Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Diet Alami

manfaat buah nanas –┬áKandungan yang cukup banyak dari buah nanas ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan, namun buah nanas juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Kandungan yang sangat tinggi manfaatnya pada buah nanas adalah enzim bromelin. Bromelin bisa dipakai sebagai antinyeri, antiedema, menghilangkan luka pada kulit akibat luka bakar, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan penyerapan antibiotik.

Hal ini menjadikan buah nanas cukup disukai oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat. Tidak hanya oleh kaum pria namun oleh kaum wanita juga.

Buah nanas atau dalam secara bahasa latinnya yaitu Ananas comosus yang memiliki banyak kandungan zat gizi yaitu terdiri dari

  • Vitamin A
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Besi
  • Natrium
  • Kalium
  • Dekstrosa
  • Sukrosa
  • Enzim bromelin

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Antiinflamasi

Inflamasi merupakan sebuah proses peradangan yang kompleks dari sistem imun tubuh pada jaringan vaskuler pada tubuh. Proses inflamasi dapat terjadi jika terdapat suatu proses infeksi atau terjadi kerusakan dalam tubuh. Bisa karena infeksi bakteri, infeksi virus, atau karena trauma. Mekanisme anti inflamasi dapat terjadi dalam waktu yang tidak lama.

Bromelin yang terdapat dalam buah nanas memiliki efek terapetik. Yaitu sebagai anti inflamasi dan dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Tidak hanya sebagai anti inflamasi, namun dapat mengurangi bengkak, mengurangi rasa sakit, memperlancar sistem pencernaan.

Dalam beberapa penelitian, didapatkan bahwa efek bromelin semakin tinggi untuk mengurangi inlamasi jika dalam bentuk jus.

Terapi untuk Pasien Osteoartritis

Penyakit osteoarthritis merupakan penyakit pada tulang dan peradangan pada sendiri. Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi pada usia tua dan bersifat kronis. Osteoarthritis biasanya terkena pada sendir penopang tubuh berat badan.

Biasanya terjadi pada panggul, lutut, dan tulang punggung. Penyakit ini biasanya terjadi oleh karena faktor umur atau proses penuaan, genetik, serta kegemukan atau terdapat cedera sendi.

  Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Di Indonesia merupakan prevalensi penyakit yang tinggi diderita oleh masyarakat. Peradangan yang terjadi dapat diminimalisir dengan pengobatan dan terapi.

Namun, kandungan bromelin yang terdapat dalam buah nanas dapat membantu untuk mengobati proses peradangan yang terjadi pada osteoarthritis.

Manfaat Buah Nanas untuk Diet

Buah nanas dapat meningkatkan metabolism dalam tubuh. Dari beberapa penelitian ditemukan bawa buah nanas dapat menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam jangka waktu 6 minggu. Hal ini bisa terjadi namun jika mengonsumsi buah nanas dengan menjaga konsumsi makanan lainnya.

Diet dengan menggunakan nanas merupakan hal yang cukup sulit juga. Karena banyak beberapa masyarakat yang alergi terhadap nanas. Selain itu, nanas memiliki rasa asam yang cukup tinggi. Sehingga dapat menyebabkan luka pada lambung jika dikonsumsi secara terus menerus.

Manfaat Buah Nanas untuk Pria

Buah nanas cukup diminati oleh para pria. Terdapat beberapa manfaat yang menyatakan bahwa buah nanas dapat meningkatkan kesuburan pada pria. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan seorang anak dalam waktu dekat. Tentu perlu memberikan nutrisi yang baik untuk calon janin nanti. Anda bisa mengonsumsi buah nanas segar. Tidak hanya pada buah nanas, manfaat jahe merah juga dapat meningkatkan nutrisi untuk kaum pria.

Kaya akan Glikogen

Glikogen merupakan sebuah penyimpanan gula pada otot yang biasanya sangat berguna untuk para penggemar olahraga. Hal ini menjadikan tubuh memiliki cukup banyak asupan energi yang dapat dipecah. Oleh karena itu, para penggemar olahraga dapat mengonsumsi buah nanas untuk cadangan energinya.

Meningkatkan nutrisi

Nutrisi yang terdapat pada buah nanas dapat meningkatkan nutrisi pada tubuh. Selain pada tubuh, buah nanas juga dapat meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh sperma pada kaum laki-laki. Hal ini menjadikan buah nanas cukup dikenal untuk meningkatkan kesuburan pada kaum laki-laki.

Manfaat Buah Nanas untuk Kolesterol

Kolesterol merupakan zat yang berbahaya bagi tubuh. Hampir semua penyakit yang cukup mematikan dapat terjadi karena tingginya kadar kolesterol pada tubuh. Kolesterol jahat merupakan hal yang harus dikurangi kadarnya dalam tubuh.

  Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Kolesterol dapat menyebabkan serangan jantung, penyakit stroke, serta penyakit darah tinggi. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang memerlukan pengobatan dalam jangka panjang.

Melancarkan sirkulasi aliran darah

Kolesterol dapat menghambat lancarnya sirkulasi aliran darah. Bromelin yang terdapat dalam buah nanas dapat mengurangi koagulasi darah yang berlebihan pada pembuluh darah. Sehingga pembuluh darah dapat lancar.

Mencegah pembekuan darah

Buah nanas dapat mencegah pembekuan darah. Efek anti oksidan yang terdapat dalam buah nanas juga dapa mencegah proses pembekuan darah.

Manfaat Buah Nanas untuk Ibu Hamil

Buah nanas tidak hanya baik untuk kaum pria. Namun buah nanas juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan merugikan. Oleh karena itu, terdapat beberapa efek samping jiga mengonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak.

Menjaga sistem saraf dan sistem kardiovaskular

Sistem saraf dan sistem jantung merupakan hal yang harus dijaga pada kehamilan usia muda. Beberapa organ tersebut dibentuk pada awal-awal kehamilan. Vitamin B1 yang terdapat dalam buah nanas dapat berfungsi sebagai nutrisi untuk proses pembentukan sistem saraf dan jantung. Sama halnya dengan manfaat alpukat pada ibu hamil.

Mengatasi morning sickness

Vitamin B6 yang terdapat dalam buah nanas dapat mengatasi efek mual muntah pada proses kehamilan bulan pertama. Namun tentu tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak.

Efek samping buah nanas pada kehamilan

Bahaya buah nanas jika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kelahiran premature. Bromealin dapat melemahkan serviks pada rahim sehingga dapat mendorong persalinan dini. Hal ini tentu perlu dicegah. Oleh karena itu, lebih aman untuk tidak mengonsumsi buah nanas saat hamil.

Dapat terjadi Keguguran

Tidak hanya kehamilan prematur yang dapat terjadi. Keguguran pun dapat terjadi karena kelemahan pada serviks yang dapat menyebabkan janin tidak tertanam kuat.

  Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan dan Kebugaran

Manfaat Buah Nanas untuk Kulit Wajah

Vitamin yang terdapat dalam buah nanas dapat memiliki banyak manfaat untuk wajah. Tidak hanya untuk melembabkan kulit wajah. Buah nanas juga dapat menjaga elastisitas kulit pada wajah.

Melembabkan Kulit Wajah

Wajah merupakan hal yang harus sangat dijaga oleh kita. Karena hal yang pertama kita lihat pada seseorang adalah wajahnya. Beberapa orang akan merasa tidak percaya diri jika terdapat masalah pada wajahnya. Vitamin C yang terdapat dalam buah nanas dapat melembabkan dan membersihkan kulit wajah. Seperti pada manfaat lidah buaya yang dapat melembabkan kulit wajah juga.

Kulit Wajah yang Elastis

Buah nanas yang dapat meningkatkan fungsi kolagen pada tubuh. Sehingga kulit wajah akan terasa lebih elastis dan lebih kenyal. Tentu hal ini pula yang dapat melembutkan kulit wajah.

Mencegah Jerawat

Jerawat merupakan sebuah proses inflamasi pada wajah. Buah nanas yang memiliki fungsi anti radang dapat mengobati jerawat yang terjadi dalam wajah. Jerawat dapat terjadi jika memakai make-up yang terlalu tebal hampir setiap harinya. Atau bahkan dapat muncul karena wajah yang rutin terkena polusi.

Manfaat Buah Nanas untuk Asam Urat

Asam urat dapat terjadi jika kadar asam urat yang tinggi. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan asam urat jika tidak dijaga maka akan meningkatkan kadar asam urat pada tubuh.

Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh serta mineral yang terdapat dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kadar asam urat. Bromealin yang terdapat dalam buah nanas dapat membantu menghambat protein yang menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply