Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Siapa yang tidak tahu pisang dan kelezatannya ? Kulitnya kuning dan buahnya putih, berukuran panjang dan merupakan salah satu buah favorit yang disukai di dunia serta menjadi makanan favorit para monyet. Buah yang memiliki nama latin  (Musa acuminata) ini sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Manfaat buah pisang sudah banyak orang yang tahu. Buah ini sudah sangat akrab di masyarakat.

Kerap kali dijadikan orang sebagai buah pelengkap acara makan dan banyak juga yang menjadikannya sebagai alternatif diet. Tapi apakah manfaat buah pisang hanya sebagai alternatif diet pengganti nasi?

Berikut beberapa manfaat buah pisang yang perlu kita ketahui :

Manfaat Buah Pisang

manfaat buah pisang untuk ibu hamil

Manfaat pisang | unsplash.com

Sebagai salah satu buah yang paling populer di dunia, manfaat buah pisang sangat beragam. Salah satunya adalah mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Nutrisi itu antara lain serta juga berbagai macam vitamin dan zat. Dalam satu buah pisang berukuran sedang (berat sekitar 110 gr) mengandung:

  • Kalium: 9% of the RDI (reference daily intake)
  • Vitamin B6: 33% of the RDI
  • Vitamin C: 11% of the RDI
  • Magnesium: 8% of the RDI
  • Tembaga: 10% of the RDI
  • Mangan: 14% of the RDI
  • karbohidrat: 24 grams
  • Serat: 3.1 grams
  • Protein: 1.3 grams
  • Lemak: 0.4 grams

“Pisang itu kaya serat, antioksidan serta beberapa keuntungan lain”

Menurunkan Tekanan darah

Unsplash/rawpixels

Semakin dewasa kita semakin rentan terkena penyakit hipertensi (darah tinggi). Banyak hal yang menyebabkan peningkatan tekanan darah pada seseorang seperti asupan makanan yang tinggi natrium (garam). Hal ini bisa dilihat dari pola makan kita yang salah dimana kita kerap mengkonsumsi junk food yang ternyata mengandung tinggi natrium.

Hal lain yang juga bisa menyebabkan naiknya tekanan darah adalah berkurangnya elastisitas pembuluh darah yang menyebabkan diameter pembuluh darah menjadi sempit. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah.

  12 manfaat buah mengkudu yang perlu kita ketahui

Memang mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah namun dengan meningkatkan asupan kalium sama pentingnya karena efek vasodilasinya. Dengan efek vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah. Juga perlu diperhatikan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian.

Manfaat buah pisang dalam menurunkan terjadinya asma

freepik

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi.

Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua. Manfaat buah pisang dalam menurunkan angka kejadian asma sudah tidak dapat diragukan lagi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College of London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu pisang per hari memiliki kesempatan 34% lebih sedikit untuk memiliki asma.

Menurunkan risiko menderita kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian tertinggi yang kita jumpai dibelahan dunia manapun. Bisa muncul di organ manapun dalam tubuh kita mulai dari ujung kepala sampai kaki. Saat ini kanker menjadi salah satu penyakit yang menakutkan yang ditakuti oleh manusia. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker. Salah satunya adalah mengkonsumsi pisang.

Mengkonsumsi pisang, jeruk, dan jeruk nipis dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak dapat mengurangi risiko terjadinya leukemia pada masa kanak-kanak. Sebagai sumber vitamin C yang baik, pisang dapat membantu melawan pembentukan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker. Asupan serat tinggi dari buah-buahan dan sayuran seperti pisang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal pada orang dewasa.

  Manfaat Buah Sirsak Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung

freepik

Kandungan serat, kalium, vitamin C dan B6 dalam pisang semuanya mendukung kesehatan jantung. Menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur dari Hypertension Institute di St Thomas Hospital di Tennessee peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan paling penting yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik yang lebih rendah 49% dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit kalium (sekitar 1.000 mg per hari) .

Alternatif pengendali gula darah pada penderita diabetes

Penderita diabetes dianjurkan untuk mengganti pola diet mereka dengan mengurangi atau mengganti makanan yang tinggi karbohidrat menjadi makanan yang rendah karbohidrat. Karena karbohidrat adalah senyawa yang paling mampu meningkatkan gula darah. Aternatif yang dilakukan berupa mengganti beras putih menjadi beras merah atau gandum atau menggantinya dengan pisang.

Penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan berserat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah daripada orang tidak mengkonsumsi makanan tinggi serat. Satu pisang sedang menyediakan sekitar 3 gram serat. Pisang kaya akan pektin dan pati yang dapat mengendalikan kadar gula darah setelah makan dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut Anda.

Untuk perlu diketahui The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan dapat mengkonsumsi serat sebanyak 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria.

Pisang Dapat Membantu Anda Merasa Lebih Kenyang

Pati resisten adalah sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna dan ditemukan dalam pisang mentah. Anda dapat memperkirakan bahwa semakin hijau pisang, semakin tinggi kandungan pati resistennya .

  Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Di sisi lain, pisang yang kuning dan matang juga mengandung jumlah pati resisten yang lebih rendah tetapi jumlah serat larut yang lebih tinggi secara proporsional.

Jika anda berpikiran akan melakukan diet, mungkin pisang hijau bisa menjadi rekomendasi karena mengandung pati resisten yang mampu meningkatkan rasa kenyang dalam tubuh anda namun jika ingin memperbaiki fungsi sistem pencernaan serta ingin melancarkan buang air besar pisang kuning bisa menjadi solusinya.

Pisang Memiliki Manfaat untuk anda yang senang berolahraga

Unsplash/gohrhy

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlit terutama karena kandungan mineralnya dan karbohidrat yang mudah dicerna. Makan pisang dapat membantu mengurangi kram otot dan nyeri yang terkait dengan latihan, yang mempengaruhi hingga 95% dari populasi para olahragawan.

Alasan kram sebagian besar memang tidak diketahui, tetapi ada teori populer yang menyatakan bahwa penyebab kram merupakan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit . Pisang juga membantu memberikan ketahanan bagi para atlit pada waktu sebelum, selama dan setelah latihan.

Selain rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau ternyata manfaat buah pisang sangat banyak. Karena itu anda sebaiknya lebih sering mengkonsumsi buah pisang. Untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat buah lainnya silahkan baca manfaat buah sirsak, manfaat buah manggis dan manfaat buah pir pada halaman berikut ini.

REFERENSI

  1. https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-bananas
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157.php
  3. https://food.ndtv.com/food-drinks/benefits-of-banana-how-to-include-the-fruit-in-your-daily-diet-1216006

dr. Agnes Marpaung

Dokter yang sehari-harinya aktif sebagai asisten penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini sangat suka menulis. Menulis sudah dilakoninya sejak dulu mulai dari hal berbau kesehatan bahkan sama cerita berbau romansa sekalipun.

Leave a Reply