Tempat Wisata di Kediri

Sebagai traveller, sebaiknya Anda mengetahui daftar tempat wisata di Kediri ini. Kota Kediri juga termasuk dalam wilayah geografis Provinsi Jawa Timur. Terletak di 130 Km dari pusat kota Surabaya. Kediri dikenal dengan pusat perdagangannya, yakni perdagangan Gula serta Rokoknya.

Kota dengan sejumlah prestasi yang begitu membanggakan ini turut menyimpan banyak potensi lokasi wisata menarik di kota Kediri dan wajib Anda kunjungi. Mulai dari Wisata alam, sejarah, dan masih banyak lainnya yang bisa Anda temukan di Kota ini.

Saya pernah tinggal di kota kediri kurang lebih 1 tahun, dan selama satu tahun itu saya merasakan atmosfir berbeda dari kota kecil di wilayah jawa timur ini, suasana tenang, damai, alam yang sejuk dan keramah tamahan warganya adalah sedikit kesan yang bisa saya katakan, berikut ini saya sampaikan beberapa tempat wisata kediri yang rekomended.

Tempat Wisata di Kediri

1. Pesona Gunung Kelud di Kediri

Gunung Kelud Kediri

Tempat Wisata di Kediri – Gunung Kelud | sumber: viapendaki.com

Gunung satu ini merupakan gunung api yang masih tergolong aktif juga masih sering meletus. Jika Anda suka dengan mendaki, gunung ini merupakanpilihan yang tepat untuk hobi Anda.

Karena keindahan serta pesona tempat wisata alam di kota Kediri ini begitu mempesona. Tidak sedikit para wisatawan yang ingin mendaki gunung tersebut karena keindahannya yang begitu menakjubkan.

Keistimewaan gunung ini terdapat pada akses jalannya yang mudah serta bisa di lalui dengan menggunakan kendaraan. Jadi banyak para wisatawan biasa yang sudah mengunjungi tempat ini, tidak cuma pendaki ya.

2. Gunung Klotok di Kediri

 Gunung Klotok Kediri

sumber: hello-pet.com

Wisata alam Gunung Klotok tersebut dapat Anda nikmati keindahannya. Letaknya berada di wilayah kaki gunung Wilis, tapi letaknya cukup jauh dengan posisi Gunung wilis.

Terletak di Kec Mojoroto, kota Kediri. Tepatnya di wilayah Desa Pojok. Gunung dengan memiliki ketinggian 536 Mdpl ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang begitu indah.

Gunung ini mempunyai keunikan bentuk gunung yang berbentuk wanita yang sedang tidur. Hingga biasa diberi sebutan dengan nama Gunung si cantik tidur.

3. Pesona Gunung Maskumambang di Kediri

Gunung Maskumambang Kediri

Tempat Wisata di Kediri – Gunung Maskumambang | sumber: bingapis.com

Gunung dengan panorama pemandangan yang sangat indah, sebab letaknya di kelilingi dengan perbukitan Gunung Wilis. Gunung ini terletak di sebelah Gunung wilis pada sisi sebelah timur.

Pesona gunung tersebut akan Anda nikmati ketika Anda berada tepat di atas gunung ini. Alamnya yang begitu asri dan udaranya yang sejuk di tambah dengan pemandangan yang hijau. Bakal memberikan sensasi yang segar dan memanjakan.

Akses untuk pendakian gunung yang sudah bagus dengan ada anak tangga menjadikan gunung ini selalu dipenuhi pengunjung. Sebab ketinggian gunung Maskumambang ini cuma sekitar 300 Mdpl saja.

Di atas gunung tersebut juga terdapat makam dari Astana Bancolono. Jadi makin menarik untuk bisa Anda kunjungi.

4. Keindahan Air terjun Irenggolo

Air terjun Irenggolo Kediri

sumber: info-kita.com

Wisata air terjun di kota Kediri ini berjarak yakni sekitar 20 Km dari kota Kediri. Dapat di tempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dengan menggunakan kendaraan.

  Tempat Wisata di Jakarta

Di sini Anda bakal disambut oleh pemandangan luar biasa dari mulai Besuki sampai ke Irenggolo. Anda akan menyaksikan hutan pinus yang hijau serta lebat. Tersedia juga Camping area, jogging serta hiking area bahkan taman bermain.

Pemandangan yang asri bakal membuat Anda makin betah berlama-lama di lokasi ini. Jadi jangan pernah terlewatkan ya.

5. Air terjun Dolo di Kediri

Air terjun Dolo Kediri

sumber: hello-pet.com

Obyek wisata air terjun satu ini terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, kota Kediri. Berjarak sekitar 25 Km dari kota kediri ke arah barat.

Perjalan yang seru akan Anda rasakan disepanjang jalan menuju ke air Terjun Dolo ini. Wisata tersebut dapat di tempuh dengan waktu sekitar satu jam dari Kota Kediri, serta dalam waktu dua jam bila dari Pare Kediri.

Air terjun ini terletak di ketinggian sekitar 1800 Mdpl. Pada ketinggian air terjun hingga 125 meter. Semakin membuat obyek wisata ini semakin menarik untuk Anda kunjungi.

Di lokasi ini Anda juga dapat menikmati taman bermain, hiking area, jogging area, serta camping area. Jadi Anda dapat camping di wisata tersebut, menarik bukan?

6. Goa Selomangleng di Kediri

Goa Selomangleng Kediri

sumber: acehfoundation.org

Wisata Goa di Kediri yang kaya akan sejarah ini adalah peninggalan dari era kerajaan Kediri zaman dulu. Lokasi ini terletak di kaki Gunung Klothok, berjarak sekitar 7 Km dari Kota Kediri. Tepatnya berada di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto.

Goa ini terletak tidak jauh dari sisi Lokasi Museum Airlangga serta juga Bukit Maskumambang Kediri. Konon dahulunya di gunakan sebagai tempat bertapa Dewi Kilisuci.

Dewi Kilisuci adalah putri dari sang Raja Airlangga. Dewi Likisuci bertapa di dalam Goa Selomangleng sebab ia menolak menerima sebuah warisan tahta yang sudah dilimpahkan kepadanya, kemudian dia memilih menyendiri dari segala urusan dunia dengan melakukan bertapa di Goa ini.

7. Goa Maria Pohsarang di Kediri

Goa Maria Pohsarang Kediri

sumber: factsofindonesia.com

Goa satu ini banyak di datangi oleh umat katholik untuk mereka beribadat. Maria Lourdes Pohsarang ini terletak di Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, kota Kediri.

Berjarak kurang lebih 10 Km dari kota Kediri. Goa ini terletak di komplek Gereja Pohsarang. Dijaman dulu Goa ini merupakan miniatur yang bentuknya sangat kecil.

Tetapi di tahun 1998 Goa tersebut di renovasi menjadi jauh lebih besar. Di bangun dengan menyerupai Goa Maria Lourdes yang terdapat di Negara Perancis. Di beri sebuah nama Goa Maria Lourdes sebab dalam ruangan goa ini menyeruapai bentuk Goa Maria Lourdes yang terdapat di Perancis.

9. Candi Setono Gedong di Kediri

Candi Setono Gedong Kediri

sumber : vivatotelkediri.com

Candi tersebut lebih di kenal dengan sebutan Makam Setono gedong. Pada masa kejayaan Singosari dari pemerintahan Mahesa Campaka Didaha. Kawasan ini merupakan candi yang digunakan sebagai sebuah tempat pemujaan Dewa Wisnu dari kerajaan singosari.

Dulunya candi ini merupakan candi yang besar sehingga dikasih nama candi Astana Gedonh. Astana sendiri yang berarti istana serta Gedong adalah besar.

Artefak dan juga relief di candi tersebut adalah lapik arca yang memiliki reliefkan Garuda. Garuda ini dipakai oleh dewa wisnu sebagai sebuah kendaraan.

Keindahan sejarah pada candi ini begitu menarik untuk bisa di pelajari. Jadi untuk Anda yang suka sejarah tak ada salahnya bila mengunjungi candi ini. Pastinya untuk dapat belajar serta melakukan observasi penelitian tentang sejarah budaya.

9. Candi Surowono di Kediri

Candi Surowono Kediri

sumber: iklantravel.com

Candi ini yang dulunya merupakan tempat Penyucian bagi Raja Wengker. Raja wengker sendiri merupakan bawahan dari sang Raja Hayam Wuruk pada kerajaan Majapahit.

Candi ini sudah di bangun dari tahun 1400 masehi serta di bangun dengan luas 8×8 meter persegi. Candi ini merupakan hasil karya sejarah di masa lalu yang di buat karena hasil kelalaian masa lalu, serta sebagai terowongan di dalam tanah.

  Tempat Wisata di Jember

Candi ini terletak di Desa Canggu , Kecamatan Pare Kediri, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih 25 Km dari kota Kediri.

10. Candi Tegowangi di Kediri

Candi Tegowangi Kediri

sumber: tripdomestik.com

Bangunan candi satu ini sebenarnya merupakan Kuil Kuno yang berada di kota Kediri Jawa Timur. Candi ini kaya akan cerita serta sejarah Kota Kediri.

Di candi sati ini terdapat sebuah relief di dinding candi yang begitu artistik, unik, dan juga menarik untuk Anda kunjungi. Untuk Anda yang suka berwisata sekaligus belajar tentang sejarah, candi ini merupakan pilihan yang tepat.

Bentuk candiya yang memanjang menjadikan pemandangan candi seperti sedang berada di komplek candi. Begitu menarik, jadi akan sayang sekali bila Anda lewatkan.

11. Kuil Tjoe Hwie Kiong di Kediri

Kuil Tjoe Hwie Kiong Kediri

Tempat Wisata di Kediri – Kuil Tjoe Hwie Kiong | sumber: hello-pet.com

Kuil ini terletak di Jalan Yos Sudarto Nno.148. Bangunan kuil yang didirikan di Sungai brantas yang sangat bersejarah ini mempunyai cerita tersendiri dan begitu menarik.

Pembangunan kuil tersebut sangat berpengaruh dalam pembangunan Kota Kediri ini di Jaman penjajahan belanda hingga saat ini. Bangunan kuil yua tersebut dirawat serta di lestarikan dengan sangat baik.

Kuil ini pun di jadikan salah sebuah simbol daripara warga Kediri. Tidak cuma melihat bangunan kuil nya yang cantik saja, di tempat ini Anda juga dapat menonton sebuah seni pertunjukan wayang. Pertunjukan wayang tersebut sudah di gelar dari sejak dulu, mulai pada tahun 1983.

Pertunjukan wayang tersebut biasa di gelar pada bulan Mei dan Juni serta di lakukan rutin setiap hari. Jadi Anda dapat mengunjungi lokasi ini di bulan Mei dan juga Juni agar dapat sekalian melihat sebuah seni pertunjukan wayang disini.

12. Arung Jeram Konto di Kediri

sumber: reftingkasembomalang.com

Bila Anda suka tantangan serta mengasah adrenalin, wisata satu ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Sebab sungai konto ini menyuguhkan Rafting river yang lumayan menantang.

Wisata initerletak di Desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Bila dari Simpang lima gumul kurang lebih berjarak sekitar 40 Km, serta bisa di tempuh dengan waktu setidaknya 45 menit bila menggunakan kendaraan.

Wisata rafting di kota kediri ini hampir tidak pernah sepi dari pengunjung. Sebab track raftingnya yang mencapai 13 Km. Sangat menarik sekali bukan? Asah adrenalin Anda di lokasi ini bila Anda suka sesuatu yang cukup menantang.

13. Sumber Ubalan di Kediri Jawa Timur

Sumber Ubalan Kediri

Tempat Wisata di Kediri – Sumber Ubalan | sumber: travellingyuk.com

Tempat liburan di kota Kediri yang berikut ini merupakan wisata alam, tetapi begitu menarik untuk bisa di kunjungi. Untuk anda pecinta alam jenis obyek wisata yang satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk dapat mengisi waktu liburan Anda.

Letaknya berjarak sejauh 18 Km dari kota Kediri. Lokasi piknik di Kediri ini yakni berupa hutan lindung yang masih sangat asri, jadi bakal sangat tepat untuk dijadikan tempat rekreasi Anda bersama keluarga.

Di lokasi ini juga tersedia macam fasilitas seperti Sepeda air, kolam renang dan juga pemancingan. Terdapat juga sebuah panggung hiburan yang dapat menjadi pelengkap suasana liburan Anda.

14. Kampung Inggris di Kediri

Kampung Inggris Kediri

sumber: ublik.id

Wisata edukasi yang berikut ini unik loh. Dimana terdapat sebuah kampung yang semua masyarakat yang ada di Kampoeng Inggris ini memakai bahasa Inggris untuk berkomunikasi antar sesama setiap harinya.

Di kampung ini Anda bakal menjumpai lembaga-lembaga yang turut menyediakan tempat kursusan bahasa Inggris. Tempat wisata yang edukasi di Kediri ini pun sudah terkenal di negeri ini.

Banyak sekali pelajar yang berlibur ke lokasi ini untuk bisa belajar bahasa inggris di lokasi ini, tertarik untuk mencobanya?

15. Candi Petilasan Sri Joyoboyo di Kediri

 Candi Petilasan Sri Joyoboyo Kediri

sumber: gogirl.com

Di tempat ini Anda dapat melihat sebuah Petilasan Sang Prabu Sri Adi Joyoboyo. Mustika Pemenang tertulis di gerbang masuk menuju petilasan Pamuksan Sri Joyoboyo.

  Tempat Wisata di Sukabumi

Joyoboyo sendiri merupakan titisan dari Dewa Wisnu penguasa dalam Negeri Widarba. Joyoboyo ialah putra dari Gendrayana serta anaknya yang diber nama Yudayana anak Parikesit, Abimanyu, lalu Arjuna dari Pandawa Lima.

16. Taman Kilisuci di Kediri

Taman Kilisuci

Sumber: jalanwisata.id

Obyek wisata Taman ini terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur. Bila dari simpang lima gumul kurang lebih berjarak sekitar 20 Km.

Di taman ini pun sudah tersedia fasilitas yang juga lumayan lengkap. Sebab Taman Kilisuci tersebut sudah tersedia wilayah jogging track, air mancur yang sangat indah dan food court. Ada pula parking area, area bermain dan tempat pijit refleksi.

Anda pasti bakal betah berlama-lama di lokasi piknik yang ada di Kediri ini. Sebab fasilitas taman yang sudah sangat baik bahkan telah di sediakan Wi-fi gratis.

17. Gereja Puh Sarang di Kediri

Gereja Puh Sarang Kediri

sumber: tripadvisor.ca

Gereja ini terletak di Kecamatan Semen, Kab Kediri. Berada di Kaki Gunung Wilis. Sehingga memiliki hawa sejuk dan pasti menyegarkan.

Bangunan Gereja yang amat artistkik sebab di bangun dengan desain kombinasi antara bangunan Eropa dan juga Majapahit. Sehingga memiliki nilai seni tinggi.

Arsitektur pada bangunan gereja ini memadukan gaya bangunan khas Jawa, hindhu, budha, serta china. Sehingga begitu unik dan menarik.

Pastinya Anda tidak bakal kecewa bila mengunjungi tempat ini sebab keindahan bangunan ini begitu unik dan juga artistik sekali.

19. Monumen Kediri Syu di Kediri

Monumen Kediri Syu Kediri

Tempat Wisata di Kediri – Monumen Kediri | sumber: traiveler.blogspot.com

Monumen ini berada di Jalan Jaksa Agung Soeprapto Kabupaten Kediri. Terletak di depan Rumah Dinas Residen kota Kediri yang saat ini sudah tidak di pakai lagi.

Monumen ini merupakan patung pria besar yang memakai seragam tentara jepang, serta burung Garuda yang berada di atas patung tentara tersebut.

Syu merupakan sebuah sistem pemerintahan yang dilakukan atau dibentuk jepang pada masa menjajah Bangsa indonesia.

19. Museum Fotografi Kediri

Museum Fotografi Kediri

sumber: xnoviansp.blogspot.com

Di museum tersebut menyimpan begitu banyak koleksi foto yang telah di ambil dari kamera Pocket pada jaman dulu, dari Dslr bahkan dengan menggunakan smartphone.

Untuk Anda yang termasuk hobi dengan fotografi, lokasi ini menjadi tempat yang sangat tepat untuk bisa Anda kunjungi. Sebab Anda dapat melihat begitu banyak koleksi foto serta belajar teknik fotografinya pada jaman dulu.

Lokasi museum ini terletak di kota Kediri serta memiliki koleksi foto hingga 300-an foto. Jadi Anda mesti mengunjungi museum ini sebab Anda bisa jadikan lokasi ini menjadi tempat berfoto di Kediri yang unik.

21. Museum Airlangga di Kediri

Museum Airlangga Kediri

sumber: newa.detik.com

Lokasi museum ini terletak di Jalan Mastrip No.1 Kediri Jawa Timur. Terletak di kawasan Wisata Selomangleng memiliki koleksi batu arca serta benda bersejarah peninggalan dari zaman purba.

Serta benda-benda peninggalan dari kerajaan mataram hindu yang hingga saat ini masih tesimpan dan juga terawat dengan baik.

21. Wisata air kolam renang Pagora Kediri

 Wisata air kolam renang Pagora Kediri

Tempat Wisata di Kediri – kolam renang pagora | sumber: sinartourtravel.com

Wisata air ini terletak di tengah-tengah kota Kediri, destinasi lokasi wisata keluarga yang pas untuk mengisi waktu liburan. Lokasi kolam renang tersebut terletak di depan stadion Brawijaya kota kediri sehingga sangat mudah di jangkau.

Kolam renang ini merupakan wisata kolam renang yang pertama di kota Kediri, jadi untuk usianya pun sudah termasuk tua. Di lokasi ini Anda juga dapat memanjakan para anak-anak Anda di sini.

22. Kolam renang Tirtoyoso Kediri

Kolam renang Tirtoyoso kediri

sumber: hello-pet.com

Wisata air yang berikut ini termasuk salah satu wisata favorit di kota Kediri, terletak di Jalan Ahmad Yani. Letaknya pun tidak jauh dari lokasi lapangan Brawijaya Kediri.

Maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan obyek wisata satu ini. Dengan semakin seringannya di renovasi menjadikan kolam renang ini paling favorit di kediri sebab sudah di lengkapi oleh fasilitas yang memadai.

Itulah beberapa daftar obyek wisata di kota Kendiri yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga untuk mengisi waktu dihari libur atau akhir pekan Anda. Semoga menjadi refrensi dan rekomendasi yang baik bagi Anda ketika ingin mengunjungi salah satu dari daftar wisata di kota Kediri tersebut.

Video Tempat Wisata di Kediri

 

Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply