Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Wajah

Teh merupakan bahan minuman yang secara universal dikonsumsi oleh banyak masyarakat dari berbagai negara. Bahan-bahan aktif yang terdapat dalam teh bisa berfungsi sebagai antioksidan atau antimikroba. Hal ini menjadikan teh bisa sebagai obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh.

Teh hijau adalah salah satu teh yang cukup diminati oleh kalangan masyarakat pencinta teh. Teh hijau sering dikonsumsi karena terkenal membantu kelancaran dari proses pencernaan.

Polifenol adalah salah satu zat yang terdapat dalam the hijau. Kandungannya dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri perusak dan juga bakteri yang menyebabkan penyakit di rongga mulut.

Kandungan teh hijau itu terdiri dari protein. Seperti asam amino yang terdiri teanine, asam aspartate, tirosin, triptofan, glisin, serin, valin, leusin, dan arginine. Protein merupakan zat terbanyak selain karbohidrat, lemak, serta vitamin B, C, dan E. Teh mempunyai kafein dan teofilin sehingga dapat berfungsi hampir mirip seperti kopi. Namun kafein dalam teh tidak sebanyak kopi. Beberapa mineral juga terdapat dalam teh.

Polifenol yang terdapat dalam teh bisa disebut senyawa flavonoid yang merupakan hasil dari metabolisme sekunder tanaman tersebut. Cukup banyak flavonoid yang terdapat dalam teh, namun yang memiliki nilai gizi yang tinggi yaitu catechin. Catechin dapat mengubah rasa dan warna pada teh. Sehingga jika terdapat perbedaan kadar dari catechin maka akan terdapat perbedaan rasa juga.

Teh hijau atau Theales Familia sebagai ordo dari teh hijau ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Terutama untuk kesehatan wajah dan menurunkan berat badan atau diet. Tentu badan lebih ramping menjadi dambaan semua wanita, sehingga banyak sekali para wanita mencari berbagai cara untuk merampingkan badan.

Teh hijau memiliki banyak manfaat seperti dapat melawan radikal bebas dan stress. Radikal bebas selalu ada dalam tubuh kita hampir setiap hari. Bahkan menghirup oksigen saja hasil akhirnya pun adalah radikal bebas. Manfaat teh hijau sangatlah banyak, diantaranya yaitu :

Pembahasan

Manfaat Teh Hijau untuk Diet  

manfaat teh hijau – healthfitnessrevolution.com

Obesitas menjadi suatu hal yang paling ditakutkan oleh masyarakat terutama kaum wanita. Diet menjadi suatu hal yang wajib dilakukan terutama pada kaum wanita pada usia dewasa muda. Obesitas tidak lagi merupakan suatu masalah biasa, namun sudah menjadi suatu penyakit yang perlu diwaspadai. Karena terdapat beberapa penyakit yang bisa muncul karena faktor risiko dari obesitas.

Pengobatan untuk obesitas tidak hanya pengaturan waktu nutrisi saja tetapi disertai terapi olahraga. Untuk terapi nutrisi biasanya diatur waktu makan dan jumlah kalori yang dibutuhkan. Namun, makanan yang akan dimakan perlu dilihat kegunaan dan fungsinya.

Teh merupakan salah satu minuman popular di dunia. Terdiri dari 3 jenis, yaitu teh hijau, teh oolong dan teh hitam. Teh hijau dibuat dengan menginaktifasi enzim oksidase yang terdapat dalam pucuk daun teh. Hal tersebut hampir sama dengan yang dimiliki oleh tomat. Manfaat jus tomat juga berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Kandungan teh hijau yang paling utama adalah polifenol katekin yang terdiri dari 50%-80% dari jumlah total katekin. Beberapa penelitian mengatakan bahwa, polifenol terbukti dapat menurunkan berat badan.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Zat tersebut akan meningkatkan metabolisme tubuh atau pengeluaran energi selama 24 jam. Karena zat katekin tersebut akan menstimulasi oksidasi lemak yang menentukan penurunan berat badan.

2. Menghambat Aktifitas Asam Lemak

Katekin pada teh dapat menghambat aktifitas asetil KoA karboksilase dalam siklus biosintesa asam lemak. Sehingga dapat menurunkan akumulasi lemak trigliserida pada jaringan lemak.

Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Perawatan pada wajah kini telah hadir dari berbagai macam tanaman. Manfaat lidah buaya, beras, dan teh hijau menjadi favorit bagi pencinta produk perawatan wajah. Kini telah hadir dengan berbagai macam masker tau pelembab alami.

  Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Vitalitas Pria

1. Melembabkan Wajah

Teh hijau dapat membantu untuk mengobati kekeringan. Sehingga teh hijau baik bagi wajah yang cenderung kering. JIka mengatasai kering pada wajah maka teh hijau dapat meremajakan kulit juga dan mencegah penuaan dini.

2. Mengurangi Mata Panda/Kantung Mata

Teh hijau yang memiliki antioksidan tinggi sangat bermanfaat untuk mengatasi kantung mata. Kandungan kafein yang terdapat dalam teh dapat mengurangi pembuluh darah di area bawah kulit. Hal ini akan menghilangkan kantung mata.

3. Mengobati kulit terbakar

Selain manfaat lidah buaya yang dapat mengobati kemerahan karena terpapar sinar matahari, teh hijau juga dapat meringankan dan mendinginkan kulit yang terkena matahari berkepanjangan. Kandungan anti inflamasi pada teh hijau akan melindungi dan mengobati kulit terbakar. 

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Teh hijau memiliki banyak zat aktif di dalamnya. Sehingga teh hijau ini lebih memiliki banyak manfaat dibandingkan teh yang lainnya. Teh hijau memiliki efek antioksidan tinggi, anti inflamasi, anti bakteri, dan masih banyak lagi.

1. Menurunkan resiko kanker

Kanker merupakan suatu momok yang menakutkan di masyarakat. Kanker dapat terjadi tidak hanya dari genetik namun dari gaya hidup. Oleh karena itu penting untuk menjaga gaya hidup yang stabil selagi masih muda. Mengkonsumsi minum teh dengan rutin akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh sehingga dapat menangkal radikal bebas yang merupakan faktor dari kanker.

2. Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit yang hampir semua masyarakat takuti. Sekali terkena diabetes maka seumur hidup akan terkena diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang mengkonsumsi obat-obatan seumur hidup. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Konsumsi teh hijau secara rutin dapat mencegah diabetes. Teh hijau memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas. Selain itu, teh hijau juga menunkan kolesterol sehingga faktor risiko timbulnya diabetes dapat berkurang.

  Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Diet Alami

3. Meningkatkan kesehatan rongga mulut

Rongga mulut merupakan tempat mengunyah makanan setiap harinya. Tentu bisa banyak bakteri dari yang kita makan. Hal ini timbul beberapa produk perawatan kebersihan rongga mulut dengan menggunakan teh hijau. Teh hijau memililki efek anti bakteri sehingga dapat membunuh bakteri Streptococcus di dalam mulut, plak, dan risiko gigi berlubang.

4. Mencegah penyakit kardiovaskular

Kolesterol tinggi adalah risiko tertinggi terjadi penyakit kardiovaskular atau jantung. Untuk menurunkan kolesterol bisa mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau mempunyai efek katekin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini akan mencegah penyakit kardiovaskular.

Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan 

Manfaat teh hijau untuk kecantikan hampir sama dengan wajah. Teh hijau kini sudah digemari oleh kalangan produk kecantikan untuk menjadi bahan utama seperti beras dan lidah buaya. Oleh karena itu banyak sekali teh hijau ini menjadi bahan masker.

1. Mengobati Jerawat

Teh hijau dapat mengatasi jerawat pada wajah. Anti inflamasi dan anti bakteri yang terdapat di dalam teh hijau dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Tentu dapat mencegah juga peradangan pada jerawat. Selain itu, teh hijau juga dapat menyerap minyak berlebih pada wajah yang merupakan faktor utama munculnya jerawat.

2. Meremajakan Kulit

Teh hijau yang mempunyai fungsi melembabkan wajah dapat berfungsi untuk meremajakan kulit. Katekin yang terdapat dalam teh mempunyai antioksidan tinggi dan beberapa vitamin yang berfungsi meningkatkan kolagen pada kulit dan menutrisi kulit. Seperti halnya buah kelapa, manfaat air kelapa juga dapat melembabkan dan menutrisi kulit. Sehingga kulit menjadi lebih bernutrisi dan mencegah penuaan dini.

  • Sumber : JKM Vol 7/No2/Febr 2008, hal.155-162, ISSN 1411-9641

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply