Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Wanita

Daun papaya atau Carica papaya L. yang berasal dari marga Carica atau berasal dari suku Caricaceae. Tanaman daun papaya sedang diteliti oleh para peneliti tentang khasiatnya. Tanaman ini memiliki banyak kandungan senyawa aktif yang kaya dengan enzim pepsin, karotenoid, alkaloid, monoterpenoid, flavonoid, mineral, vitamin, glukosinolat, dan karposida.

Tanaman papaya memiliki banyak manfaat. Tidak hanya pada daun, getah, biji, akar, batang, dan buahnya. Tanaman ini berasal Amerika tropis sehingga cocok untuk ditanam di Indonesia.

Bentuk daun yang majemuk dan menjadi, buah yang berwarna kuning dan daging buahnya lunak dan berair. Senyawa aktif yang terdapat dalam papaya sangatlah banyak. Tanaman papaya sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat sejak dulu.

Banyak yang menggunakannya sebagai diuretik pada daunnya, serta ada yang menggunakannya sebagai antihelminthic atau anti cacing, dan untuk menyembuhkan penyakit akibat empedu. Tidak hanya itu, masih banyak yang menggunakannya untuk antikanker, antioksidan, antidiabetes, antifertilitas, antiinflamasi, andimalaria, dan penyembuh luka.

manfaat daun pepaya

manfaat daun pepaya

Manfaat Daun Pepaya untuk Wanita

Hamil anak pertama merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu. Tentu hampir semua wanita yang telah menikah melakukan berbagai cara agar bisa memiliki anak pertama mereka. Seperti halnya manfaat kayu manis yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan pada seorang wanita.

Kehamilan merupakan suatu hal yang sangat membanggakan namun juga sangat rawan untuk terjadi sesuatu.

Tidak hanya seorang ibu yang harus mengonsumsi makanan bergizi, namun sang janin pun harus mengonsumsi makanan bergizi.

Daun Pepaya untuk Ibu Hamil

Daun papaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh ibu hamil. Diantaranya yaitu,

Kaya akan Zat Besi

Daun papaya memiliki banyak kandungan mineral dan zat besi. Zat besi yang terdapat dalam daun papaya dapat membantu sistem transportasi dari oksigen pada paru-paru untuk mengangkut elektron-elektron yang baik untuk membentu energi.

  8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Zat besi yang terdapat dalam tubuh akan bergabung dengan protein untuk membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah. Selain itu juga akan membentuk protein pada myoglobin pada sel otot.

Zat besi merupakan mineral yang diperlukan oleh tubuh seorang ibu hamil. Karena pada saat hamil akan terjadi hemodilusi, dimana cairan tubuh akan lebih banyak dibandingkan hemoglobin darah. Sehingga Hb pada seorang ibu hamil akan menjadi lebih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan zat besi untuk nutrisi seorang ibu.

Kaya akan Vitamin D

Daun papaya yang memiliki banyak zat aktif ini yang merupakan vitamin D sebagai salah satu nutrisi terbaiknya. Vitamin D berperan membantu dalam proses pembentukan tulang pada janin.

Kaya akan Vitamin E

Daun papaya memiliki nutrisi vitamin E yang berfungsi untuk terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Vitamin E kaya akan antioksidan. Tidak hanya pada vitamin C. Vitamin E yang kaya akan antioksidan ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Saat dalam kondisi hamil, kondisi kekebalan tubuh tidak sebaik biasanya. Oleh karena itu perlu dijaga kondisinya. Karena bakteri atau virus akan mudah untuk masuk.

Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui hampir sama kebutuhannya dengan seorang ibu yang sedang hamil. Ibu menyusui membutuhkan banyak nutrisi yang diperlukan untuk sang ibu dan sang bayi.

Memperkuat tulang dan gigi

Bayi membutuhkan nutrisi yang cukup tinggi untuk kesehariannya. Hal ini tergantung dari makanan yang dikonsumsi oleh sang Ibu. Daun papaya memiliki vitamin D yang dapat memperkuat tulang. Oleh karena itu, jika ibu menyusui rutin mengonsumsi ini, nutrisinya dapat memperkuat tulang pada bayi.

Memperlancar produksi ASI

ASI adalah nutrisi pertama yang dibutuhkan sang bayi. ASI memiliki banyak nutrisi yang dapat mudah diserap oleh sistem pencernaan seorang bayi. Setiap makanan atau minuma yang akan dikonsumsi oleh bayi perlu diperhatikan. Karena sistem pencernaan seorang bayi masih sangat rapuh dan rentan untuk terkena penyakit.

Daun papaya memiliki banyak zat aktif yang dapat memperlancar produksi ASI. Selain memperlancar, zat yang terdapat dalam daun papaya juga memiliki banyak manfaat untuk sang bayi.

  10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh pada seorang ibu menyusui hampir sama dengan ibu hamil. Cukup rentan untuk terkena berbagai penyakit. Dengan daun pepaya yang memiliki banyak efek antibakteri, antioksidan, antivirus, serta anti radang ini akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, terdapat beberapa vitamin yang berfungsi untuk tubuh. Vitamin yang tinggi kaya akan radikal bebas ini lah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Khasiat Daun Pepaya untuk Organ Kewanitaan

Organ kewanitaan merupakan organ yang sensitif. Tidak dapat sembarangan obat yang dapat diberikan untuk miss V. Daun pepaya diyakinkan dapat mengobatai keputihan. Keputihan dapat terjadi karena berbagai sebab. Tidak hanya karena suatu penyakit, namun dapat terjadi karena jamur dan organ kewanitaan yang kurang bersih.

Secara tradisional, daun papaya dapat berguna untuk membersihkan organ kewanitaan dan mengusir keputihan. Dengan cara 3 tangkai daun papaya muda, lalu 10 batang akar alang-alang serta 5 gram pulosari maka akan membersihkan keputihan yang berlebih pada organ kewanitaan.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

 Anti Kanker

Daun papaya mempunyai zat aktif yang dapat berfungsi sebagai anti kanker. Ekstrak daun papaya memiliki aktivitas immunomodulator dan dapat menghambat perkembangan sel tumor. Beberapa tumor yang dapat dihambat diantaranya kanker serviks, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, kanker pancreas, kanker mesothelioma dan leukemia.

Daun papaya akan meningkatkan produksi sitokin tipe Th1 yang dapat meningkatkan sitotoksisitas terhadap sel tumor. Zat yang berfungsi sebagai anti tumor yaitu alfa tokoferol, likopene, flavonoid, dan benzulisothiosianat. Suatu zat tersebut dapat menginduksi apoptosis atau membunuh sel kanker itu sendiri dengan menghambat enzim DNA pada sel tumor.

Anti Oksidan

Antioksidan yang terdapat dalam vitamin E dan C berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat muncul dari mana saja. Bisa terdapat dalam polusi yang selalu kita hirup setiap harinya. Atau radikal bebas yang terjadi dari hasil metabolism tubuh kita sendiri.

Cara kerja antioksidan sangat banyak macamnya. Salah satunya adanya yang dengan cara menetralkan lemak di dalam tubuh dan radikal bebas sehingga dapat memberikan elektron dan berperan sebagai penangkal radikal bebas.

  Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Antidiabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang sangat ditakuti di masa kini. Karena jika sudah terkena diabetes, maka perlu dilakukan pengobatan jangka panjang. Selain itu perlu mencegah berbagai risiko yang akan terjadi jika diabetes muncul. Terdapat ekstrak tanaman papaya yang memiliki zat streptozocin yang secara signifikan memicu regenerasi sel sebagai bukti dari penurunan kadar glukosa darah. Oleh karena itu, diabetes dapat dicegah dengan daun papaya.

Antihelminthica

Daun pepaya dapat berkhasiat jika terkena penyakit cacing. Enzim-enzim yang terdapat dalam daun papaya memiliki efektifitas tinggi. Cacing yang dapat dilawan oleh daun papaya antara lain infeksi nematode Ancylostoma caninum.

Antibakteri

Daun papaya yang memiliki banyak manfaat yaitu dari berbagai macam vitamin serta mineral yang mudah diserap oleh tubuh ini dapat berfungsi sebagai anti bakteri. Tidak hanya itu, namun juga sering dilakukan sebagai obat tradisional pada pasien dengan Dengue.

Manfaat Daun Pepaya untuk Kulit

 Berbagai macam vitamin dalam daun papaya memiliki banyak khasiat untuk kulit kita. Vitamin B, C, A, dan D serta E mengandung flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan yang cukup kuat untuk mencegeah kanker. Tidak hanya itu, antioksidan tersebut juga berfungsi untuk mengobati jerawat pada wajah dan kulit Anda.

Tidak hanya itu, infeksi jamur juga dapat diobati dengan daun papaya. Bekas luka dan bintik-bintik hitam dapat dihilangkan secara perlahan oleh masker daun pepaya. Hampir sama dengan manfaat lidah buaya yang dapat melembutkan dan menyamarkan noda hitam. Jika mencari bahan tradisional untuk mengecilkan pori-pori yaitu terdapat pada manfaat es batu untuk wajah.

Manfaat daun papaya cukup banyak untuk tubuh kita. Oleh karena itu, jika dapat menjaga tubuh kita sehat secara herbal. Mengapa tidak?

Sumber : Tanaman Pepaya dan Manfaatnya dalam Pengobatan oleh Septiani Rahayu, Ami Tjitraresmi.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply