Tempat Wisata di Lampung yang Seru Untuk Dikunjungi

Tempat wisata di Lampung ternyata cukup banyak. Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. Provinsi ini memilki 2 Kota dan 15 Kabupaten. Kota yang dimaksud adalah Kota Bandar Lampung dan Kota Metro.

Tahun 2009 Pemerintah Provinsi Lampung mencanangkan tahun kunjungan wisata. Jenis wisata yang dapat dikunjungi di Lampung adalah Wisata Budaya di beberapa kampung tua di Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat, serta Festival Sekura yang diadakan dalam seminggu setelah Idul Fitri di Lampung Barat.

Festival Krakatau di Bandar Lampung, Festival Teluk Stabas di Pesisir Barat, Festival Teluk Semaka di Tanggamus, dan Festival Way Kambas di Lampung Timur. Selain festival tersebut, Lampung juga memiliki tempat wisata yang dapat menjadi tujuan melancong para traveler, diantaranya.

Tempat Wisata di Lampung

1. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan Lampung

sumber: spekology.com

Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Bumi Sari Natar , Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dengan potensi wisata bahari, dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan.

Di perairan terbuka Teluk Kiluan dengan menggunakan perahu nelayan, Anda akan bisa melihat lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris) berkejaran, yang mengejutkan dengan lompatannya. Atau jika beruntung, Anda bisa mengelus punggung mereka dari pinggir perahu. Tak menemukan lumba-lumba yang berkejaran?

Tak usah kecewa, Anda masih akan tetap terhibur dengan suasana alam dan pemandangan perairan yang luar biasa keren. Ada laguna air asin, atau mungkin Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan memancing. Karena setiap tahun diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal di seluruh Indonesia.

2. Wisata Lampung Taman Nasioanl Way Kambas

Taman Nasioanl Way Kambas Lampung

sumber: xplorea.com

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah (Pusat Latihan Gajah) juga bisa ditemui di Minas, Riau.

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya. Taman ini tak hanya menjadi taman konservasi gajah, tapi juga menjadi tempat pelatihan dan perlindungan gajah sumatera. Anda pun bisa melihat pelatihan seperti apa yang dijalani para gajah di sini.

Taman nasiona ini juga menawarkan kesempatan untuk bercengkerama langsung dengan para gajah. Anda bisa memberi makan, atau bahkan ikut memandikan gajah. Para pemandu juga tak keberatan membagi pengetahuan mengenai gajah dan perkembangannya. Berwisata sekaligus belajar.

3. Pantai Dewi Mandapa

 Pantai Dewi Mandapa Lampung

sumber: jejakpiknik.com

Pantai Dewi Mandapa saat ini menjadi salah satu wisata yang instagramable di Indonesia. Tempat ini berlokasi di Kecamatan Padang Cermin, Pesawaran, Lampung. Ketika berada diPantai Dewi Mandapaini, anda dapat merasakan empat kenikmatan sekaligus.

Dermaga kayu, langit yang cerah, pohon mangrove, dan Pantai yang membuat anda betah berlama-lama di sini. Pantai ini memang sengaja dibuka khusus untuk spot foto. Ada dua lokasi utama, yakni Dermaga Cinta dan Dermaga Asmara yang agak menjorok dari bibir pantai.

Dari dermaga ini, wisawatan bisa melihat bukit yang berada di sekitarnya. Selain itu, ada juga Teluk Lampung di kawasan Padang Cermin, Pesawaran. Kemudian Dermaga Asmara yang berada di sebelah kanan dari persimpangan titian utama.

Dermaga ini agak berkonsep ekowisata mangrove, karena berada di tengah-tengah hutan mangrove yang rimbun. Dermaga Asmara rencananya akan diperluas lagi, namun tetap dengan tidak merusak hutan mangrove yang ada di lokasi tersebut.

  Tempat Wisata di Bogor

4. Wisata Lampung Curup Gangsa

Curup Gangsa Lampung

sumber: malahayati.ac.id

Curup Gangsa di Way Kanan adalah salah satu dari secuil potongan surga yang terletak di Lampung. Menara air setinggi kurang lebih 70 meter dengan lebar 20 meter, ditambah sejumlah air terjun kecil akan memanjakan mata serta merefresh otak Anda.

Lebar sungai Gangsa ini kurang lebih 20 meter. Banyak sekali batu-batu besar yang bertebaran di sepanjang sungai. Pemdangan air terjun secara keseluruhan tampak jelas dari sungai ini. Letaknya yang berada di daerah perbukitan sangat cocok untuk wisata adventure, memancing, berrenang ataupun aktivitas air lainnya.

5. Air Terjun Ciupang

Adalah dinding batu yang menjadi landasan dari cucuran air dari atas tebing yang menjadi alasan kecantikan air terjun ini. Air Terjun Ciupang atau Curup Ciupang sendiri terletak di Dusun Purwajaya, Pekon Sumberjaya, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Air Terjun Ciupang merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten Pesawaran. Batu-batuan di air terjun ini memiliki tatakan yang bisa digunakan pengunjung untuk memanjat dan berfoto-foto di atas batu-batu ini, dan hasilnya pun benar-benar keren.

6. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu Lampung

sumber: wisatakita.com

Air terjun Putri Malu merupakan air terjun yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan sejuk, dengan keindahan yang dimilikinya, tidak heran jika banyak yang menyebut air terjun ini sebagai surga tersembunyi di Lampung.

Berbicara soal pemandangan alamnya, Air Terjun Putri Malu berada di tengah pegunungan hutan tropis. Anda akan menyaksikan pepohonan yang menjulang tinggi, tebing batu yang menarik dan merasakan hawa pegunungan yang sejuk. Sementara cucuran airnya juga menarik.

Air Terjun Putri malu memilki ketinggian ± 80 m. Air terjun ini jatuh ke bawah melengkung lembayung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi, hal inilah yang mendasari curup ini dinamakan “Putri Malu”

7. Bukit BLT

Bukit BLT Lampung

sumber: wisatajalanjalan.com

Kawasan perbukitan di Kabupaten Pringsewu memiliki pemandangan yang seru. Dan untuk bisa menikmati semaksimal mungkin panorama alam itu, berkunjung ke Bukit BLT menjadi kewajiban. Butuh 45 menit perjalanan dari Bandar Lampung untuk sampai ke Bukit BLT.

Dengan sedikit tracking, Anda sudah tiba di spot yang pas untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan itu. Jika ingin berkunjung suasana yang pas adalah pada pagi hari atau pada sore hari. Pagi hari kita akan mendapatkan view berkabut seperti sedang di atas gunung, dan pada sore hari view nya sangat keren karena kita disuguhi keindahan Golden sunset yang menajubkan.

8. Bukit Pangonan

Bukit Pangonan Lampung

sumber: yopiefranz.com

Bukit Pangonan Pringsewu terletak di Desa Pajaresuk, Pringsewu, Lampung. Lokasinya bersebelahan dengan Talang Air Pringsewu. Untuk masuk ke Bukit Pangonan Pringsewu ini, kita harus melewati Talang Air 1 dulu di Pajaresuk. Di Fajaresuk ini sendiri, memang ada 4 talang air, dan yang paling terkenal adalah Talang Air 1 ini.

Dari atas bukit, Anda dapat menyaksikan aliran sungai, persawahan dan sejumlah lokasi perumahan warga yang sungguh nikmat dipandang. Bagi Anda pecinta selfie, sungguh sayang jika Anda melewakan moment ini tanpa berfoto.

Bagi Anda yang yang ingin berliburan dan pemandangan yang indah sambil berselfie ria, maka Bukit BLT di Pringsewu ini bisa jadi pilihan. Sambil menikmati pemandangan, Anda juga bisa berolahraga. Selain murah, lokasinya juga mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua.

9. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Taman Batu Granit Tanjung Bintang Lampung

sumber: bingapis.com

Batu besar yang ikonik di atas bukit berdiri gagah diantara hijaunya hamparan kebun karet. Pemandangan ini akan di dapat ketika berkunjung ke lokasi bernama Taman Batu Granit Tanjung Bintang Lampung Selatan. Spot ini banyak jadi buruan kaula muda karena lokasinya sangat instagramable.

Di lokasi ini pengunjung bisa menyaksikan hamparan batu-batu granit yang tersusun rapi. Istimewanya, susunan batu granit yang ada di sini terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia sedikitpun. Spot cantik ini terletak di kawasan Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

  Tempat Wisata di Surabaya

10. Wisata Lampung Pantai Gigi

Pantai Gigi Lampung

sumber: steeemit.com

Pantai ini menawarkan panorama berbeda dengan pantai pada umumnya. Gugusan batu karang berbentuk lancip yang tertata alami di dekat bibir pantai yang sering kali diempas ombak jadi pemandangan tak biasa dan sangat fotogenik!

Kalau sudah melihat dijamin terpana. Paling pas datang menjelang sunrise ataupun sunset karena jatuhnya mentari yang menyirami deretan karang itu membuat semuanya terlihat ciamik untuk dipotret. Belum lagi warna-warni langit yang menjadi latar.

Nggak heran tempat ini kini jadi buah bibir dan jadi buruan baru penggemar fotografi. Di luar urusan jeprat-jepret, pantai ini juga asyik kok buat berpelesir menikmati kesunyian.

11. Laguna Dodo

Laguna Dodo Lampung

Tempat wisata di lampung | laguna dodo | sumber: jarangpanas.com

Obyek Wisata Laguna Dodo di Lampung adalah salah satu tempat wisata yang berada di Kiluan Negeri, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung,Indonesia. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Obyek Wisata Laguna Dodo di Lampung ini sangat cocok sekali bagi wisatawan yang suka dengan tantangan maupun bagi para pecinta alam, karena untuk menuju Obyek Wisata Laguna Dodo di Lampung ini di butuhkan perjuangan yang keras, namun akan terbayar setelah melihat keindahan Obyek Wisata Laguna Dodo di Lampung ini.

12. Wisata Lampung Danau Ranau

Danau Ranau Lampung

sumber: didisumeks.blogspot.com

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatera setelah Danau Toba, dengan luas sekitar 125,9 km. Berlokasi di perbatasan kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (Oku) Selatan, ternyata danau ini juga dikelilingi perbukitan dan lembah.

Danau ini terbentuk dari proses tektonik dan vulkanik, atau gempa besar dan letusan gunung berapi purba sekitar 55 ribu tahun yang lalu. Sehingga Danau Ranau disebut sebagai danau tekto-vulkanik. Letusannya membuat cekungan besar, sehingga memunculkan danau.

Menurut hasil penelitian, Danau Ranau memiliki kedalaman rata-rata 174 meter. Serta dasar danau paling dalam mencapai 229 meter. Kedalamannya berkisar tiga hingga 95 meter dengan suhu antara 10 sampai 25 derajat celcius. Air yang tenang dan berlatar Gunung Seminung, menjadikan danau ini destinasi wisata yang sangat indah dan tidak kalah cantik dengan Danau Toba di Sumatera Utara.

13. Mata Air Way Sumpuk

Mata Air Way Sumpuk Lampung

Tempat wisata di lampung | way setumpuk | sumber: ngadem.com

Mata air way sumpuk adalah mata air yang sangat bersih dan jernih sehingga membuat wisatawan sangat senang untuk mengabadikan moment berfotonya di bawah air. Lokasi dari mata air way sumpuk terletak di desa Umbul Buah Kecamatan Kota Agung, kabupaten tanggamus provinsi Lampung.

Fasilitas yang disediakan di mata air way sumpuk belum begitu memadai, karena belum ada pengelola dari warga sekitar. mata air way sumpuk memang sudah mulai di kenal oleh para pencinta foto under water pada akhir 2016 lalu.

Mata air way sumpuk adalah mata air yang sangat bersih dan jernih sehingga membuat wisatawan sangat senang untuk mengabadikan moment berfotonya di bawah air. Mata air ini menjadi alternatif bagi traveler merasakan pengalaman underwater photography, dalam berbagai gaya dan pose.

14. Wisata Lampung Danau Lematang

Danau Lematang Lampung

Tempat wisata di lampung | danau lematang | sumber: indonesia-tourism.com

Namanya Danau Lematang, atau lebih dikenal sebagai Danau Besi, terletak di Desa Lematang, Kec. Tanjung Bintang – Lampung Selatan, hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Sesuai namanya, danau ini berada di tengah pertambangan bijih besi.

Sebenarnya, Danau Lematang bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan Provinsi Lampung. Tak hanya indah, lokasinya juga mudah dijangkau. Namun, keindahan Danau Lematang tak bisa dinikmati publik karena wilayah tersebut masuk ke dalam areal pertambangan bijih besi milik perusahaan swasta.

Kabar terakhir, menurut penjaga tambang, masyarakat kini tak boleh lagi mendekat ke danau, selain karena areal ini milik privat, juga dapat membahayakan pengunjung karena labilnya kontur tanah dan banyaknya alat berat yang beroperasi.

  Tempat Wisata di Bali

15. Wisata Lampung Kawah Keramikan Suoh

 Kawah Keramikan Suoh Lampung

sumber: travelingyuk.com

Wisata Keramikan Suoh ini mulai dibuka sekitar tahun 2004 dan mulai dikenal tahun 2006, letaknya berada di kaki Bukit Gunung Ratu, tepatnya berdekatan dengan Danau Minyak dan Danau Asam. Wisata keramikan yang berada dalam kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) ini, juga sangat ramai dikunjungi.

Selain karena pemandangannya yang indah dan juga unik serta berbeda dengan objek wisata lainnya sehingga memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Objek wisata Keramikan Suoh ini adalah berupa lahar yang mengeras, sehingga membentuk seperti semen yang berdekatan dengan sumber air panas dari bumi.

Keramikan Suoh merupakan dataran yang berasal cairan dan pasir sulfur dari sumber panas Suoh yang sudah mengendap bertahun-tahun lamanya. Warnanya yang putih kekuningan dan agak transparan membuatnya dijuluki Keramikan (keramik).

Ketebalannya bervariasi, ada yang puluhan meter tapi ada yang tipis hanya seberapa sentimeter saja. Kendati pernah terkenal karena termasuk salah satu wilayah relatif terisolir di Lampung. Suoh sempat mencuat saat kejadian gempa bumi melanda Lampung Barat pada 15 Februari 1994 yang mengakibatkan kerusakan parah di Liwa, Kabupaten Lampung Barat dan sekitarnya.

16. Wisata Lampung Gunung Krakatau

Gunung Krakatau Lampung

sumber: muncak.id

Gunung Krakatau sudah tidak asing lagi di dengan untuk para pecinta traveling baik dalam maupun luar negeri. Kawasan wisata krakatau memiliki panorama indah dan juga menawan, hingga tak heran banyak sekali wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata krakatau.

Saat ini Gunung Krakatau sendiri masuk dalam kawasan Cagar Alam yang di lindungi. Kawasan wisata Krakatau sendiri sudah di kenal berabad – abad silam semenjak meletusnya gunung vulkanik tersebut pada tanggal 26 – 27 Agustus 1883. Kini kawasan Gunung Krakatau merupakan kawasan wisata yang banyak di minati oleh para wisatawan.

Dan kawasan wisata Krakatau sendiri memiliki keunikan yang berbeda dari gunung vulkanik laiinya yang telihat dari posisinya di tangah lautan yang memecah Pulau Sumatra dan juga Pulau Jawa. Kawasan wisata ini kerap di kunjungi oleh macam – macam wisatawan baik domestik maupun asing.

Dan aktifitas yang umumnya di lakukan oleh para wisatawan tersebut di kawasan wisata ini adalah tracking dan juga menjelajahi keindahan biota laut yang memukau di kawasan perairan wisata krakatau ini.

17. Pulau Balak

Pulau Balak Lampung

Tempat wisata di lampung | Pulau Balak sumber: mytrip123.com

Pulau Balak ini merupakan satu dari tiga pulau kecil nan cantik yang dijumpai di Teluk Pidada. Dua  pulau lainnya adalah Pulau Lunik dan Pulau Loh. Balak dalam bahasa Lampung artinya besar sehingga pantaslah jika Pulau Balak dinamakan demikian karena memang pulau ini terbesar dibandingkan dengan dua pulau lainnya yakni Pulau Lok dan Pulau Lunik.

Salah satu yang menjadi ciri khas alam bawah laut perairan di Pulau Balak adalah komposisi terumbu karangnya sangat rapat. Terumbu karang jenis Oxypora lacera, Pectinia lactuca, dan Montipora digitata sangat mudah ditemui di sana. Begitu juga ikan hias dengan beraneka jenis dan warna juga hidup di antara terumbu karang itu. Jika beruntung, pada musim tertentu kamu bisa menemukan sejumlah penyu sisik bertelur di pesisir pantai Pulau Balak ini.

18. Pulau Tangkil

Pulau Tangkil Lampung

Tempat wisata di lampung | Pulau Tangkil sumber: backpackerlampung.com

Pulau Tangkil letaknya berada di seberang Pantai Mutun. Tepatnya berada di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Provinsi Bandar Lampung. Pulau ini dikelola oleh Tangkil Resor dan baru dibuka sejak awal Juni 2014 lalu. Pulau Tangkil memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih halus. Air lautnya biru jernih. Di sekitar pulau ini terdapat pepohonan yang masih rimbun. Di pulau ini, terdapat spot yang bisa Anda gunakan untuk snorkeling maupun diving.

Video Wisata Lampung

Sekian informasi terkait dengan  tempat wisata di Lampung yang recommended bagi para penikmat wisata di Indonesia. Selamat berlibur.

Leave a Reply