17 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

Medan adalah kota terbesar nomor 3 setelah Jakarta dan Surabaya, selain itu kota Medan juga dikenal sebagai kota multietnis yakni kota dengan keragaman latar belakang suku, agama dan budayanya.

Keragaman budaya dan suku yang ada di Medan kian menarik dengan adanya beberapa objek wisata yang menjadikan Medan adalah Kota yang sangat wajib untuk masuk ke dalam list liburan anda.

Beragam tempat wisata di Medan  dapat dijumpai di Kota ini, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, bahkan terdapat beberapa tempat romantis yang pastinya akan membuat kita merasa fresh setelah beberapa saat beraktivitas.

Tempat wisata di Medan cukup banyak yang terkenal, karenanya tidak mengherankan apabila Kota Medan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Kota Medan yang wajib anda kunjungi saat liburan.

Tempat Wisata di Medan

1. Museum Sumatera Utara

 museum sumatera utara medan

sumber: ttnotes.id

Museum Sumatera Utara terletak di Jalan Haji M. Joni No.51, Teladan Barat, Medan Kota. Ketika memasuki museum ini mata anda akan disambut oleh nuansa etnis berbau Sumatra Utara. Museum Sumatera Utara terdiri dari dua lantai. Terdapat tempat untuk belajar sejarah Indonesia yang terbagi ke dalam beberapa ruangan, mulai dari ruang untuk pameran utama, ruang audio visual, ruang pameran bersifat sementara atau temporer dan lain sebagainya.

Museum Sumatra Utara memiliki banyak sekali koleksi kurang lebih yakni berjumlah sekitar 6799 benda-benda yang disimpan di Museum ini. Beberapa benda tersebut di antaranya adalah arca-arca bersejarah peninggalan zaman Hindu dan Buddha, barang perkakas peninggalan kolonial Belanda, senjata tradisional khas, hingga peralatan komunikasi yang digunakan pada saat penjajahan bangsa Eropa.

2. Istana Maimun

Istana-Maimun-Medan

sumber: Medanhopes.com

Tempat wisata di Medan selanjutnya adalah Istana Maimun, dimana tempat ini dulunya merupakan istana kesultanan Deli. Istana Maimum merupakan salah satu icon wisata kota Medan. Istana ini terletak di Jalan Brigjend Katamso, Kelurahan Sukareja, Kecamatan Medan Maimun.

Pembangunan istana ini dirancang oleh Sultan Mahmud Ali Rasyid dari tahun 1888 sampai dengan 1891. Obyek wisata ini memiliki luas kurang lebih 2.772 meter persegi  dan memiliki 2 lantai yang dipisah menjadi 3 banguanan yakni bangunan induk, sayap kanan dan sayap kiri. Selain sangat cocok untuk belajar sejarah dan berfoto, di Istana Maimun anda juga bisa mencoba memakai pakaian kesultanan yang terdapat di dalam istana.

3. Gedung London Sumatra (Losum)

Gedung London Sumatra (Losum) Medan

sumber: ceritamedan.com

Saat berada di kota Medan anda juga harus mengunjungi Gedung London Sumatera yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 2, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat ,sesuai dengan namanya bangunan ini merupakan peninggalan kolonial bangsa Eropa di Medan.

Gedung London ini merupakan bangunan warna putih yang menjulang tinggi dan sudah ada sejak tahun 1906. Pendirinya adalah perusahaan Inggris terkenal pada masanya yakni Harrisons & Crosfield, sebelum kemudian diambil alih oleh pemerintahan Hindia Belanda.

Salah satu hal yang merupakan fakta cukup menarik mengenai bangunan ini selain memiliki nilai dan sarat akan sejarah, Gedung London merupakan gedung pertama yang menggunakan lift di Medan. Kini, Gedung Losum atau gedung London berfungsi sebagai tempat perkantoran. Sehingga jika tidak ingin menganggu kegiatan kantor dan agar anda lebih leluasa untuk mengeksplor tempat ini ada baiknya anda datang di akhir pekan.

  Tempat Wisata di Surabaya

4. Hillpark Sibolangit

Hillpark-Sibolangit-Medan

sumber : HillparkSibolangit.com

Hillpark Sibolangit juga merupakan salah satu obyek wisata andalan di Kota Medan, yang terletak di  Jalan Let. Jend. Jamin Ginting, Kabupaten Deli Serdang. Dinamakan ‘Hillpark’ karena lokasi taman wisata ini berada di area pegunungan Sibolangit.

Hill park di Sibolangit ini juga  merupakan  theme park terbesar di Pulau Sumatra, Hillpark Sibolangit menyajikan atraksi yang sangat menarik untuk keluarga maupun anak muda. Destinasi tersebut terbagi ke dalam tiga klasifikasi, yakni Lost CityHeritage, dan Toon Town.

Ketika sudah sampai di sini, anda wajib untuk menaiki beberapa wahana seru seperti Ferries Wheel dan Roller Coaster yang pastinya akan menguji adrenalin anda. Selain itu, ada juga sebuah amphiteather berkapasitas 1.200 orang, tempat anda bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan musik dan konser. Hillpark Sibolangit sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi keluarga.

5. Danau Toba

Danau-Toba-Medan

Sumber: medanhoper.com

Berkunjung ke Medan, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Danau Toba terletak pada tujuh kabupaten yeng terletak di Sumatra Utara, yakni Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundatan, Tanah Karo dan Dairi.

Danau Toba memiliki ketinggian di sekitar satu kilometer di atas permukaan laut yang dikelilingi pemandangan deretan gunung berapi. Luas Danau terbesar di Indonesia ini sekitar 1.145 kilometer persegi. Danau Toba merupakan Danau kebanggaan masyarakat Sumatera yang juga wajib anda kunjungi sebagai salah satu objek wisata alam yang sangat menarik untuk memanjakan mata.

6. Danau Siombak

Danau-Siombak-Medan

Sumber : nyero.com

Meskipun tidak sebesar Danau Toba, Danau Siombak ini juga merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Danau ini terletak di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Salah satu yang menyebabkan danau ini memiliki daya tarik adalah air danau yang jernih dan bersih membuat pesona danau ini kian bertambah.

Menurut  penduduk sekitar, danau ini tidak terbentuk secara natural, kemunculannya berasal dari bekas galian tanah yang ada pada tahun 1980-an. Selain  menikmati indahnya pemandangan, para pengunjung juga bisa menyewa perahu kecil untuk sekedar mengitari danau.

Jika sudah lelah berkeliling danau maka pastikan anda untuk tidak melewatkan mencicipi aneka hidangan ikan segar yang di masak dengan cara Melayu. Berbagai olahan ini bisa dengan mudah anda jumpai di sekitar danau.

7. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya Medan

sumber: giant.tours

Vihara Adhi Maitreya merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang terletak di Komplek Perumahan Cemara Asri, Jalan Cemara Boulevard Utara No. 8, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Saat mengunjungi area ini anda mungkin akan sedikit merasa bahwa penampilan Maha Vihara Adhi Maitreya tampak seperti kuil Buddha yang berada di Jepang.

Vihara ini didirikan sejak tahun 1991, Maha Vihara Adhi Maitreya tidak hanya megah namun juga sangat elegan. Nilai-nilai artisitik pada kuil ini diperkuat dengan adanya detail interior khas Asia Timur yang menakjubkan. Selain itu, hiasan-hiasan relief yang tertata rapi di setiap sudut wihara menambah keanggunan yang tidak bisa dilupakan oleh anda.

Saat berkunjung anda akan dimanjakan oleh beberapa atraksi yakni Genta Kebahagiaan seberat tiga ton, patung Buddha, Hakim Bao, dan Dewi Kwan Im. Vihara ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata di dalam Negeri namun serasa berada di luar Negeri.

  Daftar Tempat Wisata di Lombok Paling Indah dan Populer

8. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso Medan

sumber: ttnotes.com

Air Terjun Spiso-piso berjarak sekitar dua jam dari kota yang terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Salah satu yang membuat menarik adalah anda harus berjuang menuruni 1.000 anak tangga untuk mencapainya keindahan air terjun sipiso-piso.

Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi hutan pinus. Air terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter.

9. Pantai Gudang Garam

Pantai-Gudang-Garam-Medan

Sumber: hiking.co.id

Tak hanya tempat-tempat bersejarah saja, di Kota Medan juga terdapat pantai yang amat indah untuk anda kunjungi. Pantai Gudang Garam terletak di Jalan Pantai Gudang Garam, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai.

Berbeda dengan pantai-pantai di daerah lain yang memiliki pasir hitam atau putih, pantai Gudang Garam memiliki warna pasir abu-abu. Pantai yang menghadap Selat Malaka ini cukup diminati oleh warga lokal yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan.

Selain memandang hamparan laut, disini juga menyediakan wahana air seperti banana boat yang disewakan dengan harga yang cukup terjangkau.

10. Taman Mora Indah

Taman Mora Indah Medan

sumber: travellingyuk.com

Taman Mora Indah terletak di  Jalan Sisingamangaraja, Bangun Mulia, Medan Amplas, Medan. Tidak saja menawarkan keseruan bermain air ala waterpark, akan tetapi juga keindahan taman tropis hijau yang dipenuhi dengan taman bunga warna warni dan pohon.

Destinasi wisata ini akan sangat cocok bagi mereka yang membawa keluarga dan anak-anak. Sembari berjalan-jalan menyusuri jalan kecil yang diapit oleh tanaman rindang, Anda bisa menghirup udara segar yang sangat menyejukkan.

Untuk area waterpark, Taman Mora Indah menyediakan beragam wahana air yang sangat seru salah satunya adalah seluncuran air dengan ketinggian sekitar 20 meter yang pasti membuat adrenalin Anda meningkat. Selain waterpark, ada juga kolam renang yang didesain khusus baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

11. Museum Situs Kota Cina

Museum Situs Kota Cina Medan

sumber: ceritamedan.com

Museum situs kota Cina keberadaannya cukup digemari oleh wisatawan meksi tidak seperti museum pada umumnya, destinasi wisata ini tetap mempunyai daya tarik tersendiri. Museum ini terletak di Jalan Kota Cina, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatna Medan Marelan, untuk masuk ke museum ini anda tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis. K

oleksi utama dari Museum Situs Kota Cina ialah artefak yang berasal dari abad ke-12 dan 14 seperti uang kuno, bermacam patung bersejarah, dan keramik. Di museum ini terdapat juga replika palsu dari arca Buddha Amithaba yang terbuat dari batu granit berwarna putih.

Situs Kota Cina juga berfungsi sebagai wisata arkeologi yang memiliki peran penting dalam dunia penelitian. Tempat ini sangatlah cocok untuk menambah ilmu pengetahuan.

12. Kantor Pos Kota Medan

Kantor Pos Kota Medan Sumatera Utara

sumber: travellingyuk.com

Akan sangat menarik apabila Anda menyisipkan Kantor Pos Kota Medan sebagai salah satu tujuan untuk berwisata. Kantor pos kota Medan terletak di
Jalan Pos No.1, Kesawan, Medan Barat. Kantor pos ini bukanlah kantor pos biasa Tempat ini banyak memiliki keterkaitan dengan sejarah Kota Medan.

Kantor pos didirikan pada tahun 1911 dengan desain bangunan yang cukup megah oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda, hingga sampai saat ini bangunan kantor pos masih menunjukkan keindahan arsitekturnya. Ciri-ciri dari bangunan Belanda bersejarah tersebut identik dengan struktur kubah yang berwarna putih serta jendela-jendela besar berbentuk setengah lingkaran.

Menyempatkan diri untuk berswafoto di depan atraksi yang satu ini sangat direkomendasikan ketika menjelajahi Medan. Kantor Pos Medan berlokasi sangat strategis yakni berdekatan dengan atraksi umum Kota Medan yang lain, seperti Merdeka Walk, Hotel Dharma Deli, dan Lapangan Merdeka.

  Tempat Wisata di Subang

13. Desa Lingga

Desa Lingga Medan

sumber: sinabungjaya.com

Bagi Anda yang ingin melihat langsung bagaimana kehidupan masyarakat di Sumatera, Anda bisa mengunjungi Desa Lingga yang terletak di Kecamatan Simpang Empat, sekitar 15 kilometer dari Brastagi. Terdapat museum dengan beragam koleksi Kerjaan Karo yang pastinya akan menambah wawasan anda.

Selain itu, terdapat rumah bersejarah yang usianya mencapai 250 tahun. Salah satu tempat terbaik untuk melihat tradisi zaman nenek moyang khas Sumatera Utara.

14. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur Medan

sumber: commons.wikimedia.org

Vihara Gunung Timur yang merupakan tempat ibadah warga Tionghoa Medan yang bisa menjadi pilihan untuk berwisata di Kota Medan. Lokasinya juga sangat strategis, berada di Jalan Hang Tuah nomor 16, Medan.  Vihara ini telah ada di Kota Medan sejak tahun 1960-an dengan luas mencapai 5.000 meter persegi.

Vihara Gunung Timur ini dipercaya memiliki fengshui yang bagus dan sengaja dibuat menghadap ke arah Sungai Babura. Penentuan tersebut dipercaya bisa membawa bangunan ini mampu menghadirkan kemakmuran. Para wisatawan dapat datang ke tempat ini secara gratis. Namun, perlu untuk diperhatikan kedatangan Anda tersebut tidak mengganggu pengunjung vihara yang tengah beribadah.

15. Balai Kota Lama

Balai-Kota-Lama-Medan

Sumber: daftar.co

Bagi Anda yang suka menyaksikan bangunan tua dengan desain yang klasik, Gedung Balai Kota Lama Medan bisa menjadi destinasi wisata Anda. Gedung ini memiliki desain arsitektur Eropa klasik yang dibangun pada tahun 1908. Bangunan berwarna putih ini menjadi saksi sejarah panjang Kota Medan. Pada zaman penjajahan Belanda, gedung ini digunakan sebagai tempat pertemuan para pejabat tinggi. Saat ini, Gedung Balai Kota Lama telah menjadi destinasi wisata menarik bagi para pelancong. Gedung ini tercatat sebagai bagian dari kompleks Grand Aston City Hall Medan. Para pelancong pun dapat berkunjung ke sini tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis.

16. Arung Jeram Sungai Bingei

Arung Jeram Sungai Bingei Medan

sumber: idntimes.com

Bagi anda yang suka menguji adrenalin, tempat wisata yang satu ini akan sangat cocok. Obyek wisata arung jeram sungai Bingei terletak sekitar 20 kilometer dari kota Binjai. Kegiatan rafting di tempat ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Anda tidak perlu merasa khawatir karena standar keamanan yang digunakan sangatlah baik dan pemandu yang dihadirkan juga sudah profesional. Perjalanan menyusuri sungai yang memakan waktu selama dua jam dan mata Anda akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan berupa sungai jernih penuh dengan bebatuan, serta pepohonan hijau di samping kanan-kiri sungai.

17. Taman Alam Lumbini

Taman-Alam-Lumbini-Medan

Sumber: Aviigo.com

Bagi Anda yang ingin jalan-jalan dan merasa seperti di luar Negeri, destinasi ini mungkin akan sangat cocok bagi Anda. Di kota Medan terdapat Taman Alam Lumbini yang terletak di  Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo. Tepatnya  Untuk masuk ke taman ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk, artinya gratis. Ketika sampai di sini, Anda akan disambut kuil Buddha yang mirip dengan Pagoda Swhedagon di Myanmar.

Pagoda bercat emas tersebut dihiasi beberapa elemen pendukung seperti berbagai patung Buddha dan relief berseni tinggi. Tempat ini akan sangat cocok untuk berfoto, dan tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke luar Negeri.

Video Medan Rumah Kita

Itulah tadi 17 referansi tempat wisata menarik di Medan Sumatera Utara yang seru dan  wajib untuk anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat. Selamat Berlibur.

Leave a Reply