Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan dan Kebugaran

manfaat jus tomat – Buah tomat atau disebut Lycopersium Esculentum dalam bahasa latinnya, adalah salah satu makanan yang menyehatkan dan mempunyai gizi yang lengkap.

Buah tomat termasuk tanaman yang umurnya satu kali dalam periode panen. Secara bentuk sangat beragam. Ada yang berbentuk bulat, pipih, keriting, bahkan seperti bola lampu.

Macam buah tomat yaitu terdiri dari tomat biasa yang sering ditemui di pasar-pasar. Tomat apel atau pir yang bentuknya bulat dan sedikit keras menyerupai seperti buah apel. Tomat kentang yang ukurannya lebih besar bila dibandingkan tomat apel. Tomat gondola yang bentuknya agak lonjong dan teksturnya keras dan berkulit tebat. Tomat ceri yang bentuknya bulat dan kecil serta rasanya cukup manis.

Manfaat buah tomat untuk kesehatan sangat banyak. Manfaatnya dapat dirasakan pada tubuh kita bahkan untuk ibu hamil merupakan nutrisi yang baik. Dalam buah tomat terdapat gizi-gizi penting bagi tubuh seperti karbohidrat, protein, dan beberapa antioksidan seperti lycopene. Vitamin C memiliki kadar tertinggi dalam buah tomat. Lalu disertai vitamin A dan vitamin K serta vitamin B kompleks. Tidak hanya vitamin, beberapa mineral dan folat juga terdapat pada buah tomat.

Lycopene merupakan salah satu antioksidan alami yang sangat kuat dan terkandung dalam buah tomat. Lycopene memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker. Saat ini telah dikembangkan pula beberapa ekstrak buah tomat yang dapat digunakan untuk terapi tekanan darah tinggi.

Tomat tidak hanya dapat digunakan untuk bahan masakan, namun dapat digunakan juga seperti jus. Khasiat yang terdapat dalam tomat tidak akan berubah jika diminum dalam bentuk jus.

 Manfaat Tomat untuk Wajah

Jus tomat memiliki khasiat untuk wajah. Sudah terdapat beberapa penelitian yang meneliti jus buah tomat untuk kesehatan wajah. Salah satunya yaitu untuk mencegah proses penuaan. Proses penuaan pada wajah dapat ditandai dengan fungsi kulit yang menurun. Selain dengan jus tomat, fungsi kulit dapat dikembalikan kelembabannya dengan manfaat lidah buaya.

  Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Diet Alami

Fungsi kulit yang menurun seperti sel kuli mati yang melekat di lapisan terluar dari kulit, sehingga kulit akan mongering dan kusam bahkan terasa kasar. Tidak hanya itu, produksi kolagen juga akan menurun sesuai dengan bertambahnya usia. Sehingga kulit akan kehilangan fungsi elastisitasnya.

Proses penuaan pada wajah terdiri dari dua faktor. Yaitu secara intrinsik yang merupakan proses alami dalam tubuh, serta faktor ekstrinsik yang disebabkan oleh lingkungan. Lingkungan yang dapat mengakibatkan proses penuaan seperti sinar matahari, polusi udara, alat elektronik dan nutrisi yang tidak seimbang juga dapat mengakibatkan proses penuaan.

Minum jus tomat pada wajah dapat menangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit wajah menjadi cepat untuk proses aging. Vitamin C yang merupakan vitamin tertinggi pada jus tomat akan membantu hal tersebut. sehingga jus tomat dapat berfungsi sebagai anti-aging.

Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Jus tomat dapat menangkal proses terjadinya penuaan. Oleh karena itu, jus tomat juga dapat berfungsi untuk mencegah timbulnya kulit kusam. Kulit kusam terjadi karena banyaknya sel kulit mati yang terdapat di dalam kulit kita. Hal ini terjadi karena terpaparnya wajah dan kulit kita terlalu lama dengan sinar matahari.

Sinar matahari yang disertai dengan UVB dan UVA akan membuat kulit kita cepat meregenerasi dan berubah menjadi lebih gelap.

Maka dengan meminum jus tomat yang kaya akan vitamin dan beta karoten yang akan menangkal radikal bebas dari pencahayaan yang berlebih. Radikal bebas yang didapatkan dari lingkungan tersebut tidak baik untuk kesehatan kita.

Tidak hanya itu, jus tomat juga akan memberikan perlindungan pada kulit terhadapa sinar matahari. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang rutin meminum jus tomat ditambah dengan minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami sunburn akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Sunburn pun dapat diredakan dengan manfaat es batu untuk wajah.

  Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Jus tomat yang memiliki banyak nutrisi ini tentu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Antioksidan

Jus tomat dapat berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Hal ini dapat menetralkan radikal bebas. Antioksidan biasanya didapat dari makanan yang tinggi akan vitamin C dan vitamin E serta beta karoten. Oleh karena itu jus tomat akan meningkatkan proses kekebalan tubuh kita karena mempunyai fungsi sebagai antioksidan.

Dapat Menurunkan Kolesterol

Jus tomat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Lycopene yang terdapat dalam jus tomat dapat mengurangi kadar kolesterol yang tidak baik.

Mencegah Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat yang terjadi pada laki-laki dengan usia tua ini dapat dicegah dan menurunkan risikonya. Lycopene yang terdapat dalam jus tomat akan berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi berbagai sel dari kerusakan. Oleh karena itu kanker prostat dapat dicegah.

Mencegah Risiko Stroke

Stroke dapat terjadi karena adanya darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa diatur jika minum jus tomat secara rutin dan teratur. Namun masih diperlukan beberapa penelitian lebih lanjut mengenai penurunan tekanan darah yang terjadi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol akan mengakibatkan pecahnya pembuluh darah di dalam otak. Hal ini yang akan mengakibatkan terjadinya stroke.

Manfaat Tomat untuk Diet

Mempunyai proporsi tubuh yang proporsional merupakan kebangaan dan cita-cita setiap kaum hawa. Mereka akan melakukan berbagai cara agar mempunyai tubuh yang ideal.

Secara tradisional terdapat banyak cara untuk menurunkan berat badan. Jus tomat yang mempunyai kalori dan karbohidrat yang rendah ini dapat digunakan sebagai rutinitas untuk menurunkan berat badan. Pada sebuah penelitian mengatakan jika rutin mengonsumsi jus tomat dapat membantu mengurangi berat badan dan menjaga tubuh terhindar dari penyakit jantung dan diabetes mellitus tipe 2.

Kandungan lycopene yang terdapat dalam jus tomat ini akan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, lycopene akan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

  Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Wajah

Nutrisi yang terdapat dalam jus tomat yaitu kadar gula yang mudah dicerna seperti glukosa. Kandungan gula ini yang baik untuk tubuh. Jika kita mengonsumsi jus tomat secara rutin, kita tidak memerlukan makanan berkarbohidrat tinggi. Oleh karena itu, kita dapat terhindar dari diabetes mellitus. Tidak hanya dengan minum jus tomat, minum manfaat teh hijau juga dapat menurunkan berat badan

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil diharuskan memiliki banyak energi untuk tubuh. Jus tomat ini memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Dianataranya yaitu vitamin C dan zat besi.

Vitamin C dan zat besi

Vitamin C yang terdapat di dalam jus tomat akan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit. Wanita hamil akan lebih mudah untuk terkena penyakit oleh karena itu jus tomat dapat mencegahnya. Vitamin C dan zat besi juga dapat membantu proses dalam memperbaiki sel dalam tubuh yang sedang rusak.

Asam folat

Wanita hamil sangat memerlukan asam folat untuk tubuh dan janinnya. Asam folat berfungsi untuk proses pembentukan sel otak yang baik untuk janin. Bahkan sebaiknya seorang ibu yang ingin merencanakan kehamilan memerlukan konsumsi asam folat terlebih dahulu untuk tubuh.

Hidrasi tubuh

Kandungan air yang terdapat dalam jus tomat akan membantu tubuh seorang ibu hamil dari kurangnya cairan. Tidak hanya pada buah semangka, namun dalam jus tomat pun memiliki cairan yang cukup baik untuk menghidrasi Sang Ibu.

Sumber : Efek Jus Buah Tomat terhadap Pencegahan photoaging Kulit akibat Radiasi Sinar Ultraviolet B, Wahyono dkk.

manfaat jus tomat

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply