Tempat Wisata di Surabaya

Tempat wisata di Surabaya sangat banyak sekali jenisnya. Surabaya adalah sebuah Kota yang besar sekaligus ibukota provinsi Jawa Timur, Kota ini mempunyai sejuta pesona serta panorama alam yang begitu menakjubkan serta masih banyak destinasi yang tersembunyi, sehingga hingga saat ini masih banyak orang yang tentunya belum mengetahui akan keindahan serta tempat bagus dan asik yang ada di kota Surabaya.

Surabaya memiliki banyak Spot destinasi wisata keren, mulai dengan Situs budaya, situs bersejarah, atau spot foto-foto kekinian , sampai dengan air terjun yang begitu memanjakan mata serta harus segera kalian explore. Bila Anda memiliki rencana untuk berlibur ke kota Surabaya, Jangan khawatir dengan pesonanya, Kota ini turut menyajikan begitu banyak pilihan bagi Anda yang ingin mengunjungi.

Selama ini bila Surabaya jarang terdengar destinasi yang keren untuk para wisatawan yang ingin berlibur, tapi ternyata Surabaya ini pun memiliki begitu banyak tempat-tempat wisata alam yang juga keren yang tidak kalah dengan tempat wisata di Jogja, Semarang, ataupun kota besar lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Wisata Surabaya

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya Tugu Pahlawan – sumber: factsofindonesia.com

Kurang puas rasanya jika jalan ke kota Surabaya tidak singgah ke Tugu Pahlawan. Bisa dibilang,  tempat ini merupakan salah satu ikon kota yang begitu terkenal dengan nama Kota Pahlawan ini.

Tugu ini telah didirikan untuk memperingati sejarah pertempuran 10 November 1945 pahlawan Suroboyo ketika melawan pasukan Sekutu. Di tugu ini Anda bisa menjelajahi area museum yang juga berisikan foto-foto dokumentasi proses pembangunan Tugu Pahlawan.

Selain Anda piknik tentunya, Anda juga dapat sekadar berkeliling di area lahan sekitaran tugu ini serta menikmati tiupanr angin di antara rumput-rumput hijau.

Jam operasional: 07.00-15.00 WIB Selasa sampai Jumat, 07.00-12.00 WIB Sabtu dan Minggu

Alamat: Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan

Cara menuju ke sini: Dari terminal JMP Anda naik angkot Q berwarna merah jurusan Bratang-JMP, turun pas di depan Tugu Pahlawan.

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul surabaya

Tempat Wisata di Surabaya Taman Bungkul – sumber: infogajiterbaru.org

Asal usul dari nama Taman Bungkul tidak jauh dari seorang tokoh ulama penyebaran agama Islam di kota Surabaya yaitu bernama Ki Ageng Supo atau biasa dikenal dengan sebutan atau gelar Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul. Di area belakang taman ini juga terdapat makam beliau.

Ketika berwisata ke taman yang bagus ini, Anda dapat bermain bebas di semua arena permainan yang sudah disediakan seperti arena skateboard dan BMX, area jogging, plaza atau sebuah panggung untuk menyaksikan live performance sampai pada zona Wifi gratis.

Jam operasional: 24 jam

Alamat: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo

Untuk bisa sampai kesini apabila Anda dari terminal Purabaya Bungurasih tinggal naik bus P1 atau P AC 1 dengan jurusan Bungurasih-Darmo-Perak lalu turun di seberang Taman Bungkul.

3. Ciputra Waterpark

ciputra-waterpark-surabaya

Tempat Wisata di Surabaya ciputra-waterpark sumber: hotelwaterparks.com

Seperti halnya kota Jakarta, kota Surabaya juga merupakan sebuah kota metropolitan di negara Indonesia, mulai bergerak dalam konsep pengembangan lokasi wisata keluarga.

Nah, pada taman bermain air yang berada di area Waterpark Boulevard Citraland, Sambikerep tersebut dapat jadi pilihan yang begitu pas ketika akan berekreasi bersama dengan keluarga di akhir pekan. Pilihan untuk wahana airnya juga sangat beragam. Dijamin Anda tidak akan bosan.

  Tempat Wisata di Mojokerto

Tiket masuk nya Rp.110.000 (Selasa sampai Jumat). Rp.130.000 (Sabtu dan Minggu)

Jam operasional mulai pukul 13.00-19.00 (Selasa sampai Jumat), 10.00-19.00 (Sabtu dan Minggu)

Cara untuk sampai kelokasi yaitu dengan naik angkot dari seberang Hotel Tunjungan dengan jurusan PTC. Turun di PTC emudian naik taksi menuju Ciputra Waterpark.

4. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya Klenteng Sanggar Agung sumber: jurnaland.com

Ketika liburan Imlek akan paling pas jika berkunjung di Klenteng Sanggar Agung. Konon, klenteng tersebut merupakan tempat yang di mana Dewi Kwam Im akan menampakkan dirinya.

Klenteng ini sangat indah karena memang lokasinya yang terletak di pinggir pantai. Memang, biasanya klenteng terletak di tengah kota atau di dekat pemukiman warga.

Namun, klenteng yang terletak di Jalan Sukolilo 100, di kompleks Pantai Ria Kenjeran tersebut memang sengaja agar dibangun berdekatan dengan pantai serta menyajikan pemandangan yang indah dan panorama hutan bakau yang dapat jadi lokasi ataupun spot foto yang oke.

Tiket masuknya hanya Rp.10.000/ mobil, per 2 orang

Jam operasional akan dibuka mulai pukul 09.00-17.00

Untuk bisa sampai kesini bila Anda dari terminal Purabaya Bungurasih silahkan naik bus Damri yang menuju terminal Joyoboyo. Lalu, dari terminal Joyoboyo langsung naik angkutan umum Lyn dengan tujuan Kenjeran, lalu turun di Klenteng Sanggar Agung.

5. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Gereja Kepanjen)

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria (Gereja Kepanjen) Surabaya

sumber: festivaljelajah.com

Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau juga dikenal sebagai Gereja Kepanjen merupakan gereja Katolik paling tua di Surabaya. Yang bisa membuat gereja ini menjadi menarik adalah arsitekturnya yang begitu khas dengan gaya Eropa dan indah.

Berada di Jalan Kepanjen, tempat ibadah ini posisinya berdampingan dengan lokasi bangunan SMA Katolik Frateran di Surabaya. Gereja ini langsung dibangun setelah kedatangan seorang pastor berkebangsaan Belanda yakni bernama Hendricus Waanders.

Jam operasional nya yaitu ketika Jam ibadah

Alamatnya di Jl. Kepanjen No.4-6, Krembangan Selatan

Untuk menuju kesini, dari terminal Purabaya Bungurasih atau juga terminal Joyoboyo Anda naik angkutan yang menuju ke Tanjung Perak, kemudian turun di Jalan Kepanjen.

6. Gunung Bromo

Hampir setiap orang tau dengan Gunung Bromo. Tapi, apakah orang sudah banyak yang mengetahui kalau Gunung Bromo itu tidak hanya bagian dari kota Malang saja?

Gunung-Bromo-Surabaya

sumber: travelwkly.com

Ya, lokasi Gunung Bromo tidak begitu jauh dari Surabaya. Lokasinya pun diapit dengan empat wilayah yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang serta Kabupaten Lumajang. Jika Anda menyempatkan untuk berkunjung ke Gunung Bromo ketika melakukan wisata ke Surabaya, Anda wajib untuk bisa mengunjungi padang savananya. Yaps, di sini Anda dapat melihat keindahan dari panorama yang tidak ada duanya.

Jam operasional, yaitu 24 jam nonstop

Alamatnya di Provinsi Jawa Timur

Agar bisa sampai, apabila Anda dari terminal Purabaya Bungurasih kemudian naik bus jurusan Jember atau bisa juga jurusan Banyuwangi lalu turun di Probolinggo. Dari situ naik angkutan menuju Kecamatan Ngadisari yang berdekatan dengan wilayah perbukitan Cemoro Lawang.

7. G Walk

G Walk Surabaya

sumber: surabayatravel.com

Ada sebuah tempat wisata di Surabaya khusus menyajikan kuliner yaitu G-Walk. Ya, bisa juga dibilang tempat ini merupakan tempat nongkrongnya para arek-arek Suroboyo.

Lokasinya yang terletak di kawasan elit yaitu Citra Raya Surabaya, membuat G-Walk ini jadi tempat hits yang sepertinya wajib dikunjungi ketika wisata ke Surabaya.

Di sini Anda bisa menemukan jenis kuliner mulai dari kuliner khasnya Surabaya hingga makanan populer yang milenial sekalipun.

  Tempat Wisata di Sukabumi

Jam operasional nya 10.00-23.00

Alamatnya di Jl. Niaga Gapura, Lontar, Sambikerep

Cara menuju ke sini, ambil jalan yang mengarah ke Pakuwon City, terus saja hingga sampai Universitas Surabaya (Unesa), Anda tinggal berbelok menuju arah Unesa, itupun sudah masuk ke area perumahan menuju G-Walk.

8. Bonbin Surabaya

Bonbin Surabaya

sumber: tripisia.id

Kebun binatang satu ini sudah berdiri sejak era pemerintahan Belanda di Indonesia. Bahkan sudah sering sekali ganti lokasi.

Tema yang diusung oleh kebun binatang ini ialah pendidikan, penelitian, dan juga konservasi. Jadi, para pengunjung bisa mendapatkan banyak ilmu dan wawasan sekaligus sebuah hiburan di kebun binatang yang didalam mempunyai sekitar 315 spesies hewan di sini.

Tiket masuknya hanya Rp.15.000 (di hari biasa), Rp.20.000 (untuk hari liburan)

Alamatnya di Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo

Cara ke sini, bila dari terminal Purabaya Bungurasih Anda naik bus Damri yang jalurnya menuju ke terminal Joyoboyo, setelah sampai di sana bisa jalan kaki sedikit untuk langsung menuju ke Kebun Binatang Surabaya.

10. Suroboyo Carnival Park

Pernah membayangkan sebuah pasar malam ataupun karnaval? Nah, seperti itulah kira-kira Suroboyo Carnival Park yang ada di jalan Ahmad Yani ini.

suroboyo-carnival-park-jawatimur

sumber: holidify.com

Dapat juga di bilang tempat tersebut ialah theme park wisata malam yang paling besar di kota Surabaya. Ada begitu banyak pilihan jenis permainan dan wahana seru yang disediakan untuk seluruh anggota keluarga. seperti wahana yang berkonsep tenang dan menyenangkan, sampai wahana yang dapat memacu adrenalin.

Di sini juga terdapat banyak wahana dengan disesuaikan umur pengunjung, bahkan ada pula wahana yang dapat dinaiki oleh anak-anak serta lansia. Benar-benar sebuah lokasi rekreasi yang sangat lengkap dan amat cocok untuk seluruh anggota keluarga, ya?

Tiket masuknya hanya Rp.60.000 (Senin sampai Jumat), Rp. 80.000 (Sabtu dan Minggu).

Alamatnya di Jl. Ahmad Yani No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan.

Cara ke sini: Bila Anda dari bundaran Jalan Waru, silahkan ambil lajur kiri, Setelah itu bakal ada Jalan Brigjen Katamso atau pabrik paku, kemudian belok kiri. Setelah dari rel kereta api lalu belok ke kiri lagi di Jalan Kertomenanggal kemudian tinggal mengikuti ancar-ancer papan penunjuk Suroboyo Carnival Park.

10. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam adalah salah satu bukti perjuangan para pahlawan Indonesia di masa lalu. Monumen yang juga disebut sebagai sebutan Monkasel ini adalah sebuah kapal selam KRI Pasopati 410 yang dipakai oleh kelompok pejuang kemerdekaan masa lalu pada operasi Trikora.

Monumen Kapal Selam Surabaya

sumber: Ttnotes.com

Saat Anda mengunjungi lokasi ini, Anda bisa melihat isi kapal selamnya, dan sekaligus menyaksikan film yang berceritakan tentang peristiwa pertempuran di Lautan Aru.

Selain dari itu, bagi Anda yang merupakan hobi berfoto, tempat ini menjadi salah satu spot foto di kota Surabaya yang sangat menarik untuk bisa dijadikan latar belakang foto.

Untuk bisa menikmati berbagai macam suasana di Monumen Kapal Selam satu ini, Anda cuma perlu membayar tarif masuk sebesar Rp10.000 untuk per orang. Anda bisa berkunjung ke monumen tersebut pada hari apapun dari pukul 8 pagi sampai 10 malam.

Monumen ini merupakan tujuan wisata Surabaya yang begitu cocok bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, ataupun untuk Anda kunjungi bareng keluarga.

11. Kampung Bulak Surabaya

 Kampung Bulak Surabaya

Tempat Wisata di Surabaya Kampung Bulak sumber: thehotelmurah.com

Tidak cuma di kota Malang saja, Surabaya pun juga mempunyai kampung warna warni yang juga dikenal sebagai sebuah Kampung Bulak Surabaya.

Kampung yang letaknya di pesisir pantai ini mempunyai berbagai macam rumah dengan atap dan juga temboknya yang berwarna-warni sangat lucu dan indah.

  Tempat Wisata di Jakarta

Tempat yang terletak di sebelah utara Pantai Ria Kenjeran ini begitu diminati oleh banyak pengunjung karena pemandangan yang disajikan sangat instagrammable.

Tiket masuk untuk ke tempat ini sangatlah murah. Anda cuma perlu membayar uang sebesar Rp2.000 per orang untuk bisa menikmati berbagai macam pemandangan serta mengambil foto di lokasi ini dari pukul 8 pagi sampai 10 malam.

12. Kebun Bibit Surabaya

Kebun Bibit Surabaya adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang murah meriah. Anda tak akan ditarik biaya tiket masuk ketika berkunjung ke tempat ini. Di tempat ini, Anda bisa menikmati macam kuliner Surabaya, dan mencoba jogging track, atau untuk sekadar menikmati sebuah danau buatan.

kebun-bibit-surabaya

Tempat Wisata di Surabaya kebun-bibit sumber: anekawisataseru.net

Selain dari itu, tempat ini pun mempunyai taman bermain anak, dan taman outbound, serta kebun jati, bahkan berbagai hal seru lainnya. Sebaiknya, Anda dianjurkan mengunjungi lokasi ini sekitar pagi atau sore hari ketika matahari sedang tidak begitu terik.

Kebun yang terletak di daerah Baratajaya, Guben ini bisa Anda kunjungi untuk setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore dengan gratis.

Selain dari itu, tempat ini pun sering menjadi lokasi tujuan kunjungan dari anak-anak sekolah sebagai sebuah sarana belajar agar mencintai lingkungan. Di tempat ini, para anak-anak bakal diajari bagaimana cara ketika berkebun dan mengolah limbah

14. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar Surabaya

sumber: flickr.com

Masjid Al-Akbar yang terletak di wilayah Pagesangan, Jambangan, kota Surabaya ini adalah masjid terbesar kedua yang ada di Indonesia. Tempat ini sangat sering dijadikan tujuan wisata religi di kota Surabaya. Arsitektur megah yang ada di masjid besar ini bakal membuat Anda merasa kagum.

Selain dari kegiatan keagamaan serta kajian yang rutin dilaksanakan di masjid ini, Anda juga bisa menemukan fasilitas tambahan seperti aula serbaguna dan juga perpustakaan.

Masjid ini bisa Anda kunjungi dengan memakai bus menuju Joyoboyo jika dari terminal Bungurasih. kemudian, Anda bisa melanjutkannya dengan naik angkutan kota menuju ke Menanggal.

15. Jalan Tunjungan

Jalan Tunjungan sudah menjadi kawasan bisnis dari masa penjajahan Belanda. Sampai saat ini pun, ketika berkunjung ke lokasi ini, jejak tempo doeloe pun tetap bisa Anda nikmati ketika menyusuri Jalan Tunjungan ini.

jalan-tunjungan-surabaya

sumber: jejakpiknik.com

Selain dari itu, di sini Anda juga bisa menemukan sebuah bangunan yang sudah ada sejak jaman dulu, yakni Gedung Siola, atau pada saat ini sudah menjadi Tunjungan Center.

Ada pula sebuah Hotel Majapahit yang akan menjadi saksi dari sejarah peristiwa 10 November 1945. Di lokasi ini, Anda juga bisa melakukan hunting foto serta menikmati berbagai jenis kuliner yang sudah tersedia.

Dan pada setiap hari Minggu, di tempat ini juga rutin diadakan event Car Free Day, sehingga semua orang tidak bisa menggunakan kendaraan ke lokasi ini.

15. Hutan Bambu

Suasana Hutan Bambu yang sangat sejuk dan juga pemandangan yang begitu indah menjadikan lokasi ini sebagai incaran dari para penikmat selfie. Ada begitu banyak spot cantik yang dapat Anda manfaatkan dengan sebagai latar belakang selfie yaitu pepohonan bambu hijau dan rindang.

hutam-bambu-surabaya

Tempat Wisata di Surabaya hutam-bambu sumber: thepinsta.com

Namun, ketika berkunjung ke lokasi ini, perhatikan untuk jangan merokok, supaya keindahan alami ini tidak akan rusak. Selain dari itu, pohon bambu merupakan pohon yang begitu mudah terbakar. Dikhawatirkan jika puntung rokok Anda bisa menjadi penyebab timbulnya api dan terjadi kebakaran.

Hutan Bambu ini terletak di Jalan Raya Marina Asri yakni Keputih Sukolilo dan bisa Anda kunjungi pada setiap harinya mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

Video Tempat Wisata di Surabaya

Sekian deretan tempat wisata di Surabaya, semoga bisa menjadi refrensi dan rekomendasi yang cocok bagi Anda dan keluarga Anda ketika ingin ber-rekreasi ke ibukota provinsi jawa timur ini.

Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply