11 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Salam daun salam 😀 Hai sobat pintar apa kabar ? Pernah mendengar tentang daun salam ? Pohon salam memiliki daun yang rimbun dan berbentuk lonjong atau bulat dengan ujung runcing dan jika di remas, akan mengeluarkan bau yang harum. Maka dari itu, daun ini sering digunakan sebagai penyedap masakan. Namun, ternyata daun salam juga menyimpan banyak manfaat lain lho terutama di dunia kesehatan.

Nah, artikel kali ini akan dibahas beberapa khasiat daun salam dalam membantu penyembuhan beberapa penyakit.

Manfaat Daun Salam Untuk ASAM URAT

Source : webmd.com

Asam urat merupakan penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam darah yang disebabkan karena adanya penumpukan zat purin pada tubuh (biasanya di sendi) dan membentuk kristal – kristal yang menyebabkan sakit atau nyeri pada bagian tertentu.

Biasanya, seseorang yang mempunyai kadar asam urat tinggi akan mengalami sakit pada bagian sendi seperti jari tangan, jari kaki, lutut atau pergelangan kaki. Ciri – ciri lain seseorang dengan asam urat yaitu :

  • Timbulnya bengkak pada bagian tubuh tertentu
  • Timbulnya rasa sakit saat menjelang malam hari
  • Timbulnya rasa nyeri dan panas dari bengkak
  • Timbulnya warna kemerahan pada kulit yang nyeri
  • Timbulnya ruam yang dibarengi rasa nyeri

Didalam daun salam terdapat kandungan beberapa kandungan gizi seperti flavonoid, tannin, minyak atsiri, Vitamin C dan B Kompleks, dan fitronutrient yang akan membantu dalam mengatasi penyakit asam urat. Namun, tentu saja pengobatan dengan daun salam ini tidak langsung menyembuhkan anda. Anda juga perlu melakukan cek up , gaya hidup sehat dan pengobatan oral lainnya untuk membantu dalam penyembuhan.

MENURUNKAN BERAT BADAN

source : pilarbangsa.com

Bagi anda yang sedang diet menurunkan berat badan, sepertinya mengonsumsi daun salam patut anda coba. Berikut cara daun salam membantu dalam menurunkan berat badan :

  • Daun salam memuat banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu di dalam 100 g daun salam mengandung 313 Kcal energy, 74,97 gram karbohidrat, 8,36 gram lemak dan 0 kalesterol.
  • Daun salam dapat membersihkan usus dari lemak makanan karena banyak mengandung serat dan juga zat gizi lain yang sangat baik untuk usus.
  • Daun salam dapat melancarkan pencernaansehingga tidak membuat zat sisa dalam makanan lebih lama dalam usus.

Cara meramu daun salam untuk mengurangi berat badan adalah merebus segenggam daun salam yang sudah dibersihkan. Rebus dengan 2 gelas air hingga kira-kira air tinggal tersisa 1 gelas. Minum dalam kondisi hangat 1 kali sehari 1 gelas.

Selain cara diatas, seperti daun sirih, anda juga bisa mengonsumsi daun salam dengan rutin mengunyah nya.

  Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Asalkan anda disiplin meminum air rebusan atau mengunyah daun salam tersebut dan rajin berolahraga, anda pasti akan mencapai berat badan yang diimpikan dan tentunya sehat.

KOLESTEROL

source : unsplash.com

Daun salam memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Dikutip dari National Center for Biotechnology Information, ternyata jika anda mengonsumsi daun salam dapat menurunkan kolesterol total sekitar 20 sampai 24 %. Hasil tersebut akan anda dapatkan setelah 30 hari mengonsumsi daun salam.

Seperti halnya tumbuhan yang lain seperti daun kelor, daun salam juga kaya akan vitamin C, Vitamin A, zat besi, kalsium dan magnesium. Selain itu, daun salam juga memiliki kandungan asam caffeic, , catechin. quercetin, dan eugenol.

Untuk khasiat daun salam ini, anda dapat merebus nya dan menjadikannya minuman atau anda bisa juga mengolah daun salam menjadi teh dan dikonsumsi sehari-hari.

DIABETES

manfaat daun salam

manfaat daun salam untuk diabetes

Source : unsplash.com

Perlu anda tahu, dibeberapa penelitian telah menguji seberapa besar pengaruh daun salam terhadap penurunan kadar gula darah seseorang. Didalam daun salam terdapat zat flavonoid, glikosida, dan squalene yang memiliki fungsi mengurangi risiko penyakit diabetes.

Ketiga kandungan diatas bekerja dengan menghambat penyerapan glukosa masuk ke dalam usus dan membantu dalam peningkatan proses penyimpangan glukosa di dalam otot. Selain itu juga, daun salam berguna untuk meningkatkan kinerja insulin sehingga kadar glukosa dalam darah anda bisa terkontrol.

Namun, ternyata dari manfaat daun salam dalam menurunkan kadar gula darah juga tak berarti tanpa resiko ya. Para pengguna juga dihadapkan dengan efek sampingnya yaitu pengguna bisa kesulitan dalam mengontrol kadar gula darah. Sehingga, jangan lupa konsultasikan pula ke dokter untuk pengaturan dosis obat dan diet yang tepat.

DARAH TINGGI

Source : rsazra.co.id

Tekanan darah anda tinggi ? mungkin anda bisa coba mengonsumsi daun salam ini. hipertensi memang tidak bisa dirasakan langsung oleh penderita namun bila diperhatikan dengan serius, hipertensi merupakan faktor resiko dari penyakit penting seperti stroke.

Daun salam membantu dalam keadaan hipertensi karena didalamnya terkandung zat flavonoid yang membantu menurunkan tekanan darah sebab senyawa ini memiliki kemampuan dalam mencegah oksidasi didalam tubuh. Selain itu, dalam mengatasi hipertensi kandungan daun salam juga memiliki fungsi untuk menghambat aktivasi enzim yang meningkatkan detak jantung.

KECANTIKAN

Untuk para ladies nih, ternyata daun salam bisa dimanfaatkan dalam dunia kecantikan lho. Nah, dibawah ini manfaat daun salam untuk kecantikan.

Pertumbuhan Rambut

source : hallosehat.com

Anda bermasalah dengan kerontokan rambut, mungkin daun salam bisa membantu permasalahan anda. Daun salam ini berfungsi merangsang pertumbuhan rambut lho sehingga membuat rambut anda Nampak lebih cantik dan lebat. Caranya, panaskan 1 ikan daun salam dalam 100 ml minyak kelapa. Panaskan minyak hingga warnanya berubah menghitam. Selanjutnya, aplikasikan ramuan ini ke kulit kepala anda.

  • Mengusir Ketombe

source : daunbuah.com

Munculnya ketombe memang sangat menyebalkan sehingga penting untuk diatasi. Nah, agar lebih maksimal dalam memanfaatkan daun salam, anda bisa mencampurnya dengan susu. Cara membuatnya sangat mudah. Anda bisa membuat pasta dengan menggunakan daun salam dan susu mendidih. Kemudian setelah dingin aplikasikan ke kulit kepala dan tunggu 15 menit, lalu anda bilas. Anda bisa melakukan perawatan ini seminggu sekali untuk menghilangkan ketombe dan beberapa masalah rambut lain

  • Mengobati Jerawat

Daun salam ini ternyata berperan sebagai anti-bacteria untuk melawan beberapa penyebab jerawat. Caranya, buat pasta daun salam dan dicampur kunyit lalu aplikasikan ke daerah yang berjerawat. Namun, anda harus pastikan juga kunyit tersebut baik dan organik agar tidak menyebabkan masalah baru di wajah anda.

ASAM LAMBUNG

Source : kumparan.com

Apabila anda memiliki gejala maag kambuh, maka biasanya anda akan mengonsumsi obat antasida. Namun, ternyata ada cara alami menggunakan daun salam. Daun salam berkhasiat membantu menyembuhkan maag karena kandungan di dalamnya seperti Vitamin C, flavonoid, atsiri, dan zat tanin yang berperan dalam anti inflamasi dan juga anti bakteri. Sehingga membantu mengurangi pembengkakan pada lambung.

Cara meraciknya yaitu dengan membuat minuman rebusan daun salam, yaitu dengan 15 gram daun salam kemudian rebus dengan 1 gelas air dalam waktu sekitar 15 menit atau sampai mendidih, setelahnya minum secara rutin minimal 2 kali sehari.

REMATIK

Source : konsultaninter.net

Selain untuk asam urat, daun salam juga dikenal bisa membantu dalam menyembuhkan penyakit rematik. Daun salam memiliki beberapa kandungan seperti flavonoid, minyak atsiri, dan tannin yang berguna untuk mengobati benkak pada sendiri yang terkena asam urat. Anda bisa merebus daun salam ini yang kemudian air rebusan daun salam bisa anda minum untuk meringankan nyeri akibat rematik.

IBU HAMIL

Source : unsplash.com

Daun salam juga ternyata baik bagi ibu hamil. Kandungan yang ada di daun salam ini lah yang berkhasiat seperti pada daun salam ini terdapat Vitamin  C yang sangatlah baik. Vitamin C atau dikenal dengan nama asam askorbat merupakan zat antioksidan yang berfungsi untuk membantu menangkal radikal bebas dan juga meningkatkan sistem imun tubuh.

  Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Wajah

Selain itu, daun salam mengandung vitamin A yang berperan penting untuk penglihatan visual yang sehat serta memelihara selaput lendir dan juga kesehatan kulit. Pada ibu hamil, daun salam ini kaya  akan  asam folat yang bermanfaat dalam sintesis DNA dan mencegah cacat pada bayi selama masa kandungan.

Namun, anda perlu khawatir juga akan efek samping yang akan ditimbulkan pada ibu hamil. Karena sampai saat ini, belum ada informasi yang akurat tentang dosis mengonsumsi daun salam untuk ibu hamil dan menyusui. Maka dari itu, anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda sebelum mengonsumsi daun salam saat sedang mengandung atau kelak menyusui.

MENSTRUASI

source : plukme.com

Menstruasi pada perempuan bisa menyebabkan beberapa gangguan pada emosional maupun fisik, dan pasti sangat mengganggu sekali ya.

Namun, ternyata daun salam bisa digunakan juga saat anda menstruasi. Penggunaan daun salam akan membantu dalam merangsang menstruasi secara normal dan juga teratur. Selain itu, daun salam juga dapat menyembuhkan keputihan anda lho. Beberapa kandungan zat gizi yang terdapat dalam daun salam akan mengatasi hal akibat PMS dan membantu lancarnya menstruasi yang baik.

KANKER

source : viva.co.id

Taukah anda bahwa ternyata daun salam juga dapat mengatasi gejala kanker ? seperti kandungan pada daun sirsak kandungan pada daun salam juga membantu dalam mengobati kanker. Bila pada daun sirsak berkhasiat menyerang sel-sel kanker secara efektif, maka pada daun salam berkhasiat menahan dan menghentikan pertumbuhan sel kanker yaitu berasal dari kandungan senyawa fenolat dan flavonoid yang ada di dalamnya.

Selain itu, komponen aktif lainnya pada daun salam seperti seperti α-pinene, β-pinene, myrcene, limonene, linalool, metil chavicol, nerol, α-terpineol, geranyl asetat p-cymene, eugenol dan chavicol yang juga berfungsi sebagai antiseptik, antioksidan dan tak lupa juga anti-kanker.

Demikianlah artikel mengenai 11 manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh anda. Semoga dapat berguna dan tetaplah menjaga kesehatan anda dengan makan makanan yang sehat dan tak lupa pula olahraga. Sekian, bila ada kurangnya kami ucapkan mohon maaf dan terima kasih.

Sumber :

  • https://manfaat.co.id/manfaat-daun-salam-untuk-menurunkan-berat-badan
  • https://bisapinter.com/manfaat-daun-salam/#Menstruasi
  • https://manfaat.co.id/manfaat-daun-salam
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3021370/rebusan-daun-salam-bisa-turunkan-kolesterol
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3857741/kandungan-daun-kelor-yang-sangat-bermanfaat-bagi-kesehatan
  • http://www.e-polymers.org/ternyata-kandungan-inilah-yang-terdapat-dalam-daun-sirsak/
  • https://meramuda.com/beauty-health/tak-banyak-yang-tahu-ini-manfaat-daun-salam-untuk-kecantikan/
  • https://www.alodokter.com/waspadai-efek-samping-daun-salam-di-balik-manfaatnya-yang-berlimpah
  • https://dokterpencernaan.com/khasiat-daun-salam-untuk-lambung
  • http://mengobati-asamurat.com/tag/mengobati-penyakit-asam-urat-dan-rematik/
  • https://obatpenyakitkelaminpria.wordpress.com/2017/10/07/manfaat-rebusan-daun-salam-untuk-ibu-hamil/

Leave a Reply