Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Vitalitas Pria

Manfaat jahe merah – Jahe merah atau disebut juga Zingiber officinale rascyang merupakan bahasa yunani yang berarti tanduk. Karena bentuk jahe yang mirip dengan tanduk rusa. Tanaman jahe sebagai bentuk family Zingiberaceae ini dikenal di sepanjang daerah tropis seperti Indonesia dan sub tropis.

Jahe sendiri terdiri dari beberapa macam, yaitu :

  • Jahe Putih Besar
  • Jahe Emprit
  • Jahe Merah

Yang akan kita bahas saat ini adalah jahe merah yang memiliki banyak kandungan manfaat untuk tubuh. Jahe merah berasal dari Asia Pasifik yang tersebar sampai Cina.

Oleh karena itu, tidak aneh lagi karena Cina juga ikut memopulerkan jahe merah kepada masyarakat akan kepentingannya. Nama lain dari jahe merah yaitu jahe sunti. Jahe merah ini memiliki struktur rimpang jahe merah dan kecil berlapis. Daging rimpangnya berwarna kuning kemerahan dan berlapis.

manfaat jahe merah

manfaat jahe merah | tokopedia.com

Kandungan yang terdapat dalam jahe yaitu kandungan kimia yang dapat berbeda dari jahe satu ke yang lainnya. Dalam beberapa penelitian mengatakan bawa tingkat kepedasan dan aroma jahe terletak dari jenis jahe, tanah sewaktu jahe ditanam.

Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa jahe mengandung pati, minyak atsiri, serat, serta sejumlah protein, vitamin, mineral, dan enzim proteolitik yang disebut dengan zingibain.

Kandungan minyak atsiri dan oleoresin yang terdapat dalam jahe merah ini cukup tinggi. Terdapat manfaat dalam dunia pengobatan, bisa secara tradisional atau dengan teknik industri sesuai kemajuan teknologi yang ada.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Jahe tidak hanya digunakan dalam bahan masakan tertentu. Jahe juga dapat digunakan pengobatan seperti sakit kepala, batuk, atau masuk angin.

Memperlancar Aliran Darah

Dalam sebuah penelitian, mengatakan bahwa jahe memiliki atau merangsang pelepasan hormon adrenalin. Dilain sisi juga memperlebar pembuluh darah. Oleh karena itu, darah akan mengalir lebih cepat dan lancar.

Menjaga Kondisi Jantung

Aliran darah yang lebih lancar ini bisa mencegah timbulnya penyakit jantung yang biasa muncul karena tersumbatnya aliran darah. Jahe merah jika dikonsumsi secara rutin dapat melancarkan aliran darah.

  Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan dan Kebugaran

Mencegah Kanker Usus

Jahe merah memiliki manfaat sebagai antioksidan. Antioksidan yang terdapat di dalam jahe merah dapat mencegah timbulnya kanker usus. Minyak atsiri yang terdapat dalam jahe merah memiliki manfaat sebagai antioksidan.

Mengobati Flu

Flu adalah penyakit yang hampir semua masyarakat pernah merasakannya. Flu biasanya terjadi akibat virus atau bakteri. Pada jahe merah terdapat zat aktif yaitu Limoen yang dapat meredakan gejala flu. Selain itu, jahe merah jika dikonsumsi juga akan membantu untuk menghangatkan badan ketika sakit.

Manfaat Jahe Merah untuk Pria

Jahe merah memiliki banyak khasiat untuk kaum pria. Tidak hanya membantu untuk menurunkan risiko kanker prostat. Namun juga dapat meningkatkan vitalitas kaum pria.

Meningkatkan Vitalitas Pria

Jahe merah dapat meningkatkan vitalitas pada pria. Zat aktif Betha sitoserol yang terdapat dalam jahe merah ini akan merangsang hormon androgen dalam tubuh. Selain itu, jahe merah ini juga dapat mencegah infertilitas pada pria. Kandungan mineral seperti potassium, magnesium dan beberapa vitamin seperti vitamin B6 akan dibutuhkan untuk kesehatan pada sistem syaraf. Tidak hanya pada jahe merah, manfaat buah nanas juga dapat meningkatkan vitalitas pada kaum pria.

Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat dapat dicegah dengan pola makan yang sehat dan baik sejak dini. Semakin bertambah umur pada kaum pria, maka semakin tinggi risiko untuk terkena kanker prostat. Jahe merah yang memiliki kaya akan vitamin dan beberapa zat aktif dapat mencegah kanker prostat. Efek antioksidan yang terdapat pada jahe merah dapat menurunkan radikal bebas dalam tubuh.

Mengatasi Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi biasanya terjadi karena tidak lancarnya aliran pembuluh darah pada tubuh. Jahe merah memilki zat aktif yang dapat memperlancar aliran darah. Jika aliran darah telah lancar, maka disfungsi ereksi dapat dicegah.

Manfaat Jahe Merah dan Madu

Madu memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Diantaranya yaitu:

  • Kalsium
  • Alumunium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Vitamin B, K, dan C
  • Asam pentotenat

Dan tentu masih banyak lagi. Madu dapat dikombinasikan dengan berbagai makanan yang memiliki khasiat juga. Seperti jahe yang mengandung minyak atsiri yang merupakan antioksidan tinggi. Jika jahe dipadupadankan dengan madu, maka akan memiliki banyak khasiat.

  Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Mempertahan Kekebalan Tubuh

Zat yang terdapat dalam madu dan jahe yang kaya akan vitamin dapat mempertahankan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin yang dimiliki pada keduanya dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak akan mudah sakit.

Memecah Kolesterol dalam Darah

Kolesterol jika dibiarkan akan menjadi penyebab beberapa penyakit seperti stroke atau penyakit jantung. Jahe memiliki zat aktif yang dapat menghancurkan kolesterol. Selain itu, zat yang terdapat dalam madu dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga kolesterol dalam tubuh dapat dipecah dan dikurangi.

Manfaat Jahe Merah untuk Diet

Jahe merah memiliki efek memperlancar aliran darah serta dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan mempermudah untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan agar ideal. Sineol yang terdapat dalam jahe merah dapat berfungsi untuk penguat lapar.

Sehingga akan lebi lama terasa kenyang setelah mengonsumsi jahe merah. Berat badan pun dapat distabilkan. Manfaat susu kedelai juga dapat menurunkan berat badan.

Manfaat Jahe Merah untuk Asam Lambung

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan. Khasiat jahe merah sebagai penguat lapar ini dapat berfungsi untuk menetralkan asam lambung yang tinggi dalam tubuh. Sehingga maag dapat dicegah jika kita mengonsumsi jahe merah secara rutin. Tentu perlu diperhatikan setiap makanan yang akan kita konsumsi. Karena dikhawatirkan dapat meningkatkan produksi asam lambung kembali. Tidak hanya jahe merah, manfaat lidah buaya juga dapat menetralkan asam lambung.

Manfaat Jahe Merah untuk Wanita

Meningkatkan Kesuburan

Seperti halnya pada kesuburan kaum pria. Jahe merah juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Jahe merah memiliki zat aktif berupa komponen L-arginin yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Aliran darah yang lancar akan meningkatkan nutrisi pada rahim. sehingga rahim memiliki tempat yang baik untuk perkembangan sang janin.

Mengatasi Nyeri saat Haid

Haid yang selalu datang tiap bulan akan mengganggu aktivitas jika sampai terasa nyeri. Jahe merah yang memiliki zat aktif sebagai anti nyeri ini dapat mengatasi keram perut saat haid. Sehingga, jika terasa kram perut saat haid, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi jahe merah.

  Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit

Merangsang Pengeluaran ASI

ASI yang menjadi zat penting untuk bayi menjadi hal yang penting untuk memperlancar pengeluarannya. Jahe merah memiliki kandungan keton yang dapat merangsang proses pengeluaran ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Jahe merah sudah dikategorikan sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Jantung

Zat aktif yang terdapat dalam jahe merah dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara memperlancar aliran darah. Jahe merah memiliki fungsi memperlancar aliran darah serta menurunkan kolesterol. Oleh karena itu dapat mencegah berbagai risiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Meredakan Rasa Nyeri

Zat anti nyeri yang terdapat dalam jahe merah dapat meredakan nyeri pada jantung. Namun tidak akan sepenuhnya hilang rasa nyeri itu. karena untuk penyakit jantung memerlukan pengobatan anti nyeri yang cukup tinggi dibandingkan dengan anti nyeri biasa.

Meredakan sesak pada penyakit jantung

Jantung yang membesar dapat menyebabkan sesak. Biasanya jika sudah sesak maka Anda memiliki penyakit jantung yang sudah cukup lama. Jahe merah hangat dapat membantu untuk meredakan sesak. Karena jahe merah memiliki manfaat memperlancar aliran darah. Sehingga aliran darah pada paru-paru dapat diperlancar dan dapat meredakan sesak.

Manfaat Jahe Merah untuk Asam Urat

Asam urat dapat terjadi pada masyarakat dewasa jika mengkonsumsi makanan tinggi kadar asam uratnya. Zat yang terdapat dalam jahe merah dapat berfungsi sebagai anti nyeri dan antioksidan.

Jika Anda sedang menderita asam urat, bisa mengobatinya dengan jahe merah namun dengann pengolahan yang benar. Karena jika salah diolah akan menimbulkan kekambuhan pada asam urat Anda. Zat anti inflamasi atau anti nyeri yang terdapat dalam jahe merah dapat membantu meredakan nyeri akibat asam urat.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply