10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Anda pernah mendengar tanaman bernama daun Afrika ? Pemilik nama latin ( Botani ) Vernonia Amygdalina ini merupakan jenis sayuran yang sangat berharga nilainya bagi orang-orang di daratan Afrika karena kegunaannya. Bagi orang Indonesia, mungkin tanaman daun Afrika ini serbaguna seperti pohon kelapa.

Manfaat daun afrika bisa dipakai sebagai sayuran, juga sebagai jamu yang dipakai untuk membumbui masakan, Daun ini sangat populer dalam dunia kuliner di beberapa Negara seperti Negara Nigeria dan Kamerun dan juga sebagian di Tanzania. Di Negara-negara itu, anda dapat menjumpai dan membeli daun Afrika dalam keadaan telah dibekukan atau dikeringkan.

Source : aryanto.id

Ciri – ciri daun Afrika

Tumbuhan ini sebenarnya sudah banyak dibudidayakan di Indonesia karena berbagai manfaat yang ada pada kandungan kimia nya, dan baik bagi kesehatan. Bagi anda yang belum pernah tau seperti apa daun Afrika itu, anda bisa amati gambar diatas bagaimana bentuk dan ciri dari daun afrika ini.

Seperti halnya daun binahong, daun sirih, dan daun kelor, daun Afrika memiliki daun yang berwarna hijau tua dan memiliki rasa yang pahit. Batang dari daun Afrika muda berwarna hijau tua namun batang yang sudah tua berwarna abu keputihan.

Lapisan kulitnya bercak seperti pada batang tumbuhan mengkudu. Sedangkan bagi anda yang ingin menanamnya, anda bisa menggunakan cara stek batang. Atau jika di tanam di pot pun, tumbuhan yang satu ini tumbuh dengan subur.

Kandungan Daun Afrika

Source : kfk.kompasiana.com

Tidak hanya mengenal berbagai manfaat bagi kesehatan dan cara mengolah dari daun Afrika ini, anda juga harus memperhatikan kandungan gizi dari daun Afrika ini. Sehingga anda lebih memahami bagaimana Daun Afrika ini bisa membantu anda. Berdasarkan jurnal dari National Center for Biotechnology Information kandungan yang terdapat pada Daun Afrika yaitu :

  • Protein tinggi (33,3%)
  • lemak (10,1%)
  • serat kasar (29,2%)
  • abu (11,7%)
  • Mineral (Na, K, Ca, Mg, Zn & Fe ), Fitat (1015.4mg / 100g) dan tanin (0,6%)
  • Sianida rendah (1,1 mg / kg).
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2

(Sumber: www.ncbi.nlm.nih.gov)

Kandungan gizi pada Daun Afrika ini yang akan mencoba membantu anda dalam mengatasi beberapa penyakit.

Manfaat Daun Afrika Daun afrika untuk diabetes

Peningkatan kadar gula dalam darah dapat memicu penyakit Diabetes, hal ini bisa karena faktor keturunan atau pola hidup yang kurang baik. Seperti daun binahong dan daun kelor, daun Afrika juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, dengan sangat baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

Studi yang telah dilakukan dengan menggunakan hewan coba di laboratorium menunjukkan bahwa Daun Afrika mampu menurunkan glukosa darah hingga 50% dibandingkan dengan hewan coba diabetes yang tidak diberi daun afrika.

Daun Afrika bekerja tidak hanya mampu menurunkan kadar gula dalam darah namun juga memperbaiki gangguan pankreas. Hal ini dianggap sebagai keajaiban oleh para peneliti.

Source : cdn.biospherenutrition.co.nz

Untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes ini, anda bisa konsumsi rebusan daun afrika ini secara rutin setiap hari. Banyak penderita diabetes yang akhirnya memilih amputasi setelah terjadi pembusukan di bagian tubuh tertentu, akan tetapi ramuan daun afrika ini mampu mengatasinya.

Daun afrika untuk asam urat

turnbackhoax.id

Daun Afrika sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan penyakit asam urat pada seseorang dan memicu terjadinya rasa nyeri yang menyiksa pada bagian sendi.

Asam urat tercipta saat tubuh memecah zat purin. Kelebihan zat purin ini akan menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah. Asam urat ini sebenarnya secara alami dikeluarkan oleh tubuh melalui mekanisme penyaringan di dalam ginjal dan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Akan tetapi, jika zat purin terlalu banyak di dalam tubuh maka ginjal tidak akan mampu mengolahnya dengan baik dan pada akhirnya mengakibatkan penumpukan yang terjadi di bagian tulang dan sendi.

  Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Vitalitas Pria

Akibatnya, terjadi penumpukan dan membentuk kristal asam urat yang mengakibatkan tulang terasa nyeri dan mengakibatkan radang pada bagian persendian.

Untuk menghilangkan rasa nyeri akibat asam urat ini, dapat dilakukan beberapa upaya. Salah satu cara menyembuhkan asam urat ini adalah dengan menggunakan bahan alami, daun afrika. Anda dapat mengambil beberapa manfaat daun afrika untuk mengatasi masalah rematik juga.

Untuk menjadikannya obat rematik, anda dapat menyediakan 3 – 5 lembar daun afrika lalu bersihkan menggunakan air. Setelah itu seduh daun afrika itu menggunakan air panas. Anda dapat meminum ramuan ini untuk mengatasi rematik.

Daun afrika untuk kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan sel-sel tubuh tidak normal dan tidak terkontrol sehingga menyerang organ tubuh di sekitarnya. Gejala yang dirasakan tiap individu akibat kanker berbeda-beda, tergantung dari jenis kankernya.

Biasanya, pengobatan yang digunakan untuk mengatasi kanker dilakukan secara medis atau pun secara herbal. Metode kemoterapi merupakan penanganan medis yang banyak dilakukan untuk menangani kanker karena dinilai paling ampuh, meskipun memiliki efek samping setelahnya seperti rambut rontok.

Kemoterapi ini adalah suatu metode pengobatan yang melibatkan obat – obatan yang disuntikan pada pembuluh darah pasien.

Source : hellosehat.com

Selain secara medis, kanker dapat pula ditangani dengan pengobatan secara herbal menggunakan tanaman-tanaman alami. Namun, pengobatan alami pun perlu dikonsultasikan pada dokter. Karena mungkin saja tubuh sulit menerima pengaruh dari kandungan yang ada dalam tanaman herbal tersebut.

Salah satu tanaman herbal yang mampu membantu mengatasi kanker adalah Daun Afrika.

Daun Afrika memiliki kandungan kimia yang mampu mendetoksifikasi racun di dalam tubuh sehingga daun afrika dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker, khususnya kanker hati.

Selain penderita kanker dan ingin mencegah kanker, Daun Afrika ini juga dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit kanker, karena di dalam tanaman ini terdapat zat antioksidan. Dimana zat antioksidan ini dapat mencegah atau menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu faktor penyebab kanker.

Salah satu cara olah Daun Afrika untuk kanker yaitu dijadikan the daun Afrika lalu menyeduhnya dan meminumnya setelah dingin.

Daun afrika untuk jantung

Daun Afrika mengandung asam linolenat (asam lemak omega-3) dan asam linoleat (asam lemak omega-6), yang penting karena tubuh tidak mampu mampu membuatnya sendiri.

Jantung yang tidak sehat akan menjadi penyakit jantung. Faktor penyakit pada jantung salah satunya adalah akibat tekanan darah tinggi dan kolesterol dalam darah yang dapat menyumbat aliran darah sehingga kerja jantung dapat tidak normal.

Source : liputan6.com

Daun afrika bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol. Tekanan darah dan kolesterol merupakan dua hal yang sering menjadi masalah pada orang dewasa, khususnya pada lansia.

Daun Afrika dapat berfungsi untuk memecahkan kolesterol tinggi dan menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mengkonsumsinya, anda dapat mengaplikasikan nya sebagai rebusan daun afrika dan dikombinasikan atau ditambahkan dengan madu atau jeruk nipis dan lemon secukupnya.

Dengan meminum rutin daun afrika ini, dan ditambah dengan pola hidup yang baik maka kerja jantung anda juga akan semakin baik.

Daun afrika untuk ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit akibat dari gangguan kerja ginjal. Penyakit ini adalah sering ditandai dengan adanya berupa material keras yang mirip dengan batu dan terbentuk di dalam ginjal. Ada beberapa penyebab yang perlu anda ketahui, yang dapat menimbulkan penyakit ini muncul yaitu :

  • Makan makanan yang tidak sehat, seperti Junk Food, dsb
  • Makan yang terlalu berlebihan
  • Pola hidup tidak teratur.

aceh.tribunnews.com

Pengobatan medis banyak dilakukan seperti minum obat-obatan dan juga bisa operasi. Namun, ada cara alami untuk menghancurkan batu ginjal secara alami, seperti menggunakan Daun Afrika Selatan yang sering tumbuh di pinggir jalan dan juga bisa di pekarangan rumah anda.

Daun Afrika Selatan ini memiliki banyak manfaat dan memiliki banyak kegunaan kesehatan bagi tubuh.

Untuk cara penyajiannya juga mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama bagi anda yang cukup sibuk. Cukup ambil 3 – 7 lembar Daun Afrika Selatan yang segar dan tidak layu, lalu bersihkan dengan air yang bersih dan mengalir.

  Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Setelah bersih, rebus daun tersebut dalam 2 air gelas atau setara dengan 500 ml, dan rebuslah daun hingga air rebusan sampai setengahnya.

Mengonsumsinya dengan rutin rebusan Daun Afrika ini bisa menghilangkan berbagai macam penyakit, khususnya bermacam penyakit akibat gangguan kerja ginjal seperti gagal ginjal, batu ginjal, ginjal bengkak dan keluhan lainnya yang menyerang ginjal.

Namun sebaiknya anda tetap harus mengkonsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui secara pasti dosis dan cara pemakaiannya.

Daun afrika untuk kolesterol

Source : http://habbats.co.id

Ada beberapa manfaat daun afrika yang bisa anda dapatkan terutama bagi anda yang memiliki masalah dengan kolesterol di dalam tubuh anda. Berikut penjelasan singkatnya :

  • Untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol darah

Selain penderita kolesterol tinggi, bagi anda yang memiliki kadar kolesterol normal daun afrika ini bisa juga anda konsumsi. Daun afrika ini mampu menjaga kadar kolesterol anda agar tetap stabil. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan daun afrika 5-7 lembar daun dan bersihkan.

Lalu rebuslah dengan air 500 cc dan masukkan daun ke dalam air yang mendidih kurang lebih 5 menit. Kemudian, tuang ke dalam 2 buah gelas dan anda bisa minum rebusan daun Afrika selagi hangat saat pagi dan juga malam hari sebelum tidur.

  • Untuk menurunkan kadar kolesterol

Tidak hanya menstabilkan kadar darah, Daun Afrika ini juga bermanfaat bagi penderita Hiperkolesterolemia, yaitu berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterolnya. Tipsnya anda bisa mengkonsumsi daun afrika ini dengan cara mengeringkan daun terlebih dahulu dan menyeduhnya setiap hari yaitu 1 – 2 gelas.

Jika anda rutin maka secara efektif ini akan membantu untuk menurunkan kolesterol anda dengan cepat. Selain itu, seduhan daun afrika ini membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh anda juga.

  • Untuk membersihkan darah dari kolesterol

Banyaknya kolesterol pada darah akan menyebabkan kerak pada saluran darah. Jika semakin banyak kerak maka dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Apabila hal ini dibiarkan terlalu lama, akan menjadi pemicu penyakit jantung Koroner.

Daun Afrika dapat membantu anda melakukan pembersihan darah agar bersih dari karak dan kolesterol. Caranya mudah, anda bisa mengkonsumsi daun afrika ini secara berkala. Selain itu, hal ini bisa diterapkan bagi anda yang mengalami kesemutan dan kram.

Daun afrika untuk asam lambung

Selain bermanfaat untuk penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker, diabetes dan lain-lain, bagi anda yang memiliki asam lambung yang tinggi dapat mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi daun afrika ini.

Source : http://pedomanbengkulu.com

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya nyeri pada bagian ulu hati atau rasa terbakar di bagian dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan (esophagus). Esophagus ini merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Kandungan pada daun Afrika yang banyak dan baik bagi tubuh ini, menjadikan daun Afrika ini menjadi salah satu tanaman obat yang dipercaya mampu mengatasi masalah asam lambung. Selain berkhasiat pada asam lambung juga berfungsi sebagai antioksidan, anti kolesterol, anti inflamasi, dan lain-lain.

Daun afrika untuk kecantikan

Source : media.siraplimau.com

Selain bermanfaat bagi kesehatan, daun Afrika juga bermanfaat untuk kecantikan anda nih. Khususnya kaum ladies yang ingin sehat dan mempercantik wajahnya. Dibawah ini penjelasannya :

  • Untuk mengobati jerawat

Seperti hal nya daun sirih , daun Afrika dipercaya mampu mengobati dan menghilangkan bekas jerawat anda.

Sebenarnya timbulnya jerawat jika hanya 1 atau 2 tidak begitu mengganggu, namun jika jerawat itu semakin banyak dan membekasnya tentu menyebalkan ya ? Munculnya jerawat ini selain akan mengganggu kecantikan wajah anda juga dapat menimbulkan rasa sakit yang kadang mengganggu anda. Sehingga jerawat harus segera diobati.

Daun Afrika bisa anda manfaatkan,sebagai obat jerawat dengan cara membuatnya menjadi masker wajah. Gunakanlah masker daun afrika ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang baik dan terhindar dari jerawat.

  • Untuk melembabkan kulit

Daun Afrika yang kaya akan Vitamin, berkhasiat untuk melembabkan kulit. Vitamin merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit agar tidak mudah kering. Asupan vitamin yang cukup, akan mampu menjaga kelembaban kulit dengan maksimal.

  Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Diet Alami

Nah, Kulit yang terjaga kelembabannya ini akan membuat anda tetap terlihat cantik dan juga segar. Oleh sebab itu, konsumsi daun afrika diharapkan mampu mencukupi kebutuhan Vitamin pada kulit. Salah satu cara mencukupinya adalah dengan mengonsumsi daun afrika yang kaya akan Vitamin.

Daun afrika untuk darah tinggi

Seperti hal nya kolesterol, darah tinggi juga merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu terjadinya kondisi stroke dan gangguan jantung. Oleh sebab itu anda harus menurunkan tekanan darah anda untuk menghindari akibat yang lebih berbahaya lagi bagi kesehatan anda selanjutnya.

Daun Afrika bisa menjadi salah satu alternatif yang anda pilih untuk menjaga agar tekanan darah anda normal.

Source : manjadda.com

Beberapa penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan dari Afrika menjelaskan tentang daun ini sebagai obat untuk menyembuhkan hipertensi dan hasil nya yaitu sangat. Daun afrika menurunkan tekanan darah tinggi melalui mekanisme relaksasi pembuluh darah.

Reaksi yang terjadi pada daun ini kemungkinan besar melalui mekanisme asetilkolin dan histamine, mereka diketahui mempengaruhi otot halus yang akan menyebabkan vasodilatasi pada tubuh.

Daun afrika untuk menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan pada seseorang menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya beberapa penyakit yang lebih berbahaya lagi, seperti stroke dan jantung. Sehingga sebaiknya anda yang memiliki kelebihan berat badan, perlu untuk membuat tubuh anda untuk memiliki berat badan normal atau ideal.

Anda bisa melakukan diet dan tentunya melakukan pola hidup sehat.

Source : a57.foxnews.com

Daun afrika menjadi salah satu tanaman alami yang dapat membantu anda menjaga tubuh untuk mencapai berat badan ideal. Hal ini disebabkan karena kandungan pada daun Afrika yang dipercaya mampu menghancurkan lemak yang ada dalam tubuh anda.

Selain mengkonsumsi daun afrika ini, anda juga harus mulai meninggalkan pola hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan junk food , sedikit gerak , dan jarang berolahraga.

Cara Pengolahan Daun Afrika

Cara pengolahan daun afrika yang kaya akan kandungan gizi ini, dapat dilakukan dengan 3 cara pengolahan, seperti :

  • Dikunyah Langsung

Perlu diperhatikan sebelum anda mengunyah daun afrika ini, pastikan bahwa daun sudah anda cuci bersih. Setelah bersih anda bisa mengunyang airnya dan buang ampas daun nya.

  • Diseduh menjadi Teh Daun Afrika

Cara menyeduh daun afrika ini mudah seperti menyeduh teh pada umumnya. Anda hanya perlu 5 lembar daun afrika pada wadah poci dan seduh dengan air panas.

  • Dibuat Ekstrak

Cara membuat ekstrak yaitu daun dikeringkan lalu ditumbuk. Untuk mengkonsumsinya anda bisa menyeduh 1 sendok teh daun afrika kering dengan air panas.

Efek Samping Daun Afrika

Setelah kita mengetahui berbagai manfaat dari daun Afrika ini, kita juga perlu tau apa efek samping yang akan kita dapat saat mengkonsumsi daun afrika. Selain itu, saat mengolah daun afrika ini perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh anda.

Efek samping yang dapat ditimbulkan saat mengkonsumsi daun afrika yaitu :

  • Timbul rasa pahit yang terdapat dalam daun afrika.
  • Timbul rasa gatal pada tubuh
  • Bisa membahayakan kondisi janin dalam kandungan
  • Akan merasa mual kemudian muntah.

Tidak semua orang tahan dengan rasa pahit pada daun afrika ini dan orang yang pertama kali mengkonsumsi cenderung akan merasa mual lalu muntah. Selain itu, bagi anda yang alergi terhadap sesuatu yang baru, bisa jadi mencoba daun afrika ini bisa menimbulkan rasa gatal pada anda akibat alergi tersebut. Untuk ibu yang sedang hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun afrika ini, karena pada kondisi hamil, ibu akan menjadi lebih sensitif terutama pada janinnya.

Itulah penjelasan mengenai manfaat dari daun Afrika ini untuk membantu menjaga kesehatan anda. Bagi anda yang memiliki penyakit kronis dan ingin mencoba konsumsi daun afrika ini sebagai obat, disarankan untuk tetap berkonsultasi kepada dokter anda untuk mengetahui efek samping atau dosis yang tepat bagi anda. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda, mohon maaf bila ada kata yang salah dan terima kasih.

Leave a Reply