Tempat Wisata di Bogor

Tempat wisata di Bogor ternyata banyak sekali. Kota Bogor merupakan kota yang sangat unik dan identik dengan sebutan kota hujan. Alasannya tentu aja karena kota ini sering sekali hujan. Secara tak langsung, hal itu membuat Bogor menjadi lebih sejuk jika dibandingan dengan kota-kota besar lainnya.

Bogor merupakan sebuah kabupaten  yang berada di Jawa Barat. Kota Bogor menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan sangat menarik untuk disinggahi. Namum beberapa keindahan Kota Bogor masih tersembunyi sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat menakjubkan yang ada di Bogor.

Bogor punya banyak spot yang dapat dijadikan objek wisata menarik, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Bahkan di kawasan sekitar Bogor, seperti Puncak sampai dengan Cipanas, Cianjur juga menawarkan banyak sekali tempat wisata memikat dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Sangat cocok bagi Anda untuk mernghabiskan waktu liburan di akhir pekan. B

erikut ini merupakan beberapa tempat wisata  di Kota Bogor yang wajib untuk anda singgahi, mulai dari wisata alam, kuliner, wisata sejarah dan juga tempat-tempat kekinian yang sangat cocok bagi Anda yang ingin berfoto ria.

Wisata Bogor

1. Istana Bogor

Istana-Bogor-Bogor

sumber: hdlateswallpaper.com

Istana Bogor terletak di Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang tentunya memiliki nilai sejarah dan keunikan tersendiri yang disebabkan oleh aspek historis, kebudayaan, dan fauna yang terdapat di sini.

Beberapa hewan yang ada di Istana Bogor salah satunya adalah Rusa selain itu juga  dikelilingi oleh flora bernilai ilmiah. Pada awalnya istana bogor bernama Buitenzorg  kemudian  resmi Buitenzorg disebut Istana Bogor. Dalam perkembangannya Istana Bogor resmi digunakan sebagai Istana Kepresidenan republik indonesia tahun 1950, setelah Belanda mengakui kedaulatan RI.

Istana Bogor sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata bersama keluarga untuk menambah pengalaman tentang sejarah dan juga mendapatkan spot-spot foto menarik di sekitar istana Bogor.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Tempat wisata di Bogor Kebun Raya Bogor – sumber: travel-tour-indonesia.com

Bagi Anda yang ingin berkunjung untuk melihat beragam flora dan fauna, Kebun Raya Bogor dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa anda kunjungi. Kebun Raya Bogot terletak di jalan . Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat merupakan sebuah tempat yang luar biasa menarik.

Pasalnya, didalam kebun raya bogor terdapat tempat menarik dan sangat asyik untuk di kunjungi salah satunya yakni istana bogor. Selain itu, Kebun raya bogor merupakan sebuah kebun botani besar yang terletak di jantung Kota Bogor Jawa Barat.

Sehingga ketika berkunjung ke Kebun Raya Bogor Anda bisa juga langung mengunjungi Istana Bogor. Kebun Raya Bogor memiliki luas area mencapai 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi tumbuhan dan beragam fauna. Area Kebun Raya yang  yang luas cukup membuat para pengunjung merasa lelah, namun tempat yang sejuk akan membuat Anda tetap merasa nyaman berada di sini.

3. Taman Bunga Nusantara

Taman-Bunga-Nusantara-Bogor

Tempat wisata di Bogor Taman-Bunga-Nusantara panduanwisata.id

Kota Bogor memang menyimpang berjuta pesona, jika kota Bandung memiliki Cihideung, maka kota Bogor juga memiliki Taman Bunga Nusantara yang tak kalah fotogenik. Taman Bunga Nusantara berada di kawasan Wisata Kota Bunga, Jalan Mariwati Kilometer 7 Desa Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur.

  17 Tempat Wisata di Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berfoto. Tempat wisata di Bogor yang satu ini dibangun di atas lahan seluas 23 hektar. Dipenuhi bunga-bunga cantik yang ditata dengan apik. Pengunjung juga bisa mencoba taman labirin, go-kart, bumper boat atau ATV race. Air mancur musical yang juga tak kalah menawan.

4. Highland Park Resort

 Highland Park Resort Bogor

sumber: galleryhip.com

Tempat yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengajak keluarga untuk merasakan menginap dengan cara dan nuansa yang berbeda. Highland Park Resort berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort menawarkan sensasi menginap dengan latar pemandangan Gunung Salak.

Tempat wisata di Bogor ini suguhkan sangat menarik yakni menawarkan konsep berkemah ala hotel berbintang yang saat ini memang sedang marak di Indonesia.Highland Park Resort ini dapat Anda nikmati dengan tarif Rp. 1.500.000,00 untuk tarif per malam.

Di sana juga menyediakan tenda-tenda ala Mongolia dengan fasilitas lengkap dan berbagai wahana permainan. Antara lain kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

5. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

taman-Sakura-Cibodas-Bogor

Tempat wisata di Bogor taman-Sakura – sumber: luxervind.com

Bagi Anda yang ingin melihat keindahan bunga sakura kini tidak perlu lagi untuk terbang ke Jepang dan merogoh kocek yang dalam karena Anda tinggal meluangkan waktu berwisata ke Kebun Raya Cibodas. Pohon dengan bunga berwarna pink yang identik dengan negara matahari terbit ini sudah ditanam sejak tahun 1971 untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Kurang lebih terdapat 435 pohon bunga sakura yang dapat Anda temukan di taman yang dikelilingi oleh panorama Gunung Gede-Pangrango ini. Menariknya, pohon sakura di sini lebih hebat daripada di negara asalnya.

Fakta menarik lainnya adalah jika di Jepang bunga sakura hanya bermekaran sekali setahun tiap musim semi, di sini Anda bisa menyaksikan keindahan bunga-bunga tersebut 2 kali setahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli Agustus.

6. Taman Kencana

Taman Kencana Bogor

Tempat wisata di Bogor Taman Kencana – sumber: lapisbogor.co.id

Untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu dengan menikmati suasana Kota Bogor maka Taman Kencana dapat dijadikan alternatif. Taman Kencana terletak di Jalan Taman Kencana, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat dapat dijadikan tempat untuk nongkrong di Kota Bogor pada waktu akhir pekan ataupun hari biasa pada sore hari hingga malam.

karena di kawasan sekitar sini terdapat beberapa tempat yang sangat cocok untuk nongkrong. Didukung cuaca khas bogor yang sejuk membuat pengunjung betah berlama lama disini. Jika Anda ingin nongkrong dan bercengkerama bersama dengan teman atau keluarga, Taman Kencana ini dapat Anda jadikan pilihan yang bagus.

8. Tugu Kujang Bogor

Tugu Kujang Bogor

sumber: bogorraincake.com

Kujang merupakan nama senjata khas Sunda. Di pusat Kota Bogor tepatnya di putaran Jalan Padjadjaran, Tegallega, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat bangunan Tugu Kujang beridiri. Tugu Kujang tersebut berdiri kokoh dengan ketinggian sekitar 25 meter dan dibangun pada tanggal 4 mei 1982.

Tugu Kujang berdiri di atas sebuah lahan dengan luas 26 m x 23 m yang mana pembangunan Tugu Kujang sendiri konon menghabiskan biaya hingga 80 juta pada masa itu.

Tak heran Tugu Kujang masih berdiri dengan kokoh sampai dengan saat ini. Tugu Kujang sanagat cocok di kunjungi hanya untuk sekedar nongkrong ataupun yang hobi fotografi, karena tempatnya yang keren sebagai objek foto.

8. Lapangan Sempur

Lapangan Sempur Bogor

Tempat wisata di Bogor Lapangan Sempur – sumber: wisatabogor.id

Di kota besar seperti Bogor meskipun beberapa pembangunan gedung menyita banyak ruang, namun di Kota ini masih terdapat beberapa ruang terbuka hijau yang tersisa. Salah satu diantaranya adalah Lapangan Sempur yang terletak di Jalan Sempur Kaler No.26-31, Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor.

  Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

Lapangan Sempur terletak di Kecamatan Bogor Tengah. Posisinya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor disisi Utara dan dibatasi oleh sungai Ciliwung di sebelah Baratnya.

Bagi anda yang berlibur di kota bogor, sempatkanlah berkunjung ke lapangan Sempur ini, karena tempat ini merupakan tempat favorit pengunjung untuk bersantai ataupun berlibur bersama keluarga sembari menikmati suasana Kota Bogor yang sejuk.

9. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Curug-Bidadari-Bogor

sumber: indoindians.com

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang ada di kota Bogor, anda bisa mengunjungi salah satu curug yang ada di Bogor. Sebelum dikelola oleh Sentul Paradise Park, curug ini dinamakan Curug Bojongkoneng, namun setelahnya, nama air terjun ini diganti dengan nama Curug Bidadari.

Curug Bidadari memiliki tinggi 40-75 meter ini terletak di Desa Bojongkoneng di daerah Sentul City. Air Curug Bidadari ini bersumber dari mata air hutan lindung yang terdapat di daerah tersebut. Tak hanya air terjun, wisata alam ini juga memanjakan pengunjung dengan beberapa wahana air yang membuat Anda betah untuk berlama-lama berada di sini.

Salah satu permainan air menarik adalah permainan air yang memiliki luas lebih dari 6.000 meter persegi. Permainan air atau waterpark ini akan membuat Anda serasa di pantai dengan panjang 150 meter dan pantai buatan ini dilengkapi dengan pasir putih yang didatangkan langsung dari Bangka. Waterpark di curug Bidadari ini pun dilengkapi dengan fasilitas outbound, seperti flying fox dan perahu tangan.

Tidak heran curug Bidadari ini sangat ramai dikunjungi terutama pada akhir pekan atau masa-masa liburan.

10. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor Jawa Barat

sumber: liburanesia.com

Salah satu tempat menarik lain yang ada di Bogor adalah Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor telah berdiri cukup lama, tepatnya sejak tahun 1993 dan walaupun telah berdiri cukup lama, tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Tempat yang dulu dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini mempunyai luas area yang cukup luas yakni 5 hektar dan di sini, Anda dapat berinteraksi dengan rusa dengan memberi makan serta berfoto dengan rusa-rusa tersebut.

Anda dapat belajardan mengetahui jenis-jenis rusa, mulai dari Rusa Jawa, Rusa Cheetal dan juga Rusa Bawean. Tak hanya itu, setelah bermain dengan rusa-rusa Anda bisa berjalan menuju jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet, sebuah spot indah yang dapat dijadikan tempat foto.

11. Curug Cigamea

Curug Cigamea Bogor

sumber: wisataedukasi.id

Salah satu curug atau air terjun yang sangat cantik di Kota Bogor adalag Curug Cigema, curug ini terletak di di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Yang unik dari Curug Cigamea ini adalah curug ini terdiri dari 2 air terjun yang serupa tapi tak sama.

Air terjun yang pertama memiliki ketinggian 50 meter dan berada di celah tebing. Aliran air dari air terjun yang pertama ini terlihat seperti membelah batu lama yang berwarna hitam kecoklatan.

Aliran air dari air terjun yang pertama ini pun cukup deras dengan kolam air yang cukup luas serta warna air yang berwarna biru kehijauan yang berarti bahwa ketinggian air cukup dalam dan dapat dijadikan sebagai tempat berenang.

Sedangkan air terjun kedua ini memiliki ciri khas yang mana tebingnya curam yang berbentuk seperti dinding dan didominasi oleh bebatuan hitam. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin sejenak lupa dengan kesibukan-kesibukan dan melepas penat.

12. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Curug Bengkok Leuwi Hejo Bogor

curugcakrawardana.blogspot.com

Curug Bengkok Leuwi Hejo atau Curug Leuwi Hejo juga merupakan salah satu air terjun unik yang ada di Bogor. Seperti namanya airdi curug ini memiliki ciri khas air kolam yang berwarna hijau tosca, Curug Leuwi Hejo ini merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

  Tempat Wisata di Jember

Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, tetapi keindahan yang ditawarkan oleh curug ini sangat luar biasa. Anda pun dapat menceburkan diri langsung ke dalam kolam untuk merasakan kesejukan air terjun ini.

14. Curug Ciburial

Curug-Ciburial-Bogor

sumber: hargatiketwisata.xyz

Curug Ciburial atau ada juga yang menyebut curug ini dengan nama Curug Kembar Ciburial terletak di desa Cibeurem Sentul. Pemandangan yang indah, air terjun yang sear serta udara pegunungan yang sejuk adalah beberapa pengalaman yang dapat Anda rasakan di Curug Ciburial ini.

Jika Anda ingin menguji adrenalin, maka Anda pun dapat langsung menyeburkan diri dan berenang di dalam kolam air ini, tetapi tetap harus hati-hati karena curug ini memiliki aliran air yang cukup deras.

14. Leuwi Lieuk

Leuwi Lieuk Bogor

sumber: gloob-online.com

Wisata alam di kota Bogor ini memang sangat banyak, salah satunya adalah Leuwi Lieuk yang merupakan sebuah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam kota Bogor. Dalam bahasa Sunda, ‘leuwi’ berarti lubuk atau bagian terdalam dari sungai.

Di tempat wisata ini Anda akan melihat sebuah kolam alami dengan warna air yang berwarna hijau tosca yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Leuwi Lieuk juga masih sangat terjadga dan alami karena belum terlalu banyak yang mengetahui keberadaannya.

Namun, Anda akan membutuhkan sedikit tenaga untukmencapai tempat ini, karena harus berenang melewati Leuwi Cepet kemudian trekking di tepi sungai sekitar 5 menit.

16. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng Bogor

Tempat wisata di Bogor Air Panas Tirta Sanita Ciseeng – sumber: batikbesurek.com

Jika suasana di Bogor terlalu dingin untuk Anda, maka Pemandian Air panas Tirta Sanita dapat menjadi alternatif untuk Anda pilih. Tempat ini terletak di daerah Parung menawarkan sensasi berendam air panas di kolam alami. Airnya yang mengandung belerang dan garam baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit.

Bagi Anda yang kurang nyaman dengan kolam umum Tirta Sanita juga menyediakan kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi. Terapi yang ditawarkan adalah terapi lintah dan fish pedicure.

16. The Jungle Water Adventure

The-Jungle-Park_Bogor

Tempat wisata di Bogor The junggel water – sumber: thepinsta.com

Ingin menghabiskan waktu di wahana air bersama dengan keluarga atau sahabat, Anda bisa mengunjungi  The Jungle Water Adventure yang terletak di Jalan Dreded Pahlawan, Cibeureum, Bogor Selatan, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Lokasi waterpark ini memang berada di dalam Perumahan Bogor Nirwana Residence, sebuah perumahan kalangan menengah atas di Bogor Selatan. Tak hanya menawarkan kolam renang saja, di The Jungle Water Adventure ini juga tersedia beragam permainan air yang pastinya sangat seru untuk dicoba.

17. Taman Mexico

Taman Mexico Bogor

sumber: ramishazahra.blogspot.com

Bagi Anda yang ingin mencoba berwisata di dalam negeri tetapi dengan suasana luar Negeri maka Taman Mexico dapat menjadi salah satu pilihannya. Lokasinya berada di Jalan Otto Iskandardinata No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor.

Seperti namanya, di taman ini banyak sekali jenis tanaman yang berasal dari Meksiko. Taman Mexico ditanami berbagai macam tanaman yan berasal dari padang pasir misalnya saja  agave, yucca, kaktus dan tumbuhan sukulen lainnya. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin mecari referensi tanaman yang berasal dari negara Meksiko.

18. Museum Zoologi Bogor

Museum Zoologi Bogor

sumber: ifanobi.com

Jika Anda ingin menambah wawasan, Anda dapat mengunjungi Museum Zoologi yang berada di Jalan Ir. H. Djuanda No. 9, Paledang, Bogor Tengah, Bogor. Berdirinya Museum Zoologi ini adalah gagasan dari J. C. Koningsberger, yakni seorang ahli botani yang berkebangsaan Jerman dan menetap di Belanda.

Museum ini dibangun pada tahun 1894, dan memiliki fungsi sebagai laboratorium zoologi yang menjadi wadah penelitian berkaitan dengan pertanian dan zoologi, meliputi kegiatan pencatatan fauna Indonesia dengan nama Landbouw Zoologisch Laboratorium. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, museum ini berubah fungsi yakni sebagai tempat wisata.

Video Tempat Wisata di Bogor

Itulah tadi, beberapa tempat wisata di Bogor, yang dapat Anda jadikan referensi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply