Rumah Adat Jawa Barat dan Keterangannya

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, berjajar dari ujung Sabang sampai Merauke. Oleh karenanyalah tidak heran bila negara kita memiliki kekayaan akan adat dan budayanya. Ini menjadi warisan turun temurun yang perlu dilestarikan dan sangat tak ternilai harganya harus.

Keragaman adat dan budaya di setiap daerahnya pun berbeda-beda. Dari mulai rumah adatnya, pakaian, bahasa hingga tarian. Seperti halnya pulau Jawa yang terbagi menjadi beberapa daerah yang mana memiliki adat budayanya sendiri.

Salah satunya adalah daerah Jawa Barat, yang terkenal dengan keberadaan suku Sunda ini memiliki bangunan rumah adat Jawa Barat, tarian, bahasa hingga pakaian yang berbeda-beda juga. Artinya, bahkan dalam satu provinsi yang sama pun belum tentu hanya ada satu kebudayaan. Di samping itu, Jawa Barat juga memang memiliki data kependudukan paling banyak di Indonesia.

Lahirnya modernisasi yang teramat cepat semakin menenggelamkan adat dan budaya masyarakat asli Jawa Barat tidak seperti masyarakat Bali yang masih banyak menggunakan rumah adat Bali sebagai tempat tinggalnya atau rumah adat papua yang juga masih banyak digunakan. Sehingga tidak heran bila Anda ingin menjelajahi Jawa Barat dan mencari mana saja rumah adat Indonesia yang ada daerah tersebut akan sangat jarang ditemukan karena orang-orang cenderung memilih rumah yang lebih modern.

Namun tenang saja, biarpun begitu, Anda juga masih bisa mengenal dan melestarikan adat dan budaya Jawa Barat melalui ingatan histori. Nah, untuk mengetahui mari kita bahas mengenai rumah adat Jawa Barat, pakaian, upacara dan suku yang mendiami wilayah tersebut.

Rumah Adat Jawa Barat (Imah Badak Heuay) alimustikasari.com

Rumah Adat Jawa Barat

Ada yang unik dengan rumah adat Jawa Barat, di mana rumahnya ini memiliki banyak nama hingga rupa. Selain itu, dari segi material pembuatan rumahnya pun tidak sama. Berikut adalah beberapa rumah adat Jawa Barat yang perlu Anda ketahui.

  Rumah Adat Jawa Tengah Serta Keunikan Adat Kebudayaanya

Imah Badak Heuay

Penamaan Imah Bada Heuay bisa diartikan dari tampilan bangunannya. Ya, pada bangunan rumah adat Jawa Barat yang terlihat seperti saung namun tidak memakai wuwung sambungan atap. Pada bagian depan dan belakangnya tampak menyerupai seekor badang yang sedang membuka mulut yang di artikan menguap kalau dalam bahasa sunda adalah “heuay”.

Tagog Anjing atau Anjing Nagog

Tagog Anjing silontong.com

Sama halnya seperti badak heuay, penamaan rumah adat ini dipengaruhi karena bentuk bangunannya. Bentuknya mirip dengan badak heuay namun terdapat sambungan pada bagian depannya dan sedikit menurun. Sehingga kalau dilihat seperti sedang menekuk layaknya anjing yang sedang jongkok.

Perahu Kureb

Perahu Kureb silontong.com

Penamaan perahu kureb juga sama seperti 2 bangunan sebelumnya, dilihat dari bentuk bangunan yang memang mirip seperti rumah berbentuk perahu terbalik. Bila diartikan dalam bahasa sunda jadi Perahu Kureb.

Jolopong

Jolopong silontong.com

Selanjutnya adalah Jolopong, rumah adat yang berasal dari Provinsi Jawa Barat ini mempunyai design yang sangat familiar khususnya di seluruh bagian tatar priangan timur. Sebab bagian designnya sangat hemat material selain itu cenderung lebih koko sehingga ini menjadi alasan mengapa warga sangat ingin menggunakannya. Bila ingin melihat bangunan ini, Anda bisa berkunjung ke Garut lebih tepatnya di Kampung Duku, beberapa warga setempat masih menggunakan design bangunan rumah adat nya.

Julang Ngapak

Julang Ngapak juga merupakan rumah adat Jawa Barat, bisa Anda temukan di Kampung Naga, Tasikmalaya. Rupa rumah adatnya mirip seperti burung yang tengah mengepakkan sayapnya. Pada bagian atapnya terbuat dari ijuk, alang-alang dan juga rumpiah. Sementara untuk menopang bahannya dimanfaatkan beberapa bamboo.

Imah Parahu Kumureb

Dalam bahasa Indonesia kata parahu artinya perahu sedangkan kumureb artinya terbalik. Sehingga bisa dipastikan bentuk bangunannya memang seperti perahu terbalik. Terdapat 4 bagian utama, bagian depan dan belakang membentuk trapesium sementara pada sisi kanan dan kirinya membentuk segitiga sama sisi, dan bila dilihat secara keseluruhan sangat percis dan mirip perahu terbalik.

  Mengenal Fungsi Tiap Bangunan Rumah Adat Bali

Capit Gunting

Rumah adat jawa Barat lainnya adalah Capit Gunting. Rumah adat yang membentuk sebuah bangunan dengan bagian suhunan atau atapnya memanfaatkan kayu ataupun bamboo yang bentuknya silang pada bagian atas, sehingga terlihat mirip gunting.

Itulah beberapa rumah adat Jawa Barat yang perlu Anda ketahui. Nah, selain rumah adat, Jawa Barat juga memiliki keunikan lainnya seperti pakaian, upacara dan suku yang banyak tinggal di daerah tersebut.

Pakaian Adat Jawa Barat

Sama halnya dengan rumah adat, pakai adat Jawa Barat pun ada berbagai macam jenisnya, dibedakan berdasarkan status sosial yaitu baju untuk rakyat biasa, rakyat menengah dan bangsawan.

Baju Adat Rakyat Biasa

Pertama adalah pakaian adat rakyat biasa atau bawah. Untuk laki-laki menggunakan setelan celana panjang hingga ke betis lalu diikat menggunakan kain atau kulit. Sementara pada bagian atasannya menggunakan selontreng dan sarung poleng, di tata dengan menyilang dimanfaatkan untuk kegiatan harian. Pada bagian kepalanya diikatkan sebuah logen yang membentuk barangbang samplak, sementara alasnya sandal terumpah.

Untuk perempuan mengenakan setelan kain batin pada bagian bawahnya, lalu ikat pinggang dan juga kamisol sebagai pengganti pakaian dalam. Sandalnya menggunakan keteplek atau jepit.

Baju Adat Rakyat Menengah

Pakaian adat rakyat menengah sebenarnya lebih banyak digunakan oleh para pedagang atau saudagar, dimana strata sosialnya lebih tinggi dibandingkan rakyat biasa. Bagi laki-laki mereka akan menggunakan bedahan putih, tarumpah dan ikat kepala. Untuk aksesoris tambahannya adalah arloji emas yang biasa digantung pada saku baju.

Sementara untuk perempuannya akan menggunakan kain kebat batik pada bagian atasannya, ikat pinggang dan juga selendan dan perlengkapan perhiasan lain.

Sedangkan pakaian adat Jawa barat atau pakaian adat sunda untuk wanita menggunakan kain kebat batik sebagai atasan, beuber, selendang serta perlengkapan hiasan yang lain.

  Keunikan dan Fungsi Rumah Adat Kalimantan Barat

Baju Adat Bangsawan

Dan yang ketiga adalah baju adat bangsawan, mereka akan menggunakan jas penutup berbahan dasar beludru hitam ditambahkan hiasan sulaman benar yang berwarna emas, sabuk emas, celana, bendo dan juga sabuk emas tak lupa selop hitam yang semakin menambahkan kesan penampilan.

Suku di Jawa Barat

Di Jawa Barat paling dominan dan memang suku terbesar yang tinggal adalah suku Sunda. Namun masih ada suku lain yang juga tinggal di daerah tersebut, diantaranya suku Betawi yang di Jakarta, suku Baduy di Banten dan Suku Cirebon yang banyak tinggal di kota Cirebon serta tersebar di beberapa daerah Jawa Barat seperti Indramayu, Majalengka dan Kuningan.

Di samping itu bahasa yang paling banyak digunakan adalah bahasa sunda. Namun setiap suku biasanya memiliki keunikan dan khas bahasa masing-masing.

Itulah adat dan budaya Jawa Barat dari mulai rumah adat Jawa Barat, pakaian hingga suku yang tinggal. Masih banyak daerah lain yang bisa Anda eksplore. Yuk lestarikan adat dan kebudayaan setiap daerah di Indonesia!

Leave a Reply