Tempat Wisata di Sukabumi

Tempat wisata di Sukabumi sangat banyak sekali. Sukabumi merupakan salah satu kota destinasi wisata di Jawa Barat yang semakin hari semakin ramai pengunjung. Kota Sukabumi dapat ditempuh sekitar 4  – 5 jam dari Ibukota Jakarta menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Sukabumi khusus untuk menyaksikan keindahan Pantainya yang paling terkenal yaitu Pantai Pelabuhan Ratu.

Namun, Selain Pantai Pelabuhan Ratu, sebetulnya masih ada banyak sekali pantai yang tak kalah indahnya di Sukabumi. Beberapa pantai memang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan karena letaknya yang sedikit tersembunyi. Oleh karena itu kami akan merangkum daftar destinasi wisata pantai yang tersembunyi berserta pilihan wisata lainya di Sukabumu khusus untuk Anda.

Tempat Wisata di Sukabumi

wisata-sukabumi

sumber: catatanmini.com

1. Pantai Amandaratu

Pantai Amandaratu sengaja dinamakan sesuai dengan nama vila di pantai ini berada, yaitu Amandaratu Resort. Pantai ini berlokasi di Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar. Untuk dapat kesini Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedianya sarana angkutan umum yang memadai.

tirtamaya-beach-Indramayu

wisata sukabumi Pantai Amandaratu | sumber: facstofindonesia.com

Pantai Amandaratu hampir mirip Tanah Lot di Bali karena keberadaan sebuah pulau kecil di tengah – tengah perairan. Jika Anda ingin menikmati pantai lebih lama lagi, Anda dapat bermalam di Amandaratu Resort. Penginapan ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat cantik berserta fasilitas gazebo untuk bersantai. Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit dari vila ini.

2. Pantai Batu Naga

Penamaan pantai ini berasal dari nama Batu Punggung Naga atau yang lebih dikena denganl Batu Naga. Batu Punggung Naga merupakan batuan berbentuk duri hasil dari sedimentasi batu yang berusia jutaan tahun lamanya di Ciletuh Palabuhanratu Geopark. Kawasan Batu Naga juga kerap dikunjungi oleh wisatawan, peneliti, dan mahasiswa dengan beragam macam tujuan.

Pantai Batu Naga Sukabumi

wisata sukabumi Pantai Batu Naga | sumber: raun2nomaden.com

Selain batu unik dan bersejarah yang mampu menarik banyak orang, Pantai Batu Naga juga dapat menjadi tujuan wisata. Selain bermain air di pinggir pantai dan menikmati pemandangan matahari terbenam yang ciamik, banyak wisatawan mengambil foto lanskap maupun berswafoto di sini.

3. Pantai Cibangban

Jika Anda ingin menikmati waktu liburan dengan di pantai yang sepi, Anda bisa pergi ke Pantai Cibangban. Pantai ini berjarak sekitar 10 km dari Pantai Pelabuhan Ratu, dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Pantai Cibangban Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi Pantai Cibangban | sumber: wisatatempat.com

Pantai Cibangbang mempunyai air laut yang sangat jernih dengan pasir hitam keabu-abuan, serta ombak kecil. Oleh karena itu lah pantai di Sukabumi menjadi aman untuk bermain anak-anak Anda maupun orang dewasa yang berenang. Seusai beraktivitas di pantai, Anda dapat membersihkan diri di toilet yang sudah disiapkan oleh pengelola.

4. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi atau sering juga dikenal dengan nama Pantai Karang Bolong ini terletak di Desa Sukatani. Salah satu pantai unik di Sukabumi ini berada sekitar 30 km jauhnya dari Ujung Kulon. Jika Anda ingin berkunjung, Anda direkomendasikan untuk datang pada pagi hari saat air laut belum pasang.

Pantai-Cilaladi-Indramayu

Tempat Wisata di Sukabumi pantai cicalad | sumber: asliindonesia.net

Pantai Cicaladi ini memiliki bukit rerumputan yang cukup luas, dengan karang bolong, dan tebing yang tinggi. Di pantai ini, wisatawan dilarang berenang dikarenakan ombak yang sangat tinggi hingga mencapai 15 meter diatas permukaan laut. Meski begitu, Anda masih dapat duduk di tepian pantai sambil menikmati pemandangan indah matahari terbenam dan tentunya berfoto sepuasnya.

  Tempat Wisata di Lampung yang Seru Untuk Dikunjungi

5. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi pantai cikembang | sumber: pinsdaddy.com

Pantai yang satu ini letaknya berada di lokasi yang cukup tersembunyi, yaitu di Pasir Biru, Cisolok. Perjalanan menuju ke Pantambang dari Pelabuhan Ratu hanya memerlukan sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi. i CikeAnda nanti akan melewati sebuah perkampungan nelayan Cikembang, yang sekaligus menjadi pintu masuk Pantai Cikembang.

Banyak peselancar pemula berdatangan ke Pantai Cikembang untuk sekedar berlatih karena ombaknya yang cukup bersahabat. Di pantai ini juga suasananya cukup teduh karena dikelilingi banyak oleh pohon rindang. Salah satu keindahan pantai ini adalah adanya gua karang serta air lautnya berwarna biru jernih. Andapun dapat menikmati hidangan seafood dan kelapa muda segar di perkampungan nelayan sekitar.

6. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi pantai cimanja sumber: inovasee.com

Pantai Cimaja merupakan salah satu pantai di Sukabumi yang letaknya tak jauh dari Jakarta. Pantai yang lokasinya berada di Desa Cimaja, Cikakak ini dapat Anda tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi sekitar 3 jam perjalanan. Dan untuk tiket masuk ke Pantai Cimaja ini hanya Rp5.000 per orang.

Pada sepanjang Pantai Cimaja, Anda bisa menjumpai batu kali yang berukuran kecil hingga sedang yang cukup menarik untuk dijadikan spot foto. Selain itu, pantai ini juga sangat cocok untuk berselancar karena ombaknya yang terbilang cukup besar. Selepas berwisata air, Anda dapat menikmati hidangan di warung sekitar serta berbelanja di toko suvenir.

7. Pantai Cipanarikan

Akses ke Pantai Cipanarikan ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja, karena kontur jalanan yang sedikit berlumpur dan berlubang. Jarak tempuh dari Pelabuhan Ratu ke Pantai Cipanarikan ini berkisar 90 km. Karena jarak yang cukup jauh inilah yang menyebabkan pantai ini sepi dari pengunjung. Namun bagi yang bersungguh-sungguh untuk datang ke sini, Anda pasti akan disuguhkan keindahan alam yang sangat luar oleh Pantai Cipanarikan.

Pantai Cipanarikan Sukabumi

sumber: marijelajahindonesiaku.com

Pantai Cipanarikan merupakan tempat bertemunya muara Sungai Cipanarikan dengan air laut. Sungai ini pun membentuk alur membelok sebelum aliran air sungai tersebut memasuki laut, sehingga terbentuk lah sebuah hamparan pasir yang halus dan sangat luas. Di tempat ini, Anda dapat berenang di bibir pantai atau hanya sekadar berjemur dan duduk santai menunggu pemandangan matahari terbenam.

8. Pantai Citepus

Pantai Citepus berlokasi di Jalan Cisolok, Pelabuhan Ratu. Tempatnya sangat strategis berada di tepi jalan raya membuat banyak wisatawan singgah di pantai ini untuk sekedar menikmati panorama indah. Pantai Citepus ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan deburan ombak cukup besar.

Pantai Citepus sukabumi

sumber: damanmaulana.com

Di pantai ini, Anda juga bisa berenang namun tidak diperbolehkan jika terlalu jauh. Selain itu, Anda bisa menyantap makanan lezat di warung-warung sekitaran pantai maupun berbelanja oleh-oleh di toko suvenir. Beberapa fasilitas lain yang disediakan pengelola yaitu musala dan toilet. Bila Anda ingin bermalam, Anda dapat menemukan penginapan murah dengan sangat mudah di kawasan pantai ini.

9. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu menjadi salah satu pantai terindah di Sukabumi yang hanya berjarak sekitar 16 km saja dari Pasar Ikan Pelabuhan Ratu. Tepatnya, pantai ini berlokasi di Jalan Bayan yang menghubungkan antara Sukabumi dan Banten.

Pantai-Karanghawu-Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi pantai karang hawu | sumber: damanmaulana.blogspot.com

Pantai Karang Hawu ini memiliki gundukan batu karang yang menjorok ke laut. Di sebelah kiri pantai dipenuhi juga batu karang berserta bukit yang menjadi lokasi makam seorang penyebar ajaran Islam pada masa lalu, yaitu Raden Cengkal dan Raden Dikudratullah. Di sisi lain pantai ini, Anda dapat memancing, berenang, ataupun hanya duduk santai menikmati pemandangan cantiknya.

  Tempat wisata di Tangerang

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menemukan berbagai fasilitas, seperti tempat makan, penginapan, dan warung.

10. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya terletak di Pasiripis. pada kawasan pantai ini, terdapat sebuah perkampungan nelayan yang dapat Anda dan keluarga kunjungi. Ada banyak sekali hasil laut berupa berbagai jenis ikan dan udang segar yang dapat Anda beli di perkampungan nelayan satu ini. Selain itu, Pantai Minajaya ini merupakan lokasi pencarian lobster dan rumput laut.

Pantai Minajaya Sukabumi

sumber: thepinsta.com

Selain hasil laut yang melimpah, Minajaya juga mempunyai pantai yang unik. Terdapat banyak sekali gundukan batu karang yang juga ditumbuhi rumput laut, sehingga tepi pantai terlihat menjadi kehijauan dari jauh.

Pantai Minajaya cukup ramai di kunjungi pada sore hari karena pesona matahari terbenamnya yang indah membuat siapapun ingin pergi kesana. Selain itu, Anda juga dapat berwisata kuliner dengan berbagai macam ikan bakar lezat dengan harga yang sangat terjangkau.

11. Pantai Ombak Tujuh

Dari pusat kota sukabmi, Anda hanya memerlukan waktu tempuh 2 jam perjalanan menggunakan motor untuk sampai Pantai Ombak Tujuh. Anda juga dapat menggunakan kapal kecil dari Ujung Genteng dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan. Namun Anda membutuhkan pemandu lokal juga untuk mencapai pantai ini karena lokasinya yang cukup tersembunyi.

Pantai Ombak Tujuh Sukabumi

sumber: thepinsta.com

Keunikan Pantai Ombak Tujuh ini yaitu memiliki ombak dengan tujuh gulungan yang datang bersautan menerpa bibir pantai ini. Tinggi ombak tersebut rata – rata bisa mencapai 6 meter. Dengan kondisi ombak yang cukup tinggi, pantai ini menjadi sangat cocok untuk dijadikan spot olahraga selancar. Oleh karenanya, meskipun tersembunyi, pantai ini selalu ramai dikunjungi para atlet peselencar lokal hingga mancanegara.

12. Pantai Ujung Genteng

Daerah Ujung Genteng mempunyai banyak tempat pilihan wisata bahari, mulai dari curug atau air terjun kecil, air terjun besar, hingga pantai. Pantai Ujung Genteng pun menjadi salah satu pantai yang cukup terkenal di Sukabumi, walaupun belum banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Ujung Genteng Sukabumi

sumber: pinsdaddy.com

Ada beberapa pilihan jalur menuju Pantai Ujung Genteng jika Anda berada dari Jakarta, Bandung maupun Banten. Setelah Anda tiba di Sukabumi, Anda bisa langsug menuju Surade. Dari Surade Anda hanya membutuhkan waktu 45 menit perjalanan untuk sampai ke Ujung Genteng.

Pantai Ujung Genteng memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih. Di tempat ini, Anda dapat melihat ikan-ikan, bintang laut, kepiting kecil, hingga rumput laut yang tersebar luar di banyak batu karang. Bagi Anda yang ingin berenang, Anda sangat disarankan untuk tetap berhati-hati karena ombak yang berada di Pantai Ujung Genteng ini terbilang besar.

Namun, bagi Anda yang ingin sekadar menikmati panorama pantai yang indah, Anda juga dapat melihat mercusuar dan puing-puing bekas dermaga sisa peninggalan bersejarah pada zaman Belanda. Fasilitasnya juga terbilang cukup lengkap terdapat musala, tempat makan, area parkir,  dan penginapan yang murah.

13. Santasea Waterpark

Tak hanya wisata pantainya saja yang begitu cantik, Sukabumi pun memiliki berbagai destinasi wisata lainnya, salah satunya yaitu Wisata Santasea Waterpark yang baru diresmikan pada April 2016 ini. Santasea Waterpark memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan tentu menghibur. Tempat ini cocok banget bagi Anda yang akan berliburan bersama keluarga.

Santasea Waterpark Sukabumi

sumber: tourmurahbandung.id

Destinasi wisata yang berlokasi di Jl. Pramuka, Gedongpanjang, Citamiang ini memiliki beberapa pilihan wahana yang tersedia, antara lain seperti kolam air hangat, kolam arus, kolam ombak, kolam standar kejuaraan,  sluncuran dengan tinggi 30m untuk anak-anak, hingga juga tersedia sebuah kebun binatang mini. Pedestarian yang sangat bersih serta taman yang luas menjadi nilai lebih tempat wisata ini. Untuk biaya masuknya Anda harus membayar sebesar Rp. 60.000/orang.

  17 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

14. Selabintana

Selabintana Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi Selabintana | sumber: flickr.com

Destinasi wisata ini sangat cocok Anda pilih apabila sedang berada di Sukabumi dan ingin bersantai melepas penat. Taman rekreasi yang dibangun sejak abad ke-19 mempunyai bentangan rumput hijau yang indah berserta kolam renang. membawa bekal makan siang dan menggelar tikar di hamparan rumput dan pepohonan rimbun mungkin menjadi aktifitas yang menarik.

Destinasi ini berlokasi di Jl. Selabintana, Sundajaya Girang, Sukabumi. Dengan tariff masuknya hanya sebesar Rp. 5.000/orang.

15. Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik Sukabumi

sumber: outbondbandung.id

Tertarik untuk memuaskan adrenalin? Anda dapat mencoba berarung jeram di sungai Citarik yang termasuk pada kategori grade 4. Ada beragam varian jarak yang dapat Anda pilih di Sungai Citarik, yaitu 5 km, 9 km, hingga 12 km. Masing-masing jarak tersebut memiliki tingkat kesulitan dan durasi yang berbeda. Sungai Citarik juga menyediakan beberapa pilihan paket, seperti paint ball dan flying fox.

Destinasi wisata ini berlokasi di Jl. Raya Pelabuhan Ratu KM. 27, Cikiray, Cikidang.

16. Pondok Halimun

Kembali kea lam, tempat Inilah yang mungkin sangat tepat bagi Anda pencinta aktivitas outdoor namun sedang malas untuk mendaki gunung tinggi. Destinasi wisata Pondok Halimun yang berlokasi di Jl. Selabintana, Sundajaya Girang, Sukabumi ini memiliki camping ground yang sangat luas, berlokasi di ketinggian 1000 m diatas permukaan laut. Tidak jauh dari area berkemah, terdapat aliran sungai Cipelang yang masih sangat bersih dan menyegarkan.

Pondok Halimun Sukabumi

Tempat Wisata di Sukabumi pondok halimun | sumber: huebinger.org

Dari kejauhan, pemandangan Gunung Gede-Pangrango juga dapat terlihat jelas, bahkan Anda dapat sekaligus trekking ke Curug Cibeureum yang cukup legendaris. Biaya masuknya berkisar Rp. 5.000 untuk pejalan kaki, Rp. 8.000 bagi yang bermotor, dan Rp. 20.000 untuk kendaraan mobil. Untuk Biaya Masuk Curug Cibeureum sebesar Rp. 5.000/orang. Sedangkan Retribusi berkema sebesar Rp. 27.500/malam.

17. Museum Pegadaian

Tempat yang satu ini memiliki sejarah yang kuat di terkaitan kegiatan pegadaian di Indonesia, dan itu semua terangkum di Museum Pegadaian ini. Mulai dari brankas yang pertama kali digunakan Belanda sesaat pertama pegadaian lahir di Indonesia. Mesin tik, bahkan sepeda ontel juga ditampilkan dan cukup menyita perhatian wisatawan.

Namun sayangnya, karena tidak dipungut biaya retribusi, kondisi museum pun sedikit terlihat kurang terawat. Banyak sekali debu yang menyelimuti koleksi. Meskipun demikian, destinasi wisata di Sukabumi satu ini cukup menarik untuk menjadi daftar destinasi Anda selanjutnya.

Museum ini berlokasi di Jl. Pelabuhan II, Dayeuhluhur, dan hanya 10 menit dari SantaSea Waterpark. Untuk waktu operasionalnya dibuka pada jam 8 pagi hinnga 3 sore.

18. Gua Laut Sodong Barat

Objek wisata ciamik selanjutnya adalah Gua Laut Sodong. Gua ini berlokasi di semenanjung Pantai Cikepuh, Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas. Gua Laut Sodong Parat adalah salah satu gua yang dapat membuat nyali Anda teruji. Memang gua ini hanya sepanjang 7 m dan ketinggiannya yang berkisar 2 m, namun air lautlah yang akan menjadi obstacle yang menantang untuk dilalui. ketika laut pasang, Anda bisa melaluinya dengan menggunakan Kano, dan ketika surut, Anda dapat telusuri gua tersebut dengan berjalan kaki.

Demikianlah sederet daftar destinasi wisata menarik untuk Anda datangi ketika Anda berada di Sukabumi. Selamat berlibur.

Video Wisata Sukabumi

Latest posts by ika umihayati (see all)

Leave a Reply