Contoh Teks Eksposisi Besrta Strukturnya Lengkap

Teks eksposisi merupakan sebuah paragraph atau karangan yang dibuat untuk menyampaikan informasi. Digambarkan dalam bentuk singkat namun tetap jelas. Paragraf ini mempunyai sifat yang ilmiah atau bila dalam jenisnya masuk ke dalam tulisan non fiksi. Tujuan dibuatnya teks eksposisi adalah agar bisa menjelaskan ataupun memberikan suatu informasi sehingga bisa lebih memperkaya ilmu pengetahuan untuk para pembacanya.

Bila Anda mau membuat sebuah teks eksposisi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui khususnya dalam struktur teksnya. Beberapa struktur yang ada adalah:

Pernyataan Pendapat atau Tesis

Tesis merupakan bagian paling awal yang ada dalam sebuah teks eksposisi. Dalam tesis Anda diharuskan bisa memuat suatu dugaan ataupun prediksi suatu ilmu biasanya yang disampaikan oleh seorang penulis. Ini merupakan dugaan dari seseorang namun tentunya dugaan tersebut tidak boleh tanpa landasan.

Dugaan biasanya akan diperkuat dengan data valid bukan pendapat yang dikeluarkan tanpa adanya data. Teks eksposisi tesis ini biasanya aka nada pada awal kalimat namun tak menutuk kemungkinan kalau tesis juga bisa diletakkan pada bagian akhir kalimat eksposisi.

Argumentasi

Struktur selanjutnya adalah argumentasi. Sebuah paragraph yang berisi kalimat pendukung dari sebuah tesis yang sebelumnya sudah ditulis. Selain adanya juga kalimat pendukung, argumentasi juga bisa berisikan sebuah sanggahan dari tesis.

Jenis argumentasi yang benar dan baik harus berisikan kedua hal tersebut yaitu argumentasi dan sanggahan. Sementara untuk pendukungnya sendiri bisa data atau sanggahan dari si penulis.

Penegasan

Setelah diberikan argumentasi, maka penulis juga harus memberikan penegasan atau penguatan pandangan mengenai fakta yang sudah ditemukan pada bagian tesis dan juga argumentasinya. Ini adalah sebuah simpulan dari topic yang sudah dibicarakan dalam tesis.

Contoh Teks Eksposisi

Alkhoirot.net

Selanjutnya, agar Anda bisa lebih paham mari terapkan struktur di atas pada teks eksposisis. Anda bisa melihat contoh berikut ini kemudian mencobanya sendiri.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Buang sampah asal-asalan waktu iini telah jadi makin kronis. Ditambah lagi sekarang ini banyak manusia yang buang sampah asal-asalan.Itu tampak dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang yang setiap saat dapat mengakibatkan banjir.

Beberapa orang menyimpulkan jika jumlahnya manusia yang kurang sadar untuk buang sampah serta apakah yang berlangsung bila beberapa hal yang bisa mengakibatkan penyumbatan saluran sungai.
Manusia juga belum pernah kapok dengan seringkali terjadinya banjir yang menempa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana itu banyak juga menelan korban jiwa. Tapi manusia belumlah mempunyai kesadaran untuk buang sampah dengan benar.

Semestinya,sesudah tahu peristiwa serta efek yang berlangsung,mereka mempunyai kesadaran buang sampah serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan diri pribadi serta beberapa orang. Supaya saluran air sungai lancar serta tidak memunculkan banjir.

Contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Tesis:

Pemanasan global adalah sebuah keadaan dimana kondisi suhu bumi sudah semakin panas. Kondisi ini bisa menyebabkan dampak buru, seperti penipisan lapisan ozon yang mengakibatkan ultraviolet masuk ke bumi dengan mudah, naiknya permukaan air laut karena es di kutub utara mencair secara perlahan.

Pemanasan global sendiri bisa terjadi karena pengaruh dari banyaknya gas karbondioksida di atmosfer. Akibatnya ozon malah semakin menipis dan karbondioksida yang ada di bumi semakin tidak seimbang. Apalagi bila dibandingkan dengan jumlah pohon yang seharusnya bisa menyerang karbondioksida. Bahkan tidak hanya itu saja, hutan yang ada sekarang sudah mulai dibuka untuk lahan perkebunan, pertanian, ataupun dialih fungsikan dari yang tadinya hutan lindung sekarang menjadi hutan produksi.

  Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Argumentasi:

Beberapa tahun belakangan ini dunia memang sedang mengalami kondisi kenaikan suhu cukup parah.

Kondisi pemanasan global terjadi karena terlalu banyak gas karbondioksida pada atmosfer bumi. Gas tersebut berasal dari asap kendaraan bermotor atau, atau asap pabrik. Bila melihat lebih jauh pada kondisi sekitar tentunya sudah banyak pabrik yang beroperasi serta menimbulkan gas tersebut.

Ini masih di negara kita sendiri, coba bayangkan bagaimana dengan negara-negara industry? Negara indutsri yang mempunyai pabrik lebih banyak dan Anda bisa bayangkan berapa banyak gas karbondioksida yang disebabkan oleh pabrik-pabrik tersebut.

Negara-negara industry tersebut seharusnya bisa bertanggung jawab dalam mengatasi karbondioksida yang sudah dikeluarkan akibat aktivitas pabriknya.

Kondisi lebih parah juga dialami oleh hutan-hutan di dunia yang seharusnya bisa sedikit lebih membantu dalam pengurangan gas karbondioksida. Namun faktanya sekarang hutan sudah tidak bisa memberikan manfaat secara maksimal sebab pohon-pohonnya sudah banyak ditebang.

Selain terjadinya penebangan pohon juga beberapa kasus lain yang pernah terjadi di Indonesia adalah pengalihan fungsi hutan. Dari yang tadinya hutan lindung malah difungsikan menjadi konversi. Kondisi ini tentunya malah semakin memperkeruh keadaan bumi.

Penegasan ulang:

Pemanasan global yang menyerang bumi pada beberapa tahun kebelakang kondisinya semakin parah. Hal ini diakibatkan karena terlalu banyak pabrik yang beroperasi yang menimbulkan asap dan juga adanya asap kendaraan bermotor.

Kondisi ini semakin parah dengan kemunculan hutan yang seharusnya bisa mengurangi adanya emisi gas, malah lebih banyak penebangan hutannya. Selain penebangan juga adanya alih fungsi hutan semakin mengakibatkan fungsi hutan tidak bisa bekerja maksimal dan ini sudah banyak terjadi di Indonesia.

Contoh teks eksposisi illustrasi

Sebuah pohon tak akan besar dengan sendiri. Sebelum menjadi sebuah pohon tinggi yang menjulang, pohon akan lebih dulu menjadi biji yang ditanam dalam tanah. Biji juga kerap disiram dan diberikan pupuk secara rutin sampai biji tersebut tumbuh menjadi pohon besar seiring berjalannya waktu.

Illustrasi di atas sangatlah cocok untuk menggambarkan bagaimana proses pendidikan terbentuk sebagaimana mestinya, dimana sebuah pendidikan harus bisa berorientasi pada proses seperti halnya yang dijelaskan dalam illustrasi di atas.

Pendidikan yang memiliki orientasi tentu saja akan memakan waktu lebih lama. Namun hasil yang akan dipetik juga bisa jauh lebih baik ketimbang hasil yang nantinya akan diperoleh dari proses pendidikan yang sangatlah instant ataupun dipaksakan.

Oleh sebab itulah para pendidik juga harus bisa menjadikan proses tersebut sebagai orientasi utamanya dalam hal mendidik para peserta didik.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Jumlah air yang ada di dalam bumi sekang ini sedang dalam kondisi tetap, tidak berkurang ataupun bertambah. Artinya air yang ada di bumi mempunyai jumlah sama sejak dahulu. Sayangnya air mengalami perubahan dalam proses siklus hidrologinya yang membuat air terus mengalami perputaran.

Awalnya air yang ada di bumi seperti air danau, sumur, laut dan yang lainnya mengalami proses penguapan oleh matahari dan menyebabkan partikel air berubah menjadi gas kemudian terbang ke atas langit.

Selanjutnya partikel akan membentuk awan pada lapisan atmosfer. Setelah itu awan juga akan mulai ditiup oleh angina ke semua arah. Setelah mengalami titik jenuh kemudian awan akan berubah menjadi mendung, dan menyebabkan hujan sehingga air akan kembali jatuh ke bumi. Begitu perputaran air terus berlanjut.

Contoh Teks Eksposisi Definis

Brokoli yang memiliki nama lain Brassica oracea merupakan tanaman sayuran yang masuk ke dalam suku kubis atau disebut juga brassicaceae. Tanaman sayuran ini berasal dari Laut Tengah dan sudah dibudidayakan sejak zaman Yunani Kuno.

  Contoh Teks Ulasan

Pada tahun 1970-an sayuran ini masuk ke Indonesia dan keberadaannya sekarang ini sudah cukup populer dikenal sebagai bahan pangan. Kandungan vitamin C dan serat di dalam sayuran ini sangat banyak. Selain itu juga brokoli memiliki kandungan yang bisa menjadi anti kanker alami.

Namun biarpun brokoli mempunyai kandungan bermanfaat untuk kesehatan, manfaatnya belum diketahui apakah akan berpengaruh untuk manfaat kecantikan atau tidak.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

Pendidikan adalah senjata untuk bisa mengubah dunia. Sebab, pendidikan bisa menjadi sebuah sarana agar kita bisa mendapatkan banyak hal yang sangat bermanfaat. Di Indonesia sendiri, tingkat pendidikannya sudah tergolong cukup baik. Bahkan pemerintah sudah mengeluarkan dana bentuk untuk pembangunan gedung sekolah dan membuka sekolah gratis.

Sekarang hanya tinggal peserta didiknya saja yang harus memiliki keinginan kuat untuk belajar dan memberikan prestasi. Sehingga bisa memberikan manfaatkan agar bisa membentuk kepribadian dan bisa mengimplementasikan disiplin ilmu untuk kemajuan Bangsa dan Negara.

Saat fasilitas serta peran aktif para peserta didik sudah bersatu makan besar kemungkinan kalau derajat Indonesia bisa lebih diakui oleh dunia saat ini. Sehingga tidak menutup kemungkinan juga para investor asing yang datang bisa lebih memajukan perekonomian negeri.

Guru yang memiliki kualitas tinggi dan kompetensi juga bisa sangat membantu dalam proses peningkatan pendidikan di Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Sejak masih kecil, Alisa sangat senang dengan dunia literasi. Hal ini bisa diketahui dari banyaknya koleksi buku Alisa yang banyak dan berbagai macam jenisnya. Dari mulai cerita anak sampai dengan novel impor. Tidak hanya sampai disitu saja, Alisa juga kerap kali mengoleksi banyak komik serta majalah.

Semakin banyak koleksi bacaan yang Alisa miliki, ia semakin memiliki daya imajinasi dan referensi yang semakin luas. Untunglah ia bisa menuangkan imajinasi dan referensinya dalam bentuk tulisan. Bahkan tulisan tersebut sudah dibukukan serta diterbitkan oleh beberapa penerbit besar yang ada di Indonesia.

Sama halnya seperti Alisa, Alisia yang merupakan Kaka dari Alisa juga sangat senang dengan dunia literasi. Banyak sekali koleksi buku yang dikoleksinya. Ia juga gemar menulis, namun ia belum sempat menerbitkan buku seperti Alisia.

Contoh Teks Berita

Warga Negara Indonesia yang sempat hilang di Nepal akibat gempa yang terjadi pada tanggal 1 April 205 belum berhasil ditemukan. Mereka merupakan para pendaki dari Taruna Hiking Club atau THC. Beberapa nama yang hilang adalah Alma Parahita, 31 tahun; Kadek Andana, 26 tahun; dan Jeroen Hehuwat, 39 tahun.

Ketika gempa berlangsung mereka kehilangan kontak bersama teman-temannya. Namun teman-temannya memperkirakan kalau mereka berada di kawasan Langtang. Dengan berbebkal informasi tersebut pemerintah segera mengutus TNI dan BASARNAS untuk segera melakukan proses evakuasi.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Contoh 1

Orang yang memiliki kepintaran pada umumnya tidak akan memunculkan sifat sombong. Mereka akan selalu merendah karena biasanya yang pintar adalah yang bijak. Bila memberikan argument mereka akan dengan tenang memberikan penjelasan. Orang dengan tipe ini juga biasanya menjadi idola di kalangan teman-temannya.

Berbeda dengan mereka yang bodoh. Biasanya mereka sedikit terlihat arogan. Menganggap bahwa dirinya adalah yang paling baik, ia juga senang menyombong. Orang seperti ini terlalu sering membicarakan hal yang bahkan hanya tong kosong tanpa ada alasan yang jelas.

Mereka tidak mempunyai tanggung jawa besar. Kerap kali mereka malah melemparkan kesalahan pada orang lain bila ada sebuah kesalahan. Inilah yang menyebabkan mengapa orang bodoh kurang disukai. Oleh sebab itulah, Anda sebaiknya menjadi pintar dan rendah hari daripada harus menjadi orang bodoh yang tinggi hati.

Contoh 2

  Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Buah duku merupakan salah satu buah yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bentuk buahnya kecil dan manis. Walaupun mempunyai biji sedikit besar dan pahit kalau tergigit namun rasanya masih tak ada bandingannya.

Berbeda dengan jenis buah langsat, walaupun dalam segi bentuk hampir sama, namun rasanya malah kecut bahkan masam. Bila bijinya digigit tidak terlalu pahit, namun tetap saja orang-orang malah lebih menyukai buah duku dibandingkan dengan buah langsat.

Buah langsat juga bila dari segi kulitnya memiliki kulit tipis, bila dibandingkan dengan kulit duku. Oleh sebab itulah, duku biasanya lebih disenangi orang. Biarpun bijinya cukup pahit.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Alpukat merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan nutrisi serta beragam manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Buahnya berwarna hijau, bentuknya lonjong, rasa manisnya tidak terlalu kuat bahkan cenderung hambar kalau sudah matang.

Saat alpukat dikonsumsi, buahnya kerap kali ditambahkan dengan gula, susu atau pun krim agar rasanya semakin kuat. Walaupun ada yang memberikan pendapat bahwa buah ini tidak baik untuk mereka yang memiliki penyakit kolesterol tinggi. Tapi, alpukat tetap mempunyai kandungan nutrisi baik untuk tubuh.

Beberapa kandungan bermanfaat yang baik dan ada di dalam buah Alpukat ini diantaranya kalium, folat, pitosterol, vitamin E, senyawa asam oleat yang tak jenuh. Kandungan-kandungan nutrisi yang ada di dalam alpukat tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, alpukat juga mempunyai manfaat di bidang kecantikan. Lemak tak jenuhnya tunggal, ada kandungan vitamin C, Vitamin E, anti oksidan, omega 9 dan juga kolagen yang dinilai sangat mampu menjaga kulit dan juga wajah.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjalankan program diet, Alpukat sangatlah direkomendasikan. Sebab lemak yang ada di dalam buah ini bisa menjadi cadangan energy yang bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Kandungan lemaknya juga bisa menekan nafsu makan dan membuat perut Anda terasa lebih kenyang dalam waktu jauh lebih lama.

Alpukat juga sangat dipercaya bisa menjadi buat yang baik untuk pencegahan penyakit diabetes. Asam lemak tak jenuh dan kalium tunggal yang ada dalam alpukat juga bisa meningkatkan hormone insulin yang diproduksi tubuh serta menjaga keseimbangan kadar glukosa yang ada dalam darah.

Selain itu, kandungan vitamin E yang ada dalam alpukat juga mempunyai manfaat untuk penurunan oksidasi kolesterol sehingga bisa mengurangi resiko untuk bisa terserang penyakit stroke.

Beberapa khasiat dan juga manfaat yang ada di dalam buah alpukat tersebut bisa menjadi referensi Anda serta tips kesehatan untuk Anda yang sangat mudah dilakukan. Sehingga selain bisa dinikmati untuk konsumsi Anda, alpukat juga memiliki kandungan berbagai macam nutrisi sangat baik terutama untuk kesehatan kulit dan jantung.

Dengan adanya kandungan berbagai manfaat yang ada di dalam alpukat maka tidak usah diragukan lagi untuk Anda agar bisa mengkonsumsi alpukat. Yuk jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah alpukat!

Itulah contoh-contoh teks eksposisi yang bisa Anda ketahui. Masih banyak jenis teks ekposisi lainnya, tergantung pada jenis informasi yang diberikan. Selain eksposisi masih banyak juga jenis teks lainnya, dari mulai contoh teks prosedur, contoh teks deksripsi, contoh teks ulasan, sampai contoh teks berita.

Beberapa teks yang ada juga tentunya memiliki struktur yang berbeda, sehingga tidak akan sama antara satu sama lainnya. Penggunaanya teksnya juga tentu saja akan berbeda, namun pada umumnya memang sering dimanfaatkan pada teks atau informasi non fiksi.

Leave a Reply