Tempat Wisata di Mojokerto

Daftar tempat wisata di Mojokerto ternyata cukup banyak. Mojokerto, merupakan sebuah Kabupaten yang letak geografis masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Mojokerto ini pun menyimpan segudang potensi destinasi wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Karena wisata yang berada di Kabupaten Mojokerto tak kalah indah dan juga menawan dibanding wisata-wisata yang ada di tempat lain.

Destinasi wisata yang di tawarkan pun cukup beragam. Mulai dari wisata alam, dan wisata sejarah, sampai wisata budayanya. Sayang bila Anda tidak mengunjungi lokasi menarik di Mojokerto tersebut untuk mengisi momen liburan Anda bersama keluarga Anda.

Berikut beberapa daftar destinasi lokasi wisata di Mojokerto Jawa Timur yang dapat Anda kunjungi untuk berlibur.

Tempat Wisata di Mojokerto

1. Museum Balai Pelestarian Purbakala

Museum Balai Pelestarian Purbakala Mojokerto

sumber: festivaljalanjalan.com

Obyek wisata satu ini turut menawarkan wisata sejarah yang unik untuk di kunjungi. Di lokasi wisata edukasi di Mojokerto tersebut Anda dapat melihat koleksi dan jenis benda bersejarah pada zaman purbakala. Cocok dijadikan sebagai wisata edukasi untuk Anda yang suka belajar tentang sejarah.

Lokasi museum ini terletak di Jl Mojopahit No.141-143 Trowulan Kab Mojokerto Jawa Timur. Lokasi lebih tepatnya ada di wilayah Dusun Kedaton, Ds Sentonorejo, Kec Trowulan. Kab Mojokerto, Jawa Timur. Di lokasi wisata sejarah di Mojokerto ini Anda dapat menjumpai situs dari peninggalan sejarah pada zaman purbakala.

Menurut para ahli yang telah meneliti bangunan tersebut, bangunan ini merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit yang telah dibangun pada abad 13. Selain dari melihat komplek bangunan tersebut, Anda juga dapat menyambangi situs lain yakni berupa sumur yaitu sumur upas. Ada pula sebuah candi yakni candi kedaton yang berada di wilayah Situs Kedaton di dalam Museum Balai Pelestarian ini. Maka dari itu jangan sampai melewatkannya.

2. Pesona Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu Mojokerto

sumber: onokopo.com

Tempat piknik di Mojokerto yang satu ini tidak jauh berbeda dari Museum Bali Pelestarian Purbakala di atas.Serta Lokasinya tidak jauh dari situs wisata museum Balai Pelestarian Purbakala. Karena berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto  Jawa Timur.

Di obyek wisata Candi Bajang di Mojokerto ini anda tidak hanya melihat bangunan candi tua saja. Karena candi ini di kelilingi oleh taman yang indah, hijau dan menyegarkan. Untuk Anda yang suka sekali foto-foto, Lokasi ini menjadi tempat hanting di Mojokerto yang paling tepat untuk Anda. Sebab keindahannya yang begitu instagramable. Jadi jangan terlewatkan ya gaes.

3. Makam Troloyo yang Bersejarah

Makam Troloyo Kediri

sumber: masternubie.com

Obyek wisata satu ini merupakan salah satu obyek wisata sejarah di kota Mojokerto. Bakal sangat di sayangkan bila Anda tidak sempat mengunjunginya ketika berlibur di kawasan Mojokerto Jawa Timur.

Karena keindahan dari obyek wisata makam Troloyo bakal membius semua wisatawan yang sudah  mendatanginya. Letak Makam Troloyo ini berada di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

  Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

Lokasi wisata realigi di Kabupaten Mojokerto satu ini selalu penuh di kunjungi oleh para peziarah dari Mojokerto serta luar daerah.

Jadi bakal di sesalkan bila liburan Anda di Kota Mojokerto tidak mengunjungi destinasi wisata Religi Makam Troloyo di Mojokerto ini.

4. Pesona Candi Brahu yang mempesona

 Candi Brahu Mojokerto

sumber: tintapendidikanindonesia.com

Obyek wisata candi berikutnya adalah Candi Brahu yang terdapat di Desa Bejijong. Obyek wisata bersejarah satu ini merupakan pilihan yang tepat bagi destinasi kunjungan liburan Anda dan keluarga Anda di Mojokerto Jawa Timur.

Karena keunikan bangunan candi ini begitu indah dan mempesona. Apalagi untuk Anda yang sangat suka belajar tentang sejarah serta berfoto ria. Bakal sangat disayangkan bila tidak mengunjungi tempat situs wisata candi yang satu ini.

5. Candi Tikus

Candi Tikus Mojokerto

sumber: idntimes.com

Obyek wisata candi berikutnya yaitu candi tikus, merupakan situs peninggalan sejarah dari jaman dulu ini terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan.

Lokasinya juga tidak jauh dari letak situs wisata Candi Bajang Ratu yang berada di Kecamatan Trowulan. Jadi Anda juga wajib mengunjunginya bila Anda berlibur di kawasan Kota Mojokerto Jawa Timur.

6. Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang Mojokerto

sumber: restituta.me

Obyek wisata candi satu ini masih di dalam kawasan kec Trowulan, jadi Anda dapat sekalian mengunjungi candi satu ini. Bila Anda berkunjung di wilayah Kecamatan Trowulan, situs candi yang berikut ini wajib Anda kunjungi sebab keindahan bangunannya.

Bangunan ini terdiri dari cetakan batu merah yang terlihat masih kokoh berdiri. Candi peninggalan dari zaman Majapahit Empire ini terletak di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto Jawa Timur. Lokasi liburan di Mojokerto tersebut sangat di sayangkan bila liburan wisata Anda tidak berkunjung ke destinasi wisata Candi Wringin tersebut. Jadi jangan Anda lewatkan gaes.

7. Pesona Kolam Segaran

Kolam Segaran Mojokerto

sumber: mytrip123.com

Selain dari obyek wisata bersejarahnya di Mojokerto yang berupa macam situs bangunan candi, di kota ini juga terdapat situs lain yang juga bersejarah yakni berupa kolam. Kolam Segaran tersebut masih terletak di kawasan Kecamatan Trowulan.

Kolam ini merupakan kolam yang dulunya sudah ada dari zaman kerajaan Majapahit di zaman dulu. Luas kolam yang lumayan luas ini dapat Anda gunakan untuk kegiatan seperti memancing dan yang lainnya.

Kolam ini terletak di Desa Segaran serta di nobatkan sebagai sebuah kolam tua terbesar yang terdapat di Indonesia. maka jangan sampai terlewatkan.

9. Patung Budha Tidur dan Mahavihara Majapahit

Patung Budha Tidur Mojokerto

sumber: aktual.co.id

Obyek wisata Mahavihara ini merupakan destinasi wisata sejarah yang wajib Anda kunjungi sebab keunikannya yang bakal sayang jika Anda lewati

Di Tempat peribadatan umat Budha yang ini Anda dapat melihat Patung Budha dengan ukuran cukup besar, di buat pada posisi tertidur.

Patung budha satu ini ada di sisi sebelah Vihara ini, di balut dengan cat berwarna emas yang begitu indah. Patung tersebut juga di nobatkan sebagai sebuah patung budha paling besar ke-3 yang terdapat di Dunia.

Letak tempat wisata realigi di kota Mojokerto ini berada di Desa Bejijong Kec Trowulan Kab Mojokerto. Jadi Anda wajib mengunjunginya.

9. Pendopo Agung di Trowulan Mojokerto

Pendopo Agung Mojokerto

sumber: travelaks.ru

Obyek wisata sejarah satu ini masih di wilayah Kecamatan Trowulan, kota Mojokerto, Jawa Timur. Di pendopo agung ini terdapat situs bangunan candi yang wajib Anda kunjungi.

Letaknya, berada di Desa Temon, Kec Ttrowulan, kab Mojokerto Jawa Timur.

Bakal sangat di sayang kan bila liburan Anda di Mojokerto jika tidak mengunjungi obyek wisata dari situs bersejarah di Pendopo Agung Trowulan satu ini. Maka jangan sampai Anda terlewatkan ya.

  Tempat Wisata di Bogor

10. Tempat Wisata di Mojokerto Museum Trowulan

 Museum Trowulan Mojokerto

sumber: idntimes.com

Untuk Anda yang suka belajar tentang sejarah serta menjadi kolektor dari benda-benda kuno yang uni dan antik, tidak ada salahnya bila Anda mengunjungi museum ini. Letak museum ini tepatnya di Kecamatan Trowulan, yakni di Desa Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Di museum ini menyimpan koleksi benda-benda sejarah dari zaman purbakala yakni peninggalan Majapahit Empire, Kahuripan Empire, Kediri Empire, dan juga Singasari Empire. Jadi akan begitu di sayangkan bila liburan Anda di kota Mojokerto Jawa Timur tanpa singgah atau mengunjungi obyek wisata yang begitu murah di Mojokerto ini.

11. Pesona Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu Mojokerto

sumber: gambarandesain.online

Obyek wisata alam di Mojokerto yang satu ini turut menawarkan pesona alam yang asri dan menarik untuk bisa Anda kunjungi karena keindahannya.

Air terjun ditambah dengan tebing batu yang begitu indah bakal membius wisatawan untuk betah bisa berlama-lama di lokasi ini. tempat air terjun ini letaknya di Kecamatan Pacet, Kab Mojokerto, Jawa Timur. Bagi Anda yang mau merefreshkan pikiran Anda yang di penuh dengan kejenuhan. Wisata air terjun di kabupaten Mojokerto ini merupakan tujuan yang tepat.

Suasana alam yang hijau, sejuk, segar, asri dan pemandangan air terjun yang begitu indah akan dapat menghilangkan rasa stres dikepala. Di sekitaran air terjun ini telah tersedia penginapan. Sehingga Anda dapat berlama-lama berada di area obyek wisata satu ini. Maka dari itu jangan sampai terlewatkan ya.

12. Tempat Wisata di Mojokerto Pemandian Ubalan

Pemandian Ubalan Mojokerto

sumber: toplintas.com

Obyek wisata yang berikutnya, yakni pemandian Ubalan yang masih alami dan asri. Letaknya tidak jauh dari tempat wisata air terjun coban yang berada di Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tempat rekreasi di kabupaten Mojokerto satu ini begitu cocok untuk dijadikan destinasi liburan Anda bersama keluarga.

13. Wisata Air Terjun Dlundung di Mojokerto

Air Terjun Dlundung Mojokerto

sumber: thepinsta.com

Obyek wisata air terjun Dlundung ini berada di Desa Kemloko, Kec Trawas, Kab Mojokerto. Obyek wisata alam satu ini bakal di sayangkan bila Anda melewatkannya bila tidak dikunjungi ketika berwisata di Mojokerto.

Lokasinya yang berada di pegunungan membangun suasana di obyek wisata yang kali ini mempunyai udara yang sejuk serta menyegarkan. Panorama alam serta pesonan indah yang bakal membius Anda untuk dapat berlama-lama berada di kawasan obyek wisata air terjun ini.

14. Obyek Candi Jalatunda

 Obyek Candi Jalatunda Mojokerto

sumber: wisatamu.com

Obyek wisata candi Jalatunda tempat tidak begitu jauh dari lokasi area wisata Air Terjun Dlundung yang berada di Kecamatan Trawas. Candi bersejarah tersebut sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan Anda, apalagi untuk Anda yang sangat suka belajar tentang sejarah.

Sayang sekali jika Anda tidak mengunjungi obyek wisata candi ini ketika berlibur di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Pesona dari Bangunan Candi ini bakal membuat Anda betah dan semakin penasaran akan sejarahnya.

15. Pacet Mini Park di Mojokerto Jawa Timur

Pacet Mini Park Mojokerto

sumber: tabloidwisata.com

Destinasi wisata Pacet Mojokerto Mini Park tersebut merupakan obyek wisata alam buatan. Akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai wisata berlibur Anda bersama keluarga. Area bermain anak di kota Mojokerto ini dilengkapi oleh berbagai macam jenis wahana air.

Tersedia juga taman mini yang rimbun dan hijau yang cocok untuk Anda bersantai. Pacet mini park ini terletak di Jl Warugunung kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Akan disayangkan bila Anda dan keluarga tidak sempat mengunjungi tempat ini ketika berlibur di kota Mojokerto.

16. Joglo Park di Mojokerto Jawa Timur

 Joglo Park Mojokerto

sumber: mytrip123.com

Obyek wisata air satu ini dibilang mempunyai fasilitas  dengan wahana permainan airnya yang sudah baik serta beragam. Obyek wisata Joglo park di kota Mojokerto ini merupakan obyek wisata unggulan yang ada di Jawa Timur. Akan sangat di sayangkan bila liburan Anda di kota Mojokerto tidak sempat mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Obyek wisata yang pas untuk dijadikan destinasi wisata liburan Anda dengan keluarga.

  Daftar Tempat Wisata di Lombok Paling Indah dan Populer

18. Pesona Gunung Penanggungan Mojokerto

Gunung Penanggungan Mojokerto

sumber: bingapis.com

Letak geografis Gunung Penanggungan ini berada di Kecamatan Trawas, Kab Mojokerto. Gunung api  satu ini sudah dinyatakan tidak aktif. Mempunyai ketinggian mencapai 1.653 Mdpl. Anda dapat menikmati pesona alam yang begitu mempesona di atas puncak gunung ini.

Di area gunung ini juga terdapat situs bersejarah dari peninggalan zaman purbakala lain. Seperti sebuah tempat semede atau bertapa, petirtaan serta bangunan candi kuno. Jadi sayang bila Anda melewatkannya.

18. Pesona Air Terjun Grenjengan di Mojokerto

Air Terjun Grenjengan Mojokerto

sumber: rekomendasiwisata.com

Letak air terjun satu ini ada di kawasan hutan pinus, tentunya akan semakin menambah sensasi liburan Anda menjadi luar biasa. Lokasi ini cocok untuk Anda kunjungi dengan teman-teman yang juga suka berpetualang. Pesona dari air terjun Grenjengan ini begitu luar biasa. Airnya yang sangat jernih dan segar bakal memanjakan Anda untuk bisa betah berlama-lama di kawasan obyek wisata air terjun ini.

19. Wisata Pemandian Air Panas Padusan di Mojokerto

Pemandian Air Panas Padusan Mojokerto

sumber: sisidunia.com

Obyek wisata pemandian air terjun ini terletak di Desa Padusan. Sumber air panas pemandian ini yakni dari mata air alami yang berasal dari Gunung Welirang.

Sensasi mandi pada pemandian air panas tersebut dapat Anda gunakan untuk mencoba merelaksasi tubuh Anda setelah letih beraktifitas. Konon khasiat dari air pemandian ini mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit kulit, obyek wisata ini juga sudah terkenal khususnya di Jawa Timur.

20. Situs Reco Lanang di Mojokerto

Situs Reco Lanang Mojokerto

sumber: wisatajawatimur.xyz

Situs peninggalan sejarahsatu  ini terletak di Desa Kemloko, Kec Trawas, Mojokerto. Reco ini merupakan sebuah Patung Budha yang dibuat dari batu. Arca ini di kasih nama reco lanang sebab bentuk budha yang merupakan Arca laki-laki.

Arca ini mirip dengan arca budha yang terdapat di kawasan candi Borobudur di provinsi Jawa Tengah. Tinggi arca tersebut yakni mencapai kurang lebih 5,7 meter. Di sekitaran arca lanang tersebut Anda juga dapat melihat arca wadhon yang bentuknya berupa baru tengkurang. Lokasi ini di percaya dulunya ialah tempat untuk membangun arca di zaman Majapahit Empire.

21. Pesona Api Abadi di Mojokerto Jawa Timur

 Pesona Api Abadi Mojokerto

sumber: nyero.id

Api ajaib ini adalah api yang tidak pernah padam sejak dulu yakni dari zaman purbakala, merupakan sebuah peninggalan dari kerajaan Majapahit Empire. Api ini di manfaatkan untuk membuat senjata oleh para pasukan balatentara Majapahit pada jaman dulu.

Lokasi obyek wisata satu ini berada di Desa Tempuran, kecamatan Soko, Mojokerto Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 3 Km dari kota Mojokerto. Anda dapat menikmati pemandangan api di lokasi ini saat malam hari sebab kobaran apinya yang terlihat begitu jelas.

22. Bukit Jengger

Bukit Jengger Mojokerto

sumber: exploreindo.com

Bukit Jengger sepertinya untuk kalangan traveller nama ini begitu jarang di dengar. Bukit Jengger tersebut tidak sepopuler lokasi wisata lainnya yang berada di Mojokerto disebabkan saat ini tidak begitu banyak traveller yang datang kesana.

Bukit Jengger mempunyai ketinggian 1.050 Mdpl, bakal sangat direkomendasikan untuk camping atau hanya sekadar jalan-jalan sebab disini kita bakal dimanjakan dengan pesona pemandangan alam yang begitu indah dengan sungainya yang sangat menawan. Bukit Jengger ini terletak di Kec Jatirejo Mojokerto.

Itulah daftar tempat wisata di Mojokerto Jawa Timur, mulai dari destinasi wisata alam, edukasi, sejarah dan banyak lainnya, semoga bisa menjadi refrensi yang baik bagi Anda yang ingin berkunjung ke Mojokerto untuk sekedar menikmati dan menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga teman atau pasangan Anda.

Video Wisata Mojokerto

Avatar
Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply