Manfaat Buah semangka Untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

Biasa dijadikan sebagai salah satu buah yang dibuat sebagai bahan baku rujak atau disajikan di dalam pesta sebagai makanan penutup membuat buah ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini. Bentuknya bulat dan masih berasal dari suku timun-timunan. Dagingnya berwarna merah, rasanya manis dan kaya akan kandungan air. Buah ini dikenal sebagai semangka, dengan nama latin Citrullus lanatus

Buah yang konon berasal dari daratan Afrika Selatan ini banyak sekali dibudidayakan di Indonesia. Dibalik kenikmatan buah semangka, tahukah anda bahwa buah ini memiliki segudang manfaat. Mari kita bahas satu persatu manfaat buah manis ini:

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka | Unsplash.com

Buah semangka selain rasanya yang manis, manfaat buah semangka juga tidak dapat diragukan lagi. Berikut beberapa fakta terkait kandungan yang ada dalam buah semangka yang dipotong dadu di dalam secangkir aqua gelas.

Fakta Nutrisi dalam Semangka

  • Dalam 1 cangkir aqua gelas (10 oz / 280 g)
  • Kalori: 80 (Dengan 0% lemak)
  • Jumlah per sajian (and %DV*)
    *Persentasi kebutuhan harian (%DV) berdasarkan total diet harian 2000 kal.
  • Total Lemak: 0g (0%)
  • Total Karbidrate: 21g (7%)
  • Serat: 1g (4%)
  • Gula: 20g
  • Kolesterol: 0mg (0%)
  • Garam: 0mg (0%)
  • Kalium: 270mg (8%)
  • Protein: 1g
  • Vitamin A: (30%)
  • Vitamin C: (25%)
  • Kalsium: (2%)
  • Zat Besi: (4%)

Membantu mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh anda

Menjaga tubuh anda penuh dengan cairan sangat penting karena sekitar 79% tubuh manusia adalah air. Apabila tubuh kehilangan cairan sangat berdampak terhadap fungsi organ kita. Kehilangan cairan juga membuat stamina kita menjadi menurun serta hal yang paling fatal bisa juga mengakibatkan kematian diakibatkan dehidrasi berat.

  Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Diet

Minum air putih adalah cara penting untuk menjaga tubuh anda tetap terhidrasi. Namun, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalamn tubuh anda.

Tahukah anda bahwa sekitar 92% kandungan semangka adalah air?”

Jadi anda bisa menjadikan semangka sebagai makanan pelengkap anda semasa anda berolahraga atau beraktivitas guna memenuhi kebutuhan carian di dalam tubuh anda. Manfaat buah semangka dalam mengembalikan cairan yang hilang sudah tidak diragukan lagi.

Manfaat buah semangka sebagai pencegah kanker

Seperti halnya buah pir dan apel, manfaat buah semangka sebagai pencegah kanker sudah tidak bisa diragukan lagi. Para peneliti telah mempelajari lycopene dan senyawa tanaman lainnya yang terkandung dalam semangka sebagai efek anti kanker.

Perlu diketahui bahwa warna merah di dalam daging semangka berasal dari lycopene . Lycopene merupakan salah satu antioksidan yang terbukti ampuh melawan kanker.

Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa lycopene yang terkandung dalam semangka sangat bermanfaat dalam melawan kanker terutama kanker saluran cerna. Manfaat buah semangka dalam mengurangi risiko kanker bisa kita lihat dari cara kerjanya menurunkan faktor pertumbuhan seperti Insulin Growth Factor (IGF).

Insulin Growth Factor (IGF) adalah protein yang terlibat dalam pembelahan sel. Tingkat IGF tinggi berhubungan dengan pembentukan sel kanker. Semakin tinggi tingkat IGF semakin cepat pertumbuhan sel kanker didalam tubuh kita.

Manfaat buah semangka yang membuat jantung anda lebih sehat

Penyempitan pembuluh darah dapat mengurangi aliran darah. Oleh karena itu, penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu faktor utama penyebab serangan jantung dan stroke.

Seperti halnya buah sirsak, semangka kaya akan asam amino yang disebut citrulline yang dapat membantu menyalurkan darah ke seluruh tubuh anda dan dapat menurunkan tekanan darah anda. Jantung anda juga dapat menikmati manfaat lain dari lycopene yang terkandung di dalam semangka.

  Xanthone: Manfaat mengejutkan dalam buah manggis

Sebuah studi menunjukkan bahwa lycopene dapat menurunkan risiko serangan jantung. Menurut Joseph Cheriyan dari  Addenbrooke Hospital dan Cambridge University mengatakan bahwa mereka telah menunjukkan fungsi lycopene yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah pada pasien penyakit jantung.

Selain mengkonsumsi semangka, tentu saja seluruh gaya hidup anda mempengaruhi kesehatan jantung anda. Jadi, pastikan anda juga berolahraga, tidak merokok, membatasi lemak jenuh, dan mengikuti saran dokter anda.

Melindungi kesehatan sendi

Peradangan di daerah persendian merupakan salah satu hal yang paling tidak mengenakkan ketika kita mengalami sakit. Karena terjadi radang pada persendian menyebabkan kita mengalami keterbatasan aktivitas dan sering menimbulkan nyeri yang tidak tertahankan.

Semangka memiliki pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin. Beta-cryptoxanthin terbukti dapat melindungi persendian anda dari peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seiring waktu dengan anda rutin mengkonsumsi semangka, itu bisa menurunkan resiko anda untuk terkenan penyakit rheumatoid arthritis (radang pada sendi).

Menjaga kesehatan mata

Hanya satu porsi semangka memberi anda lebih dari 30% jumlah dari vitamin A yang anda butuhkan setiap hari. Vitamin A adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan mata anda. Makanan adalah cara terbaik untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh anda. Di dalam semangka banyak kebutuhan vitamin yang tubuh anda butuhkan menjadi terpenuh terutama yang berkaitan dengan kesehatan mata.

Manfaat buah semangka sebagai penenang kulit anda

Vitamin A, B6, dan C dalam semangka membantu kulit Anda tetap lembut, halus, dan kenyal. Karena penuh dengan air, semangka juga menjadi masker yang bagus untuk wajah anda.

Caranya, anda cukup mencampur 1 sendok makan jus semangka dengan yogurt dalam jumlah yang sama. Lalu ratakan di wajah anda dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bilas dan keringkan. Masker ini sangat ampuh untuk melembabkan serta mencerahkan wajah.

Perlu anda ketahui juga bahwa manfaat buah semangka bagi kulit terkandung dalam dua vitamin yang didalamnya terdapat vitamin A dan C penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu tubuh Anda membuat kolagen, protein yang membuat kulit Anda lentur dan rambut Anda kuat.

  Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Vitamin A juga penting untuk kulit yang sehat karena membantu menciptakan dan memperbaiki sel-sel kulit. Tanpa cukup vitamin A, kulit Anda dapat terlihat kering dan bersisik.

Dapat Membantu Meredakan Nyeri Otot

Nyeri otot yang sering kita kenal sebagai kram terasa begitu nyeri dan tidak nyaman. Citrulline, asam amino yang terkandung dalam semangka dapat mengurangi nyeri otot. Buah semangka menjadi salah satu alternatif yang baik terutama bagi anda yang sering mengeluh keram dan nyeri pada otot anda.

Satu studi kecil memberi atlet jus semangka biasa, jus semangka dicampur dengan citrulline atau minuman citrulline. Kedua minuman semangka menyebabkan rasa sakit otot berkurang dan pemulihan denyut jantung lebih cepat, dibandingkan dengan citrulline sendiri

Para peneliti juga melakukan percobaan pada tabung reaksi, menyelidiki penyerapan citrulline. Temuan mereka menunjukkan bahwa penyerapan citrulline paling efektif ketika dikonsumsi sebagai komponen jus semangka.

“Kandungan air, vitamin dan mineral dalam buah semangka menjadikan buah semangka menjadi salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat”

Buah semangka yang kaya akan air memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mudah ditemukan dimanapun dan harganya yang terjangkau membuat buah ini menjadi salah satu buah yang cocok untuk anda konsumsi sehari-hari.

REFERENSI

  • https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-health-benefits-of-watermelon
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/266886.php
  • https://www.healthline.com/nutrition/watermelon-health-benefits#section8

dr. Agnes Marpaung

Dokter yang sehari-harinya aktif sebagai asisten penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini sangat suka menulis. Menulis sudah dilakoninya sejak dulu mulai dari hal berbau kesehatan bahkan sama cerita berbau romansa sekalipun.

Leave a Reply