Tempat Wisata di Jakarta

Tempat Wisata di Jakarta | sangat beragam. Jakarta adalah ibukota dari negara Indonesia ini memiliki magnetnya tersendiri untuk banyak orang. Tidak mengherankan bila setiap tahun jumlah para pendatang senantiasa meningkat.

Macam problematika seperti macet atau banjir serta pemukimannya yang semakin sempit seolah tak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan besarnya harapan untuk dapat mengadu nasib di ibukota, tempat segala peluang seolah ada.

Terlapas dari hal tersebut, sama seperti daerah lain yang ada di Indonesia terdapat banyak tempat wisata di wilayah Jakarta yang semakin menambahkan daya tarik ibukota. Destinasi wisata di kota Jakarta dapat menjadi sarana rekreasi untuk wisatawan lokal ataupun mancanegara agar lebih mengenal jenis wisata di ibukota.

Pemprov DKI Jakarta:

Dibawah ini adalah beberapa daftar tempat wisata di Jakarta yang asik untuk wisatawan kunjungi bareng keluarga. Sebagai berikut :

Tempat Wisata di Jakarta

1. Dunia Fantasi

Dunia Fantasi Jakarta

sumber: triip.me

Dunia Fantasi adalah pusat rekreasi outdoor serta menjadi sebuah kawasan edutainment fisika terbesar yang ada di Indonesia dengan adanya wahana permainan berteknologi modern.

Setidaknya terdapat sekitar 22 macam wahana permainan asik di Dufan yang dapat kamu jajal. Seperti jenis wahana Turangga-rangga Dufan atau juga komidi putar, Gajah Bledug, Bianglala, Kora-kora, Hysteria, Istana Boneka, Kicir-kicir, Tornado, Happy Feet, atau Halilintar serta masih tersedia banyak lagi wahana-wahana seru lainnya.

2. Sea World

Tempat wisata dengan memakai konsep edukasi dunia bawah laut tersebut menjadi salah sebuah spot wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan.Memasang tema hiburan, tempat wisata tersebut menggabungkan edukasi oleh konservasi biota laut.

seaworld-Jakarta

sumber: bingapis.com

Berbagai macam dari jenis ikan dan spesies air laut hidup di dalam akuarium raksasa sehingga wisatawan dapat dengan leluasa menikmati semua keindahan alam bawah laut dengan melalui terowongan unik.

3. Samudera Dolphin Park Ancol

Samudera Dolphin Park Ancol Jakarta

sumber: mommmiesdaily.com

Atraksi ikan lumba-lumba yang begitu lincah dan cerdas bisa kamu temukan di arena ini, begitu menarik untuk bisa disaksikan bersama keluarga.

Kamu juga dapat ikut berinteraksi dengan langsung kepada lumba-lumba dan mendapatkan pengalaman yang tentunya tak terlupakan.

Selain dari lumba-lumba di lokasi wisata ini juga turut menampilkan atraksi dari singa laut serta burung kakatua yang tidak kalah serunya.

4. Ocean Ecopark

Ocean Ecopark Jakarta

sumber: veeveeayusin.blogspot.com

Ocean Ecopark dapat jadi wisata favorit kamu bersama keluarga tercinta, di tempat ini kamu dapat melakukan aktivitas asik yang menyenangkan.

Beberapa jenis wahana yang dapat kamu coba yakni Outboundholic, Rumah Energy, Learning Farm, Kano, Rumah Lebah, dan wahan seru lainnya.

5. Atlantis Water Adventure

Atlantis-Water-Adventure-Jakarta

sumber: bloolop.com

Pengalaman seru serta tidak terlupakan juga bisa kamu temukan di sini, dengan berbagai petualangan seru dengan cukup memicu adrenalin para wisatawan menjadi salah satu alasannya.

Terdapat juga Crazy Water Slide dengan mode ketinggian 18,6 meter sampai 22,8 meter serta panjang lintasannya 122 meter dan 149 meter.Wahana ini digadang-gadang sebagai wahana tertinggi serta terpanjang di Indonesia.  Berani mencoba?

6. Tempat Wisata di Jakarta Barat Taman Cattelya

Taman Cattelya

sumber: mitrataman.com

Taman ini pun juga dikenal dengan nama Taman Tomang serta merupakan sebuah jenis objek wisata alam pada kawasan Jakarta Barat.

  Tempat Wisata di Sukabumi

Layaknya sebuah taman kota lainnya, pada Taman Cattelya ini pun juga dilengkapi dengan macam fasilitas jogging track, taman bunga, danau buatan, dan taman bermain anak-anak.

Selain dari itu, kamu pun bisa mencicipi jajanan khas kota Jakarta di sekitaran taman sebab banyak pedagang makanan serta pedagang kaki lima berada di dalam dan juga di luar taman.

7. Taman Ayodya

Taman Ayodya Jakarta

sumber: idntimes.com

Taman ini juga ramai dikunjungi di saat akhir pekan serta taman ini berada di dekat Terminal Blok M sekitar 500 meter.Yang juga menarik dari taman ini merupakan danau buatannya yang sebesar 1.500 meter persegi dan pada bagian tengah danau memiliki sebuah air mancur serta di sekeliling danau, terdapat juga hiasan lampu yang berbentuk gurita.

Taman Ayodya ini juga termasuk taman yang mempunyai fasilitas yang begitu lengkap seperti kursi taman, gazebo, meja taman, toilet dan juga akses internet.Anda pun bisa melakukan olahraga ringan di area taman ini, misalnya jogging atau taichi.

9. Taman Hutan Tebet

Taman Hutan Tebet jakarta

sumber: mapcarta.com

Taman Hutan Tebet merupakan salah satu taman di Jakarta yang juga difasilitasi dengan macam alat-alat atau sarana olahraga.

Taman Hutan Tebet juga termasuk dalam jenis kategori active park, taman yang selalu menginspirasi pengunjungnya agar tetap aktif dan selalu berolahraga.

Fasilitas olahraga yang bisa ditemukan pada taman ini cukup beragam, seperti jogging track, bike track sampai lapangan sepak bola, dan taman refleksi oleh bebatuan alam ditambah area untuk bersantai.Tentunya pada taman ini pun disediakan toilet serta Mushola untuk beribadah.

9. Hutan Kota Srengseng

 Hutan Kota Srengseng jakarta

sumber: simpulan.com

Hutan Kota Srengseng merupakan sebuah tempat wisata yang letaknya di daerah Jakarta Barat dengan mempunyai sekitar 4.800 pohon dari 63 jenis varietas berbeda.

Di dalam kawasan Hutan Kota Srengseng, Anda juga bisa menemukan danau dengan dikelilingi lintasan lari dan terdapat area bermain anak.

Bila Anda ingin mencoba bersantai sambil menghirup udara sejuk di area tengah kota, Anda pun bisa bersantai di kawasan pendopo yang sudah disediakan untuk umum.

10. Taman Suropati

taman-suropati-jakarta

sumber: ttnotes.com

Taman Suropati adalah salah satu taman tertua yang ada di Jakarta serta dibangun pada tahun 1920. Taman ini juga dilengkapi dengan kawasan duduk dan untuk bersantai, jogging track dan penghijauan yang sangat teduh.

Untuk Anda yang akan mengunjungi taman ini, Anda bisa mencoba mengunjunginya di akhir pekan terutama di malam hari.

Taman ini biasanya dikelilingi oleh para pedagang makanan malam keliling, ketika sembari menikmati area taman yang sejuk, Anda pun juga bisa sambil mencicipi kuliner khas Jakarta.

Beberapa jenis makanan yang mesti Anda coba merupakan Sate, Bakso, Nasi Goreng Gila dan lain sebagainya. Seniman jalan pun  jugasering mendatangi area ini untuk memperlihatkan keahlian mereka.

11. Tempat Wisata di Jakarta Barat Taman Menteng

Taman Menteng Jakarta

sumber: indoindians.com

Lokasi Taman Menteng ini tidak terlalu jauh dari Taman Suropati serta Taman Menteng ini pun sering disebut sebagai pusat taman dari semua taman yang terdapat di Jakarta.

Di Taman Menteng ini, Anda bakal menemukan sebuah lapangan olahraga, seperti pada lapangan basket dan juga lapangan futsal, sebuah lintasan berlari, area bermain untuk anak-anak dan area olahraga yang sudah dilengkapi dengan macam alat kebugaran sederhana.

Selain dari itu, Anda pun juga bisa menikmati pemandangan ke arah kolam ikan dengan melihat air mancur sembari tubuh bersantai bersama dengan keluarga Anda.

Karena lokasi Taman Menteng ini berada di pusat kota, taman ini pun sering dijadikan lokasi berkumpulnya para komunitas dari pencinta seni maupun olahraga. Sehingga, tidak usah heran jika Anda menyaksikan para ahli dibidangnya memamerkan kemampuan mereka di area taman ini.

12. Setu Babakan

seti-babakan-jakarta

Tempat wisata di jakarta – Babakan – sumber: allindonesiaontpurism.com

Setu Babakan adalah sebuah danau yang sebetulnya berfungsi sebagai sebuah tempat resapan air di wilayah Jakarta Selatan.

Tapi, lama kelamaan, lokasi wisata ini justru dijadikan sebuah area cagar budaya untuk dapat melestarikan kebudayaan Betawi serta akhirnya sekarang, pada sekeliling Setu Babakan ini dibangunlah perkampungan Betawi.

  Tempat Wisata di Mojokerto

Bagi Anda yang mau lebih mengenal jauh kebudayaan Jakarta serta bagaimana kehidupan asli dari budaya Betawi, maka coba kunjungi tempat yang akan dibuka dari jam 6 pagi sampai 6 sore ini, serta tentu saja, gratis.

13. Tempat Wisata di Jakarta Selatan Taman Spatodhea

Taman Spatodhea Jakarta

sumber: checkinjakarta.id

Taman ini berada di wilayah Kebagusan Jakarta Selatan serta merupakan satu-satunya taman yang ada di daerah ini.Dengan luasnya 1,5 hektar, taman ini pun dilengkapi dengan fasilitas yang memadahi dan pemandangannya yang indah.

Salah satu dari fasilitas yang tersedia di Taman Spatodhea merupakan lintasan lari dengan panjang 100 meter, ada pula danau buatan dan area untuk bermain. Sebab lokasinya yang bergelombang dan landai, taman ini juga sering diberi julukan sebagai Taman Miring.

Taman ini selalu dibuka 24 jam, sehingga cocok bagi Anda yang ingin selalu menikmati suasana Jakarta pada malam hari.

14. Kebun Binatang Ragunan

kebun-binatang-ragunan-jakarta

Tempat wisata di jakarta – Ragunan – sumber: mapsight.com

Di dalam lokasi Kebun Binatang Ragunan, mempunyai lebih dari 300 spesies jenis binatang serta tempat ini tidak cuma memamerkan koleksi faunanya saja tapi berfungsi juga sebagai tempat edukasi bagi para pengunjung terutama untuk para pelajar.

Kebun Binatang Ragunan sangat terkenal sebagai salah sebuah museum primata paling lengkap di Indonesia (Pusat Primata Schmutzer).

Lalu, di sini Anda juga bisa menemukan Dunia Orang Utan yang turut menyediakan bermacam koleksi orang utan serta Children Zoo yang di mana para anak-anak kecil bisa berinteraksi kepada hewan kecil dan jinak.

Kebun Binatang Ragunan pun juga dilengkapi oleh wahana permainan yang cukup beragam yang begitu sesuai untuk anak-anak.

15. Kuntum Farmfield Jakarta

Kuntum Farmfiled ikut menawarkan sensasi untuk liburan keluarga yang sangat menyenangkan sekaligus mengedukasi semua. Hanya perlu waktu perjalanan selama 20 menit dari jalan Tol Jagorawi, Anda bisa menikmati sebuah pengalaman liburan yang sedikit berbeda dan seru.

Kuntum Farmfield Jakarta

sumber: nyero,id

Konsep peternakan yang diusung guna menyajikan bentuk suasana peternakan yang lebih menarik untuk dijelajahi.

Aneka macam hewan ternak terdapat di lokasi wisata ini, seperti sapi, burung, kambing, kelinci, kolam ikan dan perkebunan.

Anda bisa berinteraksi kepada hewan ternak dengan langsung, melalui cara memberi makanan sayuran sekaligus dapat bermain-main oleh hewan ternak. Terutama kepada kelinci dan juga kambing yang sengaja dibiarkan lepas di wilayah kandangnya.

Menariknya lagi, pada lokasi ini terdapat sebuah kolam ikan yang lumayan dangkal cuma sebatas mata kaki yang berisikan sekitar 20 jenis ikan air tawar yang dapat ditangkap dan juga dibawa pulang dengan tarif yang lumayan terjangkau.

Di lokasi wisata tersebut juga tersedia kebun sayur organik serta tanaman herbal yang juga bermanfaat untuk sebuah pengobatan alami.

Sembari mengajak para anak-anak liburan, para orangtua dapat belajar tentang sebuah manfaat tanaman herbal serta memetik sayuran organik agar dibeli serta dibawa pulang sebagai bentuk buah tangan.

16. Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta

Tempat wisata di jakarta – Angke Kapuk – sumber: bingapis.com

Kawasan wisata alam yang satu ini dapat menjadi solusi yang paling tepat untuk sebentar menyingkir dari keramaian dan juga hiruk pikuk kota Jakarta. Dengan luas lahannya mencapai hingga 99,82 hektare, Anda akan diajak untuk menikmati suasana alam yang begitu asri dengan teduhnya hutan mangrove yang hijau.

Pada beberapa bagian juga terdapat bangunan yang juga difungsikan sebagai sebuah area restoran dan penginapan untuk pengunjung yang mau bermalam serta melepas penat. Pada lokasi wisata alam ini Anda bisa berfoto oleh spot hutan mangrove untuk sebagai backgroundnya.  Selain dari itu, dapat juga berkeliling di kawasan hutan mangrove dengan Anda menyewa perahu.

Anda dapat memilih jenis perahu yang Anda inginkan, apakah yang dengan menggunakan mesin atau mendayung sendiri dengan menggunakan perahu tradisional.

  Tempat Wisata di Jogja

17. Wisata Jakarta Aquarium

sumber: goindonesia.tours

Objek wisata adalah area konservasi satwa yang ikut bekerjasama oleh Taman Safari dan KLCC.  Taman wisata ini turut menampilkan keanekaragaman hayati dari satwa air dan juga darat yang terdapat di Indonesia.

Terdapat beberapa atraksi serta wahana seru di area Jakarta Aquarium yang dapat Anda coba, seperti Otter Tunnel berbentuk terowongan kaca yang dapat Anda gunakan untuk melihat tingkah lucu berang-berang serta Touch pool atau sebuah kolam sentuh yang bakal mengajak Anda untuk menyentuh para satwa air dengan langsung.

wisata-jakarta-aquarium

Tempat wisata di jakarta – aquarium | sumber: joynesia.com

Di objek wisata tersebut Anda juga dapat menyelam bersama ikan hiu, tapi hanya diperuntukkan untuk mereka yang telah memiliki sertifikat selam.

Kegiatan ini bakal dipandu oleh seseorang instruktur yang tentunya berpengalaman sehingga akan lebih terjamin soal keamanannya. Bagi Anda yang belum mempunyai sertifikat selam, Anda tetap bisa mengikuti kegiatan Seatrekking untuk dapat menyaksikan atraksi para satwa laut di dalam air.

Pada aktivitas ini Anda akan dilengkapi oleh sebuah helm dan oksigen guna membantu aktivitas Anda di dalam air. Anda juga dapat menyaksikan Pearl of The South Sea yang turut menggabungkan antara atraksi satwa dan juga pertunjukan teatrikal yang akan diangkat dari sebuah cerita rakyat.

Lokasi:  Pusat perbelanjaan Neo Soho Floor LG 101-LGM 101, Jalan Letjen. S. Parman No. 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

18. Kampoeng Cina Jakarta

Kampoeng Cina Jakarta

sumber: yandex.com

Kampoeng Cina adalah bagian Kampoeng Wisata, yang di sana terdapat empat kampung yakni Kampoeng Indonesia, Kampoeng Amerika, Kampoeng Cina, dan Kampoeng Jepang.  Tapi diantara keempat tema jenis kampung yang ada, Kampoeng Cinalah yang hingga saat ini masih sangat banyak diminati oleh para wisatawan.

Di momen tertentu pada kawasan wisata ini dapat dijumpai atraksi menarik mulaid dari barongsai dan bazaar.Bangunan yang unik dengan model arsitektur Cina menjadi sebuah pemandangan yang sangat menarik sehingga dapat jadi spot foto yang jarak didapat.

Lokasi: Kompleks perumahan Kota Wisata Cibubur, Jakarta.

19. Tempat Wisata di Jakarta Timur Snowbay Watertainment TMII

Snowbay Watertainment TMII Jakarta

sumber: travelpics.club

Konsep tempat wisata ini cukup unik sebab di sekelilingnya ada background sebuah pegunungan salju buatan, sehingga berhasil memberikan kesan yang sejuk dan dingin.

Setidaknya terdapat 10 jenis permainan asik yang dapat dicoba oleh para pengunjung, yakni Tube Coaster pada ketinggian 14 meter, Snowbay Beachnya dengan design pantai berombak, Hurricane, Kolam Arus, Cool Running, Spa Zone, Flush Bowl, Giant Bucket, Todle Zone & Kiddy Area, serta juga Food Court yang bakal memanjakan lidah pengunjung.

Lokasi:  kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), jl.  Raya Taman Mini Jakarta Timur (Cipayung).  Jakarta

20. Museum Fatahillah Jakarta

museum-fatahillah-jakrta

sumber: mymilk.com

Museum ini juga pun dikenal dengan nama Museum Batavia ataupun Museum Sejarah Jakarta. Terdapat beberapa ruangan museum yang juga terdapat berbagai koleksi bersejarah yang dapat Anda jelajahi.  Seperti sebuah Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Jayakarta, Ruang Sultan Agung serta Ruang MH. Thamrin.

Koleksi peninggalan sejarah pada museum ini begitu lengkap, mulai dari mebel antik dari abad ke-17, sampai yang paling populer merupakan meriam si Jagur yang begitu ikonik serta dianggap mempunyai kakuatan magis.

Di lokasi wisata tersebut, Anda bisa juga melakukan beberapa macam aktivitas, seperti mengunjungi wisata kampung tua, atau workshop sketsa gedung tua. Nonton sebuah film jadul, sebuah pentas seni ala Jakarta, berjelajah malam museum dengan rombongan peserta minimal 20 orang serta kegiatan lainnya yang menarik untuk dicoba.

Fasilitas yang ada di museum ini juga lumayan lengkap, mulai dari adanya perpustakaan dengan memiliki 1200 koleksi judul buku, serta kantin museum dilengkapi menu khas Betawi, sebuah toko souvenir, mushola, dan ruang pertemuan serta pameran, sinema Fatahillah bahkan taman dalam dengan luas kurang lebih 1000 meter persegi.

Lokasi: Jl. Taman Fatahillah No. 2, Jakarta.

Video Tempat wisata di jakarta

Banyak bukan tempat wisata di Jakarta. Meski Jakarta terkenal akan hiruk pikuknya, tapi jangan salah bahwa Jakarta juga menyediakan banyak tempat untuk para wisatawan bisa berkreasi dan berlibur bersama keluarga.

Avatar
Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply