Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum

Pengertian Organisasi – Disekitar anda pasti terdapat berbagai macam organisasi yang didirikan dengan tujuan yang berbeda – beda. Ada yang tujuannya untuk mencari keuntungan, aktivitas sosial, jasa pelayanan, nirlaba kepada masyarakat dan lain-lain.

Namun, apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan organisasi ? Sebenarnya pengertian organisasi sendiri memiliki banyak definisi baik secara umum hingga pengertian organisasi menurut para ahli.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai pengertian organisasi, maka dibawah ini akan dibahas mengenai pengertian organisasi secara umum hingga pengertian menurut para ahli dan berbagai penjelasan lainnya.

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi

horizonpayments.com

Pengertian Organisasi Secara Umum

Organisasi dapat dikatakan sebagai alat untuk mencapai tujuan tertentu, oleh karena itu pengertian organisasi adalah sebagai wadah kegiatan daripada orang-orang yang saling bekerjasama dalam usahanya untuk mencapai tujuan.

Pengertian organisasi berdasarkan bentuknya dibagi menjadi dua, yaitu organisasi yang sifatnya statis dan dinamis. Pengertian organisasi statis yaitu dalam sebuah organisasi, orang-orang harus jelas tugas, tanggung jawab dan wewenang, hubungan dan tata kerjanya.

Pengertian organisasi yang bersifat dinamis yaitu pengertian ini organisasi dilihat dari sudut dinamikanya, aktivitas atau tindakan dari pada tata hubungan yang terjadi di dalam organisasi itu, baik yang bersifat formal maupun informal.

Pengertian organisasi pada dasarnya digunakan sebagai wadah dimana orang – orang berkumpul dan berkerja sama secara rasional, sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali yang memanfaatkan sumber daya sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian organisasi secara umum dapat dibagi menjadi dua yaitu :

Pertama, pengertian organisasi adalah organisasi merepresentasikan suatu lembaga ataupun suatu kelompok fungsional. Contohnya adalah organisasi perusahaan, Rumah Sakit, DPR atau perserikatan – perserikatan.

Kedua, Pengertian organisasi adalah berkaitan dengan proses pengorganisasiannya,  yaitu menjadi sebuah metode aktivitas organisasi yang ditugaskan kepada para pekerja atau pegawai atau anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.

Pengertian Organisasi Secara Umum menurut KBBI

Pengertian organisasi secara umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kesatuan (susunan dan sebagainya) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dan sebagainya) dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu.

Selain itu, pengertian organisasi secara umum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Organisasi menurut Para Ahli

Pengertian organisasi juga dapat dipahami berdasarkan pernyataan para ahli. Para ahli ini memberikan gambaran tentang organisasi yang biasanya mereka tuangkan dalam buku yang mereka tulis. Pendapat para ahli ini terkadang berbeda satu sama yang lain.

Berikut, berbagai pengertian organisasi menurut para ahli yang bisa anda ketahui, diantaranya :

Weber

Weber menyatakan bahwa pengertian organisasi adalah suatu batasan-batasan tertentu (boundaries), dengan demikian seseorang yang melakukan hubungan interaksi dengan lainnya tidak atas kemauan sendiri. Mereka dibatasi oleh aturan-aturan tertentu.

Dwight Waldo 

Pernyataan Dwight Waldo tentang pengertian organisasi adalah organisasi adalah struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

Stoner

Menurut Stoner, Pengertian organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan  manajer mengejar tujuan bersama.

James D. Mooney

Pengertian organisasi menurut James D. Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Stephen P. Robbins

Menurut Stephen P. Robbins organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar; dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi; yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama.

  Macam-Macam Rumah Adat Sulawesi Selatan dan Penjelasannya

Chester I. Bernard

Menurut Chester I. Bernard, pengertian organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stacey

Stacey menyatakan bahwa pengertian organisasi dibentuk oleh manusia merupakan jaringan orang-orang, yang berfungsi sebagai agen-agen individu dan berinteraksi satu sama lain secara internal dalam suatu organisasi.

Selain itu, mereka juga berinteraksi secara eksternal dengan agen-agen lain dari organisasi yang berbeda.

Thompson

Menurut Thompson, pengertian organisasi adalah suatu kerjasama yang terintegrasi antara anggota yang rasional dan sesuai keadilan untuk meraih tujuan-tujuan tertentu yang telah diketahui bersama.

Philip Slznic

Menurut Philip Slznic, pengertian organisasi adalah suatu peraturan personil berguna dalam mempermudah dalam melakukan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi atau Through the allocation of functionss and responsibilites.

Ciri – Ciri Organisasi

Ciri - Ciri Organisasi

sumber : cfscollege.blogspot.com

Organisasi memiliki ciri – ciri yang keberadaannya menjadikan sebuah organisasi itu ada batasan yang jelas dan gambarannya, sehingga dengan adanya karakteristik – karakteristik yang terlihat itu bisa dikatakan sebagai suatu organisasi.

Berdasarkan pengertian organisasi yang dijelaskan sebelumnya, menurut Handayaningrat (1981) menyatakan ciri – ciri organisasi sebagai berikut :

Adanya tujuan

Sekumpulan orang bekerjasama dalam membentuk sebuah organisasi pasti memiliki tujuan bersama yang ingin diwujudkan. Adanya tujuan tersebut, para anggota organisasi akan saling bekerjasama dalam melakukan usaha untuk mencapai tujuan.

Organisasi yang baik ialah memiliki tujuan yang sama antara pemimpin dengan para anggotanya. Contonya organisasi perusahaan bisnis yang telah menghasilkan keuntungan dan memberi penghidupan atau memberikan makan kepada para anggota.

Manfaat lain tujuan dalam organisasi adalah untuk mendorong para anggota organisasi untuk selalu bekerjasama. Selain itu, tujuan – tujuan tersebut dibentuk dan disesuaikan dengan aturan – aturan yang telah disepakati bersama.

Adanya suatu kelompok orang yang dapat dikenal

Organisasi dapat dikatakan sebagai suatu organisasi apabila didalam nya terdapat suatu kelompok orang yang dapat dikenal. Organisasi merupakan sekumpulan orang yang anggotanya sebanyak dua atau lebih dari dua orang.

Jika hanya satu orang saja, tidak bisa disebut sebagai organisasi. Sekumpulan orang tersebut berperilaku dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah dibentuk dari organisasi tersebut.

Adanya kegiatan yang berbeda-beda tapi satu sama lain saling berkaitan

Di dalam pelaksanaan organisasi, terdapat beberapa kegiatan yang berbeda – beda, akan tetapi, satu sama lain kegiatan tersebut saling berkaitan. Misalnya tentang suatu kegiatan sekolah, dari setiap kegiatan yang dirancang, bidang – bidang yang terkait saling berhubungan satu sama lain tidak terlepas.

Tiap-tiap anggota memberikan sumbangan usahanya ataupun tenaganya

Organisasi tidak akan bisa terlaksana oleh satu orang saja, atau hanya pemimpin organisasi saja yang bekerja. Akan tetapi, seluruh anggota organisasi menyumbang usahanya ataupun tenaganya untuk menjalankan setiap kegiatan di organisasi itu.

Untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan, maka para anggota harus saling bekerjasama. Tanpa adanya kerjasama antar anggota, maka tujuan organisasi itu tidak akan tercapai secara efektif dan efisien.

Selain tujuan organisasi tidak akan tercapai, jika didalam suatu organisasi itu tidak ada kerjasama antar anggota, organisasi itu lebih jauh bisa terjadi sebuah kehancuran.

Adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan

Dalam sebuah organisasi yang baik, maka terdapat pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitas dari anggotanya. Termasuk adanya kewenangan, koordinasi dan pengawasan oleh pemimpin dari suatu organisasi itu.

Hal ini sangatlah penting untuk tercapainya suatu tujuan organisasi dan mempermudah dalam pencapaian tujuan dari para anggota organisasi tersebut. Beberapa agenda atau pekerjaan dalam organisasi itu juga akan berjalan dengan lebih teratur dan sistematis.

Setiap anggota organisasi harus mengetahui tugas masing – masing di organisasinya, atas dasar ketegasan kewenangan yang telah diberikan, sehingga tumpang tindih antar satu anggota dengan anggota lainnya dapat dihindarkan.

Koordinasi dan pengawasan adalah kegiatan yang selalu ada didalam sebuah organisasi, karena keduanya memiliki peranan penting dalam memajukan sebuah organisasi.

Pengkoordinasian mutlak diperlukan karena dalam organisasi ada pembagian kerja untuk mencapai tujuan organisasi sesuai kesepakatan. Sedangkan pentingnya pengawasan disebabkan karena sering terjadi perbedaan tujuan individu dan organisasi.

  Gambar Rumah Adat Sumatera Barat dan Filosofinya

Pengawasan diperlukan untuk menjamin para anggota organisasi bekerja kearah tujuan organisasi. Berikut, syarat – syarat koordinasi yang baik :

  • Pembagian kerja yang jelas dalam organisasi
  • Tersedianya fasilitas kerja dan kontak hubungan yang cukup lancar bagi semua pihak dalam organisasi
  • Memulai tahapan suatu dengan benar dan mempertahankan kualitas pekerjaan sebagai proses yang berkelanjutan
  • Membangun semangat kerjasama yang besar diantara personel pendidikan dan adanya organisasi informal yang sehat di tubuh organisasi yang bersangkutan.

Tujuan Organisasi

Tujuan Organisasi

sumber : http://svitinfo.blogspot.com

Setiap anggota organisasi, pastinya memiliki kepentingan dan tujuan yang berbeda-beda dalam berorganisasi, hal tersebut menjadi sebab adanya tujuan dalam organisasi yaitu menyatukan kepentingan dan tujuan yang berbeda menjadi kepentingan dan tujuan bersama.

Tujuan organisasi adalah sesuatu yang ingin dicapai baik dalam jangan waktu tertentu, dimana tujuan organisasi itu adalah tujuan bersama seluruh anggota organisasi. Tujuan organisasi haruslah konsisten, realistis, terukur hingga menantang.

Tujuan organisasi yang ditetapkan ini, akan mempengaruhi dalam pengembangan organisasi baik dalam perekrutan anggota-anggotanya dan pencapaian apa saja yang ingin dilakukan selama berjalannya organisasi itu.

Tujuan adalah hasil akhir yang menjadi parameter keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi dalam menjalankan roda bisnis yang digeluti. Maka, dalam mewujudkannya perlu melibatkan sumber daya organisasi secara efektif pada tiap tingkatan menejemen.

Berikut, tujuan – tujuan pelaksanaan organisasi yang dapat dibagi menjadi tiga, diantaranya :

Tujuan Organisasi Jangka Pendek (short term goal)

Tujuan organisasi jangka pendek adalah tujuan yang harus dilaksanakan dan diselesaikan secara berkala dalam waktu yang pendek biasanya 1 tahun atau kurang dari 1 tahun dan sebagai tahapan pelaksanaan tujuan jangka menengah dan jangka panjang.

Rentang waktu yang dibutuhkan untuk meraih tujuan organisasi jangka pendek adalah kurang lebih satu tahun atau dalam suatu periode kepengurusan organisai. Rentang waktu ini juga disesuaikan dengan periode keuangan organisasi (biasanya 6 bulan/1 tahun).

Tujuan organisasi ini biasanya disebut tujuan operasional. Contoh tujuan jangka pendek yaitu peningkatan penjualan pada perusahaan alat kesehatan sebesar 30% pada setiap setengah semester / 6 bulan, pencapaian 1 tahun anggaran dan lain-lain.

Tujuan Organisasi Jangka Menengah

Tujuan organisasi jangka menengah dilaksanakan antara capaian tujuan organisasi jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka menengah adalah tujuan yang hendak dicapai dalam jangka waktu diatas satu tahun /  kurang dari 5 tahun.

Tujuan organisasi jangka menengah adalah kumpulan dari peraihan tujuan jangka pendek. Tujuan jangka pendek dan jangka menengah ini adalah tahapan menuju jangka panjang. Tujuan organisasi jangka menengah biasanya disebut dengan tujuan taktis.

Contoh tujuan organisasi jangka menengah : PELITA atau pembangunan lima tahun, Peningkatan pangsa pasar 50% dan lain-lainnya.

Tujuan Organisasi Jangka Panjang (long term goals)

Tujuan organisasi jangka panjang direfleksikan kedalam bentuk visi organisasi yang memiliki jangka waktu sepuluh hingga dua puluh tahun kedepan. Periode waktu jangka panjangan sebuah organisasi biasanya lebih dari 5 tahun.

Pencapaian tujuan organisasi jangka panjang ini telah diawali oleh pencapaian-pencapaian tujuan jangka pendek dan menengah terlebih dahulu. Tujuan organisasi jangka panjang ini dikenal sebagai tujuan strategis.

Tujuan jangka panjang ini sifatnya abstrak, namun dapat juga diukur dengan jangka waktu tertentu. Contoh tujuan organisasi jangka panjang yaitu memakmurkan rakyat namun tujuan tersebut sulit untuk dicapai, tujuan menjadi leader dalam perusahaan, dan lain-lain.

Bentuk – Bentuk Organisasi

Bentuk - Bentuk Organisasi

sumber : jackerossin.com

Organisasi di masyarakat memiliki bentuk – bentuk yang berbeda sesuai dengan tujuan atau visi misi dari organisasi yang didirikan itu. Bentuk organisasi biasanya tentang organisasi politik, sosial, bisnis, agama, pemuda, pelajar, nasional hingga internasional.

Pada artikel ini, tidak akan dijelaskan secara rinci mengenai semua bentuk – bentuk organisasi tersebut. Namun, beberapa bentuk – bentuk organisasi dibawah ini bisa membantu dalam pemahaman anda.

Pengertian Organisasi Internasional

Pengertian Organisasi Internasional

sumber : unic.org.in

Pengertian organisasi internasional adalah suatu organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat internasional secara sukarela atau atas dasar kesamaan yang bertujuan menciptakan perdamaian dunia dalam tata hubungan internasional.

Organisasi internasional ini mempunyai arti luas dan sempit. Dalam arti luas organisasi internasional meliputi berbagai organisasi yaitu :

  • organisasi publik (public international organization)
  • organisasi privat (privat international organitation)
  • organisasi subregional
  • organisasi regional
  • organisasi bersifat universal (organization of universal character).
  Rumah Adat Jawa Barat dan Keterangannya

Sedangkan organisasi internasional dalam arti sempit yaitu hanya meliputi organisasi internasional publik. PBB juga merupakan organisasi internasional yang memiliki tujuan utama di perjanjian Atlantic Charter. Contoh lain : MEE, OPEC dan ASEAN.

Tujuan Organisasi Internasional

Pada pelaksanaan kegiatannya, organisasi internasional mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan itu dibagi menjadi dua, yaitu tujuan khusus dan tujuan umum.

Tujuan khusus Organisasi internasional yaitu menjadikan organisasi internasional sebagai suatu forum, wadah, dan alat untuk mewujudkan kepentingan bersama sesuai karakteristik setiap organisasi. Sedangkan tujuan umum organisasi internasional, yaitu :

  • Meningkatkan kesejahteraan negara-negara di dunia, khususnya para anggota, yang dilakukan dengan berbagai cara, disesuaikan dengan masing-masing organisasi.
  • Mengelola dan mewujudkan perdamaian, keamanan dunia yang dilakukan dengan berbagai cara dan upaya.

Pengertian Organisasi Siswa Intra Sekolah

Pengertian Organisasi Siswa Intra Sekolah

sumber : osiscaturglobal.blogspot.com

Pengertian organisasi siswa intra sekolah adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

OSIS diurus dan dikelola oleh beberapa murid yang terpilih untuk menjadi para pengurus OSIS sedangkan anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah itu. Seluruh anggota OSIS berhak memilih calonnya untuk kemudian menjadi pengurus OSIS.

Tujuan Organisasi Siswa Intra Sekolah

  • Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
  • Memahami dan menghargai lingkungan hidup, nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
  • Membangun dan mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air pada era globalisasi saat ini
  • Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistik, budaya dan intelektual
  • Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerja sama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
  • Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara

Pengertian Organisasi Bisnis

Pengertian Organisasi Bisnis

sumber : benrogersfinalmajor.files.wordpress.com

Pengertian organisasi bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan aktifitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Sebuah perusahaan untuk menjalankan bisnisnya harus ada pengorganisasian didalamnya.

Pengertian organisasi dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekumpulan individu terhadap pembagian kerja kelompok dalam rangka mewujudkan tujuan yang telah diciptakan secara sistematis dan struktural.

Bisnis adalah rangkaian kegiatan pembelian dan penjualan barang atau jasa yang dilakukan secara konsisten berulang-ulang. Selain itu, tujuan organisasi bisnis yang paling utama adalah memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Tujuan Organisasi Bisnis

Selain keuntungan, tujuan organisasi bisnis yang lain diantaranya :

  • Mengadakan sebuah barang atau jasa
  • Menyejahterakan pemilik dan pekerja bisnis
  • Memperkerjakan pengangguran
  • Ikut serta berpartisipasi dalam kemajuan dan pertumbuhan ekonomi bangsa
  • Mencari prestasi juga prestise

Pengertian Organisasi Sosial

Pengertian Organisasi Sosial

sumber : resources.allsaintsnh-pri.manchester.sch.uk

Pengertian organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.

Organisasi sosial ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan tertentu bagi kebaikan masyarakat dan membantu pembangunan bangsa dan negara. Selain itu, terdapat tujuan lain dari organisasi sosial di masyarakat.

Tujuan Organisasi Sosial

Tujuan organisasi sosial di masyarakat diantaranya :

  • Menjadi pedoman ditengah masyarakat
  • Melayani masyarakat
  • Membangun masyarakat
  • Mempertahankan keutuhan masyarakat agar tidak terpecah belah
  • Mengawasi masyarakat
  • Mempertahankan serta selalu mengembangkan organisasi sosial

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian organisasi secara umum hingga bentuk – bentuk organisasi yang ada di masyarakat. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Video Tentang Organisasi

sumber

Referensi :

  • https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-organisasi.html – diakses 09 Februari 2019
  • https://www.ngelmu.co/pengertian-organisasi/ – diakses 09 Februari 2019
  • https://jurnalmanajemen.com/pengertian-organisasi/ – diakses 09 Februari 2019
  • https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-organisasi-secara-umum- diakses 09 Februari 2019
  • http://repository.unpas.ac.id/10035/3/BAB%20II.pdf – diakses 09 Februari 2019
  • https://kbbi.web.id/organisasi- diakses 09 Februari 2019
  • http://zaelaniqodir.blogspot.com/2010/03/pengkoordinasian-dan-pengawasan-dalam.html – diakses 09 Februari 2019
  • https://aliajah.wordpress.com/2013/03/19/pengertian-organisasi-secara-umum-dan-pengertian-organisasi-menurut-para-ahli/ – diakses 09
  • Februari 2019
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Siswa_Intra_Sekolah – diakses 09 Februari 2019
  • https://ranizaramanda95.wordpress.com/2015/10/24/tujuan-utama-organisasi/ – diakses 09 Februari 2019
  • https://samahitawirotama.com/merumuskan-tujuan-jangka-panjang-dan-tujuan-jangka-pendek-organisasi/ – diakses 09 Februari 2019
  • https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/organisasi-internasional.html – diakses 09 Februari 2019
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_internasional – diakses 09 Februari 2019
  • https://jurnalmanajemen.com/tujuan-organisasi/ – diakses 09 Februari 2019
  • https://materiips.com/tujuan-organisasi-sosial – diakses 09 Februari 2019
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial – diakses 09 Februari 2019
Avatar
Avatar

Latest posts by dewi (see all)

Leave a Reply