Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dasar untuk memasak. Hampir setiap masakan menggunakan bawang putih sebagai bumbu dasarnya. Bahkan bisa dibilang tidak enak jika tidak memakai bawang putih.

Namun, ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bumbu penyedap rasa saja. Bawang putih mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Banyak sekali fungsi bawang putih yang belum diketahui oleh masyarakat.

Bawang putih yang bernama spesies Allium sativum ini memiliki kandungan Alisin yang merupakan komponen penting dengan efek antibiotik. Selain itu terdapat protein sebesar 4.5 gram, lemak 0.20 gram, hidrat arang 23.10 gram.

manfaat bawang putih

Bawang putih juga memiliki banyak vitamin, diantaranya vitamin B, vitamin C. Tidak hanya itu, bawang putih memiliki Fosfor, Kalsium, serta Zat besi yang merupakan bagian mineralnya.

Zat aktif yang terdapat dalam bawang putih diantaranya yaitu Alicin, Enzim alinase, bahkan terdapat nicotinic acid.

Efek yang terdapat dalam bawang putih diantaranya selain antibiotik yaitu anti peradangan, anti tumor.

Bawang putih yang termasuk genus Afflum ini tumbuh secara berumpun dan berdiri tegak sampai 30-75 cm. Mempunyai batang semu berbentuk pelepah-pelepah daun. Bawang yang bersiung ini tumbuh pada daerah dataran tinggi. Namun di Indonesia jenis tertentu dibudidayakan di dataran rendah. Dengan ketinggian berkisar 200-250 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Bawang Putih untuk Pria

Bawang putih memiliki banyak nutrisi yang belum masyarakat ketahui. Yang termasuk famili Allium ini juga rendah kalori. Dalam ukuran sebesar 28 gram saja sudah memperoleh banyak mineral. Yaitu seperti mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium. Tidak hanya mineral, kita juga bisa mendapatkan karbohidrat dan protein.

  11 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Meningkatkan Libido

Manfaat bawang putih pada pria yaitu dapat meningkatkan libido atau hasrat seksual. Tidak hanya pria tapi pada wanita juga bisa terjadi. Hal ini terjadi karena bawang putih dapat meningkatkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, maka fungsi organ-organ seksual akan meningkat. Selain itu, jika sirkulasi darah lancar maka tubuh jadi lebih berenergi.

Mencegah disfungsi ereksi

Adanya suatu penyakit disfungsi ereksi akan membuat para kaum pria merasa tidak percaya diri. Selain itu, karena penyakit tersebut maka akan terjadi gangguan pada organ-organ seksualnya. Dengan bawang putih yang berfungsi melancarkan peredaran darah, gangguan ini dapat dicegah.

Meningkatkan testosterone

Testosterone adalah suatu hormone untuk menghasilkan sperma. Tidak hanya itu, tingginya testosterone juga dapat meningkatkan atau merangsang pertumbuhan seperti pada jakun jika pada anak laki-laki saat mencapai usia pubertasnya.

Mencegah prostat atau BPH (Benign Prostat Hyperplasia)

Pria dengan usia tua atau sudah di atas 50 tahun bisa terjadi adanya penyakit prostat. Hal ini terjadi karena adanya pembesaran prostat yang sudah melebihi batas. 80 % pria di Indonesia dapat menderita BPH. Pembesaran prostat itu semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Risiko ini bisa dicegah dengan konsumsi bawang putih secara rutin.

Beberapa penelitian mengatakan pria dengan konsumsi bawang putih hanya memiliki risiko 28 % untuk terkena pembesaran prostat dibandingkan yang tidak mengonsumsi.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Bawang putih yang kaya akan anti oksidan ini dapat berfungsi sebagai obat herbal. Tidak hanya anti oksidan. Bawang putih juga memiliki efek anti biotik, anti radang, dan anti tumor.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Hal ini dapat mencegah terjadinya demam, flu atau pilek, dan dapat meredakan rasa sakit.

  Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Bawang putih yang mempunyai antibodi alami dapat meningkatkan antibodi. Zat anti radang yang terdapat dalam bawang putih juga dapat membantu menyembuhkan penyakit.

Zat pada bawang putih dapat meningkatkan sistem kerja T Lymphocytes dan sel sel makrofag yang berfungsi membunuh bakteri.

Menurunkan kolesterol

Bawang putih dapat menekan adanya kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan zat antioksidan yang terdapat dalam bawang putih dapat menurunkan kolesterol. Dari sebuah penelitian, diketahui kolesterol daapt ditekan sekitar 20 mg/dl dan dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh.

Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang menakutkan. Karena jika seseorang telah terkena diabetes maka akan menjalani pengobatan seumur hidup. Penelitian mengatakan jika telah mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih secara teratur bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh.

Sebuah penelitian mengatakan zat Allicin serta vitamin B dan thiamine yang terdapat dalam bawang putih dapat merangsang pangkeras untuk mengirimkan sinyal insulin ke seluruh tubuh. Sehingga gula darah bisa ditekan.

Manfaat Bawang Putih untuk Wajah

Wajah merupakan kulit yang sangat sensitif terhadap berbagai zat. Oleh karena itu, tidak bisa sembarang zat yang dapat dioleskan pada wajah.

Mengobati Jerawat

Jerawat dapat terjadi karena adanya bakteri yang membuat peradangan pada kulit. Jerawat yang meradang biasanya disertai dengan nyeri. Jika kita ingin mencegah timbulnya jerawat tentu harus lebih rutin membersihkan wajah sebelum tidur.

Untuk mengobati jerawat bisa dengan menggunakan bawang putih. Zat anti radang serta anti oksidan yang terdapat dalam bawang putih dapat membantu meredakan jerawat.

Mencegah terjadi penuaan

Bawang putih juga dapat menghaluskan garis-garis yang terdapat dalam wajah. Jika garis-garis halus yang terdapat dalam wajah dapat dihilangkan maka dapat melawan proses penuaan.

Bawang putih juga berfungsi sebagai pelembab. Oleh karena itu, selain mencegah proses penuaan juga daapt menghaluskan kulit wajah. Sehingga akan tampak leih muda.

Menghilangkan komedo

Komedo biasanya muncul karena adanya kumpulan kotoran dalam wajah yang tidak dibersihkan dengan benar. Bagian komedo yang selalu timbul di daerah sekitar hidung. Bawang putih yang mempunyai efek anti oksidan dapat menghilangkan komedo. Selain itu, tentu harus melakukan perawatan rutin mencuci bersih wajah sebelum tidur.

  Manfaat Temulawak atau Kunyit untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Telinga

Bawang putih yang terkenal dengan bumbu dapur ini tidak hanya dapat dimakan saja. Bawang putih ini mempunyai khasiat jika dimasukkan ke dalam telinga. Beberapa orang memasukkan bawang putih ke dalam telinga disertai dengan air zaitun. Hal ini untuk melembutkan dan menambah khasiat dari bawang putih.

Bawang putih dikenal mempunyai efek antibiotik. Beberapa masyarakat yang mempunyai penyakit pada telinga dapat diberikan antibiotik oleh dokter untuk meredakan penyebab penyakitnya.

Oleh karena itu, bawang putih yang mempunyai efek antibiotik ini dipercaya dapat mengganti fungsi antibakteri yang terdapat dalam obat.

Sebaiknya tidak boleh mengobati telinga dengan sembarang bahan yang Anda miliki. Karena telinga merupakan organ yang sensitif. Jika zat tersebut masuk terlalu dalam maka akan mengganggu pendengaran dan perlu datang ke dokter THT.

Manfaat Bawang Putih untuk Wanita

Tidak hanya berfungsi untuk pada pria. Namun dapat berkhasiat juga untuk wanita. Bawang putih yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dapat meningkatkan stamina untuk seorang wanita hamil.

Sirkulasi yang baik tentu dapat mencegah beberapa kelainan kromosom pada bayi. Karena dengan sirkulasi yang lancar, maka nutrisi yang dicapai oleh janin pun diterima dengan baik.

Sumber : GASTER, Vol. 7 No. 1 Februari 2010

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply