7 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Salak dengan nama latin Salacca zalacca merupakan buah asli dari Sumatra selatan. Buah ini dikenal sebagai buah ular karena kulitnya bersisik coklat kemerahan dengan bagian dalam (dagingnya) memiliki perpaduan rasa manis dan sedikit asam.

Salak merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia sendiri. Salak dapat diolah menjadi berbagai macam makanan termasuk manisan dan dapat dengan mudah kita temukan dimanapun. Berikut adalah beberapa manfaat buah salak:

Manfaat Buah Salak

manfaat buah salak

manfaat buah salak | unsplash.com

Terlepas dari campuran rasanya yang manis dan sedikit asam, salak adalah sumber nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh kita. Mengkonsumsi 100 gram salak memberikan tubuh kita manfaat berupa:

  • 3,9 mg zat besi,
  • 0,2 mg vitamin B2,
  • 8,4 mg vitamin C,
  • 12,1 g karbohidrat,
  • 38 mg kalsium,
  • 18 mg fosfor,
  • 0,8 g protein,
  • 0,4 g lemak total dan
  • 0,3 g g Serat Makanan.

Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat buah salak dapat kita lihat dari kandungan gizi yang terkandung didalamnya. Satu buah sudah terdiri dari beragam kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap. Hal inillah yang membuat manfaat buah salak tidak bisa diragukan lagi. Salak memiliki karbohidrat, vitamin serta mineral yang baik untuk menjaga stamina tubuh kita. Mengkonsumsi salak apalagi di dalam keadaan perut kosong bisa menjadi salah satu opsi makanan pengganjal sebelum kita pada akhirnya makan menu utama kita.

Meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

Buah bersisik yang sering disebut sebagai buah ular ini kaya dengan nutrisi dan mampu membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat membantu memerangi kerusakan sel dan jaringan tubuh kita yang berfungsi tidak semestinya.

  14 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Kita

Sama halnya dengan buah manggis dan buah pir, manfaat buah salak sebagai antioksidan juga tidak usah diragukan. Selain rasanya yang enak, buah salak mampu menjaga kekebalan tubuh kita.

Buah salak juga mengandung zat beta karoten. Beta karoten merupakan senyawa organik  yang adalah bentuk awal dari vitamin A. Yang mana nantinya akan diubah dan diserap oleh tubuh melalui enzim beta-carotene 15,15′-monooxygenase.

Beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita dan membantu memerangi sel-sel jahat yang merusak di dalam tubuh kita.

Manfaat buah salak dalam menyehatkan mata

Menurut para spesialis kesehatan, betakaroten (pigmen yang terdapat pada tumbuhan) yang terkandung dalam buah salak yang juga merupakan salah satu antioksidan yang sangat baik untuk mata.

Bagi siapapun yang ingin menjaga kesehatan dan keseimbangan mata tapi bosan harus mengonsumsi satu macam buah saja, salak bisa menjadi salah satu alternatif pemenuh nutrisi harian anda. Siapa bilang hanya jus wortel atau juga buah pepaya yang katanya dapat membantu menjaga kesehatan mata? Sekarang kamu punya alternatif pilihan lain yaitu mengganti jus wortel dengan jus salak. Rasanya enak dan tak kalah nikmat dengan jus wortel. Sebuah menu baru untuk kesehatan anda.

Kandungan seratnya baik untuk pencernaan

Buah salak adalah salah satu buah yang mengandung nutrisi padat yang  terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan beta karoten. Karena beberapa nutrisi tersebut, buah salak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

Buah salak baik untuk pencernaan terutama dalam hal menghentikan diare. Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar, dengan kondisi tinja/feses yang jauh lebih encer cenderung seperti air. Pada umumnya, diare terjadi karena makanan dan minuman yang terpapar virus, bakteri, atau parasit.

Biasanya diare hanya berlangsung beberapa hari (akut), namun pada sebagian kasus dapat memanjang hingga berminggu-minggu (kronis). Pada umumnya, diare tidak berbahaya jika tidak terjadi dehidrasi. Namun, jika disertai dehidrasi, penyakit ini bisa menjadi fatal, dan penderitanya harus segera mendapat pertolongan medis.

  Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Buah salak dapat menghentikan diare karena di dalam buah salak terdapat kandungan tanin. Tanin adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, berasa pahit dan kelat, yang bereaksi dengan dan menggumpalkan protein.

Kandungan tanin yang ada dalam buah salak berfungsi sebagai obat anti diare. Tanin juga bisa mengatasi gangguan pencernaan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi buah salak bersamaan dengan kulit halusnya (epidermis) guna mencegah sembeli.

Manfaat buah salak dalam mencegah terjadinya anemia

Anemia adalah berkurangnya jumlah eritrosit dan hemoglobin dalam tubuh yang menyebabkan seseorang menjadi letih, lesu dan lemah. Anemia tidak bisa diabaikan dan harus ditangani segera karena dapat mengganggu kualitas hidup penderita.

freepik.kaedeezign

Buah salak baik untuk mengatasi anemia karena mengandung thiamine. Zat besinya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan para wanita yang sedang hamil. Zat besi merupakan faktor penting dalam memproduksi sel darah merah dan wanita yang sedang hamil membutuhkan sel darah merah yagn tinggi karena digunakan untuk menyalurkan oksigen pada bayi. Kekurangan oksigen dapat berbahaya bagi ibu dan anak.

Buah salak sanga baik untuk kesehatan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buak salak dapat meningkatkan performa otak karena kandungan pectin (karbohidrat yang biasanya di kulit atau inti buah) dan kandungan kaliumnya.

Pectin dan kalium menjaga sel saraf dan bisa membantu meningkatkan daya ingat kita. Kalium digunakan oleh sistem saraf otonom yang mengontrol irama jantung, meningkatkan fungsi otak, mengatur pergerakan sistem cerna serta fungsi fisiologis lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan pectin-nya juga bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kanker prostat.

Buah salak bermanfaat menjaga kesehatan tulang

Buah salak juga mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya untuk wanita yang sedang hamil, salak membantu membentuk jaringan tulang pada janin.

  Manfaat Buah Sirsak Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Sebagai tambahan, kalsium juga dibutuhkan untuk calon ibu sebagai persiapan tubuh mereka saat melahirkan. Manfaat salak bagi wanita hamil juga untuk memberikan kesehatan dan stamina yang kuat.

Buah salak dapat mencegah terjadinya kanker

Dengan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam buah salak bila kita bandingkan dengan buah lain, hal ini menjadikan buah salak menjadi buah yang sangat baik melawan radikal bebas di tubuh. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh kita karena dapat membuat tubuh kita mengalami kerusakan sel dan perubahan gen yang berdampak pada banyak hal. Salah satunya adalah menyebabkan terjadinya kanker.

Antioksidan adalah salah satu molekul yang baik untuk melawan radikal bebas. Secara tidak langsung antioksidan ini baik untuk melawan kanker atau mencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh kita. Antioksidan bekerja dengan menstabilkan radikal bebas tersebut dan dapat mencegah kerusakan yang dapat disebabkan olehnya.

“Beta karoten serta beberapa antioksidan lain yang terkandung dalam salak sangat baik untuk mencegah pembentukan sel kanker”.

Mengkonsumsi salak baik untuk tubuh kita. Mitos bahwa salak dilarang untuk dikonsumsi karena dapat menyebabkan sembelit (susah buang air besar) tidaklah sepenuhnya benar karena buah salak sangat banyak kandungan nutrisinya. Seimbangkan dengan buah-buahan lainnya demi manfaat yang lebih optimal.

REFERENSI

  • https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-buah-salak-untuk-jantung/
  • https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-salak-fruit/
  • https://www.organicfacts.net/salak-snake-fruit.html
  • http://cintaihidup.com/35813

dr. Agnes Marpaung

Dokter yang sehari-harinya aktif sebagai asisten penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini sangat suka menulis. Menulis sudah dilakoninya sejak dulu mulai dari hal berbau kesehatan bahkan sama cerita berbau romansa sekalipun.

Leave a Reply