Manfaat Buah Sirsak Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Kali ini kita akan membahas seputar manfaat buah sirsak. Sirsak dengan nama lain
yang juga disebut sebagai guanabana atau graviola, dan nama ilmiahnya adalah Annona muricata. Sirsak adalah tanaman yang pertama sekali ditemukan di Amerika dan diproduksi di daerah tropis seperti Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara.

Di Indonesia, buah ini sangat mudah ditemukan karena buah ini dapat tumbuh dengan mudah pada lingkungan dengan iklim yang tropis. Sirsak memiliki rasa dan penampilan yang unik karena bentuk luarnya seperti berduri namun jika dipegang memiliki kulit yang lembut.

Semua bagian sirsak telah digunakan sebagai obat tradisional. Untuk khasiat obat dari daun, akar, dan bijinya tidak usah diragukan lagi. Daging buah sirsak yang sudah masak ditandai dengan warna putih dan terdapat biji hitam di dalamnya. Sementara rasanya yang unik sudah cukup untuk membuat buah ini menjadi populer.

Manfaat Buah Sirsak

manfaat buah sirsak

manfaat buah sirsak | unsplash.com

Manfaat buah sirsak terdapat dalam kandungan vitamin dan gizi yang kaya dari buah tersebut termasuk vitamin C, vitamin B, dan sejumlah senyawa antioksidan. Berikut adalah beberapa manfaat dari semua kandungan yang ada didalam buah sirsak:

Manfaat buah sirsak dalam pengobatan kanker

Manfaat buah sirsak dalam pengobatan kanker sudah tidak dapat diragukan lagi sama halnya dengan buah semangka dan pir. Beberapa peneliti sudah berhasil membuktikannya. Salah satunya adalah Torres dkk. Menurut penelitian yang dilakukan Torres (2012) sirsak memiliki efektivitas yang berkaitan dengan pengobatan kanker.

Hal itu dilihat dari komponen bioaktif yang terkandung di dalam buah sirsak. Komponen bioaktif itu adalah Acetogenins Annonaceous. Acetogenins Annonaceous sendiri dapat diekstraksi dari berbagai bagian tanaman.

Acetogenins Annonaceous adalah turunan dari asam lemak rantai panjang yang selektif dan merupakan pembunuh yang efektif bagi sel-sel kanker termasuk jenis sel kanker multidrugresistant. Dengan kata lain kandungan di dalam buah sirsak sangat bermanfaat untuk melawan kanker yang paling susah dibasmi sekalipun.

  12 manfaat buah mengkudu yang perlu kita ketahui

Efektivitasnya dalam menurunkan gula darah

Pada masa sekarang penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang sangat populer. Pasalnya kita dapat dengan mudah menemukan orang yang mengidap penyakit ini dimanapun. Maka kita harus berhati-hati jangan sampai penyakit ini datang pada kita.

Penelitian yang dilakukan oleh Adeyemi et al. (2009) telah membuktikan bahwa buah sirsak terbukti dapat mengendalikan gula darah. Dimana dalam penelitian yang dilakukan menggunakan ekstrak metanol dari daun sirsak untuk menentukan pengaruhnya terhadap kontrol glikemik.

Dilakukan penelitian terhadap 3 kelompok yaitu kelompok nondiabetes, kelompok diabetes yang tidak diobati juga kelompok diabetes yang diobati dengan ekstrak sirsak. Pada kelompok diabetes yang diberikan ekstrak daun sirsak ditemukan hasil bahwa kadar glukosa darah secara bertahap menurun.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat efektivitas ekstrak sirsak sebagai agen antihiperglikemik yang tentunya bermanfaat bagi penderita diabetes. Seperti buah pisang yang dapat dijadikan buah pelengkap pada penderita diabetes, buah sirsak juga demikian.

Manfaat buah sirsak dalam meningkatkan Kesehatan Mata

Buah sirsak begitu kaya akan antioksidan dan vitamin. Kandungan vitamin C dan E, zinc, dan beta-karoten yang terdapat dalam sirsak terbukti untuk mengurangi risiko penyakit mata. Antioksidan yang terdapat didalam sirsak juga mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif ini yang dapat menyebabkan katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Membantu Melawan Peradangan

Dalam sebuah penelitian di Brasil, peradangan yang disebabkan oleh gigitan ular ditemukan membaik dengan pemberian daun sirsak dan jus sirsak. Penelitian di Amerika Selatan dan Afrika tropis telah menekankan pada sifat anti-inflamasi dari akar, kulit kayu, dan daun pohon sirsak.

Kemampuan untuk mengobati peradangan terbukti terdapat dalam sirsak dan dapat digunakan untuk menghilangkan radang sendi. Peneliti dari Brasil juga berhasil membuktikan sifat anti-inflamasi sirsak dengan melakukan percobaan pada berbagai hewan.

  Xanthone: Manfaat mengejutkan dalam buah manggis

Jadi jika anda menderita nyeri sendi atau peradangan terutama dari kondisi seperti asam urat atau radang sendi, maka menggosok rebusan sirsak di area yang terkena bisa menjadi langkah pertama yang bagus sebelum menemui dokter.

Senyawa anti-peradangan yang ditemukan dalam sirsak dapat mempercepat penyembuhan dengan cepat di area yang terkena, sekaligus juga menenangkan rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas. Selain efek anti-inflamasi, sirsak juga dikenal karena efek analgesik (anti nyeri). Sebuah paket lengkap dalam satu jenis buah bukan?

Membasmi kutu yang efektif

Rebusan daun sirsak sangat efektif untuk membasmi kutu kepala dan juga kutu kasur. Daun segar yang telah ditumbuk bisa dioleskan pada kulit yang terluka akibat gigitan kutu dan hal itu akan mempercepat proses penyembuhan. Wanginya yang tidak disukai kutu serta kandungan antioksidannya merupakan racun yang tepat untuk membunuh kutu kepala dan kutu kasur.

Pembunuh cacing yang efektif

Manfaat buah sirsak sebagai anti parasit sudah tidak diragukan lagi. Sifat anti-parasit dari sirsak telah membuatnya menjadi pengobatan yang populer di banyak daerah pedesaan di Amerika Latin dan Selatan, khususnya di daerah di mana infeksi parasit lebih umum.

Dengan menyeduh teh dari daun buah sirsak, anda dapat membersihkan usus anda dan memastikan bahwa sistem pencernaan anda berjalan lancar tanpa adanya gangguan parasit di tubuh anda.

Manfaat ini dikonfirmasi oleh penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences. Jadi jika anda tinggal di daerah yang endemik (banyak terdapat) infeksi cacing dan parasit lain, meminum rebusan daun sirsak adalah salah satu hal yang baik untuk anda lakukan.

Meredakan gejala penyakit saluran pernapasan

Penyakit saluran napas seperti batuk dan pilek merupakan penyakit yang sangat sering kita temui di masyarakat. Penyakit ini sangat mengganggu keseharian kita sekalipun bukan penyakit yang serius.

Jika anda berjuang dengan batuk, pilek, atau jenis penyakit pernapasan lain maka sifat anti-inflamasi sirsak dapat membantu membersihkan saluran pernapasan anda, mengurangi sumbatan hidung, dan menenangkan iritasi pada saluran napas anda.

  Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Diet

Manfaat buah sirsak sebagai ekspektoran juga sangat ampuh untuk menghilangkan dahak dan mengencerkan lendir. Dengan mengurangi peradangan pada rongga hidung dan saluran pernapasan, itu juga dapat mempercepat penyembuhan.

Manfaat buah sirsak dalam meningkatkan Kekebalan Tubuh

Melindungi sistem kekebalan tubuh adalah salah satu komponen terpenting dari diet sehat dan rejimen kebugaran. Menambahkan sedikit buah sirsak ke dalam diet anda, baik melalui minuman yang menyegarkan atau pencuci mulut dapat berdampak positif bagi kesehatan anda secara keseluruhan. Kaya vitamin C, buah ini merangsang produksi sel darah putih, sedangkan konsentrasi antioksidan membantu menetralisir radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

“Sirsak, mulai dari daun, buah juga bijinya sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit. Dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan dimanapun, anda sudah bisa meningkatkan kesehatan anda dengan mudah”

Sirsak adalah salah satu buah lezat yang bisa diolah dalam bentuk apapun terutama bila dijadikan jus. Mengkonsumsi buah sirsak banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.

REFERENSI

  • 1. Moghadamtousi SZ, Fadaeinasab M, Nikzad S, Mohan G, Ali HM, Kadir HA. Annona muricata (Annonaceae): A review of its traditional uses, isolated acetogenins and biological activities. Int J Mol Sci. 2015;16(7):15625–58.
  • 2. Pangan C. Soursop as an Alternative Medicine. 2014;1–9.
  • 3. Elavarasan K, Govindhappa M, Samuel SD. Medicinal properties and uses of soursop (Annona muricata L.). Rashtriya Krishi [Internet]. 2014;Volume 9(2):73–5. Available from: http://www.researchjournal.co.in/upload/assignments/9_72-75_8888.pdf
  • 4. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/soursop.html
  • 5. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-soursop-for-skin-hair-and-health/#gref

dr. Agnes Marpaung

Dokter yang sehari-harinya aktif sebagai asisten penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini sangat suka menulis. Menulis sudah dilakoninya sejak dulu mulai dari hal berbau kesehatan bahkan sama cerita berbau romansa sekalipun.

Leave a Reply