Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Diet Alami

Jeruk lemon khas dengan warna kuningnya ini sering dikonsumsi untuk beberapa makanan seperti pudding atau kue sebagai rasa asamnya yang khas. Jeruk lemon ini dapat digunakan sebagai penyedap atau penyegar rasa dari suatu masakan. Atau bisa juga digunakan sebagai minuman.

Kulit jeruk lemon dapat digunakan sebagai perasa dan aroma dari suatu masakan. Bahkan minyak dari kulit jeruk lemon dapat digunakan untuk aroma atau pengharum dari deterjen, shampoo, sabun atau parfum.

Minyak atsiri pada jeruk lemon mempunyai nilai yang paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Tidak semua masyarakat mengetahui bahwa jeruk lemon ini dapat digunakan sebagai pengobatan herbal.

Secara garis besar, jeruk lemon ini mengandung gula, polisakarida, asam organik, lemak, karotenoid, vitamin dan mineral, serta flavonoid, limonoid, dan beberapa komponen yang bersifat volatile.

manfaat jeruk lemon

manfaat jeruk lemon unsplash.com

Vitamin yang tertinggi dalam sebuah jeruk lemon yaitu vitamin C. Vitamin C sudah dikenal mempunyai khasiat sebagai antioksidan yang baik. Fungsi antioksidan ini yang mempunya banyak manfaat yang dapat digunakan untuk pengobatan herbal.

Jeruk lemon dapat tumbuh di berbagai negara di dunia. Di Indonesia sendiri, manfaat jeruk lemon dikenal oleh masyarakat sejak tahun 1980. Jeruk lemon termasuk dalam kelompok jeruk sitrun. Jeruk sitrun sendiri terdiri dari jeruk lemon dan jeruk sukade.

Manfaat jeruk lemon di Asia Tenggara memang digunakan sebagai penyedap makanan, pembuatan minuman, dan berbagai macam obat tradisional. Jeruk lemon akan semakin terasa segarnya jika digabungkan dengan buah lainnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk lemon diantaranya adalah lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, natrium, kalium sebagai mineralnya. Serta terdapat sedikit karbohidrat, gula, protein. Vitamin yang terdapat dalam jeruk lemon diantaranya yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, zat besi dan magnesium.

Manfaat Lemon untuk Wajah

Sudah banyak beberapa produk kecantikan menggunakan zat jeruk lemon sebagai bahan utamanya. Terutama untuk wajah yang cenderung berminyak dan berjerawat.

  Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Wajah

Mengontrol minyak berlebih pada wajah

Wajah yang cenderung berminyak akan lebih sering terkena jerawat dibandingkan wajah yang cenderung kering. Hal ini karena jerawat dapat terbentuk karena minyak yang berlebih disertai dengan bakteri. Oleh karena itu muncullah proses radang.

manfaat Jeruk lemon dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah. Bahkan hasilnya akan lebih optimal jika jeruk lemon disertai dengan madu dan disimpan di dalam kulkas. Setelah itu dapat digunakan sebagai masker sehar-hari.

Karena jeruk lemon dan madu merupakan zat yang natural dan herbal. Maka kecil kemungkinannya untuk terkena alergi dari dua zat tersebut.

Mengurangi jerawat pada wajah

Seperti yang telah dibahas bahwa jerawat dapat muncul karena minyak yang berlebih pada wajah serta adanya peran bakteri. Maka timbullah jerawat dan dapat meradang dalam wajah. Jerawat yang dapat mengganggu penampilan pada wajah dapat dikurangi dengan jeruk lemon.

Air perasan jeruk lemon yang mengandung vitamin C ini dapat mengurangi jerawat pada wajah. Vitamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan dapat meminimalisir proses radang dan mencegah timbulnya jerawat yang lainnya.

Mencerahkan Wajah

Wajah yang cerah merupakan suatu idaman para kaum wanita. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat dalam wajah. Setiap bulannya, kulit dalam tubuh kita meregenerasi. Jika meregenerasi sempurna tidak akan meninggalkan kulit mati yang dapat menyebabkan timbulnya kulit kusam.

Manfaat Lemon untuk Kulit

Menghaluskan permukaan kulit

Hampir sama seperti kulit pada wajah. Jeruk lemon dapat mmeberikan efek menghaluskan permukaan kulit. Kulit dan wajah merupakan suatu sistem barrier pertama jika kita terkena polusi. Oleh karena itu, debu dan asap dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi lebih kotor dan kasar.

Jeruk lemon dapat menghaluskan kulit tersebut karena terdapat kandungan vitamin C yang tinggi sebagai anti oksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang ditimbulkan dari polusi dan debu yang mengenai kulit kita setiap harinya. Hal ini sama dengan manfaat lidah buaya yang dapat menghaluskan kulit.

Meningkatkan kualitas kolagen pada kulit

Air lemon yang dipakai secara teratur pada tubuh dan wajah dapat meningkatkan kualitas kolagen pada kulit. Oleh karena itu kulit menjadi lebih kencang dari biasanya dan terasa lebih stabil. Sehingga semakin baik fungsinya sebagai sistem pertahanan pertama pada tubuh.

Mencegah penyakit kulit

Anti oksidan yang terdapat dalam jeruk lemon dapat membantu untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit pada kulit. Selain itu, jeruk lemon juga bermanfaat sebagai anti mikroba, anti radang, anti jamur, serta anti inflamasi. Jadi sangatlah baik menggunakan jeruk lemon sebagai bahan utama untuk perawatan kulit.

  Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Manfaat Lemon untuk Kecantikan

 Sebagai anti aging

Jeruk lemon yang sering digunakan sebagai masker alami pada wajah dapat berfungsi untuk melembutkan wajah dan mengurangi garis-garis halus pada wajah. Hal ini bisa berguna juga sebagai anti aging.

Selain itu kandungan vitamin B1, B2, B3, dan B5 serta vitamin C yang tinggi dalam jeruk lemon dapat berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Sehingga kulit menjadi lebih sehat alami.

Mengecilkan pori-pori

Air jeruk lemon mempunyai khasiat meningkatkan kolagen yang terdapat dalam wajah dan kulit. Jika hal ini terjadi, pori-pori yang membesar juga dapat dikecilkan oleh jeruk lemon tersebut. Sehingga wajah akan menjadi semakin mudah untuk dibersihkan.

Mengangkat komedo

Pori-pori yang sudah dikecilkan tentu akan mengurangi tempat bakteri dan debu bersarang pada wajah. Hal ini akan mengurangi komedo yang terdapat dalam wajah. Sehingga kulit menjadi lebih bersih dan terhindar dari komedo. Seperti halnya manfaat bawang putih yang dapat menghilangkan komedo hitam membandel juga.

Manfaat Jeruk Lemon untuk Diet

Jeruk lemon dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Pectin yang terdapat dalam jeruk lemon akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jika perut terasa kenyang lebih lama maka akan membuat kita terhindar untuk makan makanan berlebih. Tidak hanya jeruk lemon, manfaat kayu manis juga dapat menurunkan berat badan.

Cara membuat air lemon untuk diet

Terdapat beberapa tips yang dapat digunakan untuk minum air lemon yang berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Pertama, bisa mencampurkan air lemon dengan air hangat. Setelah itu berilah madu sedikit saja agar rasa lemon yang tidak terlalu asam. Tentu hal ini bisa dengan sesuai selera. Hal ini dapat mengurangi lemak jahat yang dapat mengganggu fungsi liver dan organ dalam lainnya.

Kedua, bisa dengan infuse water. Yaitu dengan memotong jeruk lemon menjadi beberapa bagian dan masukkan dalam air botol. Bisa dicampurkan dengan daun mint dan masukkan ke dalam lemari es. Lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya bisa diminum dan akan terasa efek menyegarkan bagi tubuh.

Manfaat jeruk Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Buah jeruk lemon tidak hanya berkhasiat untuk wajah dan menurunkan berat badan saja. Buah jeruk lemon mempunyai banyak manfaat.

Merangsang pertumbuhan rambut

Air dari jeruk lemon dapat berkhasiat juga untuk rambut. Rambut akan tumbuh alami dan semakin kuat akarnya. Oleh karena itu, hal ini cocok untuk seseorang yang mempunyai rambut yang mudah patah.

  Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit

Mengatasi bibir yang kering

Jeruk lemon yang dapat bermanfaat untuk kulit dan melembutkan kulit. Tentu bisa juga untuk mengatasi bibir yang kering. Vitamin C yang tinggi dapat membantu untuk melembutkannya. Hanya cukup dioleskan dari irisan buah lemon dan diamkan selam 2-3 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Baik untuk Kesehatan Otak

Jeruk lemon yang mempunyai zat phytonutrient ini dapat berfungsi untuk mengurangi beberapa masalah pada otak seperti penyakit saraf yaitu Parkinson. Selain itu, sel-sel yang terdapat dalam otak juga akan dilindungi sehingga otak dan saraf dalam tubuh dalam keadaan sehat.

Meredakan sakit kepala

Sakit kepala yang cukup sering dijumpai pada masyarakat kini bisa dihindari dan diredakan dengan sakit kepala. Jeruk lemon yang rasanya asam ini bisa juga menenangkan dan meringankan rasa sakit karena terdapat zat anti nyeri yang terdapat dalam manfaat jeruk lemon.

Menghilangkan Bau badan

Bau badan merupakan hal yang ditakuti oleh masyarakat. Karena jika telah terkena bau badan akan merasa tidak percaya diri berada di masyarakat sekitar. Sifat anti bakteri yang terdapat dalam jeruk lemon dapat mencegah timbulnya bau badan. Karena bau badan itu muncul karena adanya bakteri yang bersatu dengan keringat.

Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang cukup banyak pada zaman modern ini. Makanan dan minuman dengan gula tinggi bisa mengakibatkan diabetes. manfaat Jeruk lemon dapat memberikan energi pada tubuh kita, oleh karena itu akan mengurangi kita untuk mengkonsumsi makanan yang tidak perlu.

Mencegah Batu Ginjal

Khasiat dari jeruk lemon yaitu dapat membantu penyerapan cairan dalam tubuh. Hal ini dapat membantu untuk menghidrasi tubuh. Sehingga baik untuk menjaga urin agar tetap encer. Sehingga mengurangi risiko terjadinya batu ginjal. Selain itu, tentu kita pun harus minum air yang cukup banyak agar tubuh kita tetap terhidrasi dengan baik.

Itulah manfaat jeruk lemon untuk tubuh dan kesehatan kita. Tentunya hal tersebut tidaklah instan. Diperlukan ketelatenan untuk menjaga tubuh kita dalam keadaan sehat.

 

Sumber : Daya Analgesik Sari Buah Jeruk Lemon pada Mencit Putih Betina, Yohanes Andi.

 

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply