30+ Gambar Rumah Adat di Indonesia Lengkap dengan Penjelasannya

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal karena kekayaan kultur adat dan budayanya. Ini dipengaruhi karena negara ini terdiri dari ribuan pulau, berjejer dari Sabang sampai Merauke. Hal tersebut mempengaruhi pada penyebaran masyarakat yang di setiap wilayahnya memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Termasuk juga mempengaruhi bangunan rumah adat di Indonesia pada tiap daerahnya.

Dari Sabang sampai Merauke terdapat rumah adat yang mempunyai desain bangunan berbeda dan unik. Bahkan dalam proses pembuatannya pun, para nenek moyang mempunyai desain dan struktural yang harus disesuaikan dengan adat, budaya dan kebutuhan.

Rumah Adat Indonesia

Tentunya, kita yang hidup di zaman yang sudah serba modern ini diharapkan bisa menjaga adat dan budaya negara Indonesia. Pengetahuan mengenai Indonesia akan membuat kita semakin menyadari bahwa kita memang bangsa yang kaya. Oleh sebab itu, mari kita pupuk kecintaan pada negara dengan mengetahui beberapa rumah adat peninggalan nenek moyang kita terdahulu. Berikut adalah beberapa rumah adat di Indonesia:

Krong Bade – Rumah Adat Aceh

rumah adat aceh

Gambar Rumah Adat | Rumah Adat Aceh (Krong Bade) acehplanet.com

Aceh atau Nangro Aceh Darussalam atau dikenal juga dengan julukan Serambi Mekkah ini memiliki rumah adat Aceh yang disebut “Krong Bade”. Keunikan rumah adat Aceh ini memiliki tangga pada bagian depan rumah yang digunakan untuk jalan masuk ke dalam rumah. Uniknya, jumlah tangga yang dibuat harus berjumlah ganjil. Hal ini mungkin tidak berpengaruh pada kita, namun orang setempat percaya bahwa filosofi rumah adat aceh dengan jumlah tangga ganjil memiliki maknanya tersendiri.

Bentuk rumah Krong Bade adalah persegi panjang, yang memanjang dari Timur ke Barat. Pada bagian atapnya ditimpa menggunakan daun rumbia, kesan sederhana akan bisa tertangkap oleh mata kita saat melihatnya. Sementara pada bagian lantainya tidak terbuat dari kramik atau pelur namun dari bamboo. Bagian dindingnya juga biasa dipenuhi dengan sebuah kayu dan berbagai macam lukisan.

Karena keunikannya tersebutlah, Krong Bade kerap menyita perhatian wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke Aceh.

Bolon – Rumah Adat Sumatera Utara

Gambar Rumah Adat | sumatera utara

Gambar Rumah Adat | Rumah Adat Sumatera Utara (Bolon) wacana.co

Memasuki wilayah Sumatera Utara, kita akan menemukan sebuah rumah adat Sumatera Utara yang disebut “Bolon”. Namun, untuk jenisnya berbeda-beda, diantaranya Bolon Toba, Karo, ANgkola, Mandailing, dan Pakpak. Keunikan rumah adat Sumatera Utara, masing-masing dari rumahnya juga mempunyai desain yang berbeda-beda namun ciri khasnya tetap sama, yaitu rumah panggung dengan tiang berbaris tengah yang memiliki manfaat sebagai penyanggah, pada bagian dindingnya biasa dipenuhi oleh hiasan Ornamen buatan Simalungun yang berwarna merah, hitam dan juga putih.

Gadang atau Begonjong – Sumatera Barat

Rumah Adat Sumatera Barat (Gadang) arsitag.com

Selanjutnya adalah rumah adat Sumatera Barat Gadang atau disebut juga Begonjong. Namanya cukup unik bukan? Begitu juga dengan ciri khas rumahnya yang memiliki keunikan juga. Bila melihat pada desain bangunannya akan terlihat sangat elegan namun tetap tampak sederhana. Untuk ciri-ciri rumah adat Sumatera Barat paling menonjol ada pada arsitektur atapnya yang mirip dengan tanduk kerbau, terbuat dari bahan ijuk anyam. Fungsi dari Rumah Gadang bagi masyarakat Sumatera Barat selain sebagai tempat tinggal juga difungsikan untuk merawat keluarga yang sakit dan upacara adat.

  Honai, Rumah Adat Papua Yang Unik dan Masih Dilestarikan

Melayu Selaso dan Belah Bubung– Riau

Gambar Rumah Adat Riau

Gambar Rumah Adat Riau (Melayu Selaso) wacana.co

Melayu Selaso dan Belah Bubung merupakan julukan untuk rumah adat Riau. Untuk Melayu Selaso mempunyai ciri khas berbentuk panggung dan mempunyai kolong di bawahnya. Sementara untuk makna dari kata Selaso jatuh kembar adalah rumah yang mempunyai lantai lebih bawah bila dibandingkan dengan bagian ruang tengahnya.

Satu lagi yang masih merupakan rumah adat asal Riau adalah Belah Bubung. Sama dengan Melayu Solo, bentuknya rumah panggung dengan bagian bawahnya terdapat sebuah tiang penyangga. Sedangkan untuk ciri khasnya terdapat pada bagian atap yang lebih bervariasi.

Rumah Adat Suku Badui – Banten

Rumah Adat Banten (Badyu) kangmuroi.blogspot.com

Bagi suku Badui yang ada di Banten, lebih tepatnya yang tinggal di pelosok Ujung Kulon dan juga pedesaan mereka mempunyai rumah ada khasnya sendiri. Sama seperti pada umumnya, bentuknya panggung dengan penopang pilar penyangga di bagian bawah. Bagian dindingnya terbuat dari bamboo yang sudah dianyam kemudian disusun menjadi dinding sementara bagian atapnya terbuat dari ilalang.

Rumah Adat Panjang – Jambi

Rumah Adat Jambi wacana.co

Sekarang ini rumah adat yang dibangun oleh masyarakat Jambi terdahulu sudah sedikit sulit untuk diketahui. Ini karena masyarakat sekarang sudah memilih membuat bangunan yang lebih modern. Namun biar begitu, tidak lantas membuat kita harus melupakannya juga. Biarpun sudah sangat jarang, Anda perlu mengetahuinya. Julukan untuk rumah adatnya sendiri adalah Rumah Adat Panjang. Coraknya cukup khas sehingga bisa dengan mudah membedakan dengan rumah lainnya.

Limas – Sumatera Utara

Rumah Adat Sumatera Selatan (Limas) wacana.co

Limas merupakan sebutan untuk rumah adat Sumatera Utara. Penyebutan Limas sendiri karena memang pada bagian atapnya berbentuk limas dan untuk bagian lantainya bertingkat. Sebenarnya rumah adat ini tidak dijadikan tempat tinggal seperti biasanya, namun biasa dijadikan sebagai salah satu tempat untuk berkumpul masyarakat Sumatera Selatan saat mengadakan perhelatan penting.

Rakit – Palembang

Rumah Adat Palembang (Rakit) wacana.co

Bila menyebut nama rakit tentunya Anda akan terbayangkan sebuah rumah mengapung, iya kan? Ya, rumah rakit memang berbentuk rakit yang mengapung di atas sungai dan memang sengaja di bangun seperti itu oleh orang-orang terdahulu. Ini karena dulu sungai masih menjadi salah satu mata pencaharian utama masyarakat setempat. Namun Anda jangan membayangkan ini seperti rakit biasa, karena bila di lihat rumahnya terlihat cukup elegan tanpa menghilangkan nilai-nilai kebudayaannya.

Bubungan Lima – Bengkulu

Rumah Adat Bengkulu (Bubungan Lima) Wacana.co

Beberapa rumah adat di Indonesia memang mempunyai bentuk pembangunan yang sama yaitu berbentuk panggung. Termasuk juga Bubungan Lima, rumah adat Bengkulu. Namun yang menjadikannya unik ada pada bagian kayu yang menjadi penopangnya. Ini merupakan kayu pilihan yaitu medang kemuning, kayu yang terkenal cukup kuat dan bisa menopang berat rumah sehingga akan tetap berdiri kokoh dan tidak akan mudah roboh.

Nowou Sesat– Lampung

Rumah Adat Lampung (Nowou Sesat) wacana.co

Rumah adat Lampung juga memiliki bentuk bangunan rumah panggung. Pada zaman dulu, rumah adat ini terbilang mewah dan cukup besar. Namun karena peralihan zaman yang semakin modern, sudah ada rumah-rumah yang ukurannya lebih besar dari Nowou Sesat. Rumah ini tampak sederhana dan nyaman, dengan bagian tangga bertingkat, dan kolong sebagai spasi antara penopang dan rumahnya.

  Filosofi Rumah Adat Aceh dan Sejarah Keunikannya

Rumah Adat Kebaya – Jakarta

Rumah Adat Jakarta (Rumah Kebaya) jakarta-tourism.go.id

Ibukota Indonesia yaitu Jakarta juga mempunyai rumah adat. Sebuah rumah yang mempunyai bentuk atap yang mirip seperti sebuah pelana yang terlipat rapi, apalagi bila Anda melihatnya pada bagian samping. Ini merupakan ornamen khas suku Betawi yang tradisional dan sangat nyaman.

Kasepuhan Cirebon – Jawa Barat

Rumah Adat Cirebon (Kasepuhan) wacana.co

Rumah adat Jawa Barat bernama Kasepuhan Cirebon ini masih bisa kita temui saat berkunjung ke kawasan keratin Cirebon. Usia bangunannya sudah cukup tua namun masih sangat terawat hingga sekarang. Saat menjumpai bangunan rumah adat Jawa Barat ini, Anda akan melihat sebuah gapura dan dinding yang terbuat dari batu, kesan tenang dan mewah untuk sebuah keraton akan sangat terasa.

Joglo – Jawa Tengah

Rumah Adat Jawa Tengah dan Jawa Timur (Joglo) oyinayashi.blogspot.com

Rumah adat Jawa Tengah yaitu Joglo sudah sangat terkenal dan masih bisa Anda temui saat berkunjung ke Jawa Tengah. Saat memasuki ke bagian dalamnya, Anda akan menjumpai beberapa ruangan. Di antara ruangan-ruangan tersebut ada yang digunakan untuk menyambut tamu yaitu di bagian depannya. Ciri khas dari rumah ini adalah pada tiap bagian sisi rumahnya akan dibuat corak ornamen khas budaya Suku Jawa.

Joglo – Jawa Timur

Namun, tahukah Anda? nama rumah adat jawa tengah Joglo bukan hanya rumah adat Jawa Tengah saja, namun ini juga rumah adat Jawa Timur. Perbedaannya terdapat dari desain bangunan, di mana Joglo Jawa Timur mempunyai desain yang lebih minimalis dan sangat kental akan nilai kebudayaannya.

Bangsal Kencono – Yogyakarta

Rumah Adat Yogyakarta (Bangsal Kencono) faizalefendi.files.wordpress.com

Di Yogyakarta, Anda bisa menemukan sebuah rumah adat yang disebut Bangsal Kencono. Ini merupakan rumah yang dibuat untuk tempat tinggal para raja dan pejabat kerajaan. Sehingga bila Anda perhatikan, rumah ini mempunyai kesan mulia dengan nilai kehidupan serta semestanya.

Gapura Candi Bentar – Bali

Gambar Rumah Adat bali

Gambar Rumah Adat | Rumah Adat Bali (Gapura Candi Bentar) wacana.co

Bila menjumpai rumah adat Bali, Anda akan mendapatkan kesan bahwa rumah ini seperti Pura. Ini karena memang pada bagian depan rumahnya selalu terdapat gapura seperti di Pura. Masyarakat Bali sering menggunakan rumah adatnya untuk melaksanakan upacara adat. Sehingga tidak heran bila bentuk rumah adat Bali juga terkesan kental akan nilai-nilai kebudayaannya. Bahkan masyarakat Bali pun hingga kini masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan tersebut karena makna rumah adat Bali memang tidak bisa dipisahkan.

Istana Sultan – Nusa Tenggara Barat

Rumah Adat Nusat Tenggara Bata (Istanan Kesultanan) situsbudaya.id

Istana Sultan merupakan penyebutan untuk rumah adat Nusa Tenggara Barat. Rumah ini bentuk bangunan yang cukup unik bahkan jarang ditemui di tempat lain. Mungkin bila hanya mendengar penyebutan “Istana Sultan” saja, Anda akan menanggap bahwa rumah ini sangat mewah, tapi ternyata tidak. Kesan tradisional masih sangat terasa bila melihat bangunannya. Rumahnya berbentuk panggung dengan sebuah tangga pada bagian depannya dan material yang digunakan kebanyakan adalah kayu.

Musalaki – Nusa Tenggara Timur

Rumah Adat Nusa Tenggara Timur (Musalaki) judy.duckdns.org

Musalaki merupakan rumah adat Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya rumah adat ini tidak terlalu berbeda dengan Nusa Tenggara Barat, namun yang membedakannya ada pada bagian atapnya yang berbentuk lebih kerucut. Dulu, rumah ini hanya dihuni oleh pembesar kerajaan dan kepala suku saja, namun seiring berjalannya waktu Musalaki sudah mulai digunakan sebagai rumah hunian masyarakat NTT.

Kesultanan Pontianak – Kalimantan Barat

Rumah Adat Kalimantan Batan (Kesultanan Pontianak) faizalefendi.files.wordpress.com

Sesuai dengan penyebutan rumahnya yaitu rumah adat kesultanan Pontianak, rumah adat Kalimantan Barat ini memang dibangun untuk para petinggi kerajaan saja. Keunikan rumah adat Kalimantan Barat ada pada desain rumahnya sangat elegan dan memiliki corak keunikannya tersendiri.

  Macam-Macam Rumah Adat Sulawesi Selatan dan Penjelasannya

Betang Rumah Adat Kalimantan Tengah

Rumah Adat Kalimantan Tengah (Betang) terokaborneo.com

Terbesar kedua di Indonesia adalah rumah adat Kalimantan Tengah. Rumah yang mempunyai desain bangunan panjang ini biasa digunakan oleh masyarakat setempat oleh banyak kepala keluarga, bukan 2 atau 3 tapi 30 sampai 35 kepala keluarga. Sehingga tidak heran bila masuk menjadi urutan yang kedua terbesar.

Bubungan Tinggi – Kalimantan Selatan

Rumah Adat Kalimantan Selatan (Bubungan Tinggi) wikimedia.org

Rumah adat Kalimantan Selatan biasa dihuni oleh masyarakat Suku Dayak Selatan atau yang memang asli berasal dari Kalimantan, bukan pendatang. Disebut juga sebagai bubungan tinggi karena memang berbentuk rumah panggung dengan penyanggahnya yang kuat dan kokoh.

Lamin – Kalimantan Timur

Rumah Adat Kalimantan Timur (Lamin) wacana.co

Lamin merupakan penyebutan untuk rumah adat Kalimantan Timur. Desain rumah ini lebih mencolok bila dibandingkan dengan rumah adat yang ada di Kalimantan lainnya. Bila rumah Kalimantan Tengah merupakan terbesar kedua, rumah Lamin menjadi yang terbesar pertama di Indonesia.

Baloy – Kalimantan Utara

Gambar Rumah Adat Kalimantan Utara

Gambar Rumah Adat | Rumah Adat Kalimantan Utara (Baloy) situsbudaya.id

Bila rumah di kawasan Kalimantan yang sudah disebutkan sebelumnya memiliki ciri khas dari ukurannya, berbeda dengan rumah adat Kalimantan Utara atau yang biasa disebut Baloy. Rumah ini lebih menonjolkan keindahannya sehingga tidak heran bila ini menjadi mascot daerah tersebut agar bisa menari perhatian wisatawan. Bagian desain dinding dan ornamennya memang sangat unik dan indah.

Rumah Adat Sulawesi Utara

Rumah adat Sulawesi Utara merupakan rumah adat yang dibangun oleh suku Minahasa, mempunyai desain ukuran yang indah serta mempesona. Bentuknya adalah rumah panggung dengan 2 tangga, sementara untuk material dasarnya adalah kayu.

Malige – Sulawesi Tenggara

Rumah Adat Sulawesi Tenggara (Malige) Kitabisa.com

Malige merupakan sebutan untuk rumah adat Sulawesi Tenggara, tidak kalah dengan Sulawesi Utara, rumah adat daerah ini juga mempunyai keunikan tersendiri. Bangunannya terdiri dari 4 lantai dengan teknik kontruksinya menggunakan kayu kait tanpa ada pasak bahkan paku. Karena itulah, rumah ini tergolong berbeda dengan yang lainnya.

Tongkonan – Sulawesi Selatan

Rumah Adat Sulawesi Selatan (Tongkonan) tradisikita.com

Masih di wilayah Sulawesi, Anda bisa menjumpai Tongkonan yang merupakan rumah adat Sulawesi Selatan. Ciri khasnya ada pada bagian atap bangunan yang menyerupai perahu, sementara pada bagian depannya biasa dipasang tanduk kerbau, ini merupakan hiasan yang memang harus ada di setiap rumah.

Doholupa – Gorontalo

Rumah Adat Gorontalo (Dulohupa) wisatadirektori.com

Doholupo merupakan rumah adat yang berasal dari Provinsi Gorontalo. Rumahnya berbentuk panggung dan cukup menarik karena material dasarnya adalah kayu asli. Sehingga tidak heran bila kekokohannya sangatlah kuat bahkan sangat mampu bertahan sampai puluhan tahun lamanya.

Baileo – Maluku

Rumah Adat Maluku (Balileo) wacana.co

Baileo merupakan rumah adat Maluku yang menggambarkan kemajemukan agama yang ada di daerah tersebut. Ciri khas dari rumah ini adalah ukurannya yang serba besar, ini karena fungsi rumah yang sering dijadikan sebagai tempat bermusyawarah. Sementara untuk yang membedakan dengan rumah lain yaitu sebuah ruangan yang dikhususkan untuk menyimpan benda-benda pusaka suci sehingga yang masuk ke dalam ruangan tersebut pun hanya yang memiliki wewenang saja.

Rumah Adat Provinsi Papua

gambar Rumah Adat Indonesia | Papua

Rumah Adat Indonesia | Papua (Hanoi) wikimedia.org

Rumah adat Papua mempunyai bentuk bangunan yang cukup sederhana namun sangat etnik sekali. Material pembuatan rumahnya hanya terdiri dari beberapa potong kayu dan ilalang. Ukurannya pun cukup sempit sehingga memang terlihat sangat minimalis sekali. Selain itu, rumahnya juga tidak ada jendela agar menjaga kondisi dalam rumah tetap dalam keadaan hangat.

Hanoi – Provinsi Papua Barat

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa rumah adat yang berada di Provinsi Papua memiliki ukuran yang minimalis. Nah, ternyata ada yang lebih minimalis lagi! Yaitu rumah adat Papua Barat atau yang biasa disebut Hanoi sebagai nama rumah adat Papua nya. Material dasarnya sama saja terbuat dari kayu, jerami dan ilalang dan tidak terdapat jendela sama sekali.

Itulah beberapa rumah adat dan penjelasannya yang perlu Anda ketahui agar bisa menambah pengetahuan dan memupuk rasa cinta tanah air melalui adat dan kebudayaan. Selain yang sudah dijelaskan, sebenarnya masih sangat banyak sekali rumah adat yang belum disebutkan. Mengingat ada banyak wilayah dan beragam suku tinggal di Indonesia.

Sebagai pribumi tentu saja kita yang wajib mengetahui, melestarikan dan menjaga rumah ada di Indonesia agar tidak tenggelam dengan kondisi masyarakat yang semakin modern. Meskipun ada saja beberapa wilayah yang sudah menghilangkan identitas rumah adatnya dan mengganti dengan bangunan lebih modern namun setidaknya kita bisa tetap menjadikannya ada dengan sejarah yang terus diingat.

  • Gambar Rumah Adat Indonesia

Leave a Reply