Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit

Lidah buaya atau dikenal dengan aloe vera pada masyarakat kini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Tidak hanya pada wajah yang terkenal dengan efek melembutkannya, namun juga bisa untuk rambut, kulit, jerawat, hingga untuk luka.

Pada aloe vera atau lidah buaya terdapat 18 asam amino yang terdiri dari karbohidrat, air, lemak, vitam, serta mineral. Selain itu terdapat beberapa enzim yang dapat membantu tubuh serta hormon yang dapat membantu kinerja tubuh untuk beraktivitas atau sistem imun.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan wajah, rambut dan kulit itu karena terdapat beberapa antibiotik, antibakteri, antiseptik, antivirus, anti jamur, antiradang, serta dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti Parkinson, sklerosis, serta beberapa penyakit yang telah resisten terhadap antibiotik.

Komponen lidah buaya diantaranya adalah karbohidrat dan air. Serta komponen terbanyak adalah air. Banyaknya kandungan air sebagai zat pelarut serta karbohidrat yang dapat menghasilkan banyak energy mengakibatkan lidah buaya memiliki segudang manfaat.

Selain karbohidrat dan air, pada lidah buaya terdapat vitamin, mineral, asam amino, niacin, asam folat, vitamin E, vitamin C, vitamin B1, B2, B6 dan B12, vitamin A serta beberapa enzim yang aktif.

Tidak hanya manfaat untuk menyuburkan rambut atau menghaluskan wajah namun juga dapat bermanfaat untuk meredakan penyakit jerawat serta mengobati luka.

Manfaat Lidah buaya untuk Wajah

Aloe vera untuk wajah

Aloe vera untuk wajah (vemala.com)

Wajah identik dengan kecantikan. Sudah banyak beberapa produk kecantikan Indonesia yang membuat gel aloe vera. Tercetus dari beberapa ide skincare Korea Selatan yang sudah memunculkan banyak produk perawatan kecantikan, seperti gel atau pembersih muka.

Lidah buaya menjadi andalan perawatan kecantikan yang khusus diperuntukkan untuk wajah dengan kulit kering. Kulit kering cenderung akan lebih cepat pecah-pecah hingga wajah akan lebih mudah keriput. Oleh karena itu, wajah dengan kulit cenderung kering memerlukan pelembab atau moisturizer yang dapat menjadi nutrisi dan melembabkan kulit.

Wajah tentu menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh kalangan para wanita, dan beberapa wanita akan rela merogoh kocek yang tinggi untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Terutama produk kecantikan dengan bahan utama aloe vera ini tentu tidaklah murah.

  Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Anda

Pelembab Alami

Lidah buaya dikenal dengan pelembab atau moisturizer yang cukup tinggi dan terbutki efektif untuk melembabkan wajah yang cenderung kering. Hal ini mengakibatkan beberapa produsen produk kecantikan menjadikan aloe vera sebagai bahan utama, seperti 99% atau 95% dari seluruh bahan yang terdapat dalam produk kecantikan.

Beberapa mengatakan bahwa semakin besar persentase aloe vera pada produk kecantikan maka akan semakin baik dan aman untuk wajah.

Mencerahkan wajah

Aloe vera termasuk salah satu bahan kosmetik yang aman untuk berbagai jenis kulit, bahkan untuk kulit berminyak sekalipun. Lidah buaya yang kaya akan nutrisi mempunyai manfaat meremajakan kulit sehingga akan tampak lebih cerah. Selain itu terdapat beberapa vitamin yang terdapat dalam aloe vera sehingga baik untuk mencerahkan wajah.

Pembersih Make Up

Aloe vera juga bisa digunakan untuk Anda yang mempunyai kulit sensitif. Oleh karena itu jika Anda mempunyai kulit yang sensitif dan memerlukan pembersih wajah setelah make up dapat menggunakan aloe vera.

Manfaat Lidah Buaya untuk Jerawat

Lidah buaya untuk jerawat

Lidah buaya untuk jerawat (merdeka.com)

Selain sebagai pelembab alami, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengobatan untuk jerawat. Anti radang yang terdapat pada lidah buaya serta bantuan enzim, hormon, dan beberapa nutrisi seperti vitamin ini yang akan mempercepat proses penyembuhan jerawat pada wajah Anda.

Hormon gliberin dan beberapa protein polisakarida yang berfungsi sebagai anti bakteri dapat meredakan jerawat perlahan-lahan. Selain itu lidah buaya berfungsi menghilangkan minyak yang berlebihan pada wajah. Minyak adalah salah satu yang menyebabkan jerawat pada wajah.

Anti radang yang merupakan salah satu komponen pada lidah buaya ini dapat meredakan kemerahan serta rasa nyeri pada jerawat. Anti oksidan serta vitamin dan mineral pada lidah buaya dapat membantu rasa nyeri pada jerawat yang sedang meradang.

Untuk mengatasi jerawat tidak hanya lidah buaya saja, namun lidah buaya dapat diracik atau dicampur dengan beberapa zat seperti perasan lemon, madu atau kunyit. Beberapa zat tersebut dapat dicampur dengan lidah buaya dan dijadikan sebagai masker alami.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

Bagi sebagian wanita, rambut menjadi salah satu hal yang harus dijaga. Sehingga beberapa produk kecantikan rambut juga menambahkan lidah buaya sebagai bahan dasar perawatan rambut. Lidah buaya yang kaya akan mineral dan karbohidrat serta kolagen ini yang dapat membuat rambut tumbuh sehat dan lebat.

  Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Kolagen tidak hanya baik untuk kulit kepala tapi juga dapat membantu menyuburkan rambut. Vitamin yang terdapat dalam lidah buaya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, B2, B3, B6, serta B12 berfungsi untuk melawan radikal bebas yang akan menyehatkan dan meremajakan rambut.

Banyak sekali manfaat yang terdapat dalam lidah buaya, sehingga tidak heran hampir semua shampoo menggunakan lidah buaya sebagai salah satu komponennya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

Hampir sama dengan manfaat pada wajah. Lidah buaya juga memiliki banyak manfaat seperti melembabkan hingga menutrisi kulit. Jika lidah buaya lebih aman digunakan pada wajah, maka lidah buaya juga aman digunakan untuk kulit pada tubuh.

Vitamin C yang terdapat pada lidah buaya berfungsi untuk membentuk kolagen. Kolagen ini yang dapat mengencangkan kulit sehingga kulit akan lebih lembab dan tidak kasar. Lidah buaya juga digunakan oleh beberapa dokter kulit untuk mengobati penyakit tertentu.

Salah satunya adalah Psoriasis. Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat menyembuhkan kulit yang terbakar atau terpapar lama oleh sinar matahari.

Psoriasis

Penyakit psoriasis merupakan penyakit kulit yang banyak diderita oleh kalangan masyarakat. Penyakit ini adalah penyakit autoimun yang biasanya muncul karena stress atau mempunyai genetik penyakit kulit tersebut. Psoriasis biasanya timbul ruam ruam kasar dan bersisik seperti ikan hampir di seluruh tubuh.

Lidah buaya biasanya ditambahkan pada krim untuk mengobati psoriasis sekitar 0.5 %. Pengobatan psoriasis cukup lama, 1 hingga 2 bulan. Namun tidak hanya aloe vera sebagai salah satu obatnya, akan tetapi juga ditambahkan zat keratolitik dan yang lainnya.

Kulit terbakar

Paparan yang cukup lama terhadap sinar matahari tidaklah baik. Bahkan paparan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan penyakit. Sebelum terkena penyakit, biasanya kondisi akut yang terjadi pada kulit adalah terbakar disertai kemerahan.

Sinar matahari dapat membakar dan merusak kolagen yang terdapat pada kulit. Oleh karena itu dibutuhkan pelembab untuk melindungi kulit agar tidak terkena langsung dengan sinar matahari. Pelembab yang baik adalah yang mengandung lidah buaya, karena lidah buaya memiliki banyak mineral, karbohidrat, serta vitamin C yang berfungsi menangkal radikal bebas serta meningkatkan kolagen yang terdapat pada kulit.

Oleh karena itu, sebelum berpergian keluar ruangan atau akan terpapar sinar matahari yang berkepanjangan, pakailah pelembab terlebih dahulu.

  11 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Gatal

Terdapat penelitian yang mengatakan bahwa lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit yang gatal. Namun hasilnya tentu tidaklah praktis. Perlu diaplikasikan dalam waktu yang sering dan selama 2 bulan. Selain itu perlu diperhatikan hal apa yang menyebabkan timbulnya gatal.

Biasanya gatal identik dengan alergi atau tidak cocok dengan zat-zat tertentu. Anti radang yang terdapat pada lidah buaya dapat menurunkan rasa gatal. Oleh karena itu jika Anda mengolesi bagian yang gatal dengan lidah buaya dapat membantu.

Manfaat Lidah Buaya untuk Bibir

BIbir merupakan bagian kulit yang paling tipis dan lembut. Jika terdapat masalah pada bibir kita akan sungkan untuk mengobatinya sehingga tidak bisa sembarang obat. Jika bibir terasa kering dan pecah-pecah tentu dapat diolesi oleh lidah buaya. Lidah buaya kaya akan mineral serta beberapa vitamin sehingga dapat melembabkan bibir.

Selain itu lidah buaya juga dapat mengobati sariawan. Terdapat anti inflamasi atau anti radang yang dapat merangsang pembentukan kolagen serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Lidah Buaya untuk Luka

Lidah buaya tidak hanya dapat mengobati luka akibat paparan sinar matahari saja. Tetapi lidah buaya juga dapat mengobati luka lecet. Selain anti radang, lidah buaya juga mempunyai anti septik atau anti bakteri, sehingga akan mempercepat proses penyembuhan dari luka tersebut.

Selain itu terdapat mineral dan karbohidrat serta vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas dan sebagai antioksidan. Cara yang mudah dan sederhana, hanya mengambil air yang biasanya masih terdapat dalam kulit daunnya.

Lidah buaya mempunyai segudang manfaat. Tidak hanya terdapat pada wajah atau rambut saja, tapi juga dapat mengobati berbagai macam tempat. Lidah buaya kini sudah banyak disukai oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan sudah banyak beberapa produk kecantikan mengeluarkan bahan lidah buaya.

Oleh karena itu, lidah buaya sangat popular digunakan pada kalangan muda.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply