10 Film Terbaik Sepanjang Masa Yang Wajib Kamu Tonton

Menonton film sudah menjadi kegemaran banyak orang. Sepulang bekerja atau di hari libur, menonton sepertinya menjadi kegiatan yang paling banyak dilakukan orang untuk menghabiskan waktu liburnya.

Namun, ada kalanya kita lebih memilih menonton film di rumah. Biasanya kita akan bertanya kepada orang-orang dan mencari informasi seputar rekomendasi film yang enak di tonton. Berikut adalah beberapa rekomendasi film terbaik sepanjang masa dari kami:

Film Terbaik Sepanjang Masa

1.CITIZEN KANE (1941)

film terbaik sepanjang masa citizen kane

film terbaik sepanjang masa | citizen kane |

  • Judul: citizen kane
  • Genre:  Drama , Mystery
  • Durasi: 1h 59min
  • Rating: 8.4/10 (351,909) IMDB
  • Director: Orson Welles

American Film Institute (AFI) telah mengumumkan film terbaik sepanjang masa jatuh pada Citizen Kane. “It’s terrific” itu adalah slogan di poster-poster Citizen Kane. Film debut Orson Welles ‘menerima ulasan luar biasa segera setelah dibuka pada tahun 1941. Bosley Crowther dari New York Times mengatakan bahwa “hampir menjadi film paling sensasional yang pernah dibuat di Hollywood” dan sejak itu telah dipilih secara teratur sebagai “Film Terbesar yang Pernah Ada”.

Citizen Kane pernah membawa pulang sebuah Oscar untuk Best Original Screenplay dan sempat dinominasikan untuk 8 kategori lain, seperti Best Picture, Best Actor, dan Best Director.

Sinopsis film citizen kane (1941) bercerita tentang seorang pria kaya raya bernama Charles Foster Kane (Orson Welles), pemilik istana xanadu yang sangat megah yang merupakan istana terbesar terletak di Florida.

Riwayat masa kecil charles dihabiskan dalam keluarga sederhana. Dia dilahirkan dikeluarga pemilik pondok. Ibunya bernama mary kane. Kehidupan keluarga charles mulai berubah setelah mereka mendapat keberuntungan besar kala seorang penyewa pondok milik keluarganya meninggalkan surat berharga dan terowongan terbengkalai untuk membayar hutangnya pada ibunya charles.

Terowongan yang dianggap tidak berharga itu ternyata merupakan tambang emas besar yang letaknya di colorado. Itulah titik balik hidup Charles. Charles besar tumbuh menjadi pengusaha surat kabar yang sukses pada masa itu. Karena kesuksesannya itu, charles mulai dikenal semua orang. Kisah hidupnya begitu panjang, Sebelum meninggal charles menyebutkan satu kata “rosebud”, kata tersebutlah yang menjadi titik tolak penceritaan dalam film ini. Apakah “rosebud” itu?

Citizen kane adalah sebuah film bergenre drama biografi misteri yang dirilis pada tahun 1941. Bagi anda yang suka dengan film biografi dengan tema misteri, mungkin akan sangat menyukai film ini.

2. SHAWSHANK REDEMPTION (1994)

SHAWSHANK REDEMPTION

Film terbaik | SHAWSHANK REDEMPTION

Muncul di box office pada tahun 1994. Film ini diangkat dari novel The Shawshank Redemption karangan Stephen King. The Shawshank Redemption mendapat rating sebesar 9.3 di situs IMDb, dan menjadi film terbaik dengan rating tertinggi versi situs database film terkenal, IMDb. Selain itu film ini juga menerima 7 nominasi Oscars Academy Awards dan juga berbagai penghargaan film lainnya. Film The Shawshank Redemption juga disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

Quotes yang merupakan highlight dari film ini adalah:
“Fear can hold you prisoner. Hope can set you free.” – Red

Cerita The Shawshank Redemption berpusat pada Andy Dufresne (Tim Robbins) yang dipenjara karena diduga melakukan pembunuhan,. Dia dituduh membunuh istrinya juga kekasih istrinya. Ia kemudian dipenjara di sebuah penjara bernama Shawshank.

Andy Dufresne kemudian menjalin ikatan persahabatan selama di penjara bersama seorang narapidana bernama Ellis Boyd Redding yang biasa disapa Red (Morgan Freeman).
The Shawshank Redemption berfokus pada kehidupan Andy dan Red di penjara Shawshank. Film ini banyak dipuji karena akting baik dari para aktor dan pesan moral yang ditonjolkan sepanjang film. Tentunya para penggemar film, apalagi bergenre drama wajib menonton film Hollywood yang satu ini.

  15 Rekomendasi Film Korea Terbaik Bikin Baper

3. The Godfather (1972)

The Godfather adalah sebuah film drama bergenre kriminal yang dirilis pada tahun 1972. The Godfather disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan dibintangi oleh aktor ternama seperti Marlon Brando, Al Pacino dan James Caan.

Memiliki rating IMDb 9.2 hingga nilai sempurna 100% dari RottenTomatoes dan MetaCritic, membuat film ini menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa.

Quote terkenal dari film ini :

“I’m gonna make an offer he can’t refuse” – Vito Corleone

The Godfather bercerita tentang kehidupan para gangster Italia di Amerika Serikat. Film ini pun menghadirkan drama para keluarga mafia yang menarik. The Godfather berpusat pada keluarga Don Corleone yang dipimpin Vito Corleone. Tokoh Vito Corleone sendiri menjadi salah satu tokoh paling ikonik dalam dunia film, dengan quote-quote legendarisnya. Film ini mendapat penilaian yang sangat positif.

Film The Godfather ini begitu laris dan populer. Setelah film pertama, sekuelnya segera dibuat yaitu The Godfather II (1974) dan The Godfather III (1990). Selain itu, kehadiran film ini juga turut mempengaruh sosial kultur masyarakat. Berbagai bidang lain mulai dari seri TV, game hingga aksesoris

The Godfather begitu populer. Film ini juga banyak mempengaruhi film-film lain di masa kini yang sejenis. Tak heran jika film The Godfather banyak dinobatkan sebagai film terbaik sepanjang masa yang paling berpengaruh.

4. Pulp Fiction (1994)

Pulp Fiction adalah sebuah film drama crime yang dirilis pada tahun 1994. Film ini disutradarai oleh sutradara terkenal Quentin Tarrantino. Film Pulp Fiction ini menjadi langkah awal bagi Tarrantino sebelum dikenal sebagai salah satu sutradara ternama, setelah setahun sebelumnya telah merilis film Reservoir Dogs.

Sinopsis cerita Pulp Fiction terdiri dari kehidupan bertema gangster dan dunia hitam. Cerita berpusat dua orang anggota gangster pembunuh (hit men), seorang petinju, istri bos gangster serta sepasang bandit perampok. Vincent Vega dan Jules Winnfield (John Travolta dan Samuel L. Jackson) merupakan dua orang anggota gangster pembunuh. Sedangkan sang petinju bernama Butch (Bruce Willis).

Konsep cerita parallel dari Pulp Fiction menjadi daya tarik utama, dimana terdapat tiga cerita utama yang kemudian saling berhubungan dalam crossover. Mengusung tema gangster dan dunia hitam, film ini juga menampilkan skrip-skrip cerdas yang terkadang justru tidak penting dan sepele.

Namun hal itu yang menjadi daya tarik utama. Film ini meraih rating 9.0 di IMDb dan 94% di Rotten Tomatoes. Pulp Fiction mampu meraih 7 nominasi Oscar Academy Awards dan memenangkan kategori Best Original Screenplay. Film ini pun sering masuk dalam jajaran list film terbaik sepanjang masa versi beberapa media online. Jika anda suka menonton film drama berbau kriminal, saya yakin anda akan suka dengan film yang satu ini.

5. THE GOOD, THE BAD AND THE UGLY (1966)

The Good, the Bad and the Ugly  merupakan penutup dari dollars trilogy yang merupakan salah satu film bertema western yang paling sukses. Pendapatan yang mencapai $25 juta, banyak memuncaki daftar film-film terbaik sepanjang masa sampai sosok ketiga karakter utamanya yang ikonik dan memberi banyak inspirasi pada film-film lain

Seperti judulnya, film ini akan berfokus pada tiga karakter sentralnya, yaitu The Good/Blondie (Clint Eastwood), The Bad/Angel Eyes (Lee Van Cleef) dan The Ugly/Tuco (Eli Wallach). Blondie adalah seorang bounty hunter dimana salah satu buronannya adalah Tuco.

Keduanya pun sempat bekerja sama untuk mendapat uang dimana Blondie akan pura-pura menangkap Tuco untuk mendapat uang imbalan, lalu saat Tuco hendak dieksekusi, Blondie akan membebaskannya.

  15 Film India Terbaik Sepanjang Masa Wajib Tonton!

Tapi dalam sebuah kesempatan Blondie meninggalkan Tuco sendirian di padang pasir, membuat Tuco mulai berambisi untuk membalas dendam. Sedangkan Angel Eyes merupakan salah satu prajurit Confederate sekaligus pembunuh bayaran kejam yang selalu menuntakan misi yang diberikan padanya.

Mereka bertiga yang awalnya berada pada jalannya masing-masing. mulai mempunyai misi yang sama disaat ketiganya mengetahui keberadaan sebuah emas dalam jumlah besar yang terkubur di sebuah pemakaman.

6. The Dark Knight (2008)

Quote yang terkenal dalam film ini:

“Why so serious?” – Joker

The Dark Knight merupakan seri film kedua dalam franchise Batman The Dark Knight, yang dirilis pada tahun 2008. The Dark Knight merupakan sekuel dari film Batman Begins (2005). Film ini masih disutradari oleh Christopher Nolan. Jajaran cast pun masih akan menampilkan Christian Bale, Michael Caine, Morgan Freeman dan Gary Oldman.

Selain itu, juga ada beberapa nama baru yang tidak bermain di Batman Begins, antara lain seperti Heath Ledger, Aaron Eckhart dan Maggie Gyllenhaal. The Dark Knight masih menampilkan kisah Batman alias Bruce Wayne yang diperankan Christian Bale, dalam menumpas dunia kriminal di Gotham City.

Tema superhero masih menjadi tema utama, dengan paduan action dan crime. Kali ini musuh utama Batman adalah The Joker, yang diperankan dengan apik oleh aktor Heath Ledger. Peran Joker dalam film ini banyak dipuji, dan bahkan mejadi salah satu penampilan villain terbaik dalam sejarah film.

Saat awal perilisannya, The Dark Knight menjadi film dengan pendapatan terbesar dalam minggu pertama rilis, sebelum disalip oleh Avatar setahun berselang. Film ini juga mencatat total pendapatan yang spektakuler. Selain sukses secara komersil, The Dark Knight juga bisa dibilang sukses dalam hal penilaian.

Film ini menjadi film terbaik ketiga versi situs IMDb dengan mendapat rating 9.0. Dengan dipenuhi banyak quote memorable yang sering dikutip, tak heran jika The Dark Knight disebut-sebut sebagai film superhero terbaik yang pernah dibuat.

Cerita The Dark Knight kembali menampilkan Bruce Wayne (Christian Bale) selaku Batman untuk membasmi dunia kriminal di kota Gotham. Dengan bantuan dari letnan polisi Jim Gordon (Gary Oldman) dan jaksa Harvey Dent (Aaron Eckhart), Batman pun menetapkan untuk membongkar organisasi kriminal yang tersisa di kota. Namun upaya mereka diuji dengan serangkaian kekacauan yang dibuat dan direncanakan secara rapi oleh mastermind kriminal psikopat bernama The Joker (Heath Ledger).

Kehadiran Joker sebagai villain dalam The Dark Knight menjadi salah satu faktor utama begitu populernya film ini. Akting sempurna dari Heath Ledger banyak dipuji. Beberapa bulan setelah perilisan film, Heath Ledger meninggal. Ia kemudian dianugerahi banyak penghargaan, termasuk penghargaan Oscar yang diwakili oleh keluarganya. Overall The Dark Knight menyajikan tontonan yang berkualitas. Bagi anda pecinta film dengan tema superhero, film ini merupakan sajian yang cocok untuk anda.

7. Shutter Island (2010)

Shutter Island merupakan film bergenre thriller. Film ini dipenuhi dengan misteri yang menarik dan akan membuat penonton penasaran dengan akhir ceritanya. Rating yang diperolehnya 8.9/10.

Shutter Island menceritakan tentang seorang detektif bernama Edward “Teddy” Daniels (Leonardo Di Caprio) dan rekannya Chuck Aule (Mark Ruffalo). Mereka ditugaskan untuk mencari seorang pasien rumah sakit jiwa bernama Rachel Solando (Emily Mortimer) yang menghilang. Pencarian dilakukan di sebuah Pulau Shutter, sebuah pulau terpencil di kawasan Boston Harbor, yang menjadi lokasi rumah sakit jiwa tersebut.

Selama pencarian tersebut, Daniels mulai mengalami migrain. Ia kembali bermimpi soal keterlibatannya dalam pembalasan pembebasan Dachau dan istrinya, Dolores Chanal (Michelle Williams), yang meninggal akibat kebakaran yang disebabkan Andrew Laeddis (Elias Koteas). Dalam salah satu mimpinya, Chanal memberitahu Daniels bahwa Solando masih ada di pulau, begitu pula Laeddis. Daniels kemudian menjelaskan kepada Aule bahwa melacak Laeddis adalah motif utama demi menyelesaikan kasus ini.

  15 Daftar Film Action Terbaik Dengak Aksi Memukau

Jika anda suka film dengan tema thriller, film ini menjadi salah satu film yang cocok untuk anda.

8. Inception (2010)

Film ini menceritakan tentang Dom Cobb (Leonardo DiCaprio), seorang pencuri profesional yang mengambil informasi rahasia dengan menginfiltrasi alam bawah sadar. Suatu hari ia diberi tugas untuk memasukkan ide orang lain ke dalam pikiran si target. Dengan melakukan pekerjaan yang hampir tidak masuk akal ini, ia dibayar dengan penghapusan catatan kriminalnya.

Visual yang ditampilkan sangat menawan hingga meraih piala Oscar untuk kategori Best Cinematography dan Best Visual Effects. Tak hanya itu, Inception juga berhasil meraih piala untuk kategori Best Sound Mixing dan Best Sound Editing.

Inception merupakan karya Christopher Nolan lainnya yang sukses dengan rating IMDB menembus 8.8/10. Bergenre acton, Sci-fi, dan adventure, film ini diperankan oleh beberapa pemain tersohor. Sebut saja Leonardo DiCaprio, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Tom Hardy, dan masih banyak lainnya.

Dengan pengambilan gambar dilakukan di enam negara, film ini menawarkan cerita cerdas dan kompleks yang jarang ditemukan. Inception sekaligus membuktikan bahwa Nolan tidak hanya mampu menghasilkan film berkualitas, tapi juga kesuksesan secara komersial. Ini terbukti dengan pendapatan yang diraih sebesar $825 juta dari peredarannya di seluruh dunia.

9. The Lord of The Rings: The Fellowship of The Rings (2001)

The Lord of The Rings sekuel pertama yang meraih skor tinggi di IMDB hingga 8.8/10. Dengan tema fantasi, film ini diangkat dari salah satu novel terlaris di dunia karya J. R. R. Tolkien dengan judul sama. Film ini menceritakan petualangan penyihir Gandalf dan seorang hobbit muda bernama Frodo Baggins.

Mereka melakukan perjalanan sangat berbahaya untuk menghancurkan sebuah cincin misterius. Cincin tersebut merupakan senjata ampuh yang dimiliki oleh pangeran kegelapan bernama Sauron. Dengan kekuatan cincin tersebut, ia berencana untuk menghancurkan dunia. Satu-satunya cara untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah mengembalikan cincin itu ke Mordor.

Film yang disutradarai oleh Peter Jackson ini pun sukses memenangkan lima penghargaan BAFTA, termasuk kategori Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Bagi anda penyuka film fiksi sekuel, film ini cocok untuk anda

10. Forrest Gump (1994)

Film ini mengisahkan tentang perjalanan hidup pria ber-IQ 75 dan memiliki keterbatasan fisik bernama Forrest Gump (Tom Hanks). Meski begitu, ia adalah seorang yang baik hati dan jago berlari. Kemampuannya ini membuatnya sangat berjasa saat ia dikirim untuk berperang di Vietnam karena mampu menyelamatkan teman-temannya yang terluka. Berkat jasanya ini, ia pun mendapatkan Medali Kehormatan Kongres.

Kehidupannya pun berubah drastis setelahnya karena ia akhirnya juga menemukan bakat terpendam lainnya dalam bermain ping pong. Gump pun sukses menjadi atlet yang berlaga di kancah internasional.

Diangkat dari novel karya Winston Groom dengan judul sama, film Forrest Gump memiliki skor IMDB 8.8/10. Selain itu, film ini juga meraih 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam diantaranya. Kategori tersebut meliputi Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik. Bagi anda yang penyuka film bergenre comedy, film ini cocok untuk anda.

Itu adalah beberapa rekomendasi film terbaik sepanjang masa dari kami. Semoga anda menikmati film-film terbaik sepanjang masa di atas.

Leave a Reply