Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Diet

Buah pir menjadi salah satu pilihan yang tepat ketika anda ingin memulai hidup sehat. Begitu banyak manfaat yang terkandung didalam buah-buahan yang ada.dan setiap buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda.

Sama halnya dengan buah pir. Buah dengan nama latin Pyrus communis ini merupakan buah manis yang mengandung banyak air didalam dagingnya. Buah ini juga merupakan salah satu buah favorit yang dicari oleh banyak orang. Kita dapat dengan mudah menemukannya dimanapun. Buah pir ini juga punya berbagai macam jenis namun kandungan yang terdapat didalamnya kurang lebih sama.

Manfaat Buah Pir

buah pir untuk kesehatan

manfaat buah pir | unsplash.com

Kandungan nutrisinya buah pir

Buah pir memiliki kandungan nutrisi yang lengkao. Di dalam satu buah pir berukuran kecil (150g) terdapat kandungan nutrisi:

Total Kalori (359 kJ)

Yang mana merupakan kumpulan dari

  • Karbohidrat 345 kJ
  • Lemak 6,3 kJ
  • Protein 8 kJ/0,6 gr
  • Vitamin A 34 IU
  • Vitamin C 6,2 mg
  • Vitamin E 0,2 mg
  • Vitamin K 6,7 mcg
  • Niacin 0,2 mg
  • Folate 10,4 mg
  • Panthothenic Acid 0,1 mg

Manfaat buah pir dalam mencegah kanker

Seperti halnya dengan buah semangka dengan kandungan lycopene yang terkandung di dalamnya kita ketahui dapat mencegah terjadinya kanker. Demikian juga halnya dengan buah pir.

Buah pir merupakan salah satu sumber vitamin C dan vitamin A. Kita tahu bahwa vitamin C dan vitamin A merupakan sumber vitamin yang dapat bertindak sebagai antioksidan yang berperan melawan berbagai bentuk radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.

freepik.rawpixel

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan di dalam gen kita (mutasi gen). Mutasi di dalam gen bisa memicu sel normal berubah menjadi sel abnormal salah satunya adalah sel kanker.

  14 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Kita

Sel kanker inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker. Dengan vitamin yang terkandung di dalam buah pir mampu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita.

Memperkuat sistem imun

Manfaat buah pir dalam memperkuat sistem imun tubuh kita terbukti dari kandungan vitamin C dan vitamin K yang terdapat di dalam setiap buahnya. Kita tahu apabila kandungan vitamin C di dalam buah sangat tinggi tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh kita.

Vitamin C juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik. Sistem imun yang kuat membantu kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sama halnya dengan buah sirsak dan manggis yang kita kenal dapat memperkuat sistem imun melalui kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, demikian juga dengan buah pir.

Membantu menurunkan berat badan

Jika kita kenal buah pepaya sangat baik untuk diet karena membantu mengosongkan pencernaan, buah pir juga sangat baik sebagai opsi makanan pilihan saat kita sedang menurunkan berat badan. Manfaat buah pir dalam membantu menurunkan berat badan terbukti dari kandungan buahnya serta kalori yang dimiliki oleh buah pir.

Pir adalah buah yang memiliki kandungan kalori yang rendah. Buah dengan kandungan kalori yang rendah tentu menjadi salah satu opsi yang baik bagi setiap orang yang ingin menurunkan berat badan.

unsplash.rawpixel

Selain kalori yang rendah, buah ini juga membuat anda kenyang lebih lama, hal ini disebabkan karena buah pir memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kita tahu bahwa serat lebih lama dicerna dalam tubuh sehingga menimbulkan rasa lapar yang lebih lama.

Manfaat buah pir sebagai pencegah sembelit

Buah pir sangat baik untuk pencernaan kita. Manfaat buah pir dalam mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya dapat kita lihat dari kandungan buahnya yang memiliki banyak serat.

  Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Sama halnya dengan buah apel dan juga pepaya yang menurut penelitian terbukti melancarkan buang air besar begitu halnya dnegan buah pir. Serat yang terkandung di dalam pir dapat mencegah kita dari sembelit dan memperlancar proses pencernaan di dalam usus kita.

Menurut perhitungan yang dimuat dalam The Food and Nutrition Board, satu buah pir medium mengandung enam gram serat, sekitar 24 persen kebutuhan sehari-hari untuk wanita di bawah 50 tahun.

Manfaat buah pir dalam menyehatkan otak

Seperti halnya dengan buah mengkudu, buah pir juga sangat bermanfaat dalam kesehatan otak. Mengonsumsi satu buah pir berukuran sedang bisa membuat kita mendapatkan asupan copper (mineral minor Tembaga) harian sebanyak 15 persen.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyebutkan kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik.

Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol

Penyakit jantung dan kolesterol merupakan salah satu penyebab kematian mendadak yang paling ditakuti. Penyakit ini sering muncul tiba-tiba dan tanpa ada gejala sebelumnya. Penyakit ini sering timbul akibat sumbatan lemak/kolesterol yang mengeras di dalam pembuluh darah kita

Sebuah studi menyatakan bahwa peningkatan asupan serat juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Sebuah tinjauan menemukan bahwa bahkan peningkatan 10 gram per hari asupan serat dalam buah pir dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dari dalam tubuh kita.

Studi terbaru juga telah menunjukkan bahwa serat makanan bahkan dapat berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh dan peradangan, dan mungkin memiliki potensi untuk mengurangi risiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan kegemukan.

  Xanthone: Manfaat mengejutkan dalam buah manggis

Mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti buah pir juga buah pisang sangat baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan lemak yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan salah satu silent killer yang sering menyebabkan kematian mendadak pada manusia.

Kandungan antioksidan lawan radikal bebas

Beta karoten yang terkandung dalam buah salak merupakan salah satu antioksidan yang membuat buah salak menjadi salah satu buah yang baik untuk melawan radikal bebas.

Bukan hanya buah salak, pakar kesehatan menyebutkan jika buah pir sudah matang sangatlah kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan sangat banyak fungsinya di dalam tubuh kita. Jika kita rutin mengkonsumsinya, khasiat buah pir pada tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Innsbruck, Austria, menyebutkan bahwa kandungan klorofil pada buah pir yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik bagi tubuh kita.

“Buah pir dengan jenisnya yang beragam namun masih memiliki khasiat yang sama yaitu tinggi vitamin A dan Vitamin C”

Selain manfaat buah pir yang banyak, rasanya juga manis dan buah ini mudah kita temukan dimanapun. Hal itulah yang menyebabkan buah pir menjadi salah satu buah yang wajib ada di dalam menu makan sehari-hari kita.

REFERENSI

  • https://www.nutrition-and-you.com/pears.html
  • http://www.globalsciencebooks.info/Online/GSBOnline/images/0706/FOOD_1(1)/FOOD_1(1)41-48o.pdf
  • https://www.sde.idaho.gov/cnp/sch-mp/files/ffvp/general/Fruit-Vegetable-Nutrition-Facts.pdf
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/285430.php
  • https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/2005/2

dr. Agnes Marpaung

Dokter yang sehari-harinya aktif sebagai asisten penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini sangat suka menulis. Menulis sudah dilakoninya sejak dulu mulai dari hal berbau kesehatan bahkan sama cerita berbau romansa sekalipun.

Leave a Reply