8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Alam memang diciptakan oleh Tuhan bagi manusia dengan segala manfaatnya. Seperti tanaman alami lainnya yaitu daun sirih dan daun kelor, ternyata daun binahong juga memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Pada ulasan kali ini, akan di paparkan beberapa manfaat daun binahong bagi kesehatan. Namun sebelumnya, kita harus mengenal terlebih dahulu tumbuhan daun binahong ini.

Daun binahong merupakan jenis tanaman rambat yang berasal dari Negara Korea dan Afrika. Nama tumbuhan yang satu ini memang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia dan kebanyakan tumbuhan ini dikenal dengan nama gondola. Tidak seperti daun kelor, daun binahong ini masih jarang dibudidayakan oleh masyarakat sebagai tanaman obat namun sebaliknya, daun binahong ini populer di rawat sebagai tanaman hias.

Di Korea, asal dari tanaman binahong ini sudah lama dikenal untuk dimanfaatkan bagian – bagian pohonnya sebagai bahan racikan obat. Penggunaan binahong sebagai ramuan obat juga telah dilakukan oleh masyarakat Negara Cina dan Vietnam.

Manfaat Daun Binahong

manfaat daun binahong

Daun Binahong | Source : mediskus.com

Daun binahong ini berbentuk bulat menyerupai telur dengan ujung daun tumpul dan berwarna hijau, dapat merambat hingga ketinggian 6 meter lebih dan batang nya bersifat lunak dan berwarna merah gelap. Bunga binahong berwarna ungu gelap seperti batangnya. Tanaman ini akan sangat mudah dikenali dari semua ciri-ciri tersebut.

Jenis Binahong

Di pasaran bibit dari jenis tanaman binahong merah juga dijual karena memiliki khasiat yang sama seperti binahong hijau. Namun yang membedakannya pada binahong merah memiliki ciri batang nya yang berwarna merah dan daun lebih lebar, Selain dimanfaatkan sebagai obat rebusan, biasa juga digunakan dengan cara ditumis.

Kandungan Binahong

Berdasarkan hasil salah satu penelitian, menjelaskan bahwa tanaman binahong memiliki beberapa kandungan kimia yang berkhasiat bagi kesehatan, diantaranya :

  • Saponin
  • Polifenol
  • Alkaloid
  • Minyak atsiri
  • Asam oleanik
  • Antioksidan
  • Asam askorbat

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, dibawah ini beberapa manfaat daun binahong yang penting bagi tubuh :

Daun binahong untuk wajah

binahong untuk wajah

Source : tipscantika.com

Bagi kebanyakan wanita, kesehatan wajah itu sangat penting lho, karena memiliki wajah yang sehat dan cantik dapat meningkatkan rasa percaya diri pada wanita. Jika anda ingin mencoba menyehatkan wajah anda menggunakan tanaman alami, anda bisa coba daun binahong sebagai racikannya. Dibawah ini, manfaat daun binahong untuk wajah :

Untuk menghilangkan komedo dan jerawat secara alami

mengatasi jerawat dengan binahong

Source : hijapedia.com

Timbulnya komedo dan jerawat pada kulit wajah anda tentu menjadi masalah yang ingin anda hilangkan. Komedo dan jewarat ini di sebabkan karena menumpuknya kotoran atau bakteri yang tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, cucilah kulit wajah anda secara rutin 3 kali dalam sehari dan anda dapat menggunakan air rebusan daun binahong lho.

Cara membuatnya :

  • Siapkan daun 8 lembar daun binahong segar dan cuci bersih.
  • Rebus daun binahong ini dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas.
  • Minum air rebusan daun binahong ini sampai habis. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil yang baik.
  11 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Untuk menghaluskan kulit wajah secara alami

binahong untuk menghaluskan kulit

source : ummi-online.com

Selain untuk menghilangkan komedo dan jerawat, daun binahong juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah anda.

Cara membuatnya :

  • Siapkan 20 lembar daun binahong segar dan bersih, Kemudian robek-robek daun tersebut.
  • Rebus dengan 500 ml air hingga tersisa setengah nya. Biarkan terlebih dahulu sampai dingin.
  • Cuci kulit wajah anda dengan air rebusan tersebut secara rutin dan teratur atau 2 kali dalam satu hari

Untuk membersihkan wajah

binahong untuk menghaluskan kulit

Source : statik.tempo.co

Penyakit kulit pada wajah sering timbul akibat dari kotoran atau radikal bebas yang menempel pada kulit wajah, kotoran yaitu zat yang menyumbat pori-pori seperti keringat, debu, make-up dan dibersihkan tidak bersih sehingga meninggalkan sisa, polutan, dan kadar minyak yang berlebihan. Kandungan alami yang terkandung pada daun binahong dapat berfungsi membersihkan wajah secara alami.

Cara membuatnya :

  • Siapkan beberapa lembar binahong dan bersihkan.
  • Rebus daun binahong. Angkat dan biarkan terlebih dahulu hingga hangat atau dingin.
  • kemudian cuci kulit wajah anda dengan rebusan air binahong tersebut secara rutin dan teratur.

Daun binahong untuk asam urat

mengatasi asam urat dengan binahong

Source : hellosehat.com

Kelebihan zat purin di dalam tubuh. purin yang dapat berasal dari makanan dan minuman ( misal : jeroan, makanan kaleng, makanan laut, daging, telur dan kaldu) dapat menjadi suatu penyakit asam urat atau gout.

Zat purin ini kemudian oleh tubuh menjadi asam urat. Nah, asam urat ini sebenarnya secara alami dikeluarkan oleh tubuh melalui mekanisme penyaringan di dalam ginjal dan kemudian dikeluarkan melalui urin. Akan tetapi, jika zat purin terlalu banyak di dalam tubuh maka ginjal tidak akan mampu mengolahnya dengan baik dan pada akhirnya mengakibatkan penumpukan yang terjadi di bagian tulang dan sendi. Akibatnya, terjadi penumpukan dan membentuk kristal asam urat yang mengakibatkan tulang terasa nyeri dan mengakibatkan radang pada bagian persendian.

Didalam daun binahong terdapat kandungan yang dapat membantu anda mengobati asam urat. Seperti polifenil, oleanotik, alkaloid, minyak astiri dan saponin. Kandungan pada daun binahong ini yang efektif jika dijadikan sebagai antibiotik alami.

Cara membuatnya :

  • Siapkan 20 lembar daun binahong yang masih muda lalu cuci sampai bersih.
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencuci daun binahong sampai bersih dan kemudian remaslah sampai daun binahong mengeluarkan lendir.
  • Kemudian rebuslah daun binahong dengan 8 gelas air, nyala api sedang saja. rebus daun sampai mendidih dan sampai airnya menyusut menjadi 3 gelas saja. Setelah itu angkat dan diamkan sebentar sampai agak dingin. Kemudian saring dan ramuan daun binahong siap untuk diminum.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa mengonsumsinya sebanyak 3 kali sehari satu gelas tiap anda meminumnya.

Daun binahong untuk kecantikan

Bagi anda yang sedang atau pun ingin merawat kecantikan anda secara alami menggunakan bahan-bahan dari alam, sepertinya daun binahong bisa menjadi solusi diantaranya. Dibawah ini manfaat daun binahong untuk kecantikan :

  10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Untuk mencegah penuaan dini

cegah penuaan dini dengan binahong

Source : cdn.hellosehat.com

Radikan bebas menjadi salah satu penyebab matinya sel kulit wajah yang dapat menyebabkan penuaan dini pada seseorang. Daun binahong dengan kandungan antioksidan nya, dapat menjadi penangkal radikal bebas pada kulit wajah dan mencegah penuaan dini. Anda dapat membuat daun binahong menjadi masker atau anda bisa racik dan di kemas didalam sebuah kapsul menjadi kapsul binahong yang dapat anda bawa kemana-mana.

Cara membuat masker daun binahong :

  • Siapkan 7 – 15 lembar daun binahong yang masih muda, kemudian hancurkan dengan blender.
  • Setelah menjadi serbuk, tuangkan pasta daun biji kedalam mangkuk
  • Campur dengan 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm madu, 1 butir putih telur hingga menjadi adonan.
  • Tambahkan tepung beras ketan hingga adonan sesuai menjadi masker wajah.
  • Masker daun binahong siap digunakan.

Untuk perawatan kulit tubuh

source : ummi-online.com

Salah satu fungsi daun binahong yang dipercaya untuk kecantikan adalah untuk memutihkan wajah para wanita sejak dahulu kala. Sesuai penelitian saat ini, ternyata di dalam daun binahong terdapat kandungan Vitamin C, Vitamin B6, Provitamin A, nurtisi, mineral, protein dan antioksidan yang di percaya dapat berkhasiat bagi kecantikan termasuk meremajakan kulit tubuh.

Cara membuat nya :

  • Siapkan 100 gram daun binahong yang masih segar lalu cuci bersih.
  • Campurkan daun binahong tersebut dengan 2 sdm madu, 5 sdm minyak zaitun, 2 sdm susu bubuk murni dan 2 sdm jeruk nipis, lalu blender dan hancurkan hingga menjadi pasta.
  • Jika masih sangat kental, bisa anda tambahkan air hangat secukupnya.

Daun binahong untuk luka

mengobati luka dengan binahong

Source : medan.tribunnews.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Gorontalo, mengkaji bawah Daun binahong memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, terdaoat kandungan antibakterial sitotoksik, serta mengandung asam oleanolik yang berkhasiat sebagai antiinflamasi dan untuk mengurangi rasa nyeri pada luka bakar.

Cara membuat :

  • Siapkan beberapa daun binahong dan cuci bersih.
  • Tumbuk daun binahong lalu haluskan secukupnya.
  • Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata
  • Lalukan selama luka masih dalam kondisi basah

Khasiat binahong untuk pria

Source : beritacenter.com

Selain untuk kecantikan, daun binahong juga dapat berkhasiat bagi pria, yaitu beberapa gangguan yang rentan dialami oleh pria. Seperti halnya daun sirih, khasiat daun binahong terletak pada kandungan di dalamnya.

Untuk menambah energy dan stamina

Pria yang workaholic pasti memiliki satu titik, dimana merasa sangat lelah akibat aktifitas seharian yang dilakukan sedangkan anda pasti punya pekerjaan rumah yang menunggu. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan daun binahong karena di dalam daun binahong ini memiliki kandungan protein yang dapat digunakan sebagai cadangan energi.

Cara membuatnya :

  • Siapkan daun binahong secukupnya, rebus dengan air hingga mendidih atau hingga air setengahnya.
  • Setelah hangat atau dingin, minum air rebusan itu secara rutin.
  Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Untuk mengatasi lemah syahwat

Daun binahong juga berkhasiat untuk mengatasi lemah syahwat. Bagi anda yang merasa lemah syahwat, anda bisa mencoba meminum rebusan daun binahong ini dan rasakan sendiri khasiatnya.

Cara membuatnya :

  • Siapkan 3 – 10 lembar daun binahong atau secukupnya, kemudian rebus bersama dengan air hingga mendidih atau hingga air setengahnya.
  • Setelah hangat atau dingin, minum air rebusan itu secara rutin.

Daun Binahong untuk Diabetes

Source : mannaplus.co.za

Diabetes merupakan penyakit yang banyak di derita di tengah-tengah masyarakat. Seperti halnya daun kelor, daun binahong juga dapat digunakan untuk membantu dalam pengobatan diabetes. Pada penderita diabetes, Binahong membantu kondisi pankreas menjadi lebih baik dan akan mempengaruhi pada produksi insulin hingga kembali menjadi lancar.

Cara membuatnya :

  • Siapkan 11 lembar daun binahong yang masih segar, lalu cuci hingga bersih dengan air mengalir.
  • Rebus daun dengan 3 gelas air hingga mendidih atau hingga kira-kira tersisa 2 gelas air, setelah itu angkat dan dinginkan.
  • Terakhir, anda bisa meminumnya langsung.

Daun Binahong untuk Wasir

Para penderita wasir atau ambeien mungkin menjadi tidak nyaman ketika ingin duduk. Dan jika anda adalah salah satu pria yang memiliki penyakit ambeien maka anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan daun binahong. Anda bisa mengkonsumsi daun bianahong ini dengan meraciknya atau membuat ramuannya.

Cara membuat :

  • Rebus 5 daun binanhong yang telah dicuci bersih bersama dengan 2 gelas air putih
  • Setalah mendidih dan dingin anda bisa mencoba untuk meminumnya secara rutin pagi maupun sore hari. Jika hal ini dilakukan secara rutin, dengan izin Tuhan yang Maha Esa, maka ambeien Anda akan berangsur-angsur sembuh dan pulih dengan sendirinya.

Efek Samping Daun Binahong

Selain manfaat yang cukup banyak, ternyata tumbuhan yang ditemukan dari Negara Korea ini juga memiliki beberapa efek samping terhadap kesehatan. Karena bagaimanapun sempurnanya daun binahong dengan kandungan kimia yang ada, tetap ada beberapa yang harus diperhatikan oleh anda dalam menggunakan daun Binahong sebagai obat.

Efek Samping Daun Binahong
  • Dapat memacu detak jantung lebih cepat
  • Dapat merusak keseimbangan jiwa
  • Dapat menimbulkan nyeri dada
  • Dapat menimbulkan insomnia
  • Dapat membuat gelisah.
  • Dapat menyebabkan mual
  • Dapat menyebabkan perut terasa kosong dan seperti terkocok-kocok

Dari beberapa efek samping diatas, sangat perlu perhatian anda mengenai dosis dan cara pakainya.

Untungnya, efek samping daun binahong tidak akan terjadi sangat parah jika penderita atau penggunanya, bekerja sama dengan para ahli dan diawasi oleh ahli obat herbal atau dokter yang sudah berpengalaman dalam bidang penyembuhan menggunakan obat herbal. Penganjuran takaran oleh seorang ahli obat herbal atau dokter tentunya dipertimbangkan dengan kondisi tubuh anda sehingga dosisnya dapat.

Oke mungkin cukup sekian penjelasan artikel kali ini mengenai manfaat daun binahong untuk kesehatan baik pria atau pun untuk perempuan.

Leave a Reply