Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Susu kedelai merupakan bahan makanan yang seimbang dan memiliki nilai gizi yang baik. Bahkan biasanya susu kedelai merupakan pengganti dari susu sapi. Hampir sebagain masyarakat mempunyai alergi terhadap susu sapi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki alergi terhadap masakan yang memiliki olahan dari sapi tentu bisa beralih pada susu kedelai.

Susu kedelai memiliki banyak kandungan manfaat seperti karbohidrat, protein, mineral serta vitamin. Susu kedelai merupakan cairan putih seperti susu sapi. Akan tetapi dibuat dari ekstrak kedelai.

Produksi dengan cara menggiling biji kedelai yang telah direndam oleh air. Setelah disaring, dimasak, dan diberi gula sebagai cita rasa.

Susu kedelai biasanya lebih murah dibandingkan dengan susu hewani atau susu sapi. Susu kedelai bisa dibuat hanya dengan peralatan sederhana saja. Tidak memerlukan keterampilan khusus. Namun susu kedelai mudah rusak dan lebih cepat rusak jika tidak disimpan di dalam lemari pendingin.

manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Kandungan gizi dalam setiap 100 gram biji kedelai yaitu terdiri dari :

  • protein
  • lemak
  • karbohidrat
  • kalsium
  • fosfor
  • zat besi
  • vitamin A
  • vitamin B1
  • vitamin C
  • air

Biji kacang yang terdapat dalam susu kedelai memiliki sumber protein yang tinggi. Kolesterol yang terdapat dalam susu kedelai sangat rendah. Berbeda dengan susu hewani yang memiliki banyak kolesterol sehingga lebih mudah untuk meningkatkan berat badan.

Selain kolesterol,, vitamin yang terdapat dalam susu kedelai dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk sang Ibu dan sang janin. Oleh karena itu, sang ibu memerlukan nutrisi yang lebih banyak dibanding biasanya.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Lemak tak jenuh yang terdapat dalam susu kedelai membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Lemak tak jenuh yang terdapat dalam susu kedelai dapat membantu mencegah pembentukan kolesterol dari sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi.

  10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Jika kolesterol dalam tubuh dapat diseimbangkan, maka jantung dan aliran darah akan menjadi lebih lancar. Oleh karena itu, ibu hamil dapat memiliki jantung yang sehat. Selain itu, terdapat manfaat jahe merah yang dapat mencegah penyakit jantung.

Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi yang terjadi dalam masa hamil merupakan suatu penyakit yang cukup sering. Darah tinggi bisa didapat dari gaya hidup masing-masing. Bahkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil merupakan hal yang harus segera ditangani. Karena akan membahayakan janin itu sendiri.

Darah tinggi atau hipertensi dalam kehamilian ini dapat meningkatkan risiko kesehatan sang ibu dan janin. Asam omega yang terdapat dalam susu kedelai juga dapat mencegah timbulnya penyempitan pembuluh darah.

Meningkatkan Penyerapan Kalsium

Kalsium yang terdapat dalam ibu hamil akan terpakai untuk pertumbuhan dan perkembangan dari sang janin itu sendiri. Ibu hamil memerlukan kalsium lebih banyak yaitu 1200 mg per harinya. Oleh karena itu, ibu hamil tidaklah cukup pada satu makanan saja. Namun dapat diambil dari susu kedelai, keju, ikan, dan sayuran hijau.

Mencegah Obesitas

Kenaikan berat badan dapat berlebih saat hamil. Hal ini biasanya dikarenakan sang ibu mengonsumsi terlalu banyak makanan. Mungkin benar jika sang ibu tidak boleh sakit, sehingga mengonsumsi berbagai makanan.

Dengan minum susu kedelai dapat membantu kenaikan berat badan pada janin bukan pada ibunya. Lemak nabati yang terdapat dalam susu kedelai ini dapat membantu untuk menaikkan berat badan pada janin. Tidak hanya susu kedelai, manfaat alpukat juga dapat mencegah obesitas.

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Menyusui

Setelah sang janin keluar atau melahirkan . nutrisi dari susu kedelai dapat membantu untuk perkembangan sistem dan tubuh. Susu kedelai mengandung banyak protein dan vitamin D yang berfungsi untuk penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Hal ini akan membantu dan menjadikan kulit kita lebih bernutrisi. Selain protein dan vitamin D. Susu kedelai juga mengandung asam lemak omega yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol darah sehingga dapat mencegah terjadinya stroke.

  8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Menghasilkan Energi

Energi yang didapat dari susu kedelai dapat menjadi cadangan dan energi untuk tubuh. Karbohidrat serta lemak yang terdapat dalam susu kedelai akan dijadikan produk olahan.

Menambah ASI

Terkadang keluar sedikit atau banyaknya ASI itu tergantung kondisi mental dan fisik dari seorang ibu. Tidak ada salahnya kita sebagai Ibu mencoba untuk mengenal berbagai masakan yang dapat menambah dari ASI.

Hormone phytoestrogen yang merupakan hormone esterogen yang terdapat dalam tubuh dan dapat membantu yang lain.

Manfaat Susu Kedelai untuk Anak

Anak merupakan salah satu karunia yang tentu harus dijaga oleh setiap pemiliknya.

Mengatasi Intoleransi Laktosa

Laktosa biasanya terjadi untuk menjadi hal yang patut untuk dicurigai. Susu kedelai tidak mempunyai zat yang dapat menghambat dari segalanya. Susu kedelai dapat dipakai di usia diatas 1 sampai 2 gelas.

Meningkatkan perkembangan Otak Bayi

Otak bayi merupakan suatu organ yang harus sangat dijaga. Susu kedelai yang mempunyai omega ini baik untuk prosuksi ASI.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit

Vitamin yang terdapat dalam susu kedelai dapat dijadikan sebagai pelembab alami.

Menjaga kelembaban alami

Susu kedelai sudah banyak dijadikan masker atau suatu produk kecantikan. Susu kedelai yang kaya akan vitamin dan vitamin E yang terdapat di dalam susu ini dapat membantu melembabkan kulit kita. Tidak hanya pada susu kedelai, manfaat lidah buaya dan manfaat alpukat dapat melembabkan juga.

Mencegah tanda penuaan

Semakin berusia kita maka umur akan semakin bertambah. Hal ini dapat dicegah dengan isoflavon yang terdpaat dalam susu kedelai. Zat tersebut berfungsi untuk mengurangi garis-garis halus dalam tubuh.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan suatu peradangan yang terdapat dalam wajah dan kulit bagian lain. Jerawat merupakan proses inflamasi yang dapat terdiri dari polusi atau paparan sinar matahari yang terus menerus.

Susu kedelai dipercaya untuk membantu mencegah timbulnya kulit berjerawat. Karena susu kedelai dapat mencegah adanya kadar lemak yang berlebih di dalam wajah. Vitamin C yang terdapat dalam buah jerawat dapat menurunkan atau mencegah timbulnya jerawat.

Hal ini karena vitamin C dapat menangkal radikal bebas pada tempat untuk munculnya jerawat dan bakteri yang terdapat di dalam kulit berikut. Selain itu, susu kedelai juga dapat digunakan sebagai anti aging.

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

Mencegah timbulnya alergi susu sapi

Susu kedelai yang memiliki protein nabati ini menjadikan susu ini cukup diminati oleh masyarakat yang memiliki alergi terhadap susu sapi atau hewani. Tidak hanya pada orang dewasa, alergi susu sapi biasanya muncul pada usian anak masih di bawah tiga tahun.

  Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Intoleransi laktosa yang terdapat pada masyarakat di usia muda biasanya mengakibatkan anak tersebut diare. Jika sudah terkena alergi intoleransi laktosa dapat mengganti susu yang biasa diminumnya.

Antioksidan tinggi

Vitamin C yang terdapat dalam susu kedelai ini dapat berfungsi sebagai anti oksidan. Oleh karena itu, Anda dapat tumbuh lebih muda. Selain vitamin C, susu kedelai juga mempunyai sengawa isoflavon yang dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah kerusakan matahari.

Mencegah Kolesterol Tinggi

Kolesterol atau lemak yang terdapat dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi susu kedelai. Protein nabati yang terdapat dalam susu kedelai dapat mencegah timbulnya koleterol tinggi lagi.

Manfaat Susu Kedelai untuk Lambung

Jika Anda mempunyai masalah dengan lambung ini dapat menimbulkan manfaat. Karena susu kedelai mempunyai manfaat yang baik seperti vitamin D untuk memproduksi sel darah merah, vitamin B12, serta mineral yang digunakan untuk mengurangi resiko gangguan lambung.

Yang perlu dihindari dari penyakit maag bukanlah susu kedelai. Namun, makanan dan minuman yang terdiri dari rasa yang asam atau dapat mengiritasi lambung.

Manfaat Susu Kedelai untuk Diet

Menurunkan berat badan merupakan hal yang didambakan pada setiap kaum hawa. Susu kedelai dapat digunakan untuk diet karena dapat menurunkan kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh.

Susu kedelai dapat dikonsumsi saat pagi hari dan sebelum makan. Jika sebelum makan sudah mengonsumsi susu kedelai, maka kita akan menahan untuk makan dalam porsi banyak. Susu kedelai juga dapat dicampur dengan bahan makanan lain. Selain itu, manfaat jahe merah juga dapat digunakan sebagai salah satu contoh menu makanan.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply