang seperti snorkeling dan diving.

Bertempat di Tanjung Jaya, Panimbang, Pandeglang, tempat wisata ini dibuka setiap hari pada jam 08.00-18.00 dengan tariff masuk yang bervariatif seperti berikut :

Senin – Jumat : Rp25.000 /orang

Sabtu – Minggu : Rp40.000 /orang

15. Masjid Raya Al Azhom

Masjid Raya Al Azhom Tangerang

sumber: aboutttg.com

Masjid raya Al Azhom ini merupakan tempat wisata rohani yang cukup terkenal di Kota Tangerang. Masjid yang memiliki konsep arsitektur seperti Museum Istanbul Turki ini memiliki kubah terbesar di Indonesia. Masjid yang megah ini dilengkapi dengan adanya 4 menara setinggi 50 meter di setiap sudutnya.

Tidak cuma luarnya, bagian dalam masjid ini pun terlihat sangat indah dan menawan dengan hiasan kaligrafi Arab di dinding-dindingnya. Masjid ini berlokasi di Jalan Satria Sudirman, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten

17. Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio Tangerang

Tempat Wisata di Tangerang – Klenteng Boen Tek Bio – sumber: indonesiakaya.com

Klenteng Boen Tek Bio ini dapat Anda masukan dalam salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi ketika Anda singgah di Kota Tangerang. Bukan hanya karena letaknya yang strategis, yang berada di pusat Pasar Lama, klenteng ini pun menjadi tempat ibadah komunitas Tionghoa paling tua di Tangerang.

Pada jalan menuju tempat ini, Anda akan disambut dengan suasana budaya Cina yang cukup kental dari bau dupa, hingga gantungan-gantungan lampion merah di depan rumah warga, dan juga pedagang-pedagang yang menjajakan makanan khas Cina.

Klenteng ini terletak di Jalan Bakti Saham, Sukasari, Tangerang, Kota Tangerang.

18. Klenteng Tjo Soe Kong

Klenteng Tjo Soe Kong Tangerang

Wisata tangerang – Klenteng Tjo Soe Kong – sumber: santamargita.com

Tidak seperti klenteng pada umumnya, Klenteng yang mempunyai nama lain Rong Jia Yi Da Bo Gong Miao ini mempunyai bentuk yang sederhana sekaligus tidak dihiasi oleh ornamen sepasang patung naga maupun burung hong yang pada umumnya selalu ada di bangunan klenteng. tetapi, justru hal tersebutlah merupakan keunikan tempat ibadah umat Budha yang terletak di bibir pantai Tanjung Kait ini.

Klenteng ini berlokasi di Kampung Tanjung Kait, Desa Tanjung Anom, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Jika Anda bergerak dari Bojong Gede Anda dapatmenggunakan angkutan umum 07 hanya dengan tarif Rp  3.000 saja.

Demikianlah beberapa tempat wisata di Tangerang dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam berwisata bersama keluarga.

Video Tempat wisata di Tangerang

Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply