12 manfaat buah mengkudu yang perlu kita ketahui

Mengkudu yang juga dikenal sebagai buah noni dengan nama latin Morinda citrifolia umumnya dikenal sebagai tanaman morinda milik keluarga kopi, dibudidayakan di negara-negara tropis. Mengkudu telah digunakan tidak hanya untuk jus buah tetapi juga sebagai sayuran hijau dan salad. Meskipun baunya sangat tidak sedap, namun buah mengkudu yang sudah matang memiliki banyak manfaat untuk pengobatan.

Manfaat Buah Mengkudu

manfaat buah mengkudu

buah mengkudu | freepik

Buah mengkudu adalah solusi alternatif untuk semua masalah terkait kesehatan anda. Manfaat buah mengkudu dapat dilihat dari kandungan nutrisi yang terkandung didalam buahnya. Nutrisi tersebut berupa Vitamin A, C, E, B, B2, B6, B12, kalsium, besi, niacin, asam folat, fosfor, magnesium, seng dan kandungan lainnya.

Manfaat nutrisi yang terkandung dalam buahnya adalah sebagai berikut:

1. Manfaat buah mengkudu Sebagai agen antioksidan

Sebuah studi pada tahun 2005 telah mengkonfirmasi bahwa jus mengkudu memiliki potensi anti-oksidatif yang luar biasa yang dpaat menghancurkan radikal bebas oksigen dan mampu menetralisir efek negatifnya pada tubuh kita. Sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien dengan kebiasaan merokok berat membuat mereka rentan terhadap banyak penyakit telah membuktikan bahwa terdapat efek perlindungan dari jus mengkudu dalam meningkatkan potensi pembersihan radikal bebas pada tubuh mereka.

2. Mencegah Kanker

Seperti buah apel, kualitas anti-kanker dari buah mengkudu telah terbukti dan didukung oleh penelitian modern. Berbagai penelitian klinis dan laboratorium telah membuktikan sifat kemo-preventif dari manfaat buah mengkudu dalam pencegahan berbagai kanker seperti kanker paru-paru, hati, dan kanker ginjal karena banyaknya antioksidan penyembuhan.

Wang, dalam penelitiannya tentang “Efek pencegahan kanker dari Morinda citrifolia (Mengkudu)” menunjukkan keefektifan jus noni/mengkudu dalam mengurangi risiko kanker pada kemampuannya untuk memblokir pengikatan karsinogen-DNA dan mencegah pembentukan sel kanker. Selanjutnya, penelitian yang lain juga telah mengungkapkan khasiat jus mengkudu dalam memperlambat pertumbuhan tumor di kelenjar payudara dengan secara signifikan mengurangi berat dan volume tumor pada subjek yang diteliti.

  14 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Kita

3. Menyembuhkan Gout Arthritis (asam urat)

buah mengkudu untuk asam urat

    manfaat buah mengkudu | freepik.stockdevil

Morinda Citrifolia atau buah mengkudu memiliki efektivitas dalam meredakan gejala asam urat. Efektivitas buah mengkudu dalam menyembuhkan penyakit asam urat adalah dengan cara penghambatan pada enzim xanthine oxidase yang terlibat dalam encok dan masalah yang terkait.

Penelitian ilmiah yang dilakukan pada tahun 2009 juga telah mendukung efek penyembuhan dari buah mengkudu yang telah dipraktekkan selama ribuan tahun.

4. Manfaat buah mengkudu dalam mengurangi spasme otot

Konsumsi buah mengkudu dapat membantu menciptakan efek relaksasi pada otot. Sebuah penelitian telah mengungkapkan sifat antispasmodic dari buah mengkudu mungkin dihubungkan dengan blokade saluran kalsium tergantung tegangan dan sekresi kandungan kalsium intraseluler dalam tubuh. Ini membantu dalam menekan kejang otot dan menenangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait.

5. Melindungi Kesehatan Jantung

Sama halnya dengan buah pir, manfaat buah mengkudu yang terbukti dalam menjaga kesehatan kardiovaskular juga tidak bisa kita ragukan. Berbagai penelitian telah membuktikan ini. Buah mengkudu memberikan efek dilatasi (pelebaran) pada pembuluh darah dengan memberikan efek relaksasi pada sel-sel otot polos di dalam dinding sel sehingga menghasilkan aliran darah yang lebih lancar di dalam pembuluh darah. Efek vasodilatasi dari buah mengkudu ini secara tidak langsung membantu mengatur tekanan darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

freepik.lovelyday12

Menurut penelitian di University of Illinois College of Medicine di Rockford, AS telah menunjukkan bahwa meminum jus noni/ jus mengkudu membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (buruk), kandungan kolesterol total, homocysteine, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh.

6. Manfaat buah mengkudu dalam melindungi hati

Buah mengkudu juga dikenal karena keefektifannya dalam melindungi hati (liver) dari penyakit hati seperti sirosi. Seperti didukung oleh penelitian tahun 2008, jus mengkudu memberikan efek hepato-protektif pada hati yang mana membantu melindungi organ dari eksposur ke bahan.

  Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

7. Kualitas anti-psikotik

Buah mengkudu dari dulu sudah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit termasuk gangguan yang berkaitan dengan sistem saraf pusat. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang meneliti fungsinya sebagai anti-psikotik.

Studi menyelidiki efek antipsikotik dari buah ini telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam belajar bagi seorang pelajar terutama sehubungan dengan masalah perilaku mereka dan telah menunjukkan potensi yang sangat besar untuk digunakan dalam menyembuhkan gangguan kejiwaan.

8. Meredakan nyeri arthritis (radang sendi)

Mengkudu terkenal sebagai salah satu anti radang alami. Mengkudu dapat meredakan pembengkakan dan kondisi peradangan seperti pada radang sendi. Penelitian ilmiah telah memberikan bukti kualitatif mengenai sifat analgesik (anti nyeri) serta anti inflamasi (anti peradangan) dari buah mengkudu yang membantu dalam mengurangi rasa sakit serta mengurangi kerusakan sendi yang terlibat dalam menyebabkan kondisi arthritis (radang sendi)

9. Menyembuhkan gangguan memori

Buah mengkudu dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori. Beberapa penelitian yang dilakukan pada orang dengan fungsi memori yang lemah menunjukkan bahwa konsumsi buah mengkudu membantu memperlancar aliran darah ke otak sehingga lebih banyak sirkulasi oksigen ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori.

10. Mengontrol diabetes

Penderita diabetes juga dapat mengambil manfaat dari kekuatan penyembuhan dari ekstrak buah mengkudu atau ekstrak noni. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian, yang telah menunjukkan efektivitas jus noni/mengkudu sebagai buah-buahan yang mampuk mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Bukti ilmiah telah membuktikan bahwa konsumsi jus noni/mengkudu membantu dalam mengurangi kadar hemoglobin glikosilasi, lemak trigliserida, dan kolesterol LDL (lemak jahat) dalam tubuh. Selain itu, ia bekerja untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan menstimulasi pengambilan glukosa sehingga gula darah dapat lebih terkontrol.

11. Manfaat buah mengkudu untuk perawatan kulit

Bukan hanya buah pepaya yang baik untuk kesehatan kulit. Buah mengkudu juga dianggap sebagai buah-buahan yang berfungsi dalam kecantikan dan perawatan kulit. Buah mengkudu memiliki anthraquinones yang memberikan efek stimulasi kolagen dan mencegah pembentukan kerutan pada kulit.

  Xanthone: Manfaat mengejutkan dalam buah manggis

Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi dari buah mengkudu bekerja pada tingkat sel dan berguna dalam menyembuhkan berbagai gangguan kulit termasuk jerawat, luka bakar, reaksi alergi pada kulit, dan gatal-gatal secara holistik.

Kehadiran asam lemak esensial dan konsentrasi tinggi komponen biokimia proxeronine, yang merupakan prekursor untuk xeronine alkaloid dalam jus noni mendukung fungsi efisien membran sel, cenderung menormalkan sel-sel abnormal, dan membantu mengembalikan kulit muda dan sehat.

12. Mempercepat Penyembuhan

Buah mengkudu atau noni efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian yang mengevaluasi sifat menyembuhkan luka dari buah mengkudu telah mengungkapkan hasil baik sehubungan dengan peningkatan berat jaringan granulasi, fungsi kolagen, hidroksiprolin, dan kandungan protein.

Semakin cepat terbentuk jaringan granulasi pada luka maka semakin cepat tumbuh jaringan kulit yang baru dan semakin cepat luka itu sembuh. Seperti disebutkan di atas, noni membantu mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh yang juga dapat dikaitkan dengan proses penyembuhan luka yang lebih cepat.

“Buah mengkudu yang sering di ekstrak sebagai jus noni sekalipun rasanya pahit dan hampir tidak disukai semua orang, namun buah ini sangat kaya akan manfaat”

Tidak ada salahnya mencoba buah mengkudu jika ternyata khasiatnya sangat banyak dan sudah terbukti melalui beberapa penelitian ilmiah.

REFERENSI ARTIKEL BUAH MENGKUDU

  • https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-758/noni
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/noni-juice.html
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/10-amazing-benefits-of-noni-juice-drink-up-1471362

dr. Agnes Marpaung

Dokter yang sehari-harinya aktif sebagai asisten penelitian di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ini sangat suka menulis. Menulis sudah dilakoninya sejak dulu mulai dari hal berbau kesehatan bahkan sama cerita berbau romansa sekalipun.

Leave a Reply