Manfaat Temulawak atau Kunyit untuk Kesehatan

Temulawak merupakan suatu zat herbal yang dipercaya menjadi pengobatan herbal. Temulawak atau sering disebut juga sebagai Curcuma xanthorhiza roxb sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Temulawak terkadang dipakai menjadi salah satu zat yang terdapat pada jamu. Jamu sering dikonsumsi sebagai minuman yang terbilang dapat memelihara kesehatan. Namun terlalu sering mengonsumsi jamu juga tidak baik untuk kesehatan.

Temulawak biasanya tumbuh di ketinggian 5-750 meter di atas permukaan laut. Hampir sulit membedakan antara kunyit dengan temulawak. Karena keduanya terlihat sama.

Temulawak tingginya bisa mencapai 2.5 meter. Bunganya berwarna putih kemerahan atau berwarna kuning. Panjang tangkainya bisa 1.5-3 cm.

Temulawak memiliki kandungan protein, pati, dan zat berwarna kuning yaitu kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin serta minyak atsiri. Komponen terbesar temulawak adal pati yang mudah dicerna oleh tubuh.

Temulawak sering digunakan untuk tujuan pengobatan atau sebagai minuman kesehatan. Tanaman ini dipercaya mempunyai fungsi sebagai anti inflamasi, anti kanker, penyembuh luka, dan menurunkan kadar kolesterol yang terdapat di dalam darah. Selain itu, temulawak dapat meningkatkan stamina yang terdapat di dalam tubuh.

Temulawak adalah tanaman yang cukup mudah untuk ditemui. Oleh karena itu, jika kita sudah mengetahui cukup banyak manfaat yang terdapat di dalam temulawak maka hidup lebih sehat menjadi lebih mudah.

Berdasarkan sebuah penelitian, disebutkan bahwa temulawak mempunyai fungsi sebagai penambah nafsu makan adalah hasil tertinggi. Selanjutnya temulawak dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Hal yang paling sedikit diketahui adalah manfaat temulawak untuk mengobati penyakit ginjal.

Manfaat Temulawak untuk Wajah

Sudah menjadi salah satu zat yang dipercaya pada beberapa merk perawatan wajah di Indonesia. Kulit yang lebih cerah dan bersinar menjadi keinginan para wanita di Indonesia. Beberapa produk kecantikan sudah memakai temulawak sebagai zat utamanya. Temulawak bisa dijadikan masker untuk mencerahkan wajah.

  11 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Temulawak untuk Kanker

Zat kurkumin yang terdapat dalam temulawak merupakan zat bahan aktif. Kurkumin dalam minuman ekstrak temulawak dapat menginduksi kerja sistem imun. Hal ini akan meningkatkan proses imunitas dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam temulawak dapat membantu untuk membunuh sel kanker.

Dengan adanya kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh dan terhindar dari kanker serta penyakit lainnya. Selain itu, temulawak mempunyai kandungan anti inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala radang.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Kaya akan Antioksidan dan Anti Bakteri

Temulawak yang kaya akan anti oksidan dan anti radang dapat membantu menyembuhkan dari berbagai penyakit. Pada zaman ini, radikal bebas dapat mudah didapat seperti halnya dari polusi udara yang dapat dihirup setiap hari. Oleh karena itu, kita membutuhkan zat anti oksidan yang dapat dengan mudah dikonsumsi dan di dapatkan.

Selain itu, temulawak mempunyai zat anti mikroba yang dapat membunuh beberapa bakteri jaha pada tubuh. Bisa disebut juga sebagai antimikroba alami.

Meningkatkan Imunitas

Dari beberapa penelitian dapat disimpulkan bahwa temulawak dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Oleh karena itu, jika kita mengkonsumsi temulawak secara rutin dapat meningkatkan imunitas.

Menambah nafsu makan

Zat kurkuma yang terdapat dalam temulawak dapat memberikan efek menambah nafsu makan. Pada beberapa obat, telah dimasukkan beberapa zat ekstrak temulawak.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa temulawak dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan adanya anti oksidan dan anti radang yang terdapat dalam temulawak.

Manfaat Krim Temulawak untuk Jerawat

Anti inflamasi yang terdapat dalam temulawak dapat mengobati jerawat yang timbul pada wajah. Jerawat bisa dibilang adanya bakteri dan bercampur bersama dengan minyak yang terdapat dalam kulit kita.

Untuk mengobati jerawat yang terdapat dalam wajah dapat menggunakan krim temulawak. Zat anti inflamasi, anti bakteri, serta anti radang yang terdapat dalam temulawak akan bekerja. Tentu memerlukan waktu yang cukup lama untuk terbiasa, karena pengobatan secara alami tidak akan mendapatkan hasil yang langsung didapat.

  10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Rahim

Beberapa wanita mendapatkan kesulitan hamil dikarenakan kondisi rahim yang lemah. Bahkan beberapa wanita yang mempunyai kondisi kandungan yang lemah dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Hal tersebut bisa terjadi juga karena beberapa penyakit seperti PCOS atau Poly Cystic Ovarian Cyst. Hal ini akan mengakibatkan tidak terjadinya ovulasi dan menstruasi sel telur yang tidak matang dengan sempurna.

Pada temulawak akan mempunyai fungsi untuk meningkatkan siklus aliran darah pada rahim serta akan menjaga keseimbangan pada hormon.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

Seperti halnya manfaat temulawak pada wajah. Temulawak memiliki suatu zat yang dapat memutihkan wajah. Sehingga zat ekstrak temulawak sering digunakan untuk mencerahkan wajah. Fungsi yang sama dengan manfaat lidah buaya yang dapat melembabkan dan mencerahkan wajah.

Selain itu, temulawak yang mempunyai fungsi anti radang serta anti bakteri akan membantu dalam proses jerawat. Sehingga jerawat tidak akan meradang.

Sudah banyak produk kecantikan yang memakai temulawak sebagai zat utama produknya.

Manfaat Temulawak untuk Lambung

Hasil penelitian mengenai manfaat dari temulawak dalam sebuah jurnal mengatakan bahwa temulawak dapat mengobati sakit maag. Maag biasanya terjadi karena tingginya asam lambung. Semakin tinggi asam lambung maka akan mengakibatkan rasa nyeri pada perut. Bahkan beberapa masyarakat yang mengalami maag biasanya akan terasa nyeri pada ulu hati bahkan hingga sampai dada.

Pengobatan utama jika maag sudah kambuh adalah minum obat maag seperti yang sudah dijual di apotek-apotek terdekat. Namun, temulawak mempunyai beberapa zat anti radang yang bisa mengurangi rasa nyeri pada lambung karena maag. Seperti halnya efek yang sama dari manfaat susu beruang juga dapat menurunkan asam pada lambung.

Selain itu, zat kurkuma yang terdapat dalam temulawak akan meningkatkan nafsu makan. Hal ini menyebabkan terjadi stimulus pada lambung. Pada penyakit maag, disarankan untuk makan makanan secara sedikit-sedikit namun rutin.

Sehingga, lambung tidak akan berhenti bekerja. Disaat lambung berhenti bekerja maka produksi asam akan semakin meningkat dan dapat mengikis dinding lambung.

  Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Jika sudah ada beberapa bagian lambung yang sudah terkikis oleh asam, zat pada temulawak akan membantu untuk penyembuhan. Temulawak dapat membantu penyembuhan luka.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kista

Kista merupakan suatu cairan yang terkumpul dan menyerupai sebuah benjolan atau massa. Kista itu terdiri dari dua, yaitu kista yang dapat hilang sendiri serta kista yang harus dioperasi. Kunyit putih memiliki beberapa zat yang dapat menyembuhkan kista. Terdapat efek farmakologis seperti anti oksidan, anti radang, serta anti bakteri.

Beberapa zat tersebut akan membantu untuk proses penyembuhan. Selain itu, kunyit putih juga dapat menghambat suatu pertumbuhan kista dalam tubuh Anda. Anti oksidan yang terdapat dalam kunyit putih dapat menghambat pertumbuhan kisa. Sehingga ukurannya tidak akan semakin besar. Karena semakin besar ukuran kista maka tetap memerlukan operasi sebagai pengobatannya.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesuburan

Sebelum membahas mengenai kesuburan, kunyit putih juga dapat memelihara organ kewanitaan. Organ kewanitaan dapat terlindungi dari berbagai bakteri dan jamur yang dapat mengakibatkan suatu penyakit.

Kunyit putih juga dapat mengatasi berbagai macam gangguan pada haid atau menstruasi. Gangguan haid dapat terjadi karena adanya penyakit pada rahim. Oleh sebab itu, kunyit putih dapat mencegah terjadinya gangguan pada haid.

Jika gangguan siklus pada haid dapat dicegah, maka untuk menentukan waktu subur akan lebih pasti.

Kunyit putih dapat merangsang atau melancarkan peredaran darah pada rahim. Rahim akan terasa lebih sehat. Seperti halnya manfaat bawang putih yang dapat memperlancar peredaran darah pada rahim. Kunyit putih juga dapat menjaga keseimbangan hormon pada tubuh. Sehingga dapat meningkatkan kesuburan pada seorang wanita.

 

 

Sumber : ISSN 0853 – 4217 JIPI, Vol. 17 (3): 166-171

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply