Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Kayu manis atau disebut dengan Cinnamomun sp. Yang merupakan tanaman rempah dari family Lauraceae yang terdiri dari beberapa spesies. Pada beberapa pasaran kayu manis, dikenal dengan sebutan Casiavera atau Cinamon.

Kayu manis dapat tumbuh namun tergantung dari beberapa faktor, yaitu ketinggian tempat, curah hujan, kondisi tanah, topografi, dan air tanah. Oleh karena itu, kayu manis dapat tumbuh pada ketinggian 2000 meter dari permukaan laut.

Selain itu, dibutuhkannya iklim tropis basah dengan curah hujan 2000-2500 mm/tahun. Kayu manis merupakan tumbuhan yang tegak, dan tingginya mencapai 15 m. Batang yang berkayu dan bercabang ini memiliki daun tunggal yang ujung pangkalnya meruncing. Saat masih muda, daunnya akan berwarna merah tua atau hijau ungu, dan daun yang sudah tua berwarna hijau.

Kulit batangnya mengandung damar, lendir, dan terutama minyak atsiri yang mudah larut dalam air. Komponen minyak atsiri kayu manis yang terbesar yaitu sinamaldehida.

Kayu manis mempunyai khasiat yang luar biasa. Hasil utama dari tanaman ini pada kulitnya digunakan sebagai rempah-rempah. Tidak banyak yang mengetahui manfaatnya untuk kesehatan. Pada masyarakat kini, kayu manis dikenal sebagai rempah-rempah dan digunakan untuk bumbu dapur dan bahan pembuatan jamu. Aromanya yang menyengat dan harum ini cocok untuk campuran bahan membuat kue.

Berdasarkan beberapa penelitian kayu manis memiliki manfaat untuk obat asam urat, tekanan darah tinggi, maag, tidak nafsu makan, sakit kepala karena vertigo, diare, perut kembuh, dan masih banyak lagi. Kayu manis memiliki efek farmakologis yang dibutuhkan dalam obat-obatan.

Pada bagian kulit batang daun dan akarnya dapat dimanfaatkan sebagai obat antirematik dan peningkat nafsu makan.

Tidak hanya untuk kesehatan, kayu manis juga dapat digunakan pada produk kecantikan dan parfum.

Minyak atsiri yang merupakan komponen utama pada kayu manis ini bersifat sebagai anti mikroba. Antimikroba adalah zat yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba dan bakteri.

Minyak atsiri tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti Staphylococus aureus, Escherichia coli, dan Salmonella typhimurium.

manfaat kayu manis

manfaat kayu manis

Manfaat kayu manis untuk Wajah

Kayu manis yang sering dimanfaatkan untuk bahan makanan ini dapat dipakai juga sebagai masker wajah.

Mencerahkan wajah

Masker yang memakai salah satu zat kayu manis dapat membantu mengembalikan kesegaran wajah. Antioksidan dan antibakteri yang terdapat dalam kayu manis dapat mengembalikan kulit kusam atau kulit mati pada wajah. Caranya hanya mengoleskan pada wajah lalu bilas hingga bersih.

Menjadi Alas wajah yang bersinar

Memakai foundation sebagai alas make up pada wajah sangat diperlukan. Karena akan menutupi beberapa titik dan garis halus yang tidak enak dipandang. Riasan wajah yang glowing sangat diminati oleh kaum hawa.

Dengan bantuan bubuk kayu manis dalam foundation dapat menampilkan efek glowing tersebut. hal tersebut juga bisa disebut menjadi bedak yang natural. Seperti manfaat lidah buaya yang kini juga sedang diminati kalangan muda karena dapat berfungsi menjadi primer sebelum make-up.

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan

 Selain dapat digunakan untuk kesehatan wajah, kayu manis juga dapat berfungsi berbagai macam hal untuk kecantikan.

Mencegah kulit kusam

Kulit kusam menjadi hal yang ditakuti. Karena jika sudah terdapat kulit kusam maka kulit tidak akan menjadi cerah kembali. Perlu perawatan yang rutin untuk mencegah dan menghilangkan kulit kusam.

Dengan kayu manis yang dijadikan masker dapat membantu menghilangkan kulit mati yang terdapat dalam wajah. Sehingga wajah menjadi lebih cerah alami.

Melembabkan bibir secara alami

Lip balm yang dibuat sendiri tentu berbeda dengan lip balm yang terdapat pada merk tertentu. Tentu jika dibuat sendiri adalah alami dan tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Dengan ditambahi beberapa tetes minyak kelapa bisa menjadi pelembab alami dan dapat mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Masker jerawat

Jerawat merupakan hal yang membandel dan tidak enak dilihat jika kita mempunyai jerawat pada wajah. Jerawat bisa disembuhkan dengan zat yang memiliki anti inflamasi dan anti bakteri.

  Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Jerawat timbul karena adanya bakteri yang tercampur dengan minyak. Kayu manis dapat ditambahkan dengan beberapa tetes madu dan dapat dioleskan pada wajah. Hal ini mempunyai khasiat yang sama dengan manfaat jeruk lemon.

Manfaat Kayu Manis untuk Diet

Memiliki berat badan ideal adalah impian pada setiap kaum wanita ataupun pria. Banyak cara untuk mendapatkan badan proporsional. Salah satunya dengan mengkonsumsi kayu manis secara rutin.

Cara membuat minuman kayu manis yang dapat menurunkan berat badan yaitu, dibutuhkannya 1 sdm kayu manis atau 2 batang kayu manis, 1 gelas air, 2 sdm madu. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan kayu manis ke dalamnya. Aduk lalu tuang ke dalam gelas. Tambahkan madu dan minuman dapat diminum sesudah bangun tidur.

Selain untuk menurunkan berat badan, kayu manis ini juga dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Minuman kayu manis ini perlu diminum pada pagi hari agar berat badan turun dan kesehatan tubuh tetap dalam kondisi yang fit.

Manfaat Kayu Manis untuk Diabetes

Diabetes mellitus merupakan penyakit yang ditakuti masyarakat kini. Karena jika sudah terkena penyakit diabetes mellitus maka akan melakukan pengobatan seumur hidup. Selain itu, jika sudah terkena diabetes mellitus akan mungkin muncul risiko-risiko lain yang dapat mengancam jiwa. Seperti penyakit jantung koroner atau stroke.

Diabetes mellitus terjadi karena pola gaya hidup yang tidak baik. Makan makanan berlemak dan kadar gula yang tinggi dapat mengakibatkan diabetes mellitus. Hal ini perlu dicegah. Selain ubah pola gaya hidup Anda.

Kayu manis dipercaya memiliki manfaat untuk mencegah penyakit diabetes mellitus. Dalam sebuah penelitian, 1 gram kayu manis per hari dapat meningkatkan sensitivitas hormon insulin pada tubuh. Hormon inilah yang akan mengatur kadar gula darah dalam tubuh agar tidak terlalu banyak beredar dalam aliran darah.

Oleh karena itu, kayu manis tidaklah sebagai obat untuk diabetes akan tetapi sebagai pencegah saja. Karena diabetes tidak ada obat yang dapat menyembuhkan, akan tetapi pola gaya hidup yang bisa menyembuhkannya.

Di lain sisi, kayu manis memang memiliki kadar gula yang sehat. Akan tetapi untuk penderita diabetes tetap tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak. Tetap ada kadar tertentu. Oleh karena itu konsultasikanlah pada dokter sebelum mengonsumsi kayu manis dalam jumlah cukup banyak.

  Manfaat Susu Beruang (Bear Brand) untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan

Manfaat Kayu Manis pada Pria

Tidak hanya wanita. Pria juga dapat merasakan manfaat dari kayu manis. Aroma dari kayu manis dapat meningkatkan libido pada kaum pria bahkan kaum wanita juga.

Jika mengonsumsi kayu manis secara rutin, maka kadar hormone testosterone yang lebih tinggi pada pria sehingga akan ereksi lebih baik.

Manfaat Kayu Manis pada Wanita

Kayu manis mempunyai manfaat untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini disarankan bagi Anda yang berencana untuk memiliki sang buah hati. Jika Anda merasa kesulitan untuk hamil, Anda dapat mengonsumsi campuran dari serbuk kayu manis dan ditambah dengan madu.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam kayu manis mempunyai zat yang dapat memperkuat rahim pada wanita. Sehingga proses pembuahan yang terjadi di dalam rahim akan lebih baik.

Akan tetapi, jika Anda yang telah hamil perlu memerhatikan jika akan mengonsumsi kayu manis. Kayu manis akan mengganggu perkembangan otak pada janin. Kandungan glycyrrhizin pada kayu manis akan mengganggu plasenta. Oleh karena itu, jika akan mengonsumsi kayu manis bagi wanita hamil perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tidak hanya kayu manis yang dapat menyuburkan rahim pada wanita, manfaat daun papaya juga dapat memberikan kesehatan dan nutrisi yang baik untuk rahim.

Banyak sekali manfaat kayu manis untuk tubuh kita. Akan tetapi tetap harus dalam pengawasan karena tidak boleh mengonsumsi kayu manis dalam jumlah yang banyak.

 

Sumber: Manfaat Daun Kayu Manis terhadap Khasiat Antioksidasi Mahkota Dewa selama penyimpanan, Anton Sufriadi.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply