Daftar Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Bandung | Sebagai salah satu ibu kota yang ada di Jawa Barat, Bandung menghadirkan beragam tempat wisata yang menarik para wisatawan domestik dan international. Tempat wisata di Bandung beraneka ragam jenisnya. Mulai dari wisata alam, kuliner, hingga kekinian semuanya lengkap bisa kamu temukan di Bandung.

Oleh sebab itu, maka tidak heran jika Bandung merupakan salah satu tujuan utama para wisatawan untuk berlibur. Selain itu, tempatnya yang dekat dengan ibu kota, menjadikan Bandung menjadi tujuan utama para wisatawan ibu kota. Langsung saja, simak beragam daftar tempat wisata di Bandung berikut ini.

Apakah kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Bandung? Berikut ini sudah kami rangkum beragam tempat wisata di Bandung yang wajib kamu kunjungi. Dengan adanya daftar tempat wisata di Bandung ini, maka kamu akan semakin mudah menentukan tujuan berwisata.

Adapun daftar tempat wisata ini bisa kamu kunjungi di berbagai wilayah Bandung. Mencakup Bandung Utara, Bandung Timur, hingga Bandung Selatan. Lansung saja, simak daftar lokasi liburan di Bandung berikut ini.

Tempat Wisata di Bandung

1. Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah-Putih-Ciwidey-Bandung

singaporebeyond.com

Kawah Putih Ciwiidey ini merupakan salah satu tempat wisata di kota Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Untuk letaknya, Kawah Putih ini berada kurang lebih 50 KM tepat di Selatan Kota Bandung.

Di kalangan wisatawan, Kawah Putih ini sudah sangat popular. Sesuai dengan namanya, Kawah Putih ini merupakan kawah vulkanik yang memiliki warna tanah berwarna putih. Adapun warna putih ini dihasilkan dari kandungan belerang yang ada di dalam tanahnya.

Kawah Putih juga memiliki keunikan, yaitu warna airnya bisa berubah-ubah. Banyak spot instagramable di Kawah Putih, sehingga bisa membuat foto kamu semakin kece di instagram.

2. Farmhouse Lembang

 Farmhouse Lembang Bandung

sumber: galleryku.com

Meskipun terbilang baru, Farmhouse Lembang ini mampu menyedot para wisatawan karena berada di lokasi yang strategis. Selain itu, banyak sekali spot foto kece yang bisa kamu temukan di Farmhouse ini.

Jika kamu memang pecinta foto instagramble, maka Farmhouse Lembang ini merupakan tempat yang pas untuk kamu kunjungi.

3. Gunung Tangkuban Perahu 

Gunung Tangkuban Perahu  Bandung

sumber: atourin.com

Tempat wisata di Bandung selanjutnya yang  wajib kamu kunjungi yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu sangat terkenal akan cerita mengenai tokoh  bernama Sangkuriang dengan ibu kandungnya sendii yaitu Dayang Sumbi.

Gunung Tangkuban Perahu hadir dengan pemandangan yang sangat memukau, sehingga tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke kota Bandung. Terkait dengan lokasinya, Gunung Tangkuban Perahu beradai kurang lebih 20 Km di sebelah utara kota Bandung.

Gunung Tangkuban perahu ini termasuk dalam gung berapi yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan gunungnya nampak pada bentuk gunung itu sendiri yang berbentuk mirip seperti perahu terbalik.

4. Kebun Teh Sukawana 

 Kebun Teh Sukawana  Bandung

sumber: horas.id

Untuk kamu semua yang ingin menikmati sejuknya udara kota Lembang, maka Kebun Teh Sukawana ini menjadi tempat yang pas untuk kamu kunjungi. Kebun teh Sukawana memiliki tempat tersembunyi, sehingga masih jarang dikunjungi

  Tempat Wisata di Jogja

Kebun teh Sukawana mengadirkan pemandangan hijau, rapi, serta tidka bising. Selain itu, lokasi tempat wisata satu ini juga dekat dengan Curug Cumahi serta Dusun Bambu Lembang.

6. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland Bandung

sumber: hotelindonesia.net

Kampung Gajah Wonderland ini merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat pas dijadikan untuk berlibur bersama dengan keluarga. Kampung Gajah Wonderland mengjadirkan daya tarik utama berupa waterboom yang sangat seru dimainkan oleh anak-anak dan keluarga.

Kampung Gajah Wonderland hadir dengan beragam permainan yang lengkap. Untuk tarifnya, juga terbilang sangat terjangkau. Saat weekdays Rp,15.000 dan saat weekend hanya Rp. 20.000.

7. Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang Cicalengka Bandung

sumber: lingkunganhidup.co

Curug Cinulang berada di Cicalengka. Untuk tepatnya, terletak di antara perbatasan kabupaten Bandung dengan Sumedang. Curug Cinulang berada di pinggir jalan, serta sangat asyik digunakan untuk berlibur.

Curuk Cinulang ini berada di Bandung Timur, sehingga bagi kamu semua yang berada di Bandung Timur, jangan lupa untuk menyempatkan diri datang ke curug satu ini.

8. Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Curug Tilu Leuwi Opat Lembang Bandung

sumber: travelblog.id

Masih seputar Curug, Curug Tilu Leuwi Opat Lembang ini juga sangat menarik untuk kamu kunjungi. Untuk kamu yang hobi trekking, maka lokasi wisata satu ini sangat tepat untuk kamu kunjungi.

Untuk bisa sampai ke lokasi, kamu harus melewati trek yang tersedia sekitar 30 menit. Akan tetapi, rasa lelah kamu akan segera terbayarkan dengan indahnya suasana yang hijau nan adem.

9. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang Bandung

sumber: gedubar.com

Berada kurang lebih 7 Km dari Kawah Putih, Danau Patenggang menghadirkan pemandangan sangat memukau. Danau yang dikelilingi oleh lembah serta perkebunan hijau ini menjadi salah satu tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Kamu bisa mengarungi danau satu ini dengan menggunakan perahu. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke situs legensa Batu Cina yang berada di tengah-tengah danau. Keberadaan udara yang dingin, menjadikan penat kamu segera tersingkirkan.

10. Taman Hutan Rakyat Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Rakyat Ir. H. Djuanda Bandung

sumber: kaodim.com

Jika kamu sedang berada di wilayah Dago, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Taman Hutan Rakyat Ir. H. Djuanda ini. Taman Hutan ini memiliki kurang lebih 2.500 jenis tanaman.

Bukan hanya menikmati wisata Botani saja, lebih dari itu, di sekitar lokasi Taman Hutan kamu juga mengunjungi beberapa jenis tempat wisata lain seperti Monumen Ir. H. Djuanda, Air terjun Dago, Air Terjun Omas, dan beberapa tempat wisata menarik lainnya.

Memiliki suhu udara yang senantiasa sejuk, serta suasana yang tenang, menjadikan Taman Hutan Raya sangat pas dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama dengan keluarga tercinta.

11. Situ Cisanti Bandung

Situ Cisanti Bandung

sumber: mooibandoeng.com

Situ Cisanti Bandung ini merupakan salah satu bagian dari hulu sungaiu Citarum. Tidak banyak yang mengira jika ternyata hulu sungai yang membelah Bandung ini menghadirkan pemandangan yang sangat indah.Suasana yang masih alami, menjadikan para wisatawan akan semakin betah.

Jika kamu merupakan slaah satu orang yang senang dengan wisata alam, maka dayang ke Situ Cisanti Bandung ini merupakan pilihan yang tepat.

13. Puncak Bintang

Puncak Bintang Bandung

sumber: bing.com

Puncak Bintang terletak tidak begitu jauh dari pusat kota Bandung. Di tempat wisata satu ini,  kamu bisa menikmati suasana alam yang masih sangat segar, lengkap dengan pemandangan dari wilayah atas.

Puncak Bintang merupakan salah satu tempat yang sangat pas untuk menikmati Bandung dari ketinggian.

14. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan Bandung

sumber: dirgantararental.com

Mata air yang jernih ini menghadirkan udara yang sejuk, serta air yang jernih. Sangat pas untuk bernedam. Jika kamu merupakan pecinta foto selfie, kamu bisa mengabadikan foto selfie yang instagramble.

  Tempat Wisata di Mojokerto

Terkait dengan lokasinya, kamu bisa menjumpai tempat wisata satu ini di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Sendang Geulis Kahuripan buka setiap hari dari jam 07.00-17.00.

15. Sangyang Heuleut

 Sangyang Heuleut Bandung

sumber: dolandolen.com

Tampat wisata satu ini berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Snaghyang Heulet menghadirkan danau hijau yang mempesona dengan batu-batu kecil yang eksotis. Karena cantiknya, maka tempat wisata satu ini juga disebut sebut sebagai kolam bidadari.

Sanghyang Heuleut sangat pas digunakan untuk mandi serta berfoto.  Jika kamu ingin menguji nyali. maka kamu bisa melompat dari atas ketinggian. Kegiatan ini tentu akan membuat liburan kamu semakin asik.

16. Dusun Bambu

Dusun Bambu Bandung

sumber: javawisata.com

Tempat wisata di Bandung yang sedang hits akhir-akhir ini yaitu Dusun Bambu. Dusun Bambu menghadirkan wisata alam serta kuline yang sudah dilengkapi dengan beragam wahana permainan. Selain itu, juga terdapat spot-spot cantik yang bisa dimanfaatkan untuk berselfie ria.

Tempat Wisata di Bandung (Kota)

Jika kamu tidak cukup waktu untuk melakukan eksplorasi Bandung secara keseluruhan, maka kamu bisa mengunjungi berapa tempat wisata di Bandung kota ini. Tidak masalah, pasalnya kota Bandung juga memiliki beragam tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda ingin melakukan eksplorasi, berikut beberapa tempat wisata di wilayah Bandung kota yang wajib kamu kunjungi.

1. Jalan Braga

Jalan-Braga-Bandung

Sumber: Wiki-turizm.com

Jalan Braga merupakan pilihan untuk kamu semua yang menginginkan tempat wisata yang murah, akan tetapi tetap berkesan. Menyusuri Jalan Braga merupakan aktivitas menyenangkan yang wajib kamu lakukan.

Kawasan Jalan Braga ini merupakan kawasan yang menghadirkan bangunan-bangunan khas tempo dulu yang cukup megah. Di Jalan Braga ini kamu akan menikmati indahnya Paris Van Java di masa lalu.

2. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

sumber: vizitrip.com

Bandung ternyata juga memiliki tempat wisata dengan wahana yang menarik, yaitu Trans Studio. Wahana satu ini menawarkan beragam keasikan untuk kamu semua. Akan tetapi, tiket untuk masuk ke Trans Studio Bandung ini terbilang mahal.

Namun, tenang saja, meskipun mahal, kamu semua akan dimanjakan dengan berbagai wahana menarik. Untuk weekdey, terifnya Rp. 150.000, kemudian untuk weekend Rp.250.000. Dijamin kamu semua akan puas menikmati serunya bermain di wahana Trans Studio Bandung.

3. Gedung Sate

Gedung Sate Bandung

sumber: Ttnotes.com

Datang ke kota Bandung belum lengkap jika tidak menyempatkan diri mengunjungi Gedung Sate. Gedung sate ini merupakan salah satu ikon bangunan di kota Bandung. Tenang saja, untuk menikmati kemegahan Gedung Sate, kamu tidak perlu membayar tiket alias gratis.

4. Jalan Cihampelas

Jalan Cihampelas Bandung

sumber: thepinsta.com

Calan Cihampelas atau yang akrab disapa dengan nama Ciwalk, merupakan salah satu kawasan di Bandung kota yang wajib kamu kunjungi. Jalan Cihampelas sangat pas untuk kamu semua yang hobi belanja.

5. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika Bandung

sumber: galleryhip.com

Jalan Asia Afrika merupakan salah satu jalan yang memiliki riwayat sejarah yang tinggi. Di Jalan Asia Afrika kamu bisa menjumpai beragam instalasi public yang snagat artistik dengan beragam spot foto yang keren.

Tempat Wisata di Bandung (Untuk Anak) Terbaik

Berlibur ke Bandung bersama anak-anak? Tidak masalah, karena kota Kembang menawarkan beragam pilihan tempat wisata untuk anak-anak yang bisa kamu pilih. Berikut ini beberapa rekomendasai daftar tempat wisata di Bandung yang pas untuk anak-anak.

1. Kebun Petik Strawbery

Kebun-Strawbery-Bandung-Jawa-Barat

Sumber :Novostripmr.com

Sangat pas rasanya untuk mengajak anak kamu menikmati indahnya alam Bandung dan belajar bercocok tanam. Udara segar di Kebun Strawbery ini merupakan tempat yang pas untuk kamu kunjungi bersama dengan si buah hati tersayang.

Tenang saja, tarif untuk berkunjung ke kebun petik strawberry ini gratis. Sehingga semakin menghemat budget kamu.

2. Taman Kelinci Ciwidey 

Taman Kelinci Ciwidey  Bandung

sumber: klikmania.net

Taman Kelinci Ciwidey ini lebih dikenal dengan nama Rabbit Park. Di taman kelinci ini, anak-anak akan dimanjakan dengan beragam spesies kelinci. Anak-anak akan diajari untuk berinterksi bersama dengan binatang.

  Daftar Tempat Wisata di Lombok Paling Indah dan Populer

Adapun tarif Taman Kelinci Ciwidey ini terbilang cukup terjangkau. Cukup dengan Rp.15.000 sudah bisa bermain dengan kelinci yang lucu nan imut.

3. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

sumber: cuti.my

Sudah bukan rahasia lagi jika anak-anak senang dengan beragam jenis binatang. Dengan adanya hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengakak anak-anak mengunjungi Kebun Binatang Bandung.

Tarifnya juga terbilang terjangkau, untuk anak-anak Rp.15.000, sedangkan untuk dewasa Rp.20.000.-.

4. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

sumber: museumgeologi.wordpress.com

Jika kamu merupakan pecinta sejarah, maka berkunjung ke Museum Geologi Bandung merupakan jawaban yang tepat. Di Museum Geologi, kamu akan disuguhkan beragam serba-serbi sejarah umat manusia.

Adapun mengenai tarif masuknya, Rp 2.000 untuk pelajar. Sedangkan untuk wisatawan umum dikenakan tarif Rp 3.000.-.

5. Pesona Nirwana Waterpark

Pesona Nirwana Waterpark bandung

sumber: strategidanbisnis.com

Bandung juga menawarkan jenis tempat wisata seperti waterpark dan waterboom dengan wahana air yang cukup seru untuk anak-anak.

Terkait dengan tarifnya, Rp 40.000.- setiap weekdays. Adapun jika kamu berkunjung ketika weekend, maka kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 50000.-.

Daftar Tempat Wisata di Bandung Kekinian Instagramble 2019

Selain menawarkan tempat wisata alam, Bandung juga menawarkan tempat wisata kekinian instagramable yang wajib kamu kunjungi, terlebih jika merupakan kaum millenal yang gemar eksis di instagram.

Yu, simak beberapa spot wisata di Bandung kekinian instagramable berikut ini.

1. Chinatown bandung

Chinatown bandung

sumber: twitter.com

Kamu merupakan pecinta kuliner? Jika memang iya, maka Chinatown Bandung merupakan tempat nongkrong kekinian yang pas kamu kunjungi. Di kawasan Chinatown ini, kamu akan menjumpai beragam toko-toko kecil serta beberapa warung yang menjajakan pernak-pernik unik khas Negeri Tiongkok.

Meskipun menyajikan makanan khas Tiongkok, akan tetapi tenang saja, makanan yang dijual di Chinatown ini terjamin halal. Nah, jika kamu memiliki keinginan untuk berkunjung ke Chinatown, jangan lupa siapkan kartu flash atau debit BCA, karena tidak melayani transaksi tunai.

2. Cafe Doraemon 

Cafe-Doraemon-Bandung

sumber: blog.myfatpocket.com

Jika kamu ingin bertemu dengan doraemon, tidak perlu jauh-jauh untuk datang ke Jepang. Di Bandung, kamu bisa menjumpai Doraemon di Cafe Doraemon. Cafe Doraemin ini hadir dengan dua lantai yang dirancang khusus dengan berbagai pernak-pernik khas Doraemon.

Selain konsep ruangan yang dirancang serba Doraemon, menu makanan yang ditawarkan semuanya juga serba Doraemin. Kamu akan menjumpai berbagai menu seperti Doraemin bento sets, Omurice, Ramen Ganari, dan berbagai menu lain khas Doraemon.

3. Warung Kopi Mojok

 Warung Kopi Mojok Bandung

sumber: ridwanderful.com

Warung Kopi Mojok menghadirkan bangunan seperti di negeri dongeng. Berkunjung ke Warung Kopi Mojok seakan-akan membawa kamu berada di negeri dongeng yang nyata.

Terdapat beberapa menu andalan dari Warung Mojok yang bisa kamu pesan disini, seperti nasi goreng, singkong goreng keju, hingga tahu pedas. Adapun mengenai kelezatannya, sudah tidak perlu diragunakn lagi.

4. Nanny’s Pavillon Home

Nanny's Pavillon Home Bandung

sumber: tournesia.com

Berkunjung ke Nanny’s Pavillon Home seakan-akan kamu berada di negeri dongeng. Tempat wisata kekinian di Bandung satu ini menghadirkan beragam ruangan yang cantik, menarik seperti ketika kamu berada di negeri boneka.

Terdapat beberapa menu andalan yang bisa kamu pilih seperti French – American Pancakes dengan beragam variasi menu lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba Green Tea  yang siap menggoyangkan lidah kamu.

5. Rainbow Garden Lembang

 Rainbow Garden Lembang Bandung

sumber: netz.id

Seperti namanya, Rainbow Garden menghadirkan ratusan jenis bunga yang aman ketika termakan, cukup menarik bukan? Pihak pengelola memang secara khusus menata bunga yang ada di Rainbow Garden ini seperti pelangi.

Tempat ini merupakan surga para instagrammer, bukan hanya menghadirkan perpaduan warna yang indah saja. Lebih dari itu, kamu juga akan dimanjakan dengan beragam jenis dekorasi seperti ayunan vintage, piano kuno, hingga sangkat burung dengan warna cerah, menarik.

Video Tempat Wisata di Bandung

Dari sekian banyak tempat wisata di Bandung di atas, kira-kira mana yang akan kamu kunjungi? Yuk langsung saja, agendakan liburan ke Bandung sekarang juga.

Avatar
Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply