Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat alpukat – Buah alpukat merupakan buah berwarna hijau yang tumbuh di dataran rendah. Namun tumbuh di daerah tropic dan subtropik ini cukup banyak dengan manfaat-manfaatnya untuk tubuh. Buah alpukat memiliki daging buah yang lunak dan berlemak, biasanya dimakan sebagai makanan penutup seperti es campur aja jus alpukat.

Nama latinnya yaitu Persea gratissima ini selain enak untuk dimakan seperti biasa, dapat juga dibuat sebagai jus alpukat. Buah alpukat sendiri memiliki senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah alpukat terdiri dari lemak yang cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lemak yang terdapat dalam buah alpukat adalah lemak tidak jenuh dan memiliki dampak positif dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat dalam 100 gramnya yaitu

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin B1, B2, B3
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Kalium

Selain beberapa zat tersebut masih ada zat lainnya. Buah yang kaya akan vitamin memiliki banyak manfaat untuk tubuh, selain itu dapat meningkatkan kekebalan imun pada tubuh kita.

Manfaat Jus Alpukat

Mengkonsumsi alpukat tentu tidak harus dimakan seperti biasa. Beberapa orang ada yang lebih suka untuk diminum menjadi jus alpukat. Khasiat pada jus alpukat tentu tidak jauh berbeda.

Sebagai Cadangan Energi untuk Tubuh

Jika kita meminum jus alpukat, maka akan lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Karena berbentuk cairan yang mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, jika mudah diserap oleh tubuh maka akan mudah tersimpan sebagai cadangan energi.

Gula yang terdapat dalam buah alpukat adalah glukosa. Glukosa ini yang dapat disimpan sebagai bentuk cadangan dalam tubuh. Selain itu dengan banyaknya jumlah cairan yang terdapat dalam jus alpukat akan membantu untuk menurunkan berat badan.

  Manfaat Temulawak atau Kunyit untuk Kesehatan

Membantu Nutrisi Kulit dari Dalam

Jus alpukat yang memiliki kandungan vitamin E akan membantu untuk menutrisi kulit kita. Vitamin E yang baik ini dapat menjaga kelembaban kulit serta menjaga kehalusan kulit. Oleh karena itu kulit menjadi lebih lembut.

Manfaat Daun Alpukat

Daun alpukat saja mempunyai banyak manfaat untuk tubuh yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terjadi karena biasanya jarang minum air dalam jumlah yang banyak di kesehariannya. Kandungan flavonoid yang terdapat pada daun alpukat ini dapat meningkatkan fungsi ginjal sebagai penyaring racun.

Daun alpukat dapat diambil sekitar 5 lembar yang berwarna hijau tua dan bisa direbus dengan menggunakan satu gelas. Tentu tidak lupa dicuci terlebih dahulu. Air rebusan daun alpukat tersebut dapat diminum.

Menghaluskan Kulit

Tidak hanya dengan jus alpukat saja yang dapat menutrisi kulit dari dalam. Daun alpukat juga dapat menutrisi kulit dari luar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara ditumbuk dan oleskan pada kulit dan wajah kita. Lalu biarkan dan bilas dengan air bersih.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk tubuhnya. Karena tidak hanya mementingkan nutrisi untuk sang Ibu tetapi juga diperlukan untuk sang janin. Buah alpukat yang memiliki banyak vitamin ini dapat mencegah adanya kecacatan pada janin. Contohnya yaitu penyakit saraf pada saraf tulang belakang atau Spina Bifida.

Spina Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Hal ini akan mengakibatkan kecacatan pada sang janin. Risiko ini dapat dihambat dengan mengonsumsi asam folat yang cukup dalam buah alpukat. Oleh karena itu, asam folat juga bisa didapat dari buah alpukat.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Menyusui

Buah alpukat yang rutin dikonsumsi oleh ibu menyusui akan meningkatkan kualitas ASI. Kualitas ASI yang semakin baik tentu akan membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan sang bayi. Nutrisi untuk sang buah hati pun dapat mencegah sang bayi dari berbagai penyakit.

Selain meningkatkan kualitas ASI. Buah alpukat juga dapat meningkatkan kecerdasan otak untuk bayi. Kaya akan kandungan Omega 3 dalam buah alpukat dapat menutrisi sel-sel otak untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Manfaat Alpukat untuk Bayi

Banyaknya nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat dapat dijadikan solusi untuk MPASI atau Makanan Pendamping ASI pada bayi usia diatas 6 bulan. Selain mudah untuk dimakan oleh bayi, lemak yang terdapat dalam daging buah alpukat ini merupakan lemak baik yang cocok untuk bayi agar berat badannya terjaga dan naik secara perlahan.

  Manfaat Susu Beruang (Bear Brand) untuk Kesehatan

Buah alpukat yang kaya akan vitamin C dan K ini baik untuk pertumbuhan dan perbaikan pada jaringan tubuh. Alpukat juga mengandung serat makanan yang mudah untuk dicerna sehingga baik untuk kesehatan usus pada bayi.

Manfaat Alpukat untuk Wajah dan Kecantikan

Wajah merupakan hal yang selalu diperhatikan oleh setiap pemiliknya. Terutama pada kaum hawa. Buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk wajah.

Melembabkan Kulit

Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit wajah. Tentu tidak harus dengan cara masker, namun dapat bermanfaat juga jika dikonsumsi secara rutin. Vitamin E yang terdapat dalam buah alpukat ini dapat menangkal radikal bebas dari sinar UV.

Kaya akan Antioksidan

Antioksidan yang berasal dari vitamin C ini akan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas. Tidak hanya pada kulit wajah namun juga untuk seluruh tubuh. Radikal bebas yang didapat bisa dari mana saja. Namun yang paling sering didapat dari polusi sekitar kita.

Kandungan lutein yang terdapat dalam buah alpukat ini dapat menjaga keelastisan kulit dan menjaga keseimbangan air yang terdapat untuk melembabkan wajah. Lutein juga berfungsi sebagai antioksidan alami.

Pembersih Alami Wajah

Kulit wajah yang selalu terkena paparan langsung dari matahari atau polusi tentu akan membuat kulit wajah menjadi kusam. Wajah yang kusam biasanya terjadi karena ada beberapa sel kulit mati yang tidak terangkat dari kulit wajah.

Buah alpukat bisa dijadikan sebagai masker alami. Buah alpukat dapat mengangkat kotoran secara sempurna.

Mengatasi Minyak Berlebih

Minyak yang berlebih dalam wajah dapat terjadi. Terutama bagi Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak. Wajah yang berminyak biasanya akan lebih mudah untuk menjadi timbul jerawat.

Hilangkan Bekas Jerawat

Jerawat yang menyebabkan proses peradangan pada wajah akan mengikis kulit dan meninggalkan bekas jerawat pada kulit wajah. Hal ini tentu akan mengganggu dan menghilangkan percaya diri di depan khalayak umum.

Buah alpukat dapat menghilangkan bekas jerawat secara alami. Buah alpukat dapat dicampur dengan menggunakan minyak zaitun sebagai masker alami. Tentu hal ini memerlukan proses yang lama karena tidak langsung menimbulkan efek.

Manfaat Alpukat untuk Diet

Buah alpukat yang mengandung lemak tak jenuh ini mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Lemak tak jenuh ini baik untuk tubuh dan dapat membantu mengurangi kadar lemak jenuh . Sehingga, merupakan cara diet yang baik dan merupakan salah satu menu diet untuk tubuh. Selain itu, manfaat buah nanas juga dapat untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, manfaat susu kedelai juga dapat menurunkan berat badan.

  Manfaat Teh Hijau untuk Diet dan Kesehatan Wajah

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat alpukat untuk tubuh sangat banyak sekali. Tidak hanya memiliki manfaat dari dalam tubuh namun dapat memiliki manfaat juga dari luar tubuh seperti dapat dijadikan masker untuk wajah.

Mencegah Penyakit Stroke

Buah alpukat termasuk buah yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Hal ini menjadikannya sebagai nutrisi yang baik untuk saraf dan nutrisi sel otak. Oleh karena itu, serangan stroke akan dapat dicegah dengan mengonsumsi buah alpukat yang kaya akan folat.

Mencegah Serangan Jantung

Zat besi yang terdapat dalam buah alpukat dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh. Zat besi juga merupakan nutrisi yang baik untuk proses pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, selain mencegah serangan jantung karena aliran darah akan lebih lancar. Buah alpukat juga dapat mencegah anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah.

Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dikenal merupakan vitamin untuk menutrisi mata. Dengan adanya vitamin A pada buah alpukat dapat menjaga dan melindungi kesehatan pada mata.

Manfaat Alpukat untuk Rambut

Buah alpukat memiliki banyak vitamin dan dapat efektif untuk perawatan dan pertumbuhan rambut. Banyak orang yang menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut. Tentu menginginkan rambut yang tumbuh lebat,

Rambut juga dapat menjadi rusak jika tidak dirawat dengan baik. Buah alpukat yang memiliki banyak vitamin dapat menjadi solusi untuk memperbaiki rambut yang rusak. Karena rambut akan terpapar polusi atau cahaya matahari hampir setiap harinya. Selain buah alpukat, manfaat lidah buaya juga dapat melembutkan dan melebatkan rambut.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply