Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Es batu adalah hal yang harus selalu siap sedia di dalam kulkas. Es batu selalu dijadikan bahan membuat minuman dingin yang menyegarkan. Tentu sebenarnya tidak terlalu sehat untuk minum dengan menggunakan es batu. Lebih baik mengonsumsi air dingin dibandingkan dengan menggunakan es batu.

Banyak masyarakat yang mengira bahwa es batu hanya dapat digunakan sebagai bahan minuman yang menyegarkan. Ternyata es batu dapat memiliki manfaat untuk wajah dan kecantikan.

Tentu untuk membuat es batu tidak boleh menggunakan air mentah. Karena ditakutkan akan dipakai untuk diminum bersama minuman. Oleh karena itu lebih baik menggunakan air minum saja.

manfaat es batu untuk wajah

manfaat es batu

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Wajah akan selalu menjadi pusat perhatian seseorang untuk merawat diri. Karena wajah adalah hal yang pertama dilihat dan menentukan segalanya. Banyak sekali cara untuk merawat wajah. Karena kaum hawa ingin membuat wajahnya lebih cerah atau menghilangkan bekas jerawat yang membandel pada wajah.

Mengatasi Wajah yang Berjerawat

Jerawat dapat muncul pada wajah karena ada kadar minyak yang tinggi disertai dengan peran bakteri pada tubuh. Tidak hanya itu, jerawat pun dapat timbul jika terkena polusi udara yang terkena setiap hari. Sehingga sangat penting untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Es batu yang dapat mengatasi jerawat ini seperti manfaat daun papaya juga.

Es batu dapat mengatasi wajah yang berjerawat. Es batu dapat digosokkan pada bagian wajah yang berjerawat. Jerawat akan mengempes dan rasa nyerinya akan mereda.

Efek dingin pada es batu akan mengurangi proses peradangan yang sedang terjadi pada jerawat. Proses peradangan biasanya memiliki suhu yang lebih hangat. Oleh karena itu dengan menggunakan es batu yang memiliki suhu dingin bisa meredakan proses radang tersebut.

  8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Mengatasi sunburn

Sunburn atau biasa kita sebut rasa terbakar oleh sinar matahari yang terpapar terlalu lama. Bisa diatasa rasa nyeri terbakar tersebut oleh es batu. Rutinlah mengompres bagian kulit yang terkena sunburn dengan es batu. Tidak hanya pada es batu, manfaat jus tomat juga dapat meredakan sunburn pada tubuh.

Tidak baik terpapar matahari secara langsung terlalu lama. Bahkan jika sudah diatas pukul 9 pagi sinar yang datang sudah tidak baik untuk kulit kita. Bukan lagi sinar matahari yang memiliki kandungan vitamin D untuk proses regenerasi dan tumbuh kembang tulang. Namun sudah tinggi kadarnya dengan kandungan UVB yang dapat merusak kesehatan.

Manfaat Es Batu untuk Kecantikan

Selain untuk mengobati dan meredakan peradangan pada wajah karena jerawat. Es batu juga dapat digunakan untuk manfaat kecantikan yang lainnya.

Mengencangkan kulit wajah

Es batu yang memiliki efek mendinginkan wajah dapat membuat pori-pori menjadi lebih kecil. Hal ini akan menjadikan kulit menjadi lebih lembut dan lebih kencang dibandingkan sebelumnya.

Caranya adalah dengan menggosokkan es batu pada kulit wajah setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Kulit wajah akan jauh lebih kencang dan lebih cerah. Manfaat es batu ini hampir sama dengan manfaat lidah buaya untuk wajah.

Mengecilkan pori-pori pada wajah

Tidak hanya membuat wajah menjadi lebih kencang. Pori-pori yang terdapat pada wajah akan mengecil. Oleh karena itu bakteri tidak akan mudah masuk melalui pori-pori. Sehingga tidak akan mudah muncul jerawat dalam wajah.

Caranya hampir sama. Yaitu dengan menggosokkan es batu pada wajah sebelum mandi pagi dan sebelum memakai kosmetik untuk berpergian. Pori-pori pun akan mengecil dan kulit menjadi jauh lebih lembut dan halus.

Mengatasi mata panda

Mata panda dapat terjadi karena adanya kelelahan atau sering larut tidur malam atau begadang. Hal ini dapat dicegah dengan cara menggosokkan es batu perlahan-lahan pada area lingkar mata secara melingkar.

  Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Wajah

Hal ini bisa disebut sebagai kompres mata. Karena mengecilkan pembuluh darah pada sekitar mata agar tidak bervasodilatasi. Pada akhirnya mata panda dapat dicegah. Namun tentu hal ini disertai dengan istirahat cukup dan tidak sering begadang atau tidur larut. Jika tidak ada hal yang harus dikerjakan pada malam hari, lebih baik beristirahat.

Mengatasi selulit pada tubuh

Selulit dapat muncul karena adanya pelebaran kulit yang terjadi pada tubuh kita dalam waktu yang cepat. Selulit dapat menimbulkan bekas tanda yang akan sulit hilang dalam waktu yang sangat lama. Bahkan sebenarnya selulit tidaklah dapat dihilangkan jika sudah berwarna putih. Berbeda jika selulit masih berwarna kemerahan.

Beberapa masyarakat ada yang mengatakan bahwa es batu dapat mengurangi selulit yang terdapat dalam tubuh. Hal ini masih pro dan kontra karena tidak terdapat penelitian yang dapat membuktikan hal tersebut.

Menekan produksi minyak dalam wajah

Produksi minyak berlebih dalam wajah dapat menimbulkan jerawat. Tentu hal ini sangat tidak disukai oleh kaum hawa. Tidak hanya jerawat, minyak berlebih

Manfaat Es Batu untuk Bibir

Es batu yang mempunyai sensasi dingin dapat bermanfaat dan memberikan kelembaban pada kulit. Tidak hanya pada kulit. Es batu juga dapat membantu melembabkan bibir. Es batu yang mempunyai sensasi dingin akan mengecilkan pembuluh darah sehingga bibir pun menjadi lebih lembab dan tidak kering.

Tidak hanya itu, es batu juga dapat dijadikan sebagai pelembab alami untuk bibir. Jika bibir selalu dalam keadaan lembab maka tidak akan mudah kering dan pecah-pecah. Sehingga mencegah terjadinya jalur masuk suatu bakteri.

Cara menggunakan es batu untuk melembabkan bibir yaitu dengan mengoleskan es batu pada bibir. Tidak hanya itu, tentu perlu disertai dengan mengonsumsi minum air putih yang cukup untuk sehari-hari. Serta banyak mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin.

  Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Diet Alami

Selain itu, es batu jika rutin diolesi pada bibir akan mencerahkan warna bibir secara sempurna. Warna bibir dapat berubah menjadi kehitaman sesuai aktivitas sehari-hari kita. Jika kita selalu menjaga bibir kita dan melembabkannya maka warna bibir akan lebih cerah.

Oleh karena itu dapat digunakan dengan mengolesi es batu pada bibir sehingga dapat mengembalikan warna merah pada bibr dan mencerahkannya.

Manfaat Es Batu untuk Mata

Mata menjadi bagian yang sensitif. Kulit pada sekitar mata tentu berbeda dengan bagian kulit wajah lainnya. Bagian kulit pada mata memerlukan pelembab yang sangat ringan kandungannya dan alami. Tidak dapat menggunakan moisturizer biasa yang dapat dipakai pada wajah.

Oleh karena itu, beberapa produk kecantikan mengeluarkan produk kecantikan khusus untuk bagian mata. Karena bagian mata merupakan bagian kulit yang sensitif.

Es batu dapat berfungsi untuk menyehatkan bagian mata. Es batu yang dapat melembabkan kulit juga dapat melembabkan kulit sekitar mata. Tidak hanya itu, es batu yang digunakan secara rutin untuk mengolesi bagian mata akan mengurangi mata panda.

Mata panda dapat terjadi karena kita yang tidur terlalu larut malam atau terlalu letih. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pembuluh darah pada daerah sekitar mata. Sehingga menyebabkan mata panda.

Dengan menggunakan es batu, maka es batu akan mengecilkan pembuluh darah pada mata. Sehingga kita dapat terhindar dari mata panda.

Banyak sekali manfaat es batu yang sangat mudah untuk dibuatnya. Es batu ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kaum hawa.

 

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply