Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan | Teks ulasan atau bisa disebut juga resensi merupakan sebuah ulasan yang berisikan mengenai review atau penilaian pada suatu karya seperti drama, dan yang lainnya. Teks ulasan dibuat tentunya memiliki tujuan tertentu, yaitu ingin menunjukan sudut pandang atau keberpihakan si penulis pada satu hal ataupun karya yang sementara.

Teks ulasan juga berguna untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai mengenai bagaimana suatu standar kelayakan dan kepatutan dari sebuah karya. Para pembaca bisa lebih memahami dan mendapatkan pengetahuan mengenai gambaran serta kritikan pada karya tertentu.

Bahkan ulasan juga bisa menunjukan apa kelebihan serta kekurangan dari karya yang berkaitan. Para pembaca bisa semakin mempertimbangkan bagaimana kemudian ia bisa menilai kepantasan dari suatu karya. Ini juga bisa semakin memudahkan pambaca untuk melakukan identifikasi antara karya satu dengan yang lainnya.

Contoh Teks Ulasan

contoh teks ularan

contoh teks ularan | moondoggiesmusic.com

Sama halnya seperti teks lain seperti contoh teks berita, contoh teks prosedur,  atau contoh teks eksposisi, jenis teks ulasan juga memiliki struktur yaitu:

  • Orientasi: pengenalan mengenai suatu gambaran umum tentang sebuah karya yang baik dari film dan juga drama yang sedang diulas. Biasanya berisikan latar belakang untuk para pembaca tentang apa yang akan mereka ulas.
  • Tafsiran: Ini merupakan sebuah gambaran detail dari karya film atau drama, kemudian diulas. Baik dari segi keunggulan, keunikan dan juga kualitas.
  • Evaluasi: Berisi mengenai pandangan pengulas dari karya yang diulas.
  • Rangkuman: Berisi mengenai kesimpulan ulasan dari sebuah karya baik berupa film ataupun drama. Pada bagian ini juga biasanya memuat komentar penulis, apakah karya tersebut bisa bernilai tinggi atau berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks ulasan yang bisa menjadi pengetahuan Anda.

Contoh Teks Ulasan Novel

  • Identitas Buku:
  • Sepatu Dahlan
  • Judul : Sepatu Dahlan
  • Penulis : Khrisna Pabichara
  • Penerbit : Noura Books
  • Tahun terbit : 1 Mei 2012
  • Tebal halaman : 369 halaman

Buku “Sepatu Dahlan” merupakan salah satu buku yang ditulis oleh Khrisna Pabichra. Bukut yang sudah sempat difilmkan ini memiliki cerita mengenai kisah perjuangan hidup seorang Dahlan Iskan.

Pria yan pernah menjabat menjadi Menteri BMUM dan mempunyai prinsip “Hidup, bagi orang miskin, harus bisa dijalani apa adanya”. Namun dengan keadaanya yang cukup sulit tersebut tidak lantas membuat Dahlan Iskan menyurutkan keinginannya untuk sekolah.

Buku ini mengisahkan mengenai perjuangan seorang Dahlan Iskan, bagaimana ia berusaha untuk bisa sampai ke sekolah. Dahlan sendiri adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ia harus bisa menempuh perjalanan menuju sekolah hingga puluhan kilometer tanpa menggunakan alas kaki. Suatu hari saat ia lulus dari Sekolah Rakyat dan ingin melanjutkan sekolahnya, ia gagal.

Saat SMP Dahlan juga aktivis dalam kegiatan ekstrakulikuler. Salah satunya saat itu ia sempat menjadi ketua tim voli. Sampai akhirnya ia bisa menjadi pelatih dari tim voli yang sebelumnya ia pimpin, lalu ia mendapatkan upah dengan jumlah cukup besar. Akhirnya Dahlan mampu membeli sepatu baru karena hasil jerih payahnya sendiri,

Kelebihan dari Novel ini adalah berkisah mengenai semangat hidup seseorang meskipun ia sempat diterpa masa sulit. Meski begitu niat untuk terus memotivasi diri dalam menempuh pendidikan masihlah ada.

Kekurangan dari Novel ini adalah dari segi alur yang kurang menentu. Namun bila dinilai secara keseluruhan, Novel ini masih layah dibaca karena bisa menambah motivasi hidup.

  Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Ulasan Film

  • Judul : Langit Biru
  • Bintang : Samuel Nathanael Carol,Ari Wibowo,Donna Harun,Hermann Josis,Mokalu,Tika Panggabean,Becky Tumewu,Brandon De Angelo,Ayushita dan Saykoji,  Ratnakanya Anissa Pinandita,Jeje Soekarno,Beby Natalie,Cody McClendon,Patton Otlivio Latupeirissa,Jonathan Prasetyo,
  • Sutradara : Lasja Fauzia Susatyo
  • Produser : Nia Dinata dan Hanna Carol
  • Skenario : Melissa Karim
  • Produksi : Blue Caterpillar Films & Kalyana Shira Films
  • Tanggal rilis : 17 November 2011
  • Durasi : 1 jam 28 menit

Langit Biru adalah salah satu film dram musical yang disutradai langsung oleh Lasja Fauzia Susatyo. Dalam film ini, Ratnakanya Annisa, Jeje Soekarno dan Beby Natalie berperan sebagai pemeran utama.

Biru sendiri merupakan gadis yang aka Tomboy, bersama dengan kedua temannya Tomtim dan juga Amanda mereka menjalani masa sekolah dengan penuh kenangan manis. Satu kelas, selalu berangkat dan pulang bersama sampai bermain pun bersama.

Di samping itu, ada segerombolan anak laki-laki yang suka membully teman sekolah Biru dan tidak menyukai persahabatan yang terjalin antara Biru, Tomtim dan Amanda. Mereka adalah Bruno, Samuel, Erlangga dan Jason.

Suatu hari saat di sekolah, Ibu Guru memberikan sebuah tugas kelompok yang harus bisa dikerjakan oleh para murid untuk nantinya dipersentasikan. Biru dan kedua temannya ternyata satu kelompok. Namun yang lebih menarik, ia juga satu kelompok bersama Brunu si anak yang suka membully.

Di mulai dari sanalah, Biru dan kedua temannya merasa penasaran dengan kehidupan Bruno. Akhirnya pengintaian pun dilakukan, mereka menyelidikan bagaimana dan kenapa perilaku Bruno seperti itu.

Rasa ingin tahu tersebut memberikan fakta bahwa Bruno merupakan seoarnag anak yatim yang tinggal bersama Ibu dan adiknya yang memiliki keterbelakangan mental. Namun biar begitu, nyatanya rasa sayang Bruno pada keluarnya sangat besar.

Akhirnya Biru dan kedua temannya mempunyai ide untuk membuat persentasi mengenai Bruno. Judul dari persentasi tersebut adalah How to be a Macho Man. Saat persentasi berlangsung ternyata Bruno merasa terkejut dan merasa malu akhirnya ia pun kabur.

Biru dan kedua temannya merasa bersalah. Namun dengan penjelasan dan permintaan maafnya akhirnya Bruno yang sering membully tersebut mulai sadar bahwa sikap yang ia lakukan selama ini adalah salah.

Kelebihan dari film ini ada pada musiknya yang bisa membawa film menjadi lebih menyenanang. Namun sayangnya, alur dari cerita ini cukup membingungkan sehingga ini bisa menjadi salah satu kekurangan film.

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Sebuah cerpen berjudul “Aku, Ibu dan Takdir” merupakan cerpen yang ditulis oleh Bahtari Anugerah. Ini adalah cerpen yang memiliki tema kekeluargaan dan juga sosial, dipublikasikan pada tahun 2015.

Isi dari cerpen ini mengisahkan mengenai kehidupan seorang gadir bernama Bella seorang gadis SMA dengan paras yang cantik, pandai dan senyum yang menawan. Dalam cerpen juga dikisahkan kalau gadis tersebut sudah terpisah dengan Ibu kandungnya sendiri.

Sejak masih bayi, Bella dititipkan oleh orang tuanya kepada neneknya. Kenapa dititipkan karena sang Ibu harus bekerja dan sang ayah tidak tahu kemana. Namun sungguh malam, 2 tahun berjalan tidak tahu apa yang telah terjadi Bella tidak kunjung dijemput oleh ibunya bahkan sampai ia sudah besar.

Namun saat beranjak dewasa di bawah pengasuhan neneknya, ternyata sang nenek mulai mengalami penyakit Alzheimer atau kehilangan ingatan. Akibatnya, sangat nenek juga lupa akan sosok Bella.

Mulailah Bella melakukan pencarian dimana Ibunya berada. Setelah melakukan pencarian akhirnya Bella menemukan bahwa ternyata sang Ibu yang selama ini sedang dicari sedang terbaring lemak. Ia semakin merasa sedih bahkan menganggap bahwa takdinya sunggu buruk.

Akhir dari cerpen ini sebenarnya menyedihkan dengan alur yang sangat jelas dan cerita yang ringkas. Bahasanya juga sangat mudah dipahami. Namun kekurangannya adalah cerpen tidak menjelaskan mengenai kisah masa lalu sang ibu, kenapa ia meninggalkan Bella.

  Contoh Teks Eksposisi Besrta Strukturnya Lengkap

Contoh Teks Ulasan Singkat

“DI balik 98” merupakan sebuah film yang diproduksi MNC Pictures. Film yang mengisahkan mengenai sebuah peristiwa pada tahun 1998 di Indonesia.

Dimana saat itu terjadi kerusuhan hingga menyebabkan luka mendalam untuk Indonesia apalagi aktivitas mahasiswa hingga sekarang. Di dalam film ini diceritakan bagaimana panasnya suhu politik saat itu, penonton disuguhi dengan banyak makna yang terjadi saat peristiwa 98 tersebut.

Di dalam film juga idceritakan bagaimana seorang mahasiswi Trisakti yang diperankan oleh Chelse Islan memutusukan turun dan ikut serta berdemo. Namun sayangnya keluarganya memiliki latar belakang pekerjaa di dalam Istana Negara. Ada cukup banyak konfilk yang disuguhkan dari mulai politik sampai keluarga.

Biarpun cerita ini mengisahkan mengenai sebuah fakta politik namun film ini justru sangat kental akan nuansa drama keluarga dan percintaan. Film menjadi lebih menarik.

Contoh Teks Ulasan Buku

Buku berjudulu “Galaksi Kinanti” merupakan buku yang ditulis oleh Tasaro GK, salah satu penulis Buku Novel Best Seller ternama di Indonesia.

Galaksi Kinanti menceritakan mengenai kisah seorang perempuan yaitu Kinanti dan pria bernama Ajuj. Mereka tinggal di kampung yang sama dan sebagian masa kecil dihabiskan bersama. Namun sayangnya kisah Kinanti dan Ajuj tidak lah indah.

Kedua anak kecil tersebut harus rela menanggung egoisme para orang dewasa yang saling bermusuhan. Suatu hari Kinanti di jual oleh keluarganya yang kekurangan, Kinanti ditukar dengan sekarung beras pada keluarga yang mengatakan bahwa mereka akan menjaga Kinanti. Saat itu Ajuj yang merupakan teman kecil Kinanti merasa sangat sedih, ia tidak bisa menjaga Kinanti dan mencegah hal tersebut.

Sungguh malang nasib kinanti, ia di sekolahkan sampai menginjak Sekolah Menengah Pertama namun kemudian ia dijual kembali untuk dijadikan TKW. Ia mengalami berbagai macam cobaan di beberapa negara, salah satunya di Arab. Ia mendapatkan siksaan dari sang Majikan hingga perkosaan.

Namun keberuntungan masih memihak Kinanti, ia akhirnya berhasil diselamatkan oleh seorang perempuan dan Kinanti akhirnya berhasil keluar dari kisah sedih seorang TKW. Kinanti dibawah ke Amerika, ia tinggal dan tumbuh menjadi seorang gadis beras di sana.

Kinanti memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan bertemu dengan Ajuj. Namun sungguh Malang, pertemuan Indah yang diharapkan Kinanti ternyata tidak bisa tercipta begitu saja.

Novel ini dikemas secara baik dengan alur maju mundurnya, penggambaran Kinanti dan Ajuj sangat baik. Bahkan rasa sakit yang dialami Kinanti juga bisa menyentuh para pembaca.

Novel Galaksi Kinanti merupakan Novel yang berkisah mengenai kehidupan dan cinta yang tak sampai. Sangat menarik untuk dibaca.

Contoh Teks Ulasan Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Novel Surat Kecil Untuk Tuhan merupakan novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata dari seorang gadis yang berjuang untuk sembuh dari Kanker. Novel ini juga sudah sempat difilmkan dan bisa membuat para penonton hanyut dalam filmnya, merasa iba sampai menangis.

Diceritakan seorang gadis Sekolah Menengah Pertama bernama Keke. Ia merupakan gadis cerita yang tergabung dalam kelompok tari disekolahnya. Ia memiliki seorang kaka. Suatu hari Keke mengalami gangguan kesehatan dan akhirnya di fonis memiliki kangker.

Ia harus bisa berjuang melakukan kemoterapi agar bisa sembuh. Setelah proses yang cukup panjang Keke ternyata dinyatakan sembuh. Namun amat disayangkan, kesembuhan ternyata tidak berjalan lama. Ia akhirnya harus mendapatkan serangan kangker kembali. Kondisi Keke semakin buruk, ia divonis tidak memiliki waktu yang panjang.

Novel ini dikemas dengan baik, menceritakan mengenai persahabatan dan cita keluarga. Bisa membuat para pembaca merasakan apa yang diderita oleh Keke.

  Contoh Teks Eksposisi Besrta Strukturnya Lengkap

Surat Kecil Untuk Tuhan yang menceritakan kisah Keke ini menjadi gambaran bagaimana seorang surviver kangker harus bisa bertahan hidup dan tidak menyerah dengan kondisi penyakitnya.

Contoh Teks Ulasan Film Perahu Kertas

Film Perahu Kertas, merupakan film yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantio dan di mainkan oleh Maudi Ayunda sebagai Kugi serta Adipati Dolken sebagai Keenan yang merupakan pemeran utama.

Perkenalan Kugi dan Keenan secara tidak sengaja terjalin saat Kugi bersama temannya menjemput Keenan yang baru saja pulang dari Belanda. Kedekatan akhirnya terjalin semakin dalam membuat mereka saling menyukai.

Sayangnya mereka tidak bisa saling mengatakan hal tersebut karena baik Kugi dan Keenan sudah dekat dengan seseorang yang lain. Hingga pada akhirnya mereka berpisah, Keenan dan Kugi melanjutkan hidup dengan menjalankan apa yang menjadi impiannya.

Berselang satu tahun akhirnya mereka dipertemukan kembali dalam sebuah acara pernikahan. Namun sayang, keduanya yang masih saling menyukai ternyata sudah saling dimiliki oleh hati yang lainnya.

Kelebihan dari film ini bisa menggambarka karakter dengan cukup baik. Namun sayangnya kekurangannya juga berasal dari terlalu banyak karakter dalam film sehingga sedikit tidak bisa fokus ke dalam satu cerita.

Contoh Teks Ulasan Film 5 Cm

5 Cm merupakan sebuah film yang disutradai oleh Rizal Mantovani dan dimainkan oleh Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Raline Shah (Riani), Igor Saykoji (Ian), Pevita Pearce (Dinda). Berkisah mengenai persabahabatan yang melakukan perjalanan mendaki ke Mahameru.

Zafran, Genta, Arial, Riani, dan Ian merupakan sahabat dekat yang tidak bisa dipisahkan. Sementara Dinda merupakan adi dari Arial. Zafran dan kawan-kawannya sangat sering berkumpul, hal tersebut lama kelamaan membuat fokus mereka terhadap apa yang diimpikan menjadi berkurang.

Mereka akhirnya memutuskan untuk tidak bertemu selama 3 bulan dan bertemu kembali tepat di bulan Agustus. Pertemuan dirayakan dengan pendakian ke Mahameru dan sudah direncanakan Genta.

Pendakian tersebut menyuguhkan konfilk persahabatan yang ringan. Namun pendakian akhirnya bisa dicapai hingga puncak. Mereka sangat bersyukur Genta memiliki ide ini.

5 cm merupakan film mengenai persabahatan yang bisa memberikan motivasi kepada para remaja untuk tidak menyerah sebelum mencapai puncak serta menanamkan jiwa nasionalis dan merah putih di hati mereka.

Film juga sangat layak ditonton sebab mengisahkan mengenai perjalanan 5 sahabat yang berjuang bersama agar bisa mencapai tujuan puncak.

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

Kotak adalah salah satu band yang berasal dari Indonesia, terdiri dari 3 personil. Dimana Tanri merupakan vokasi, Chua bassist dan Cello gitaris. Kotak dengan album keduanya yang diberi nama album kedua sudah dirilis pada tahun 2008

Dalam Album Kotak terdapat 12 buah lagu, yaitu Beraksi, Kosong Toejoeh, Tinggalkan Saja, Berbeda, Lagi-Lagi, Tetap Ada, Masih Cinta, Terluka, Mencintai Ku dan Dia, Bayang Abadi, dan Rock Never Dies, serta Kembali Untukmu. Album Kotak Kedua sudah pernah mendapatkan penghargaan dalam AMI Award dengan kategori album Rock terbaik.

Album Kotak Kedua sangat sukses di pasar music Indonesia. Para pecinta music sangat menikmati lagu kotak yang dibawakan oleh 3 personli tersebut. Dengan keunikan serta keunggulan Album Kotak Kedua, ini sangat layak dibeli. Apalagi untuk Anda yang merupakan pecinta music rok, lagu di dalam album Kotak Kedua sangat ekspresif dan bisa dinikmati semua kalangan.

Itulah pembahasan mengenai teks ulasan. Masih banyak contoh teks lain yang bisa Anda ketahui, seperti contoh teks eksposisicontoh teks berita ataupun contoh teks prosedur.

Leave a Reply