Keunikan Rumah Adat Jawa Timur dan Penjelasannya

Dari seluruh pulau yang menjadi bagian dari negara Indonesia, salah satu pulau terbesar dan banyak penghuninya adalah pulau Jawa. Ini merupakan pulau yang secara langsung berbatasan dengan Samudra Hindia pada bagian selatannya dan dikenal sebagai jantung untuk negara Indonesia, sebab pusat pemerintahan serta pembangunan ada di pula Jawa.

Bahkan bila kita ingin melakukan kilas balik pada masa kerajaan, kita akan menemukan betapa majunya kerajaan-kerajaan zaman dahulu yang berdiri di pulau Jawa. Sehingga tidak heran bila pulau Jawa bisa dijadikan sebagai pusat segala macam kegiatan dari mulai pemerintahan, ekonomi sampai kebudayaan.

Di samping itu, pulau Jawa sendiri sudah dihuni oleh berbagai macam suku. Artinya tidak hanya satu suku yang mendiami daerah ini. Ada suku Betawi, Sunda, dan Suku Jawa Asli yang banyak tinggal di daerah Jogja dan Jawa Timur.

Suku Jawa sendiri merupakan salah satu suku yang bisa Anda temukan di berbagai macam daerah Indonesia, ini karena memang jumlahnya yang cukup banyak dan penyebarannya sudah kemana-mana.

Oleh sebab itulah, karena banyaknya jumlah suku Jawa sehingga suku ini mempunyai adat istiadat serta kebudayaan yang hampir mirip antara satu dengan yang lainnya. seperti rumah adat Jawa Tengah dan rumah adat Jawa Timur yang memiliki nama rumah adat yang sama yaitu Joglo.

Biarpun 2 wilayah tersebut ada di Provinsi berlainan namun memiliki nama rumah adat sama. Bahkan bila kita coba lihat secara sekilas maka bentuk rumahnya juga tak jauh berbeda antara satu dan yang lainnya. Seperti halnya ada kemiripan antara rumah adat aceh dan rumah adat Sumatera Barat karena berbentuk rumah panggung.

Bila di wilayah Jawa Tengah, Anda akan melihat tampilan rumah Joglo dengan bentuk atap limas maka di Jawa Timur juga sama saja. Bentuknya limas atau disebut juga kepak dara. Rumahnya terlihat cukup megah sebab kerangka bangunannya memang dibuat agak meninggi khususnya pada bagian tengah dengan 2 sisi yang lebar layaknya sayap burung dara.

  Rumah Adat Jawa Barat dan Keterangannya

Namun biar pun begitu, kedua rumah ini juga sebenarnya masih memiliki perbedaan. Misalnya, kalau melihat rumah adat Jawa Timur, Anda akan melihat bentuknya yang sederhana dan minimalis. Tidak ada penambahan ornament atau ukiran khusus untuk bagian bangunannya dari mulai genteng hingga tiang.

 

Fungsi Bagian Bangunan Rumah Adat Jawa Timur

rumah adat jawa timur

Rumah Adat Jawa Timur (Joglo) oyinayashi.blogspot.com

Biarpun Rumah Adat Jawa Timur dan Jawa Tengah bisa dibilang mirip, tapi tentu saja antara kedua rumah adat ini mempunyai perbedaan dan keunikannya masing-masing.

Misalnya saja dari segi penyebutan, bila di Jawa Tengah orang hanya akan menyebutnya sebagai rumah Joglo saja maka di Jawa Timur orang cenderung menyebutnya Joglo Situbondo. Namun biarpun penamaannya Situbondo, Anda tetap bisa melihat rumah ini di sekitaran Ponorogo.

Karena biarpun nama yang melekat adalah nama daerah lain malah justru masyarakat Ponorogo lah yang masih menggunakan bentuk bangunan rumah adat Jawa Timur aslinya, bahkan sampai sekarang ini. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai rumah adat Jawa Timur, Anda juga perlu mengetahui fungsi tiap bangunan dari rumah adat ini.

Pendopo

Di bagian pertama, Anda akan menemukan sebuah serambi dengan desain yang mirip pendopo. Serambi ini memiliki ukuran yang cukup luas bahkan hampir setengah luas rumah. Sementara untuk nilai filosofinya sendiri sampai sekarang belum ada yang mengartikan lebih jauh.

Namun bila melihat pada fungsinya, masyarakat terdahulu biasa memanfaatkan pendopo sebagai salah satu tempat untuk menerima tamu dalam jumlah banyak, ini karena ukurannya yang besar. Sementara pada beberapa rumah pemangku adat, pendopo ini kerap kali dimanfaatkan sebagai tempat untuk mempertunjukan kesenian.

Ruangan Belakang

Selanjutnya adalah ruangan bagian belakang. Ruangan yang secara khusus dibuat hanya untuk si pemiliki rumah saja. Di dalam ruangan ini, Anda akan menemukan 2 dapur dan kamar tidur. Sementara untuk jumlah kamar tidur akan disesuaikan dengan jumlah anggota keluar. Lokasi ruangannya ada pada bagian kanan atau bisa juga pada bagian kiri rumah.

  Keunikan dan Fungsi Rumah Adat Kalimantan Barat

Sementara untuk dapurnya ada di bagian belakang dengan ukuran yang juga cukup luas. Proses memasak juga masih memanfaatkan tungku api yang digunakan sebagai sumber apinya. Dapur juga mempunyai beberapa jendela yang besar, sengaja dibuat agar asapnya tidak masuk ke kamar.

Namun selain fungsi di atas, ada keunikan lain dari rumah adat Jawa Timur ini. Keunikannya bisa dilihat dari beberapa kamar yang dibuat:

Kamar Kanan

Orang Jawa biasa menyebutnya sebagai Sentong Tengen. Para pemilik rumah biasanya akan memanfaatkan ruangan ini untuk kamar anak dan jumlahnya juga akan disesuaikan. Selain dimanfaatkan sebagai kamar, kerap kali pemilik rumah menggunakannya sebagai gudang penyimpanan bahan makanan.

Kamar Kiri

Ada juga Sentong Kiwo atau kamar kiri, biasanya digunakan untuk kamar tidur kerabat sesepuh atau kamar tidur orang tua. Ruangan yang biasanya akan dihubungkan langsung pada bagian ruang belakang yang menuju ke bagian dapur.

Kamar Tengah

Masyarakat tradisional Jawa Timur masih sangat memegang teguh hal-hal yang dianggap sacral atau mistis sehingga biasanya ada ruangan khusus yang dibuat untuk menyimpan beberapa benda yang dianggap akan memberikan arti tersendiri untuk si pemilik rumah.

Beberapa benda yang biasanya harus ada di kamar tengah adalah cermin, penerangan yang pas, serta sisir yang dibuat dari tanduk binatang atau keris. Kamar ini juga kerap kali dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul keluarga.

Pakaian Adat Jawa Timur

Pakaian adat Jawa Timur ada berbagai macam, dibagi menjadi 3 jenis yaitu baju manten, pesaan khas Madura serta baju cak dan ning.

Pakaian Adat Jawa Timur maudisini.com

Baju manten, merupakan baju yang digunakan oleh pasangan pengantin. Baik untuk pria atau wanita, corak dan warna bajunya akan terlihat sama yaitu hitam dengan warna dasar merah da nada motif hiasan yang memperindah bajunya.

  Mengenal Fungsi Tiap Bangunan Rumah Adat Bali

Sementara untuk baju pesaan Madura biasanya akan digunakan oleh orang-orang Madura yang tinggal di kawasan utara pesisir Jawa Timur. Sementara baju Cak dan Ning biasanya dikenakan oleh mereka yang sedang menggelar event pemilihan bujang gadis Jawa Timur.

Upacara Adat Jawa Timur

Suku Jawa sangat terkenal sekali dengan upacara adatnya. Bahkan hingga sekarang sebagian masyarakat Jawa masih ada yang mengadopsi berbagai upacara adat dari para leluhurnya. Salah satu yang masih sering dilakukan adalah upacara sekaten.

Upacara Adat Jawa Timur maudisini.com

Ini merupakan sebuah upacara adat yang biasa digelar selama 7 hari berturut-turut. Dilakukan guna sebagai bentuk peringatan kelahiran Nabi Muhammad. Ada jua kebo-keboan sebuah upacara yang dikhususkan untuk para petani sebagai salah satu cara untuk menolak bala dari terjadinya musibah yang akan menimpa hasil tanaman mereka.

Tarian Adat Jawa Timur

Ada berbagai macam tarian di Jawa Timur, namun yang sangat terkenal adalah Tarian Reog Ponorogo. Sebuah tarian yang biasa dibawakan oleh sekelompok pria dan wanita. Tarian ini menggambarkan kisah perjalanan Prabu Kelana yang sedang mencari pujaan harinya. Yang unik dari tarian ini adalah orang-orang akan menari menggunakan sebuah topeng reog yang cukup besar.

Suku Bangsa Jawa Timur

Suku yang tinggal di Jawa Timur sendiri cukup beragam, beberapa diantaranya adalah Suku Jawa sebagai suku yang terbesar, Suku Tengger, Suku Osing dan Suku Bawean.

Itulah pembahasan mengenai rumah adat Jawa Timur dari mulai fungsi hingga keunikannya. Anda bisa lihat bagaimana tiap daerah di Indonesia benar-benar memiliki keunikannya tersendiri, sehingga sangat disayangkan bila Anda tidak bisa melestarikannya.

Leave a Reply