Tempat Wisata di Jogja

Terdapat begitu banyak tempat wisata di Jogja yang baru-baru ini sedang bermunculan bahkan selalu viral diperbincankan pada social media. Mulai dari wisata alam, wisata Kuliner, dan tempat bersejarah sampai even menarik selalu berhasil menjadi target para traveller di kota manapun.

Dari tradisi, budaya sampai dinamika modern dapat Anda temukan di kota Jogja ini. Ada masyarakat yang akan selalu memegang erat budaya lokal, terdapat pelajar dari sabang sampai merauke yang menimba ilmu, serta ada kesultanan yang masih mempertahankan tradisi sampai sekarang. Sangat wajar jika kota ini menjadi sebuah wilayah istimewah di Indonesia.

Untuk itu agar lebih jelas, berikut ini merupakan daftar rekomendasi lokasi wisata di Yogyakarta terbaru dan juga paling hits dikunjungi oleh wisatawan.

Wisata Jogja

1. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem Jogja

sumber: rentalmobiljogja.id

Objek atau lokasi wisata baru di Yogyakarta ini berada di Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kec.Dlingo, Kabupaten Bantul.

Tempat wisata tersebut menyajikan panorama pemandangan alam yang sangat luar biasa.  Salah satu dari beberapa spot unik yang instagramable ialah bentuk gardu pandang yang menyerupai bentuk sarang burung serta spot foto bunga matahari.

Menariknya lagi, pada jangka waktu empat bulan bakal ada penggantian ikon tempat atau spot selfie sehingga Anda tidak akan merasakan bosan.

2. Watu Goyang Mangunan

watugoyang-mangunan-jogja

Tempat Wisata di Jogja watugoyang – sumber: ayojogja.com

Berbeda dari spot unik yang lebih bervariasi di Bukit Mojo Gumelem, spot foto yang ada di Watu Goyang Mangunan lebih berbentuk helikopter keren ditambah warna hijau army seperti militer.

Objek wisata tersebut baru saja dibuka di awal bulan Maret 2017 dan mampu menyedot perhatian wisatawan sebab keunikan serta keindahan alamnya.

Ada juga spot unik lainnya yakni sebuah batu besar yang ada di tepi jurang, yang dipakai untuk menikmati keindahan panorama alam.  Batu besar inilah yang dinamakan dengan Watu Goyang.

2. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit Jogja

sumber: jalanwisata.id

Spot wisata menarik yang satu ini turut menyajikan suasana yang sedikit berbeda dengan berbentuk rumah kecil seperti rumah Hobbit. Letaknya di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlongo, Kabupaten Bantul, DIY.

Untuk bisa mencapai ke lokasi ini Anda akan disuguhkan suasana alam hutan pinus yang sangat menenangkan. Selain rumah Hobbit terdapat juga banyak spot foto lain yang dapat dijadikan latar belakang ketika berfoto.  Mulai dari sebuah jembatan kayu yang dibangun untuk menghubungkan pepohonan sampai gardu pandang. Di lokasi wisata ini pun turut menyediakan arena flying fox yang sedikit memicu adrenalin.

4. The World Landmarks Merapi Park

The World Landmarks Merapi Park Jogja

sumber: paketwisatajogja.com

Berada di kawasan wisata Kaliurang lebih tepatnya terletak di depan Museum Gunung Merapi, spot area wisata terbaru yang kali ini juga menyajikan suasana yang agak berbeda.

Dengan adanya beberapa miniatur dari bangunan khas yang berasal dari berbagai negara Anda bisa mendapatkan banyak foto-foto yang menarik dengan berlatarkan bangunan khas negara lain.

5. Hutan Mangrove Pasir Kadilangu

Hutan Mangrove Pasir Kadilangu Jogja

Tempat Wisata di Jogja Hutan Mangrove – sumber: jogjatransport.co.id

Apabila di lereng Merapi terdapat The World Landmarks, maka di wilayah Kulonprogo, Yogyakarta terdapat Hutan Mangrove Pasir Kadilangu yang juga menyajikan spot menawan dan cantik Menara Eifel di Paris yang dibuat dari bambu.

  Tempat Wisata di Bogor

Selain itu terdapat juga spot foto lain yang juga tidak kalah menarik, seperti pura serta lorong Hexagonal yang begitu unik.

6. Ayunan Langit Waturajan

Ayunan Langit Waturajan Jogja

sumber: explorewisata.com

Baru saja resmi dibuka di bulan Juni 2017 lalu, wisatawan dapat mencoba mainan Ayunan Langit Waturajan yang berada di Desa Wisata Purwosari, Girimulyo, Kulonprogo.

Spot wisata menarik ini cukup menantang bagi pengunjung un uk dapat menguji adrenalin dengan bisa barayun di ketinggian kurang lebih 600 Mdpl.Pasti akan begitu menyenangkan dengan sensasinya yang bisa bikin deg-degan.

7. The Lost World Castle Cangkringan

Lokasi objek wisata Yogyakarta yang kali ini sudah dibuka sejak Maret 2017 serta sudah begitu populer sebab banyak foto-foto yang dibagi ke media sosial.

Spot menarik yang dulu disebut sebagai Benteng Takeshi ini terletak di wilayah Kaliurang alias di kaki Gunung Merapi. Lebih tepatnya di area Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.

The Lost World Castle Cangkringan Jogja

Tempat Wisata di Jogja benteng cangkringan – Gunungkidulku.com

Selain hawanya yang sejuk pegunungannya yang menenangkan, kemegahan gunung pun terlihat jelas bila cuaca cerah.

Di kawasan wisata tersebut ada banyak spot menarik yang dapat diabadikan ke dalam foto, salah satunya yakni spot awan yang bakal membuat pengunjung seolah sedang berada di atas awan.

Demikian juga pada spot sayap emas yang juga menarik, serta tentu saja menjadi sebuah tangga tinggi dengan bertuliskan “gerbang menuju surga”. Belum lagi sebuah replika dinosaurus yang terdapat di perkemahan suku Indian.

8. Hutan Pinus Pengger

hutan pinus pengger jogja

sumber: caripaketwisatajogja.com

Satu lagi dari wisata Yogyakarta yang juga sedang naik daun kali ini, yakni Hutan Pinus Pengger yang terletak di Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Objek wisata yang kali ini turut menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona di atas ketinggian beserta spot unik dengan bentuk tangan raksasa yang seakan akan ingin menangkap pengunjung. Hawa sejuk dan juga suasana romantis sangat kental, membuat siapapun malas untuk beranjak.

9. Upside Down World

Upside-Down-World-Jogja

Tempat Wisata di Jogja dunia terbalik – sumber: travelingyuk.com

Apa jadinya bila dunia ini seakan terbalik, bagaimana kita bisa memijakkan kaki ke daratan bumi?  Pasti bakal ribet kan?  Tapi ternyata terdapat sebuah tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi ketika liburan ke Yogyakarta.

Tempat dimana dunia bakal terasa terbalik, yakni di Upside Down World yang telah resmi dibuka dari bulan Juli 2016.Tempat wisata menarik yang satu ini berada di Jalan Ringroad Utara No. 18 Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman.

Sama dengan Upside Down World di kota bali ataupun di bandung, terdapat banyak ruangan yang diset sedemikian rupa sehingga Anda dapat berfoto dengan pose-pose yang unik, seakan sedang terbalik. Tempat wisata hits tersebut buka setiap harinya yakni Senin-Minggu pukul 10.00-19 WIB.

10. Transmart Carrefour Maguwo

Transmart Carrefour Maguwo Jogja

sumber: amadeaprahipta.blogspot.com

Inilah lokasi wisata belanja yang turut menghadirkan berbagai macam jenis hiburan di dalam satu kawasan. Tidak hanya tempat shopping dan makan-makan saja, di sini pun ada Trans Studio Mini serta bioskop CGV.

Biaya masuk menuju tempat ini gratis. Tetapi Anda bakal dikenakan biaya guna deposit card dengan saldo didalamnya minimal Rp50.000,00 untuk menikmati berbagai wahana Trans Studio Mini. Sementara untuk tiket masuk bioskop sekitar Rp35.000,00-Rp85.000,00.

11. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah tempatnya snorkeling. Di sini Anda memiliki kesempatan untuk bisa berenang dengan ikan laut beraneka warna. Kalau lagi beruntung bahkan dapat bertemu dengan kura-kura yang berukuran besar.

Pantai-Nglambor-Gunungkidul

Tempat Wisata di Jogja pantai nglamor – sumber : justgola.com

Bagi yang tidak suka snorkeling pun Nglambor juga tetap mempesona dengan airnya yang sangat biru jernih serta berombak kecil. Membuat betah selonjoran di tepian hingga sore.

  Tempat Wisata di Surabaya

Tarif: Rp5.000,00 (tarif masuk). Rp30.000,00-Rp50.000,00 (snorkeling)

12. Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark Jogja

sumber: eatvacation.com

Ini merupakan kompleks wahana air di atas sebuah lahan seluas 7,7 hektar yang turut mengusung konsep bajak laut. Selain dari berbagai wahana air, di sini pun diselenggarakan sebuah pertunjukan bertemakan bajak laut.

Wajib sekali berfoto dengan latar belakang kapal bajak laut jika berkesempatan liburan di sini.

Tarif: Rp60.000,00 (anak-anak). Rp90.000,00 (dewasa)

12. Kebun Teh nglinggo

Kebun teh ini berada di daerah Samigaluh, lebih tepatnya di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Kabupaten Kulon Progo. Katanya dulu sempat menjadi salah satu markasnya Pangeran Diponegoro, tapi sekarang telah berubah fungsinya menjadi sebuah perkebunan dan tempat wisata.

kebun-teh-nglinngo-Jogja

Tempat Wisata di Jogja kebun teh nglinggo – sumber: riffatransport.com

Perkebunan Nglinggo juga menawarkan hawa yang sangat sejuk, hamparan hijau dari pohon teh yang membuat mata adem, serta pemandangan puncak gunung. Aksesibilitas menuju daerah ini pun sudah sangat bagus dan terdapat pula homestay yang dapat dimanfaatkan untuk bermalam.

Tarif: Rp3.000.

14. Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten Jogja

sumber: bangjotours.com

Kolam alami dengan air biru yang jernih di wilayah Klaten ini turut menawarkan wisata underwater yang kekinian. Lengkap dengan aneka ragam properti untuk bisa berfoto keren di dasar. Wisatawan yang tidak mampu berenang pun tetap bisa berfoto di sini.

Tanpa dengan foto pun keindahan di bawah air Umbul Ponggok pun tetap layak untuk dinikmati. Kapan lagi Anda dapat berenang di air biru jernih dengan ditemani puluhan ikan tanpa harus pergi ke laut?

Tarif: Rp8.000 (harga masuk). Rp13.000 (sewa kacamata renang). Rp60.000-Rp100.000 (kamera underwater).

15. Tebing Breksi

Tempat ini menjadi salah satu dari banyak destinasi wisata Jogja terpopuler tepatnya di sepanjang tahun 2016 sampai 2017. Sesuai dengan namanya, pada daerah Tebing Breksi kita dapat menikmati keindahan dari tebing berukir yang spotnya sangat fotogenik.

Tebing Breksi Jogja

sumber: rajatoursjogja.com

Relief-relief yang menghiasi penjuru tebing memang baru saja dibuat. Tetapi untuk tebing batuan breksinya sendiri sudah terbentuk dari jutaan tahun yang lalu.

16. Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo Jogja

sumber: pantainesia.com

Wisata Jogja yang kali ini berupa area mangrove atau hutan bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari dengan besarnya potensi dari wisata mangrove, warga setempat sama-sama sepakat untuk mau mengelola tempat ini dengan mencoba menambahkan beberapa spot keren untuk foto.

Mangrove Kulon Progo ini terletak di muara Sungai Bogowonto dan juga bisa ditempuh dari Yogyakarta dengan membutuhkan perjalanan selama 2 jam.

Tarif: Rp4.000

17. Pantai Pok Tunggal

 Pantai Pok Tunggal Jogja

Tempat Wisata di Jogja Pantai Pok Tunggal – sumber: pusaka-indonesia.com

Pok Tunggal menjadi salah satu wisata Jogja sekaligus wisata andalan Gunung Kidul. Pantainya yang cantik yang dikelilingi oleh batu karang ini menjadi tempat yang cocok untuk dapat menikmati keindahan sunset.

Selain dari itu Pok Tunggal pun masih tergolong sepi. Jadi Anda dapat menikmati kesyahduan panorama disana tanpa banyak gangguan.

Tarif: Rp3.000 (motor), Rp5.000 (mobil), Rp15.000 (minibus)

18. Goa Kalisuci

Goa Kalisuci Jogja

Tempat Wisata di Jogja Goa Kalisuci – sumber: vaccationpassage.com

Berlokasi di wilayah Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Goa Kalisuci merupakan sebuah tempat wisata jelajah sungai dan juga gua. Di sini para pengunjung yang berkunjung dalam satu grup dapat menikmati serunya rafting serta cave tubing seperti halnya di Goa Pindul.

Tarif: Rp75.000

19. Taman Sari

Berlibur ke Yogyakarya akan terasa belum lengkap jika tanpa menikmati sejumlah keindahan arsitektur dari Kesultanan Yogyakarta. Salah satu tempat yang paling tepat untuk dapat menikmati seni arsitektur ini pastinya ialah Taman Sari.

taman-sari-jogja

sumber: beautifultraveling.wordpress.com

Pemandian seorang putri-putri keraton tersebut memang eksotis. Kondisi dari bangunannya pun masih terjaga. Tak heran jika sering digunakan untuk dijadikan tempat sesi pemotretan profesional atau sebuah pre-wedding.

  Tempat wisata di Tangerang

Tarif: Rp3.000

20. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk Jogja

Tempat Wisata di Jogja Air Terjun Sri Gethuk Jogja – sumber: wisataku.net

Wisata Jogja yang murah meriah selanjutnya ialah Sri Gethuk. Tidak cuma air terjunnya saja, kita juga dapat menikmati keindahan dari sungai hijau, hamparan sawahnya, serta hutan sepanjang perjalanan menuju ke air terjun utama.

Bagi yang mau menyusuri sungai dengan menggunakan perahu tersedia perahu mesin yang dapat digunakan dengan menyewa Rp5.000 saja.

Tarif: Rp7.000,00

21. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul Jogja

sumber: caripaketwisatajogja.com

Ini adalah wisata Jogja yang sangat murah meriah dan sangat mudah dijangkau. Alun-Alun Kidul yang juga merupakan halaman belakang dari Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah tempat pohon beringin kembar yang dikenal legendaris itu berada.

Biasanya para wisatawan yang merasa penarasan mencoba sebuah tradisi masangin, berjalan menuju kedua pohon raksasa tersebut dengan mata yang tertutup. Meski terlihat mudah, nyatanya masih banyak yang gagal.

Alun-Alun Kidul selalu menjadi pusat kegiatan warga pada hari libur. Semakin larut malam pengunjungnya pun semakin ramai. Di sini Anda dapat menikmati jajanan iseng-iseng di lesehan ataupun mencoba becak serta odong-odong yang dihias dengan aneka lampu warna-warni. Benar-benar terlihat semarak.

Tarif: Gratis

22. Taman Pelangi Monjali

 Taman Pelangi Monjali Jogja

Tempat Wisata di Jogja Taman Pelangi – sumber: thepinsta.com

Satu lagi area wisata Jogja yang juga menawarkan romantisme sederhana pada malam hari. Taman Pelangi di Monumen Jogja Kembali yang biasa disingkat Monjali. Monumen yang terletak di Jalan Lingkar Utara kota Yogyakarta itu terlihat semarak dengan beragam bentuk lampion serta lampu warna-warni.

Tarif: Rp10.000 (weekdays), Rp15.000 (weekend)

24. Bukit Bintang Patuk

Bukit Bintang Patuk Jogja

Tempat Wisata di Jogja Bukit Bintang – sumber: jogjaempatroda.com

Wisata Jogja yang kali ini menyuguhkan sebuah pemandangan kota pada malam hari dengan bertabur ‘bintang’. Sebab ketinggiannya, tempat ini disebut sebagai Jogja lantai 2.

Nongkrong bersama dengan pasangan di Bukit Bintang bakal terasa semakin hangat dengan jajanan khas yang tersedia di sana.

Tarif: Gratis

24. Sate klathak Pleret

Sate klathak Pleret Jogja

sumber: kitamuda.id

Selain dari gudeg, makanan khas yang wajib dicoba di kota budaya satu ini ialah sate klathak. Berupa sebuah potongan dari daging kambing muda dengan bumbu minim yang dibakar pada tusukan kawat berjeruji sepeda. Makanan ini dapat ditemui di wilayah Pleret, Bantul. Beberapa kedai yang sudah cukup terkenal yakni sate klathak Pak Pong, Mak Adi, Pak Untung, Pak Jam, dan Bu Jazim.

Karena mampu menghangatkan badan Anda, sate klathak paling pas dan nikmat jika disantap saat malam hari. Apalagi umumnya warung sate klathak yang ada di Pleret memang di buka sampai hampir larut malam.

Tarif: Rp20.000,00.

25. Jalan Prawirotaman

Jalan Prawirotaman Jogja

Tempat Wisata di Jogja prawirotaman – sumber: javadvipost.blogspot.com

Jalan Prawirotaman telah dikenal sebagai sebuah kampung turis dan juga kampung bule. Soalnya di tempat ini memang sangat banyak turis asing. Berjalan di sepanjang kawasan ini akan membuat Anda teringat dengan Legian ataupun Jalan Jaksa.

Di kanan dan kiri Jalan Prawirotaman kita dapat menemukan aneka macam kafe yang bernuansa tradisional ataupun modern yang asik untuk nongkrong saat malam hari. Beberapa yang sangat hits ialah Tempo Gelato, Move On, serta Via Via. Belum lagi art shop serta toko buku impor dengan memasang harga miring yang berada di antara kafe-kafe itu.

26. Malioboro

Bukan tanpa alasan jika Malioboro sering menjadi tempat setting film ataupun FTV. Soalnya di tempat inilah memang benar-benar terasa aroma Jogja-nya.

jalan-malioboro-jogja

sumber: antonytourlegal.com

Dengan Anda menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang cukup padat itu kita dapat menemukan berbagai jenis buah tangan atau oleh-oleh, hasil karya seniman lokal, serta jajanan enak. Banyak juga tukang becak serta tukang delman.

Malioboro dapat Anda jangkau dengan hanya jalan kaki beberapa menit bila dari stasiun tugu. Kawasan ini pun sudah dipercantik dengan disediakannya bangku-bangku panjang, dan lampu jalan, serta spot foto yang ciamik.

Tarif: Gratis

Video Tempat Wisata di Jogja

Yogyakarta merupakan kota yang penuh dengan keunikannya maka sudah tidak heran bilang banyak ditemukan obyek wisata yang asik di kota ini, mulai dari wisata alam, tradisional bahkan wisata edukasi semuanya ada di sini ditambah rata-rata biayanya pun terjangkau. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca. Terimakasih

Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply