Keunikan dan Fungsi Rumah Adat Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan salah satu daerah yang lokasinya berada di kepulauan Kalimantan dengan Ibu Kotanya Pontianak. Di sini, kita bisa menemukan banyak sungai mengalir dari mulai yang besar hingga kecil. Oleh sebab itulah, Kalimantan Barat terkenal dengan nama “seribu sungai”.

Selain itu, Kalimantan Barat juga unik dengan lokasinya itu sendiri. Berbatasan langsung dengan salah satu daerah yang ada di negara Malaysia yaitu Serawak. Mayoritasnya ditinggali oleh Suku Melayu dan Dayak yang bermata pencaharian sebagai petani dengan cara nomaden.

Rumah Adat Kalimantan Barat

rumah-panjang-kalimantan-barat youtube.com

rumah adat kalimantan barat youtube.com

Ada banyak sekali rumah adat Indonesia seperti rumah adat Sulawesi Selatan dan rumah adat Sumatera Barat. Selain itu juga rumah adat yang ada memiliki beragam bentuk, fungsi dan filosofinya. Di setiap daerah selalu saja memiliki keunikannya masing-masing. Begitu juga dengan rumah adat Kalimantan Barat atau yang biasa disebut rumah panjang.

Bila dalam bahasa Dayak, rumah panjang disebut juga Rumah Radakng. Rumah yang berbentuk panggung dengan tinggi mencapai 5 sampai 8 meter ini memiliki bentuk persegi panjang dengan ketinggian mencapai 180 meter dan lebar hingga 30 meter.

Rumah Adat Kalimantan Barat VIDEO
Rumah Betang Radakng Pontianak Kalimantan Barat – Via: Alfalegro Jalan jalan

Rumah ini dibangun guna menjadi tempat berlindung keluarga dari serangan suku lain, binatang buas dan antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi banjir akibat luapan air sungai. Karena sudah dikatakan sebelumnya kalau Kalimantan Barat memang di kelilingi oleh banyak sekali sungai.

Sementara itu, untuk bahan pembangunan rumahnya didominasi oleh kayu. Biasanya akan ditinggali oleh 1 keluar inti dan keluarga lain, artinya ada beberapa keluarga yang tinggi di sana. Tiap keluarga akan menempati masing-masing 1 kamar.

  Rumah Adat Jawa Tengah Serta Keunikan Adat Kebudayaanya

Selain untuk tempat tinggi, rumah panjang juga kerap kali dimanfaatkan untuk tempat berkumpulnya masyarakat. Seperti pertemuan rapat besar, upacara adat hingga melakukan ritual tertentu.

Nah, untuk mengetahui mengenai kontruksi rumah adat Kalimantan Barat, berikut adalah penjelasannya:

Tangga

Bila dalam bahasa dayak, tangga disebut juga hejot. Dalam pembangunannya harus mempunyai jumlah ganjil dan biasanya dalam 1 rumah akan terdapat 3 tangga. Yaitu, pada bagian depan rumah, ujung kiri dan kanan rumah. Namun tentunya penempatan tangga juga akan sangat tergantung pada besaran rumahnya. Kalau rumahnya besar tentu saja akan semakin banyak.

Badan Rumah

Selanjutnya adalah bagian badan rumah yang dibangun menggunakan kayu ulin, kayu yang sangat kokoh bahkan bisa tahan hingga ratusan tahun lamanya. Tiap ruangan yang ada pada badan rumah akan disekat menggunakan pembatas yang dibuat dari kayu juga.

Lantai

Bagian lantainya terbuat dari bahan bamboo atau bisa juga belahan bang pinang maupun kayu dengan ukuran bulat yang besarnya sebesar pergelangan tangan.

Filosofi Rumah Adat Kalimantan Barat

Pembangunan rumah panjang juga mempunyai filosofinya tersendiri. Bila dilihat dalam bentuk serta peruntukannya, rumah ini mencerminkan arti kebersamaan serta toleransi antara keluarga yang tinggal di dalamnya.

Pembangunan yang diharuskan bagian hulu mengarah ke arah matahari terbit dan hilir ke matahari terbenam juga memberikan arti tersendiri. Di mana ini bisa melambangkan sebuah kerja keras saat seseorang mengarungi kehidupan diawali dari matahari terbit hingga tenggelam.

Pada bagian depan terdapat sebuah patung yang terbuat dari kayu ulin digunakan sebagai salah satu cara ritual pemilik rumah untuk mengantarkan arwah leluhur terdahulu ke surga.

Makanan Khas Kalimantan Barat

Selain keunikan rumah adatnya, Kalimantan Barat juga terkenal dengan beberapa makanan khasnya. Beberapa makanan yang sebaiknya harus Anda coba saat berkunjung ke Kalimantan diantaranya:

Bingka

Bila melihat bingka mungkin Anda akan sedikit ingat pada kue cheese tart, namun tentunya ini berbeda. Bingka merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang dibuat dari campuran terigu, santan dan juga telur. Bila disamakan maka bahannya sama dengan bahan pembuatan kue lumpur. Rasa dominannya adalah manis.

  Macam-Macam Rumah Adat Sulawesi Selatan dan Penjelasannya

Mie Kepiting Pontianak

Ada yang menyukai kepiting? Nah, sebaiknya Anda coba makanan khas Kalimantan Barat satu ini. Bila biasanya Anda makan mie disajikan dengan ayam ataupun pork sekarang Anda bisa menikmati rasa berbeda di mana kepiting akan menjadi topping utamanya. Tak lupa juga dengan tambahan kecambah, ikan, udang, bakso dan yang lainnya.

Mie Sagu

Mie unik lainnya yang bisa Anda temukan di Kalimantan Barat adalah Mie Sagu. Biasanya mie sagu akan dijadikan salah satu pendamping makan atau sarapan untuk sebagian warga Kalimantan Barat. Penyajiannya tidak repot, hanya menyimpan mie di dalam mangkuk kemudian disiramkan dengan kuah kaldu. Sementara mienya sendiri seperti penamaannya, terbuat dari sagu yang sudah diulen kemudian dipotong kecil-kecil.

Bubur Pedas

Bila pada umumnya sajian bubur akan dicampurkan dengan kecap manis, sambal ataupun kecap asin sebagai penambah dan pelengkap rasa. Maka berbeda dengan bubur pedas di mana bubur ini akan disajikan berbeda yaitu terbuat dari beras yang sudah ditumbuk hingga halus kemudian dioseng menggunakan aneka sayuran. Terakhir biasanya ditambahkan ikan goreng teri dan kacang, tak lupa karena namanya bubur pedas rasanyapun akan lebih nikmat saat disantap pedas-pedas.

Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian Adat Kalimantan Barat tamanmini.com

Sama halnya seperti daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, Kalimantan Barat juga mempunyai pakaian adatnya sendiri.

Baju Dayak Untuk Pria atau King Baba

Tentu saja antara pria dan wanita akan memiliki jenis pakaian adat berbeda. Pertama adalah baju King Baba yaitu baju dayak yang biasa digunakan oleh pria. Terbuat dari kulit kayu ampuro atau kapuo. Salah satu kayu dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Pembuatannya dilakukan secara manual, di pukul menggunakan palu hingga hanya meninggalkan serat, bila sudah lentur lalu dijemur dan dihias menggunakan lukisan etnik daya, ditambahkan juga pewarna alami lalu dibentuk hingga membentuk rompi atau celana.

  Rumah Adat Jawa Barat dan Keterangannya

Baju Data Untuk Perempuan atau King Bibinge

Selanjutnya adalah King Bibinge, pakaian adat yang dibuat untuk perempuan. Bila pria desainnya lebih terbuka maka yang perempuan akan dibuat lebih tertutup dan sopan, menutupi bagian dada, ditambahkan kain bawahan serta pernik lainnya seperti manik, kalung hingga gelang.

Lagu Daerah Kalimantan Barat

Tiap daerah juga biasanya mempunyai lagu daerahnya masing-masing. Seperti Jawa Barat yang terkenal dengan lagu bubuy bulan. Nah, untuk Kalimantan Barat ada satu lagu yang memang sudah sangat terkenal bahkan kerap kali dinyanyikan dalam pembelajaran kelas, yaitu Cik Cik Periuk.

Tarian Kalimantan Barat

Tarian Kalimantan Barat (Monong) backpackerjakarta.com

Ada banyak tarian di Kalimantan Barat, salah satu yang cukup terkenal adalah Tari Monong atau disebut juga Tari Manang. Tarian yang dilakukan guna prosesi penyembuhan agar bisa menangkal berbagai macam penyakit yang akan membuat tubuh sakit. Sehingga di dalam tariannya si penari akan bertindak seolah dukun dan mengeluarkan jejampian.

Suku Kalimantan Barat

Suku Dayak indoupdatecom.blogspot.com

Sebagian besar daratan Kalimantan Barat di dominasi oleh Suku Dayak, namun ada juga beberapa suku lain yang tinggal di sana. Seperti Suku Melayu namun jumlahnya masih banyak Dayak.

Itulah informasi mengenai Kalimantan Barat dari mulai Rumah Adat Kalimantan Barat hingga suku yang tinggal di sana. Masih banyak sekali daerah-daerah yang perlu Anda ketahui sejarah dan adat kebudayaanya. Karena salah satu cara untuk melestarikan sesuatu yang hampir hilang ditelan zaman adalah dengan mengetahui dan mengingatnya.

Leave a Reply