Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Anda

Air kelapa identik dengan ibu hamil. Di Indonesia, setiap ibu hamil disarankan mengkonsumsi air kelapa setiap harinya agar tidak kekurangan cairan. Bahkan ada beberapa mitos mengatakan jika seorang ibu mengkonsumsi air kelapa, maka bayinya mempunyai kulit putih.

Ternyata tidak sekadar mitos, manfaat air kelapa sangatlah beragam. Banyak manfaat yang didapat dari air kelapa untuk ibu hamil. Namun terdapat banyak manfaat juga yang didapat air kelapa untuk kesehatan tubuh kita.

Pohon kelapa disebut juga pohon kehidupan. Hal ini dikarenakan pohon kelapa telah menyelamatkan beberapa korban tsunami di Aceh pada tahun 2006. Kelapa diduga berasal dari dua tempat, yaitu dari Amerika Selatan untuk spesies Elaeis melanocca dan dari Afrika yaitu Elais guineensis. Kelapa dengan ordo Palmales ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa hijau yang masih berada dalam tempurung yang keras dan kelapa yang tebal menyebabkan air kelapa merupakan minuman yang steril, bebas dari segala bentuk kontaminasi. Sehingga air kelapa merupakan cairan yang steril atau bebas dari kontaminasi seperti kimia, mikrobiologi, atau fisik.

Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kaloris per 100 gram. Daging kelapa yang setengah tua mengandung kalori 180 kal per 100 gram. Daging kelapa muda mengandung kaloris sebesar 68 kal per 100 gram. Nilai kalori rata-rata pada air kelapa sekitar 17 kalori per 100 gram.

Air kelapa hijau dibandingkan dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tannin atau anti racun. Seperti manfaat teh hijau yang terkandung tannin di dalamnya.

Secara nutrisi, air kelapa mengandung karbohidrat tinggi. Protein dan beberapa mineral juga terdapat di dalam air kelapa. Mineral yang terdapat dalam air kelapa antar lain adalah Kalium, Natrium, Kalsium, Magnesium, Ferum, Cuprum, Fosfor, dan Sulfur.

Kadar gula pada air kelapa tua sebanyak 3%, air kelapa muda 5,1%. Sehingga air kelapa muda lebih manis dibandingkan yang lainnya.

  10 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Protein yang terkandung dalam air kelapa mudah diserap oleh tubuh karena kandungan cairannya isotonis atau sama konsentrasinya dengan tubuh manusia. Oleh karena itu, cukup banyak air kelapa dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional.

Selain karbohidrat, glukosa, protein, dan mineral. Air kelapa juga memiliki vitamin C, asam folat, dan beberapa vitamin lainnya.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Banyaknya kandungan cairan dan mineral di dalam air kelapa menjadikan air kelapa sering dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan menjadi sumber elektrolit bagi tubuh sang ibu. Selain itu, air kelapa juga kaya akan antioksidan. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil, antara lain adalah:

Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Air kelapa dengan kaya akan cairan mineral membuat tubuh menerima cairan lebih banyak dan lebih bernutrisi dibandingan air putih biasa. Mineral yang mudah diserap oleh tubuh ini membuat saluran buang air kecil akan lebih lancar dibanding biasanya. Jika ibu hamil mengkonsumsi air kelapa secara rutin akan mencegah timbulnya infeksi pada saluran buang air kecil.

Melancarkan sirkulasi darah

Mineral yang tinggi dan mudah diserap oleh tubuh juga sangat bermanfaat untuk tubuh sang Ibu. Air kelapa memiliki zat cairan yang isotonis dengan tubuh sehingga mudah diserap.

Jika terjadi kemudahan untuk menyerap cairan dalam aliran darah tentu akan memperlancar sirkulasinya. Tentu suplai aliran darah untuk janin pun akan lancar. Sehingga janin mendapat oksigen yang cukup. Aliran pompa ke seluruh tubuh juga akan lancar.

Antioksidan Tinggi

Elektrolit yang tinggi pada air kelapa dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil trimester awal. Air kelapa dapat mengganti asupan elektrolit yang terbuang saat muntah. Selain itu air kelapa mempunyai antioksidan tinggi yang dapat menyerap radikal bebas di tubuh. Oleh karena itu lebih baik memilih air kelapa buah segar dibandingkan air kelapa kemasan yang telah diberikan pengawet.

Manfaat Air Kelapa untuk Wajah

Air kelapa yang kaya akan mineral akan membantu pemulihan radang yang berada di wajah atau sering disebut jerawat. Air kelapa yang mengandung vitamin C, B kompleks, serta vitamin lainnya dapat membantu mencerahkan dan memutihkan wajah. Cukup banyak manfaat yang didapat dari air kelapa untuk wajah dan kecantikan.

Memutihkan Wajah

Air kelapa dipercaya dapat mencerahkan dan memutihkan wajah seperti manfaat susu beruang. Banyaknya mineral pada air kelapa akan membantu penyerapan yang sempurna dalam wajah. Wajah menjadi lebih bernutrisi. Oleh karena itu dapat mencerahkan wajah karena ternutrisi dengan baik.

  Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah, Rambut, dan Kulit

Mengobati jerawat

Zat antioksidan yang tinggi dalam air kelapa dapat membantu mengurangi peradangan karena jerawat. Antioksidan tersebut juga berfungsi sebagai anti bakteri. Sehingga bakteri dapat dibunuh dan peradangan tidak terjadi.

Membersihkan pori-pori pada wajah

Mineral yang tinggi dalam air kelapa selain berfungsi sebagai pelembab alami juga berfungsi untuk membersihkan. Membersihan pori-pori pada wajah akan dibantu karena air kelapa mempunyai antioksidan. Sehingga wajah akan terasa lebih bersih dan sehat.

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Tidak habisnya membahas manfaat air kelapa, untuk ibu hamil, kesehatan wajah, hingga untuk kesehatan tubuh lainnya.

Air kelapa untuk Diare

Diare yang berkepanjangan dapat menimbulkan dehidrasi. Dehidrasi jika sudah terjadi akan membuat tubuh kita menjadi kelelahan dan kurang nutrisi. Nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh orang dehidrasi adalah mineral. Mineral yang terdapat dalam air kelapa sangatlah banyak. Cairan ini yang akan membantu mengatasi dehidrasi. Mineral dan zat-zat lain yang terdapat dalam air kelapa mudah diserap oleh tubuh karena bersifat isotonis. Hal ini akan membantu pemulihan diare dengan cepat.

Air kelapa untuk asam lambung

Ternyata, selain mineral menjadi zat tertinggi pada air kelapa, enzim-enzim alami juga terdapat dalam buah tersebut. Jika Anda mengkonsumsi air kelapa, maka pH asam yang terdapat dalam tubuh Anda akan menjadi basa. Oleh karena itu, tubuh kita akan merespon untuk memproduksi cairan pelapis dalam lambung. Sehingga akan menekan produksi asam lambung yang berlebihan.

Air kelapa untuk rambut

Air kelapa sering dipakai sebagai conditioiner atau pelembab rambut. Mineral yang tinggi dalam air kelapa membantu rambut untuk menjadi lebih lembut. Mineral yang mudah diserap oleh tubuh akan mudah diserap oleh kepala kita. Sehingga air kelapa akan mengatasi kerusakan rabut yang mudah rapuh atau kering. Hampir sama dengan manfaat lidah buaya yang dapat melembabkan rambut secara alami. Selain itu, air kelapa dapat mengatasi ketombe pada rambut. Ketombe biasanya terjadi karena ketidakseimbangan pH pada kulit kepala. Oleh karena itu dengan air kelapa, pH pada kulit kepala akan seimbang dan mencegah timbul ketombe.

Air kelapa untuk diabetes

Diabetes menjadi sebuah penyakit yang paling ditakutkan oleh masyarakat. Karena jika sudah terkena diabetes maka seumur hidup dia harus patuh dan mengkonsumsi obat-obatan.

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Konsumsi air kelapa secara rutin dapat menstabilkan berat badan agar tidak meningkat secara drastis. Air kelapa dapat mengurangi rasa lapar sehingga mencegah makan yang berlebihan. Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa cukup banyak.

  Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah dan Diet Alami
Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Air kelapa memiliki banyak enzim-enzim aktif yang dapat membantu proses pencernaan. Oleh karena itu metabolism akan lebih meningkat. Insulin di dalam darah juga akan bisa terbakar lebih cepat. Sehingga menjadi sebuah manfaat yang tinggi untuk penderita diabetes.

Nutrisi yang Baik

Karbohidrat yang minimal pada air kelapa membuat penderita diabetes aman mengkonsumsinya. Bahkan, air kelapa kaya akan serat dan mineral serta vitamin C yang kaya antioksidan.

Air kelapa untuk Kolesterol

Seperti yang telah dibahas. Air kelapa dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan akan terjadi pembakaran yang cepat untuk kolesterol. Sehingga air kelapa dapat mencegah kolesterol tinggi di dalam darah. Selain itu, air kelapa tidak mengandung zat kolesterol di dalamnya. Bahkan air kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam darah.

Air kelapa untuk Ginjal

Ginjal merupakan suatu organ yang mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Jika kita mempunyai cairan berlebih dan tidak digunakan oleh tubuh akan dibuang bersama urin atau buang air kecil. Ginjal yang sehat yaitu ginjal yang dapat menyerap dengan baik zat-zat yang masih dibutuhkan tubuh. Serta dapat mengeluarkan secara sempurna zat-zat atau racun yang harus dikeluarkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi banyak mineral sangat baik untuk ginjal. Beberapa mineral yang terdapat dalam air kelapa sangat banyak.

Sodium

Sodium atau dikenal dengan istilah Natrium berperan sebagai anti diuretik. Hal ini akan membantu penyerapan dan penyaringan bagi fungsi ginjal.

Potassium

Potassium atau dikenal dengan unsur Kalium. Fungsinya hampir sama yaitu sebagai diuretik. Oleh karena itu akan membantu kita untuk merangsang pengeluaran atau buang air kecil. Sehingga racun yang terdapat dalam tubuh kita dapat dikeluarkan secara maksimal.

Sangat banyak manfaat yang terdapat dalam air kelapa. Bahkan hampir setiap organ yang terdapat dalam tubuh kita akan merasakan manfaatnya.

Sumber : Air Kelapa Muda sebagai Obat Tradisional dan Ilmiah. Untari, Ida.

dr. Ilmawati Candraini

tes adalah penulis yang bla bla tapi bla bla dan juga sebagai salah satu

Leave a Reply