Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Pepaya dengan nama latin Carica papaya L. adalah tanaman buah yang dibudidayakan secara luas di dunia. Tanaman ini diduga berasal dari wilayah Amerika Tropik, tepatnya di dataran rendah Amerika Tengah bagian timur, yaitu dari Meksiko Selatan sampai Panama.

Buah pepaya sangat terkenal dengan rasanya yang manis dan buahnya yang begitu lembut. Memiliki daging buah yang tebal serta warna buah orange kemerahan membuat buah ini memiliki ciri khas tersendiri. Buah pepaya sangat bemanfaat mulai dari kulit, daging bahkan daunnya. Berikut adalah beberapa manfaat buah pepaya:

Manfaat Buah Pepaya

manfaat buah pepaya

manfaat buah pepaya | unsplash.com

Pepaya adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dan satu buah sedang menghasilkan 224 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Satu pepaya sedang memiliki kandungan nutrisir:

  • 120 kalori
  • 30 gram karbohidrat – termasuk 5 gram serat dan 18 gram gula
  • 2 gram protein
  • Pepaya juga merupakan sumber yang baik untuk:
  • Asam folat
  • vitamin A
  • magnesium
  • tembaga
  • asam pantotenat
  • serat
  • vitamin B,
  • alfa dan beta-karoten,
  • lutein
  • zeaxanthin,
  • vitamin E,
  • kalsium,
  • potasium,
  • vitamin K,

lycopene, antioksidan kuat yang paling sering dikaitkan dengan tomat.

“Buah pepaya banyak mengandung vitamin A yang diperlukan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh”

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jika buah salak berfungsi untuk mengurangi motilias (pergerakan usus) sehingga membantu meredakan diare, buah pepaya justru membantu melancarkan buang air besar. Manfaat buah pepaya terkandung dalam kandungan seratnya yang tinggi di dalam dagingnya. Serat yang tinggi di dalam buah pepaya mampu memperlancar sistem pencernaan anda.

Mengkonsumsi buah pepaya setiap harinya bisa memenuhi kebutuhan serat harian anda. Di masa sekarang, hampir tidak mungkin untuk menghindari makan makanan yang buruk bagi sistem pencernaan anda. Seringkali kita menemukan diri kita mengkonsumsi makanan siap saji atau makanan restoran yang disiapkan dengan jumlah minyak yang berlebihan.

  14 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Kita

Makan buah pepaya setiap hari dapat membantu menetralisir semua minyak dan lemak yang masuk ke tubuh kita karena memiliki enzim pencernaan yang dikenal sebagai papain bersama dengan serat yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan anda.

Menurunkan kolesterol

Buah pepaya kaya akan serat, vitamin C dan antioksidan yang mencegah penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah anda. Terlalu banyak penumpukan kolesterol dapat menyebabkan beberapa penyakit jantung termasuk serangan jantung dan hipertensi. Karena itu di sisi lain menjaga pola makan kita, sebaiknya sering mengkonsumsi buah pepaya.

Membantu menurunkan berat badan

Mereka yang ingin menurunkan berat badan harus memasukkan pepaya dalam menu makanan mereka karena sangat rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi di pepaya membuat anda merasa kenyang dan juga meningkatkan motilitas (pergerakan usus) anda sehingga menjadikan pencernaan anda bersih dan membantu menurunkan berat badan anda.

unsplash.iyunmai

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan mata terkandung didalam zeaxanthin. Zeaxanthin merupakan salah satu antioksidan yang ditemukan dalam pepaya, menyaring sinar UV yang masuk ke mata sehinga membantu melindungi mata dari efek buruk sinar matahari. Buah pepaya diperkirakan memainkan peran protektif dalam menjaga kesehatan mata, dan itu dapat menangkal degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah penurunan penglihatan pusat, yaitu kemampuan Anda memandang lurus ke depan. Kondisi ini memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah seseorang, namun tidak berpengaruh kepada penglihatan sisi atau sekeliling. Selanjutnya, kondisi ini berkembang secara bertahap tergantung kepada tingkat keparahannya.

Asupan lebih tinggi dari semua buah telah terbukti mengurangi risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

Manfaat buah pepaya dalam mencegahan asma

Asma adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Asma dapat mengurangi kualitas hidup kita dan membuat kita terbatas untuk melakukan banyak aktivitas khususnya aktivitas berat. Mengkonsumsi buah pepaya dapat mengurangi risiko terjadinya asma. Risiko mengembangkan asma lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah besar nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta-karoten, yang terkandung dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu, dan wortel.

  Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Diet

Manfaat buah pepaya dalam mencegah kanker

Seperti buah pir yang juga bermanfaat dalam mencegah kanker. Mengkonsumsi pepaya juga dapat mencegahnya. Kandungan beta-karoten antioksidan, yang ditemukan dalam pepaya, dapat mengurangi risiko kanker. Di antara pria yang lebih muda, diet kaya beta-karoten dapat memainkan peran protektif melawan kanker prostat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Epidemiology and Prevention Biomarkers.

Manfaat buah pepaya dalam menjaga kesehatan tulang

unsplash.nino

Vitamin K adalah salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang kita. Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.

Konsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, karena meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi pelepasan kalsium lewat urin, yang berarti ada lebih banyak kalsium di dalam tubuh untuk memperkuat dan membangun kembali tulang. Maka dari itu jika ingin tulang tetap kuat, konsumsi buah pepaya sangat baik untuk kesehatan tulang kita.

Alternatif Makanan Untuk Penderita Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan berserat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah, dan orang-orang dengan diabetes tipe 2 mungkin memperbaiki kadar gula darah, lipid, dan insulin. Sama halnya dengan buah mengkudu, manfaat buah pepaya baik untuk kesehatan penderita diabetes melitus. Satu pepaya kecil menyediakan sekitar 3 gram serat, yang setara dengan hanya 17 gram karbohidrat.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin dalam pepaya semua membantu untuk menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersama dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan paling penting yang dapat dilakukan seseorang untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Peradangan

Kolin adalah nutrisi yang sangat penting dan serba guna yang ditemukan dalam pepaya yang membantu tubuh kita untuk tidur, menggerakkan otot, belajar, dan aktivitas memori. Kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan kronis yang terjadi di tubuh

  7 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Kulit dan penyembuhan

Ketika digunakan secara topikal (dioleskan ke kulit), pepaya tumbuk tampaknya bermanfaat untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi area yang terbakar. Para peneliti percaya bahwa enzim proteolitik chymopapain dan papain di pepaya memiliki efek menyembuhkan luka. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati tukak dekubitus (luka akibat terlalu lama berbaring).

Kesehatan rambut

Pepaya juga bagus untuk rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan vitamin C yang cukup, yang bisa disediakan oleh pepaya, dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen, yang membantu regenerasi kulit kita.

Selain harganya yang cukup murah dan mudah ditemukan dimanapun, pepaya sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Oleh karena tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi buah ini sebagai bagian dari menu makan kita.

REFERENSI:

  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/275517.php
  • https://www.healthline.com/nutrition/8-proven-papaya-benefits
  • https://www.msn.com/en-in/health/nutrition/11-health-benefits-of-papayas/ar-AA2bCze

dr. Agnes Marpaung

Dokter yang sehari-harinya aktif sebagai asisten penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini sangat suka menulis. Menulis sudah dilakoninya sejak dulu mulai dari hal berbau kesehatan bahkan sama cerita berbau romansa sekalipun.

Leave a Reply