Tempat Wisata di Subang

Tempat wisata di Subang ini wajib anda kunjungo. Subang merupakan sebuah kota kecil di Tatar pasundan. Kota kecil ini berbatasan dengan kabupaten Indramayu disebelah timurnya. Dan di sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Karawang dan Purwakarta. Diselatannya berbatasan dengan kabupaten Bandung barat dan di utaranya berbatasan langsung dengan laut jawa.

Di dalam dunia wisata, Subang memang tidak terlalu terkenal dengan objek wisatanya. Walaupun tidak terlau terkenal objek wisatanya, Subang juga memiliki beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat diantaranya adalah sebagai berikut:

Tempat Wisata di Subang

1Pemandian Air Panas Ciater

Tempat wisata di Subang ini dapat dibilang merupakan  tempat yang paling cocok untuk melepas stres. Coba saja bayangkan nyamannya ketika berendam di hangatnya air kolam usai bekerja dengan rutinitas yang melelahkan. Tidak mengherankan bila pemandian air panas Ciater  menjadi salah satu primadona objek wisata di Subang.

pemandian-air-panas-ciater-subang

sumber: menerjemahkan.com

Berlokasi tidakk jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, air panas yang mengalir juga seringa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk mengairi sawah mereka. Di pemandian ini, Anda tidak cuma dapat merasakan kehangatan air yang akan membuat tubuh rileks, namun juga mendapatkan khasiat kesehatan dari air tersebut.

Itu karena air yang mengalir dari kawah Gunung Tangkuban Perahu ini mempunyai kandungan belerang, magnesium, kalsium, klorida, thermo,sulfat, serta mineral yang cukup tinggi. Dengan kombinasi kandungan tersebut, banyak yang percaya air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, rematik, serta gangguan tulang dan saraf.

Setelah selesai berendam, anda mungkin ingin melakukan aktivitas lain di tempat wisata di Subang ini. Di sini juga ada berbagai kegiatan luar ruangan yang patut untuk dicoba, seperti berperahu, berkuda, atau mengendarai gokar.

2. Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Bila Anda berkesempatan mengunjungi pemandian air panas Ciater, tidak ada salahnya untuk mampir juga ke kawah Gunung Tangkuban Perahu. Lokasinya yang berdekatan dapat  menghemat waktu perjalanan serta lebih efisien. Kawah salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat ini mempunyai panorama sangat indah.

Tangkuban-Perahu-Subang

sumber: keypoo.com

Salah satunya Kawah Ratu. Dapat dikatakaan, kawah yang satu ini merupakan yang paling populer di kawasan wisata ini. Ukurannya yang sangat luas membuat Kawah Ratu menjadi objek wisata utama di Gunung Tangkuban Perahu. Daerah ini juga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai sambil meminum secangkir kopi, atau hanya sekedar menikmati suasana khas pegunungan yang damai.

Selain itu, ada juga Kawah Upas yang letaknya sedikit di atas Kawah Ratu. Namun, pengunjung cuma dapat menikmati pemandangan kawah dari jauh dikarenakan jalan menuju ke sana ditutup oleh pengelola setempat. Alasannya karena terdapat gas beracun di sekitar kawah yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Salah satu lagi kawah Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi favorit para wisatawan yaitu Kawah Domas. Kawah ini mempunyai “area kesehatan” berupa kolam belerang. Anda dapat merendam kaki sambil bersantai di kawah ini.

3. Pantai Kalapa Patimban

Pantai Kalapa Patimbang Subang

sumber: sesedu.blogspot.com

Kawasan Jawa Barat tidak hanya mempunyai kawasan pegunungan. Di Subang, Anda dapat menemukan sebuah objek wisata pantai yang masih dilestarikan oleh penduduk lokal yaitu Pantai Kalapa Patimban yang terletak di Dusun Patimban, Pusakanagara, Kabupaten Subang, yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

  contoh aku

Seperti pantai pantai lainnya, pantai disini ini juga ditumbuhi oleh banyak pohon kelapa di tepiannya. Keramahan penduduk lokal menjadi daya tarik utama dalam liburan Anda ke tempat wisata di Subang yang satu ini. Ada juga beberapa kegiatan luar ruangan yang dapat anda lakukan.

Seperti bermain voli pantai, mengendarai speed boat dan lain lain. Anda juga dapat menyewa perahu dari nelayan lokal, dan mereka akan memandu Anda untuk menjelajahi hawa laut yang menenteramkan. Setelah puas bermain, Anda dapat beristirahat di tempat peristirahatan yang telah disediakan sambil mencicipi hidangan laut yang enak.

4. Pantai Cirewang

Pantai ini tersembunyi di balik Kampung Cirewang, Kecamatan Legonkulon, Subang. Bila dibandingkan dengan Pantai Kalapa Patimban, Pantai Cirewang mempunyai suasana yang lebih asri.

Pantai Cirewang

sumber: tripdomestik.com

Saat tiba disana, Anda mungkin dibuat bingung dan mencari dimana letak  pantainya. Usut punya usut, ternyata pengunjung harus berperahu melewati sungai dengan pohon bakau di sisi kiri-kanannya. Perjalanan menyusuri sungai ini memakan waktu selama 15 menit, sebelum akhirnya Anda tiba di muara Teluk Cidaon.

Dari Teluk Cidaon, pengunjung dapat langsung menginjakkan kaki di pasir Pantai Cirewang. Suasana di tempat wisata ini masih terbilang sepi karena lokasinya yang tersembunyi. Tapi, hal itu justru menjadi destinasi favorit para wisatawan yang ingin menyendiri dari hiruk-pikuk keramaian kota.

5. Curug Cibareubeuy

 

Curug-Cibareubeuy-Subang

sumber: festivaljalanjalan.com

Selain wisata pegunungan dan pantai Subang juga mempunyai objek wisata air terjun yaitu Curug Cibareubeuy. Curug Cibareubeuy merupakan salah satu tujuan wisata menarik di Subang.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, lokasi yang lumayan jauh membuat Anda harus menempuh perjalanan yang lumayan melelahkan untuk sampai ke sana.

Lokasinya yang terpencil dengan jalan yang menanjak serta panjang dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam 30 menit dari Desa Cibeusi. Pengunjung dapat memilih di antara dua rute untuk mencapai tempat wisata di Subang tersebut, yakni melalui hutan ataupun melalu sawah.

Bila Anda merupakan penggila olahraga ekstrem serta suka bertualang, jalur hutan rasanya lebih cocok karena mempunyai medan yang curam dan menantang. Jalur melewati persawahan lebih mudah dilalui sebab terdapat berbagai petunjuk arah untuk sampai ke area air terjun.

Curug Cibareubeuy mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. Air yang dingin, pepohonan di sekitar air terjun, dan suasananya yang asri  cocok menjadi obat penawar lelah setelah menempuh perjalanan yang melelahkan.

6. Curug Cina

Bagi Anda yang ingin melihat air terjun bertingkat, tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Subang juga mempunyai Curug Cina yang keindahannya tidak kalah dari air terjun Sungai Dunn di Jamaika. Lokasi air terjun Curug Cina ini terletak di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang.

Curug Cina Subang

sumber: travelnatic.com

Kawasan wisata ini usianya terbilang cukup muda sebab baru dibuka pada tahun 2016 kemarin.Dari kota Bandung, rute menuju tempat wisata Curug Cina relatif mudah, yaitu melalui pemukiman penduduk, serta jaraknya tidak terlalu jauh.

Dari pemukiman, Anda harus melewati area persawahan dan perkebunan dengan jalur jalan yang menurun serta kondisi jalan yang cukup rusak. Setelah menyusuri turunan tersebut, ada sebuah jembatan besar yang harus dilewati. Pengunjung harus melewati jalur treking yang menanjak untuk mencapai lokasi tersebut.

Curug Cina mempunyai kontur bebatuan berundak dengan ketinggian sekitar 30 meter. Uniknya, di sekitar air terjun ini terdapat sebuah kolam air berwarna hijau. Menurut penduduk sekitar, air kolam tersebut memiliki kandungan belerang yang sering dimanfaatkan untuk berendam.

  Tempat Wisata di Jakarta

Anda juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan di tempat wisata di Subang yang satu ini, selain menikmati kesejukan serta panorama alamnya.

8. Curug Bentang

Saat anda mengunjungi Subang, wisata air terjun memang seakan tak ada habisnya. Curug Bentang, air terjun yang sempat terabaikan ini sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Subang yang wajib Anda kunjungi. berlokasi di Desa Sanca, Kecamatan Ciater, air terjun ini berjarak kurang lebih 32 km dari ibu kota Jawa Barat, Bandung.

Curug-Bentang-Subang

sumber: jalanwisata.od

Pesona alam Curug Bentang tidak kalah dengan wisata air terjun lainnya yang ada si Subang. Di sepanjang jalan menuju lokasi, Anda akan melihat hamparan sawah menghijau serta perkebunan teh yang jarang ditemukan di perkotaan.

Sesampainya di Curug Bentang, pengunjung akan disambut  panorama alam yang sangat indah. Air terjunnya bertingkat ini memilik ketinggian masing-masing sekitar 5 meter. Terdapat kolam tampungan air berwarna hijau jernih di setiap tingkatnya yang menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk menuju tingkat yang lebih tinggi aksesnya cukup susah sebab dikelilingi batuan licin serta pepohonan.

9. Curug Ciangin

Curug-Ciangin-Subang

sumber: stpspotsgue.blogspot.com

Curug Ciangin merupakan salah satu primadona wisata air terjun di Subang. Tempat wisata di Subang yang terletak di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Curug Ciangin ini mempunyai panorama alam luar biasa indah dan juga menawarkan kesejukan alami.

Sama seperti kawasan air terjun lainnya di Subang, Curug Ciangin juga berdiri megah di antara pepohonan yang rimbun. Lokasi wisata ini juga berdekatan dengan wisata air panas Ciater,jadi tidak sulit untuk menemukan Curug Ciangin ini.

Angin berembus cukup kencang sehingga membawa butiran-butiran air dari ketinggian membuat suasana menjadi sejuk. Adapun air terjun ini mempunyai dua tingkat dengan ketinggian yang berbeda. dibagian atasnya mempunyai ketinggian sekitar 4 meter, sedangkan dibagian bawahnya mempunyai ketinggian sekitar 3 meter.

9. Curug Kaliangkak

Jika anda ingin berendam di air terjun sebaiknya datang ke Curug Kaliangkak. Lokasi wisata ini belum banyak diketahui orang, dengan begitu Anda yang datang ke curug ini dapat puas berenang di kolam alaminya. Yang lebih menakjubkan lagi, kolam curug ini berwarna biru jernih.

Curug Kaliangkak Subang

Sumber: nulisbentar.blogspot.com

Curug Kaliangkak berlokasi di wilayah Sesa Nagrak, Ciater, Subang. Daya tarik utama di sana ialah lingkungannya yang masih bersih ,alami dan kolam air terjunnya yang berwarna biru.

10. Kebun Teh Ciater

Setelah puas menjelajahi wisata air terjun, sekarang saatnya membawa keluarga anda berlibur ke kebun teh Ciater. Karena berada di sepanjang Jalan Raya Subang-Bandung, tepatnya di lereng Gunung Tangkuban Perahu tidak sulit untuk menemukan lokasi tempat wisata ini.

kebun-teh-ciater-Subang

sumber: tripsavvy.com

Di sini, Anda dapat mengajak si kecil menikmati panorama kebun yang hijau membentang, sambil melakukan kegiatan yang menyenangkan. Pengunjung dapat memetik teh serta berkunjung ke pabrik pengolahan teh. Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu, ada kegiatan tea break di air terjun sekitar, serta tea testing.

Menjelang senja, panorama matahari terbenam dapat  Anda lihat dari atas bukit perkebunan sambil merelaksasi pikiran.

11. Penangkaran Buaya Blanakan

Dinamai Penangkaran Buaya Blanakan sebab tempat wisata di Subang yang satu ini berlokasi di Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kawasan wisata ini dikelola Perum Perhutani Unit III Jawa Barat serta menonjolkan kawanan buaya sebagai daya tariknya.

 Penangkaran Buaya Blanakan Subang

sumber: tempatwisataid.com

Wisatawan yang datang mungkin akan dibuat bingung dengan jalan menuju penangkaran buaya, sebab jalannya terkesan tidak terawat. Tapi, jangan menilai buku dari sampulnya. Di sini, ada kegiatan menarik yang dapat anda lakukan bersama keluarga saat liburan tiba.

  Tempat Wisata di Jogja

terdapat dua buaya raksasa yang menjadi primadona di penangkaran tersebut yang bernama Jack dan Baron. Kedua buaya ini adalah hasil penangkaran pertama di tempat tersebut bersama 5 ekor buaya betina, serta telah berumur lebih dari 30 tahun.

Aksi memberi makan Jack dan Baron menjadi tontonan yang seru bagi wisatawan yang berkunjung, terutama saat melihat gerakan buaya tersebut mengambil umpan. Sebagai buah tangan liburan, jangan lupa untuk berfoto bersama buaya di sana.

12. Sungai Cipunagara

Wisata adventure di Subang dapat dilakukan dengan mengikuti kegiatan rafting di Sungai Cipunagara. Sungai ini dalam proses dikembangkan sebagai lokasi wisata arung jeram di kabupaten Subang. Dengan demikian tidak cuma petualang profesional saja yang dapat mencicipi kegiatan berbahaya ini.

Sungai Cipunagara Subang

sumber: bolabanget.id

Arus sungai Cipunagara tidak terlalu berbahaya, inilah yang membuat para wisatawan pemula cocok untuk bermain arum jeram di sungai ini. Debit sungai ini pun relatif stabil walaupun di musim hujan dikarenakn tidak mempunyai banyak anak sungai yang menyuplai debit air ke sungai induknya.

13. Mata Air Cimincul

Setelah Umbul Ponggok terkenal sebagai tujuan snorkeling di daratan, tempat-tempat serupa di berbagai daerah pun mulai terkenal namanya. Kabupaten Subang sendiri turut menyumbang dua lokasi wisata kolam jernih untuk snorkeling, yang pertama ialah Mata Air Cimincul.

Mata-Air-Cimicul-Subang

sumber: kesiniaja.com

Mata Air Cimincul berlokasi di desa Pasanggrahan, kecamatan Kasomalang, Subang. Untuk sekarang ini Mata Air Cimincul termasuk lokasi wisata yang tersembunyi, tapi status tersebut diyakini tidak akan lama dikarenakan tiap hari banyak wisatawan yang datang ke lokasi baik untuk rekreasi ataupun berburu foto bawah air yang yang sangat indah.

14. Bukit Pamoyanan

Masih disekitar Subang Selatan tepatnya terletak di kecamatan Tanjungsiang. Subang sekarang ini ada tempat yang sendang menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakatnya tentang wisatanya. Nama tempat wisata itu ialah bukit Pamoyanan, sebuah pemandangan bukit yang menakjubkan akan diidapat bila pengunjung pergi kesana.

Bukit Pamoyanan subang

sumber: bacpackerjakarta.com

Syarat untuk menikmati panorama alam bukit Pamoyanan, yaitu pengunjung harus bermalam disana, sebab untuk menikmati pemandangan yang sangat luar biasa dapat dilihat pada pagi hari. bila memang penasaran Anda dapat mempersiapkan perlengkapan camping dari sekarang.

15. Desa Wisata Sari Bunihayu

Desa yang terletak di selatan kota Subang Jawa Barat, dengan ketinggian 500 – 1700  di atas permukaan laut dengan luas sekitar 3 ha menawarkan keindahan alam yang indah serta panorama gunung nya yang cantik. Desa yang berdiri pada tahun 2002 ini memiliki konsep Wisata Alam dan Budaya baik seni dan tradisi.

Karena lokasinya yang strategis, membuat anda yang ingin berlibur sambil menikmati suasana asri pedesaan serta keindahan alamnya mudah menjangkau tempat ini dari bebagai penjuru kota. Ada banyak fasilitas fasilitas yang ditawarkan bila anda berkunjung ke desa wisata sari bunihayu ini, antara lain :

  1. 11 vila dengan harga 300 ribu sampai dengan 1 juta rupiah
  2. Kolam ikan dengan ukuran 10 m x 20 m
  3. Kolam renang dengan ukuran 8 m x 16 m
  4. Terdapat juga rumah makan
  5. Ruang rapat
  6. Musholla
  7. Taman bermain
  8. Taman buah
  9. Tempat penjualan souvenir
  10. Lokasi outbond
  11. 10 kamar mandi
  12. Tempat parkir yang mampu menampung sekitar 40 mobil

Cukup banyak bukan tempat wisata di Subang?  Meskipun tidak terlalu banyak dikenal sebagai kota yang memiliki beragam objek wisata,namun pesona aalam dan keindahan yang ditawarkan tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan objek objek wisata di kota lain dan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluara dan sahabat.

Video Tempat Wisata di Subang

Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply